Panduan Menyusun Program Kerja Tahunan Kepala Sekolah

pendidikan 27 Jul 2023

Menjadi seorang kepala sekolah memang tidak mudah. Untuk memimpin sekolah, seorang kepala sekolah membutuhkan pengetahuan, integritas, dedikasi, dan keterampilan yang tinggi. Kepala sekolah bukan lagi tentang guru yang mampu mengajar di kelas. Namun, kepala sekolah harus bisa memimpin dan mengayomi seluruh anggota sekolah. Selain itu, kepala sekolah juga harus mampu menjadi manajer yang adil bagi anggotanya.

Oleh sebab itu, kepala sekolah membutuhkan program kerja terencana, baik jangka pendek bahkan jangka panjang. Program kerja jangka pendek ini meliputi pelaksanaan kegiatan sekolah harian, mingguan, bulanan, dan semester akademik. Sementara itu, program kerja jangka panjang meliputi pelaksanaan kegiatan tahunan.

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan program kerja? Program kerja merupakan suatu hal yang dibuat untuk meningkatkan mutu pendidikan, untuk tercapainya tujuan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu, program ini dilakukan agar meningkatkan iman dan ketakwaan pada Tuhan YME, untuk bekal hidup di masyarakat dan berbangsa.

Namun, ada juga yang mengartikan program kerja kepala sekolah sebagai sekumpulan dokumen yang berisi rencana kegiatan sekolah selama satu tahun. Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa program kerja kepala sekolah merupakan sebuah kumpulan dokumen yang berisi rencana kegiatan sekolah dalam satu tahun, dengan tujuan meningkatkan mutu sekolah dan mencapai tujuan sekolah untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas, serta memiliki keimanan dan ketakwaan.

Rencana Kerja Sekolah (RKS) memiliki 2 program berdasarkan jangka waktunya, yaitu RKJM atau Rencana Kerja Jangka Menengah serta RKT atau Rencana Kinerja Tahunan. RKJM merupakan gambaran tujuan yang akan dicapai selama 4 tahun, seperti mutu lulusan yang akan dicapai, sedangkan RKT merupakan program kerja untuk satu tahun.

Tujuan Penyusunan Program Kerja Kepala Sekolah

Setiap kepala sekolah diharapkan memiliki program kerja yang baik dan dapat membangun sekolah yang sedang dipimpinnya. Program kerja ini tentu perlu direncanakan dan disusun dengan baik agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan efektif dan optimal. Berikut ini adalah beberapa tujuan penyusunan program kerja kepala sekolah.

1. Penyusunan Program Kerja Kepala Sekolah Membantu Mencapai Visi dan Misi Sekolah

Tujuan utama adanya penyusunan program kerja kepala sekolah adalah untuk membantu mencapai visi dan misi sekolah. Pasti setiap sekolah memiliki visi dan misi yang ingin dicapai. Dengan adanya program kerja akan mempermudah tercapainya visi dan misi. Karena semua tercantum dalam program kerja maka penting sekali adanya program kerja kepala sekolah.

2. Menjawab Kebutuhan Sekolah

Selain untuk membantu mencapai visi dan misi, penyusunan program kerja kepala sekolah juga membantu menjawab kebutuhan sekolah. Biasanya, kebutuhan sekolah sulit diidentifikasi karena tidak tertulis secara jelas. Oleh karena itu, diperlukan program kerja sekolah yang detail untuk menjawab kebutuhan sekolah.

Pengembangan Pendidikan Indonesia Melalui Lembaga Internasional (UNESCO)
UNESCO berperan penting dalam membantu Indonesia mencapai tujuan inklusi pendidikan melalui berbagai program dan inisiatif seperti Education for All (EFA) dan Global Education Monitoring Report

3. Membantu Sekolah Lebih Sistematis dan Terstruktur

Program kerja kepala sekolah bisa diartikan juga sebagai peta kerja. Semua rancangan dan rencana kegiatan tersusun rapi dan detail. Hal ini akan membantu sistem kerja sekolah agar lebih tertata dan terstruktur. Dengan begitu, sekolah akan lebih teratur dan terstruktur dalam proses pembelajaran dan pengembangan sekolah.

4. Memajukan Sekolah

Apa hubungan program kerja sekolah dengan memajukan sekolah? Jika sekolah itu terstruktur dengan rapi dan sistematis. Sudah otomatis sekolah akan berjalan dengan lancar sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Dalam penyusunan program kerja kepala sekolah tahunan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.

