Metode Belajar Matematika dengan Singapore Math

teaching 21 Mei 2022

Matematika seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa siswa di Indonesia, padahal matematika sendiri merupakan mata pelajaran yang berperan penting untuk meningkatkan akademis siswa. Dengan belajar matematika siswa akan terbiasa berpikir logis, sistematis, kritis dan kreatif. Matematika juga menjadi dasar pengajaran untuk mata pelajaran lainnya seperti kimia fisika, ekonomi, teknik dan statistika.

Bukan hanya membantu dalam bidang akademis, matematika juga dibutuhkan untuk kesuksesan finansial di masa depan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Federal Reserve Bank of Cleveland tahun 2013, seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang matematika cenderung mendapatkan penghasilan lebih tinggi, dan mudah mendapatkan pekerjaan saat lulus dari sekolah.

Agar siswa mau belajar matematika dengan baik, maka guru berperan untuk meningkatkan motivasi belajar anak dan membuat kegiatan pelajaran matematika jadi lebih menyenangkan. Salah satu metode pembelajaran matematika yang efektif dan bisa dicoba yaitu 'Singapore Math'.

Singapura merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan. Negara ini diketahui mempunyai kurikulum yang baik dan membantu siswa untuk mudah belajar serta mencapai tujuan pendidikan. Dalam kurikulum pendidikan Singapura terdapat istilah 'Singapore Math'. Lantas Apakah itu? Apa kelebihan serta bagaimana pelaksanaannya?

Mengenal Singapore Math

Singapore Math merupakan metode atau teknik mengajar matematika yang ada dalam kurikulum nasional Singapura. Ini merupakan teknik atau metode mengajar matematika pada anak usia dini hingga sekolah dasar

Metode yang dikembangkan oleh lembaga di bawah kementerian Pendidikan Singapura Curriculum Development Institute of Singapore (CDIS), ini sudah ada sejak tahun 1981 itu yang dipercaya efektif untuk mengajar matematika. Metode ini menekankan pada penguasaan yang didapatkan dari pemahaman atas konsep matematika

Lalu apa bedanya metode pengajaran matematika di Indonesia dengan metode Singapore Math?

Biasanya metode pengajaran matematika yang dilakukan di banyak sekolah Indonesia yaitu dengan secara konvensional. Di mana guru menjelaskan di depan kelas, memberikan soal yang mirip dengan contoh yang diajarkan kepada siswanya untuk diselesaikan dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Biasanya siswa diminta untuk menghafal rumus dan konsep.

Sedangkan pembelajaran Singapore Math mendorong siswa untuk berpikir menggunakan konsep serta menyelesaikan soal dengan cara yang baru. Dalam metode ini, siswa tidak boleh melakukan replikasi atau pengulangan langkah sehingga mereka didorong untuk berpikir kritis dan secara luas untuk menyelesaikan masalah. Hal ini dapat memupuk kecerdikan dan rasa percaya diri siswa sejak dini karena bersandar pada kedalaman konsep.

Kenapa Matematika Selalu Jadi Momok di Sekolah?
Mengapa banyak siswa yang menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sangat sulit? “Matematika itu sulit” sedari awal sehingga pikiran siswa menjadi terisolasi dan enggan untuk belajar matematika dengan cara yang lebih menyenangkan lagi.

Keunggulan Metode Singapore Math

Setiap metode pembelajaran pasti memiliki keunggulannya tersendiri, dengan tujuan yang sama yaitu untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Berikut ini merupakan keunggulan metode Singapore Math untuk mengajar matematika di tingkat dasar yaitu:

  • Siswa bisa mempelajari konsep dengan baik dan mengasah skill aritmatika, dibandingkan hanya menghafal rumus yang mana beresiko cepat lupa.
  • Materi pembelajaran yang diajarkan lebih sedikit namun memberikan pemahaman mendalam pada siswa sebagai pondasi untuk mempelajari materi matematika yang lebih kompleks nantinya.
  • Topik atau materi yang diajarkan berkaitan satu sama lain, sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan mengingat konsep.
  • Buku pelajaran matematika dalam kurikulum Singapore Math dinillahi lebih mudah untuk dipahami dan dipelajari siswa, karena banyak melibatkan bar modelling dimana siswa memecahkan soal matematika secara visual.
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa dapat meningkat secara signifikan setelah diajarkan menggunakan metode Singapore Math.

