Modul Ajar Guru Penggerak
Program guru penggerak adalah salah satu bagian dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar. Program ini didesain untuk mempersiapkan para guru terbaik di Indonesia guna menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada kegiatan pembelajaran (instruction leaders).
Melalui berbagai aktivitas kegiatan pembelaajran yang dilakukan di Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) ini diharapkan pimpinan satuan pendidikan di masa depan kelak dapat:
- memiliki kompetensi dalam pengembangan diri orang lain;
- mampu mengembangkan kegiatan pembelajaran; dan
- memanajemen sekolah serta pengembangan sekolah.
Dengan adanya lulusan PPGP, pemerintah berharap bahwa para pendidik kelak mampu mewujudkan standar nasional pendidikan yang bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan yang ada di seluruh wilayah Indonesia, dengan arah utama kegiatan pembelajaran berpihak pada murid.
Para Calon Guru Penggerak yang ada di seluruh Indonesia telah mempelajari materi-materi bekal kepemimpinan dengan sistem:
- On the job learning, yaitu selama belajar, guru tetap menjalankan fungsi dan perannya sebagai pendidik di sekolah;
- Pendekatan pembelajaran dengan menggunakan siklus inkuiri yang sarat dengan refleksi dan praktik yang dilakukan secara langsung, baik bersama sesama Calon Guru Penggerak maupun bersama rekan sejawat yang ada di sekolah; dan
- Pendampingan di lapangan juga tetap menjadi kunci dari keberhasilan implementasi konsep pembelajaran di kelas atau sekolah Calon Guru Penggerak.
Modul, Materi, dan Capaian Pembelajaran pada Program Guru Penggerak
A. Modul 1: Paradigma dan Visi Guru Penggerak
1. Capaian Pembelajaran
a. Mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan mampu melakukan refleksi berpikir kritis atas hubungan nilai-nilai yang sesuai dengan konteks pendidikan lokal dan nasional.
b. Mampu mewujudkan strategi sebagai pemimpin kegiatan belajar yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter siswa dengan budaya positif.
c. Mampu mengembangkan dan mengomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada siswa kepada rekan guru dan pemangku kepentingan pendidikan.
2. Materi Pembelajaran
a. Filosofi Pendidikan Indonesia
b. Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak
c. Membangun visi sekolah
d. Membangun budaya positif di sekolah
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan
B. Modul 2 : Praktik Kegiatan Pembelajaran yang Berpihak pada Siswa
1. Capaian Pembelajaran
a. Mampu mengimplementasikan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
b. Mampu mengelola emosi siswa dan mengembangkan keterampilan sosial yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran.
c. Mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang mentor.
d. Mampu melakukan praktik mentoring sebagai pemimpin kegiatan pembelajaran.
2. Materi Pembelajaran
a. Pembelajaran berdifferensiasi
b. Pembelajaran emosi dan sosial
c. Coaching
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan
C. Modul 3 : Pemimpin Kegiatan Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah
1. Capaian Pembelajaran
a. Mampu melakukan praktik mengambil keputusan yang berdasar pada prinsip pemimpin kegiatan pembelajaran.
b. Mampu melakukan strategi pengelolaan SDM, keuangan, waktu, dan sarana prasarana yang dimiliki sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada siswa.
c. Mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantau kegiatan pembelajaran agar sesuai dengan rencana kegiatan belajar dan mengarah pada tujuan pembelajaran.
d. Mampu mengembangkan kegiatan pembelajaran secara berkala dan memfasilitasi komunikasi siswa, orang tua dan guru, serta menyediakan tempat bagi orang tua untuk terlibat dalam proses kegiatan belajar siswa yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.
2. Materi Pembelajaran
a. Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
b. Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
c. Pengelolaan program yang berdampak pada murid
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan
D. Modul 4 : Selebrasi, Refleksi, Kolaborasi, dan Aksi
1. Capaian Pembelajaran
a. Mampu merefleksikan peran guru sebagai guru pengerak dan menerapkan strategi yang dijalankan sebagai seorang guru penggerak.
b. Mampu mempraktikan kegiatan pembelajaran dengan rekan guru.
c. Mampu merencanakan tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan guru.
2. Materi Pembelajaran
a. Menjadi fasilitator kelompok dan perubahan
b. Membuat topik pembelajaran inti di modul 1, 2, dan 3
c. Mengevaluasi proses mentoring bersama mentor
d. Membagikan praktik baik kepemimpinan pembelajaran.
Durasi pembelajaran: Tiga (3) bulan
Kompetensi Lulusan yang Dituju
Dengan adanya modul ajar ini, diharapkan guru penggerak mampu:
- berperan menjadi pemimpin kegiatan pembelajaran; dan
- melakukan refleksi diri dan mengidentifikasi kebutuhan siswa dalam meningkatkan kompetensi utuk mendukung kegiatan pembelajaran siswa.
