Pentingnya Bimbingan Rohani Sejak Dini

parenting Mar 04, 2021

Di dalam kehidupan, banyak sekali ilmu yang bisa dipelajari anak-anak sedari dini, salah satunya yaitu ilmu agama. Apalagi di tengah problema hidup yang tidak kunjung habis, sebagai orang dewasa saja kerap kali Anda ingin menyerah dengan hidup dan mengalami putus asa yang begitu mendalam. Permasalahan yang sering dialami oleh setiap orang selalu berhubungan rasa percaya diri dan merasa bahwa dirinya tidak memiliki siapa-siapa yang mengerti akan dirinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memberikan bimbingan rohani sejak dini. Nah, memang apa sih manfaat bimbingan rohani sejak dini yang diterapkan kepada anak-anak?

Sebelum membahas apa saja manfaat yang akan didapat dari bimbingan rohani, apa Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan bimbingan rohani? Bimbingan rohani merupakan suatu kegiatan yang menyangkut ilmu agama, di mana kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk bisa semakin mengenal agama dan dekat dengan Tuhan, Sang Pencipta.

Pada umumnya bimbingan rohani akan didapatkan pertama kali oleh keluarga. Dalam penerapannya, bimbingan rohani tidak perlu dilakukan secara formal dan terstruktur. Anda bisa saja melakukannya sembari berbincang ringan saat sedang kumpul keluarga. Perbincangan yang biasanya terjadi saat bimbingan rohani yaitu berupa renungan atau dengan membaca ayat-ayat yang berada di dalam kitab suci agama kita masing-masing. Kemudian setiap anggota keluarga yang sedang berkumpul akan saling berdiskusi dan berbagi informasi mengenai pemahaman yang mereka miliki.

Namun, sayangnya saat ini kegiatan seperti itu sudah sulit ditemukan di dalam sebuah keluarga. Padahal apabila kita melihat keadaan sekitar yang semakin memburuk, baik dalam segi lingkungan yang semakin berantakan, sikap dan moral manusia yang semakin tidak benar, pergaulan bebas, berbagai kejatahan yang selalu muncul di setiap detiknya, harusnya membuat kita semua semakin dekat kepada Tuhan untuk meminta perlindungan, tetapi tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama.

Walaupun keadaan yang semakin memburuk, tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang-orang yang memiliki tingkat kepedulian yang tinggi, saling bertoleransi dan menghargai satu sama lain.

Selain berfungsi dalam membentuk kepribadian dan karakter anak, bimbingan rohani juga dapat membantu seseorang dalam mengelola bisnis dan juga dalam dunia pendidikan. Apabila kita memandang dari segi bisnis, bukankah setiap bisnis harus memiliki tim hukumnya masing-masing? Hukum tidak hanya berfokus pada keadilan dan berbagai macam pasal-pasal yang harus diingat, tetapi juga menyangkut kerohanian seseorang dalam melakukan sesuatu. Sama hal nya di dalam dunia pendidikan, bimbingan rohani begitu penting untuk diterapkan di setiap minggunya agar anak-anak tetap waras dan tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Karena dengan begitu anak-anak pun akan mengerti dan terhindar dari kenakalan anak remaja yang saat ini semakin liar.

Selain di sekolah dan di dalam keluarga, anak-anak juga bisa mendapatkan bimbingan rohani dari rumah ibadah. Misalnya seperti remaja masjid yang akan dilaksanakan malam hari setelah selesai ibadah, sekolah minggu dan pendalaman Alkitab yang biasanya akan dilaksanakan di malam minggu atau saat pulang ibadah, serta berbagai kegiatan agama lainnya. Nah, dengan adanya kegiatan keagamaan seperti ini, bukan hanya memperdalam ilmu agama dan memperkuat iman saja, tetapi anak-anak juga dilatih dan diajarkan untuk bisa bersosialisasi dengan orang banyak. Dengan begitu mereka bisa tumbuh dan dekat dengan orang-orang yang bisa memberikan pengaruh baik kepada mereka.

5 Cara Toleransi Keberagaman Dapat Dimasukkan dalam Kurikulum Sekolah
Dalam menghadapi keberagaman yang ada, diperlukan paradigma baru yang yang lebih toleran, yaitu paradigma pendidikan multikultural. Hal ini penting karena akan mengarahkan anak didik untuk bersikap dan berpandangan toleran

Nah, lantas apa saja manfaat bimbingan rohani sejak dini yang akan didapatkan anak di kemudian hari? Berikut penjelasannya.