Komponen-komponen dalam Metode Singapore Math

Agar siswa bisa memahami konsep penting dalam matematika dengan maksimal, maka guru dapat menggunakan komponen dalam metode Singapore Math. Berikut ini merupakan beberapa komponen dalam metode Singapore Math yaitu:

1. Pendekatan CPA

Pendekatan CPA atau Concrete, Pictorial dan Abstract, memiliki tujuan untuk mencapai pemahaman mendalam mengenai matematika melalui bangunan pengetahuan yang ada. Pendekatan pembelajaran matematika yang satu ini dinilai efektif untuk mengenalkan konsep matematika pada anak melalui benda nyata dan berkembang ke level abstrak.

Pada fase concrete, siswa diminta lebih peka atau berinteraksi dengan benda-benda guna memodelkan suatu masalah. Lalu pada fase pictorial, siswa diminta untuk membuat hubungan antara benda nyata yang dilihatnya dengan representasi visual, misalnya buah apel asli dapat dipresentasikan melalui gambar-gambar apel. Memasuki fase abstrak, siswa diminta untuk membuat pemodelan masalah dengan angka dan simbol matematika seperti penambahan (+), pengurangan (-), perkalian (x), dan pembagian (÷).

Dengan kata lain, pendekatan CPA ini merupakan metode pembelajaran pengenalan konsep matematika menggunakan media pembelajaran visualisasi. Hal ini ditujukan untuk menarik rasa ingin tahu dan motivasi belajar anak sekolah tingkat dasar.

Mengajar Matematika dengan Metode CPA
CPA (Concrete Pictorial Abstact) merupakan sebuah metode atau pendekatan yang akan membawa konsep materi abstrak ke dalam situasi konkret.

2. Number Bonds

Number Bonds adalah teknik mengajar matematika pictorial yang menunjukkan hubungan "sebagian-keseluruhan" antara angka. Number bonds bisa dalam bentuk gambar "pengikatan" dua angka yang menjadi sebuah angka nilainya lebih besar. Angka-angka yang lebih kecil dinamakan "parts atau sebagian", angka hasil pengikatan kedua part dengan nilai lebih besar disebut "whole atau keseluruhan"

Metode ini membantu siswa kelas dasar mengerjakan soal penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian, serta menjadi strategi dalam mengilustrasikan mental aritmatematika.

3. Bar Modeling

Komponen Singapore Math selanjutnya yaitu Bar Modeling yang digunakan untuk memvisualisasikan berbagai konsep matematika seperti rasio, pecahan, persentase dan lain sebagainya.

Menggambar Bar Modeling siswa bisa menentukan hipotesisnya terhadap sebuah situasi. Tujuan dari penerapan teknik ini yaitu untuk membantu siswa dalam memahami konsep matematika lebih kompleks dengan mudah dan menyenangkan.

4. Mental Math

Selanjutnya ada metode Mental Math yaitu metode berhitung cepat dengan alat bantu atau menggunakan imajinasi. Dalam metode ini, siswa diajarkan sejumlah teknik mudah berhitung, seperti pengembangan pemahaman terhadap bilangan (angka) serta fleksibilitas berpikir mengenai angka

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai metode belajar matematika dengan Singapore Math. Jika dirasa baik, tak ada salahnya Anda mengikuti metode pengajaran ini untuk siswa di kelas. Untuk mengoptimalkan pembelajaran, Anda juga bisa mengintegrasikan teknologi pendidikan menggunakan LMS kejarcita.id.

Kejarcita.id merupakan platform pendidikan berbasis teknologi yang turut membantu sekolah dan guru untuk meningkatkan pendidikan berkualitas dan merata. Bukan hanya menyediakan Learning Management System (LMS), Kejarcita juga menawarkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar lebih optimal.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.