Capaian Umum Modul 1.1
Secara umum, capaian modul ini adalah:
- Mampu memahami pemikiran filosofis pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan mampu melakukan refleksi berpikir kritis atas korelasi pemikiran dengan konteks pendidikan lokal dan nasional; dan
- Mampu menerapkan kegiatan pembelajaran yang selaras dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter siswa.
Capaian Khusus Modul 1.1
Dengan adanya modul ini, diharapkan Calon Guru Penggerak memiliki:
- Pengetahuan dasar mengenai pendidikan Ki Hadjar Dewantara;
- Keterampilan dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang berpihak pada siswa; dan
- Sikap reflektif dan berpikir kritis dalam menerapkan proses kegiatan pembelajaran yang menuntun siswa untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan dasar-dasar dari pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
Ringkasan Alur Belajar MERDEKA
Mulai dari diri (Mandiri): 1JP
Kegiatan pembelajaran pemantik
- Guru Penggerak memberi jawaban reflektif-kritis guna mengetahui pemahaman diri siswa mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara
- Guru Penggerak mampu membuat refleksi diri mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Eksplorasi Konsep: 3JP
- Guru Penggerak menyimak video tentang pendidikan yang ada di Indonesia sejak zaman kolonial dan menjawab kumpulan pertanyaan yang terdapat di dalam buku panduan
- Guru Penggerak menyimak video mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara
- Guru Penggerak membaca 2 tulisan karya dari Ki Hadjar Dewantara
Eksplorasi Konsep (Forum Diskusi): 2JP
- Guru Penggerak berdiskusi mengenai pertanyaan reflektif yang berkaitan dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan yang ada di Indonesia
- Guru Penggerak berbagi pengalaman praktif, baik dalam menerapkan pemikiran filosofis pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Ruang Kolaborasi: 6JP (3 + 3)
Calon Guru Penggerak akan mengeksplorasi nilai-nilai luhur sosial budaya yang terdapat di daerah asal dan menguatkan kodrat diri siswa sebagai manusia dan anggota masyarakat.
Demonstrasi Kontekstual: 4JP
Calon Guru Penggerak mendesain strategi pembelajaran yang mewujudkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Elaborasi Pemahaman: 2JP
Calon Guru Penggerak menguatkan pemahaman mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Koneksi Antar Materi: 2JP
Calon Guru Penggerak menyimpulkan pemahaman mengenai rangakai materi yang sudah dipelajari ke dalam bentuk esai atau jurnal.
Aksi Nyata
Calon Guru Penggerak mengimplementasikan strategi untuk mewujudkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai perwujudan dari kepemimpian pembelajaran yang berpihak pada siswa dan merefleksikannya kembali ke dalam jurnal refleksi pribadi.
Isi Materi Modul:
1. Refleksi pendidikan Indonesia dari Zaman Kolonial
2. Tulisan Ki Hadjar Dewantara:
- Dasar-Dasar Pendidikan
- Metode Montessori, Frobel dan Taman Anak
- Pidato Sambutan Ki Hadjar Dewantara. Dewan Senat Universitas Gadjah Mada, 7 November 1956
3. Relevansi dan kontektualisasi filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang telah disesuaikan dengan konteks pendidikan yang ada di tingkat daerah dan tingkat nasional.
Sumber Belajar:
- Video yang berisikan:
1. Pendidikan Indonesia Zaman Kolonial
2. Ki Hadjar Dewantara dan Pemikirannya
Peran Guru Penggerak
- Menjalankan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah
- Memimpin kegiatan pembelajaran yang menerapkan well-being ekosistem pendidikan di lingkungan sekolah
- Membuat ruang diskusi yang positif, serta ruang kolaborasi antara guru dan pemangku pendidikan
- Meningkatkan kepemipinan siswa di sekolah
- Menjadi pendamping bagi rekan guru yang berkaitan dengan pengembangan kegiatan belajar di sekolah
Manfaat Program Guru Penggerak
1. Mengembangkan Kompetensi Dalam Lokakarya Bersama
Pada kesempatan ini, para calon guru penggerak akan mengikuti kegiatan lokakarya selama 9 bulan lamanya. Dalam pelaksanaannya, calon guru penggerak akan dipantau capaian perkembangan serta melakukan evaluasi kegiatan pelatihan.
2. Meningkatkan Kompetensi sebagai Pemimpin Kegiatan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa
Dengan adanya program ini, guru dapat meningkatkan kompetensi dirinya. Guru akan dilatih untuk menjadi teladan dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, guru juga mampu mengatasi berbagai macam karakteristik siswa yang beragam.
3. Pengalaman Belajar Yang Mandiri
Dengan adanya program ini, guru dapat menambah pengalaman belajar mandiri dan kelompok yang terbimbing, terstruktur dan menyenangkan. Selain itu, guru juga akan mendapatkan pengalaman belajar dengan rekan guru yang berasal dari berbagai daerah.
Demikianlah penjelasan mengenai program guru penggerak beserta contoh modul yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.