Mengenal 10 Contoh Prestasi Akademik

pendidikan 7 Mei 2023

Apa yang dimaksud dengan prestasi akademik? Prestasi akademik merupakan prestasi siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran atau pendidikan formal yang dilaksanakan di kelas. Ilmu pengetahuan, kemampuan dan kecakapan yang diperoleh siswa dari proses belajar merupakan prestasi akademik yang dimiliki siswa.

Adapun perbedaan dari prestasi akademik dengan non akademik yaitu terletak pada kegiatan yang dilakukan siswa. Untuk mendapatkan prestasi akademik seorang siswa harus melalui proses kegiatan pembelajaran di kelas dan terus mengasah kemampuan akademiknya. Sedangkan untuk mendapatkan prestasi non akademik, siswa harus terus berlatih dalam mengasah bakat dan potensi yang dimilikinya melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Contoh Prestasi Akademik

Prestasi merupakan sebuah pencapaian yang dicapai seseorang. Berikut adalah contoh dari prestasi akademik, yaitu diantaranya:

1. Mendapatkan Nilai yang Sempurna

Nilai sempurna adalah prestasi yang patut untuk dibanggakan oleh setiap siswa. Hal ini dikarenakan dibalik nilai yang sempurna tersebut ada perjuangan yang sangat keras untuk dilalui siswa. Mendapatkan nilai yang sempurna termasuk prestasi akademik karena masih berkaitan dengan kemampuan yang diperoleh siswa dari hasil belajar yang mereka lakukan.

Untuk mendapatkan nilai sempurna, siswa tidak dapat hidup secara bersantai-santai. Mereka cenderung menghabiskan waktunya untuk belajar dan selalu fokus untuk mengatasi setiap permasalahan yang mereka temukan dalam pembelajaran, seperti soal yang sulit dikerjakan, materi yang kurang dipahami, dan merasa jenuh dengan proses yang dialami.

Seperti yang kita ketahui, bahwa motivasi belajar siswa cenderung muncul dan padam dari waktu ke waktu. Untuk mendapatkan nilai yang sempurna, orangtua berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, orangtua juga dapat mengingatkan tekad atau impian yang dimiliki siswa ketika mereka lelah belajar.

2. Menguasai Seluruh Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran berkaitan erat dengan prestasi akademik karena materi pembelajaran memiliki keterkaitan dengan ilmu pengetahuan. Prestasi akademik ini dapat dicapai siswa dengan belajar secara bersunguh-sungguh, baik ketika belajar di dalam kelas maupun di luar kelas.

Untuk membantu dan meningkatkan proses belajar siswa, orangtua dapat membantu anak-anak mereka dengan mengikuti les privat atau mengikuti bimbingan belajar setelah proses kegiatan pembelajaran di sekolah selesai. Apabila orangtua tidak tahu tempat bimbingan belajar yang tepat untuk siswa, maka Anda dapat bertanya kepada guru-guru anak Anda di sekolah, apakah mereka menyediakan jasa mengajar di luar jam sekolah. Jika guru tersebut bersedia, maka anak Anda bisa belajar dari guru mereka sendiri.

3. Menjadi Juara Kelas

Menjadi juara adalah impian setiap siswa. Dengan menjadi juara kelas, siswa dapat membanggakan prestasi tersebut kepada kedua orangtuanya dan juga keluarga besarnya. Prestasi ini termasuk ke dalam contoh prestasi akademik karena masih saling berkaitan erat dengan kecakapan yang diperoleh siswa dari hasil belajar mereka.

Dengan menjadi juara kelas, siswa tersebut dapat dipercaya untuk mengikuti lomba di luar sekolah. Bisa saja mereka akan diutus untuk mewakili kecamatan, kabupaten, atau bahkan nasional. Hal ini tentu bentuk kebanggaan seorang siswa terhadap kemampuan yang mereka miliki.

Tips Belajar Matematika yang Menyenangkan
Hal pertama yang harus kamu lakukan agar Matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan adalah tanamkan pemikiran bahwa Matematika tidaklah rumit.

4. Mendapatkan IPK Cumlaude

Menjadi seorang mahasiswa bukanlah hal yang mudah. Untuk bisa tetap waras di tengah tugas dan kewajiban yang harus dipenuhi di setiap harinya, mendapatkan IPK Cumlaude adalah sebuah anugerah yang sangat membahagiakan. Bagi seorang mahasiswa, memiliki IPK Cumlaude adalah hal yang sulit untuk dilakukan, terlebih lagi jika dosennya adalah dosen yang sangat berkompeten pada bidang tersebut.