5 Manfaat Melakukan Bimbingan Rohani pada Anak

1. Membangun Pribadi yang Baik pada Anak

Tidak ada agama yang menyesatkan seseorang, karena pada umumnya setiap agama pasti selalu mengajarkan dan menanamkan kebaikan. Dengan mempelajari ilmu agama dan rajin mengikuti bimbingan rohani, maka kepribadian seseorang tersebut akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Misalnya, seperti lebih sopan santun, selalu menghargai dan menghormati orang yang lebih tua dan tidak memandang rendah orang yang berada di bawah kita, lebih dewasa dalam bersikap dan berpikir, lebih tulus dan juga pemaaf, tidak pendendam dan berusaha untuk bisa mencerminkan sikap baik di setiap harinya. Bayangkan poin-poin kebaikan tersebut terdapat pada anak-anak Anda. Bukankah indah dan menghangatkan hati? Selain itu, dengan melakukan kebaikan kepada siapapun, maka kita akan mendapatkan balasan yang sama yaitu kebaikan dari orang lain. Hal ini sama seperti sebuah ungkapan yang terdapat di dalam Alkitab, “apa yang kamu tanam, maka itulah yang akan kamu tuai”, di mana arti ungkapan tersebut yaitu jika kamu melakukan hal-hal baik, maka kamu akan mendapatkan hal yang baik pula. Begitu juga dengan kejahatan, jika kamu melakukan itu maka kamu akan mendapatkan balasan yang sama.

2. Terhindar dari Perbuatan Dosa

Iblis selalu memunculkan keraguan dan membisikkan kepada setiap manusia untuk selalu berbuat dosa (melakukan kelakuan jahat). Namun, jika anak-anak telah diajarkan dan melakukan bimbingan rohani sejak dini, maka mereka akan terhindar dari dosa. Mengapa? Karena dengan selalu mengikuti bimbingan rohani, maka mereka akan tahu larangan-larangan apa saja yang dapat membuat mereka jatuh ke dalam dosa.  Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membimbing anak-anak Anda sejak dini dalam hal kerohanian, karena perbuatan yang menyebabkan dosa bukan hanya menuntun mereka ke dalam sebuah rasa penyesalan dan berujung sesat, tetapi juga membawa mereka menuju pintu neraka.

3. Selalu Ingat dan Mengandalkan Tuhan

Kerap kali manusia sering lupa untuk beribadah. Beribadah bukan hanya pergi ke tempat suci saja, tetapi juga seperti berdoa, menghabiskan waktu untuk membaca kitab suci dan bimbingan rohani dengan teman-teman yang lain, sehingga bisa dikatakan bahwa saat ini manusia sudah memiliki batas yang cukup jauh dengan Tuhan. Hal ini juga dapat dilihat dari meningkatkan perbuatan dan tindakan kejahatan yang terjadi di Indonesia sampai dunia. Padahal, bisa dikatakan bahwa hidup seluruh manusia adalah kehendak dari Sang Pencipta, tetapi kenapa masih sering lupa untuk mengucap syukur? Selain itu, dengan melakukan bimbingan rohani sejak dini, maka anak sudah terbiasa untuk mengenal Tuhan dan akan merasakan kerinduan ketika berada jauh dengan Tuhan dan tidak melakukan ibadah.

4. Menjadi Lebih Bersyukur

Manusia adalah makhluk yang sulit untuk merasa puas. Bisa dikatakan manusia adalah makhluk yang rakus, tamak dan selalu ingin lebih. Namun, dengan melakukan bimbingan rohani, anak-anak akan diajarkan untuk selalu bersyukur dengan segala keadaan yang sedang menimpa hidupnya. Dalam hal ini, kita tidak boleh hanya bersyukur ketika mendapat kabar sukacita saja, tetapi sebagai manusia kita juga harus bersyukur karena mendapatkan musibah. Walaupun sulit, tetapi itu harus dicoba dan diterapkan di dalam hidup kita semua.

7 Cara Menanamkan Nilai Toleransi dalam Kelas
Toleransi merupakan cara menghargai dan menerima perbedaan atas berbagai perilaku, budaya, agama, dan ras yang ada di dunia. Bagi bangsa dengan dengan berbagai latar belakang suku, agama, dan ras seperti Indonesia, maka toleransi merupakan hal yang patut ditanamkan sejak dini.

5. Membantu Anak untuk Selalu Berpikiran Positif dan Ikhlas

Ketika manusia sedang mendapatkan musibah, maka kerap kali manusia akan berpikiran negatif dan tidak ikhlas dengan musibah yang didapatkannya. Dengan bimbingan rohani, maka anak-anak Anda akan tumbuh menjadi seseorang yang ikhlas dan selalu percaya bahwa rencana yang telah Tuhan berikan akan berujung indah. Cobaan dan musibah yang diberikan Tuhan tidak pernah melampaui kemampuan setiap hamba-Nya.

Itulah manfaat bimbingan rohani sejak dini yang harus Anda ketahui. Seperti penjelasan yang sebelumnya, maka Anda akan mengetahui bahwa bimbingan rohani sudah seperti pedoman hidup yang penting bagi setiap anak. Hal ini dikarenakan dapat mengajarkan mereka untuk selalu berbuat kebaikan, terhindar dari masalah dan tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.