1. Analisis

Dalam menyusun program kerja kepala sekolah, hal yang pertama dilakukan adalah melakukan analisis. Mengapa demikian? Analisis ini bisa dilakukan dengan cara membuat ruang diskusi dengan guru yang bersangkutan, menetapkan skala prioritas dari program kerja kepala sekolah untuk mencapai tujuan. Analisis ini juga bertujuan untuk menentukan ide dasar pembuatan program kerja kepala sekolah sebelum dibuat.

2. Menentukan Ide Dasar Program Kerja Kepala Sekolah

Dalam sebuah penyusunan program kerja pasti membutuhkan ide dasar sebagai fondasi dalam keberhasilan program kerja kepala sekolah. Ide ini dapat didapatkan saat melakukan diskusi dengan guru dan anggota yang bersangkutan. Proses ini tidak hanya menentukan ide, tetapi juga merumuskan apakah ide ini bisa diterapkan atau sebaliknya.

3. Menerapkan Tujuan Program Kerja Kepala Sekolah

Tujuan adalah hal yang paling penting dalam menyusun program kerja kepala sekolah. Dengan tujuan, kepala sekolah akan memiliki target dan pencapaian yang harus dicapai secara tepat sasaran.

4. Subjek Sasaran Program Kerja Kepala Sekolah

Selain tujuan, subjek sasaran juga sangat penting dalam penyusunan program kerja. Dengan adanya subyek sasaran, program kerja sekolah akan lebih tertata dan memiliki sasaran yang jelas. Dengan demikian, anggaran yang dikeluarkan menjadi efisien.

5. Menentukan Tolak Ukur Keberhasilan

Hal yang tak kalah penting adalah menentukan tolak ukur keberhasilan. Mengapa ukuran keberhasilan juga penting dalam program kerja kepala sekolah? Penyebabnya, ukuran keberhasilan akan menjadi tolok ukur apakah program kerja kepala sekolah itu berjalan dengan lancar. Apakah sudah sesuai harapan atau belum? Apakah sudah mencapai tujuan atau belum? Jika belum, kepala sekolah dapat melakukan evaluasi untuk program kerja selanjutnya.

6. Menentukan Model, Metode, dan Materi Program Kerja Kepala Sekolah

Penting sekali dalam penyusunan program kerja kepala sekolah menyiapkan beberapa opsi model, metode, dan materi. Karena pasti setiap program kerja memiliki model yang berbeda, otomatis jika penyusunan program kerja berbeda. Maka metode dan materi yang disiapkan juga berbeda. Maka dari itu, penting sekali menentukan model program kerja kepala sekolah terlebih dahulu, sebelum menentukan metode dan materi yang akan digunakan.

7. Menentukan Tempat dan Waktu Program Kerja Kepala Sekolah

Penentuan tempat dan waktu ini juga harus dipertimbangkan. Pasalnya, tempat dan waktu akan memengaruhi model dan metode program kerja yang akan dilaksanakan.

8. Pembentukan Tim Pelaksana

Pembentukan tim pelaksana program kerja kepala sekolah ini dibentuk sebelum melaksanakan program kerja, mulai dari melihat jumlah sumber daya manusia dan lain-lain.

Setiap program kerja kepala sekolah memiliki kerangka yang macam-macam, disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti penjelasan di bawah ini.

Susunan Program Kerja Kepala Sekolah

  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Bab I: Pendahuluan

A. Latar Belakang

B. Landasan Hukum

C. Tujuan Program Kerja Kepala Sekolah

D. Manfaat Program Kerja Kepala Sekolah

E. Ruang Lingkup Program Kerja Kepala Sekolah

  • Bab II: Profil Sekolah

A. Visi Sekolah

B. Misi Sekolah

C. Tujuan Sekolah

  • Bab III: Tugas Pokok

A. Tugas Pokok Kepala Sekolah

B. Usaha Pengembangan Sekolah yang Dilakukan Kepala Sekolah

Tahun 2024 Program Kemendikbudristek ini Menghabiskan Anggaran Triliunan Rupiah
program prioritas yang ingin dilanjutkan oleh Kemendikbudristek tahun 2024 mencakup layananan Pendidikan Anak Usia Dini, mewujudkan afirmasi pendidikan yang inklusi di daerah 3T
  • Bab IV: Peningkatan Mutu Sekolah, Penerapan Materi Kepemimpinan, dan Materi Kewirausahaan di Sekolah

A. Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)

B. Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan Program Peningkatan Mutu Sekolah yang Dilakukan Kepala Sekolah

C. Penerapan Materi Kepemimpinan dan Kewirausahaan di Sekolah

Nah, di atas sudah dijelaskan apa itu program kerja kepala sekolah, tujuan, hingga bagaimana cara penyusunan program kerja tahunan kepala sekolah. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam menyusun program kerja kepala sekolah untuk mencapai sasaran pembelajaran efektif di sekolah.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.