Untuk mendapatkan IPK Cumlaude, mahasiswa harus rela belajar dengan giat terus menerus dan mampu mengerjakan tugas secara sempurna. IPK Cumlaude bisa diperoleh mahasiswa jika nilai yang mereka dapatkan di setiap mata kuliah selalu tinggi. Dengan mendapatkan IPK Cumlaude, mahasiswa memiliki peluang untuk bekerja di tempat yang bagus.

5. Juara Olimpiade Sains

Menjadi kejuaraan olimpiade Sains adalah ajang bergengsi yang patut dibanggakan oleh setiap siswa. Memiliki sebuah prestasi akademik tentu akan menambah peluang siswa tersebut untuk berhasil masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Siswa yang berhasil mendapatkan gelar kejuaraan dalam olimpiade Sains akan dianggap sebagai orang yang memiliki prestasi akademik. Hal ini dikarenakan siswa tersebut telah giat belajar di kelas dan melalui banyak bimbingan untuk meningkatkan kemampuan akademiknya.

6. Juara Olimpiade Matematika

Bagi siswa yang menyukai Matematika wajib mengikuti olimpiade Matematika. Dengan mengikuti olimpiade ini, siswa dapat mengukur sejauh mana pemahaman siswa tersebut terhadap pelajaran Matematika yang mereka gemari dan tekuni tersebut. Untuk menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti olimpiade Matematika, siswa harus memiliki nilai Matematika yang bagus dan memiliki potensi terhadap pelajaran Matematika.

Walaupun kebanyakan orang menilai Matematika adalah pelajaran yang sulit, namun bagi orang yang sudah ahli dengan pelajaran ini, Matematika adalah pelajaran yang menyenangkan. Prestasi akademik ini banyak diperebutkan oleh pakat Matematika.

7. Juara Lomba Cerdas Cermat

Lomba cerdas cermat adalah lomba yang sudah sangat familiar untuk setiap siswa, untuk menjadi perwakilan sekolah, siswa tersebut harus terbukti cerdas dalam menguasai materi yang akan diuji. Tidak jarang, acara siaran TV senang mengundang beberapa perwakilan sekolah untuk melakukan lomba cerdas cermat.

Ketika siswa telah berhasil memenangkan lomba cerdas cermat, maka mereka telah diyakini memiliki kemampuan akademik yang bagus. Dan itu adalah bentuk prestasi akademik yang dimiliki siswa.

8. Juara OSN Biologi

Biologi adalah pelajaran yang menyenangkan bagi siswa yang menyukainya. Melalui pelajaran Biologi, siswa akan mempelajari mikroorganisme, nama latih hewan dan tumbuhan, dan beberapa pelajaran lainnya yang akan asyik untuk dipelajari.

Biasanya pelajaran Biologi akan memanfaatkan laboritaroium untuk belajar praktik. Hal ini tentunya akan menarik minat siswa untuk belajar, terlebih lagi suasana belajar yang digunakan berbeda dari belajar di ruangan kelas. Dengan mengikuti kejuaraan OSN Bioologi, siswa dapat mengukur apakah ilmu yang mereka miliki sudah cukup mumpuni atau masih perlu ditingkatkan lagi.

Menjadi kejuaraan OSN adalah poin tambahan yang dapat digunakan siswa ketika ingin mendaftar ke perguruan tinggi negeri. Maka dari itu, sangat penting bagi siswa untuk terus belajar.

9. Mendapatkan Nilai UN Tertinggi

Mata pelajaran yang akan dijadikan mata pelajaran UN akan berbeda di setiap jenjang pendidikannya. Ketika siswa telah berhasil mendapatkan nilai UN tertinggi di sekolahnya, maka biasanya sekolah akan memberi hadiah kepada siswa tersebut. Hadiah tersebut diberikan karena siswa memiliki prestasi yang memuaskan di sekolah. Selain dapat membanggakan sekolah, prestasi yang dimiliki siswa tersebut dapat menjadi peluang yang besar untuk jenjang pendidikan siswa selanjutnya, serta dapat membanggakan kedua orangtua.

7 Alasan Pentingnya Mengajarkan Siswa Public Speaking
Public speaking atau berbicara di depan umum merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang.

10.  Juara Lomba PAI

Pendidikan Agama Islam bukanlah pelajaran yang sulit untuk dipelajari, karena tidak luput dari keseharian umat Islam. Dengan mendapatkan juara lomba PAI, siswa dapat menunjukkan dirinya adalah seseorang yang religius karena paham akan syariat Islam yang telah diajarkan dalam pembelajaran di sekolah.

Itulah beberapa contoh dari prestasi akademik yang ada di sekolah maupun di perguruan tinggi. Intinya, prestasi akademik akan dimiliki siswa apabila siswa tersebut tetap setia dan semangat belajar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.