Membuat Kuis Online Dengan Google Form

Sep 22, 2020

Proses belajar mengajar akan lebih efektif ketika didukung oleh media pembelajaran yang sesuai. Dikarenakan saat ini guru tidak dapat memberikan materi secara tatap muka, maka dibutuhkan media belajar yang cocok untuk kelas daring. Salah satu aplikasi yang sangat populer dengan kemudahan aksesnya adalah Google Form.

Dengan menggunakan Google Form, para guru dapat membuat kuis serta soal-soal latihan yang dapat disebarluaskan kepada siswanya.  

Mereka hanya tinggal klik link soal kemudian menjawab dengan proses yang mudah melalui gawainya. Aplikasi ini merupakan produk dari Google yang mendukung terhadap pendidikan. Mengapa banyak yang menggunakannya? Karena orang yang awam teknologi pun akan cepat bisa mengaksesnya dalam sekali dua kali percobaan.

Pastikan Anda membaca tutorial yang benar untuk mulai membuat media belajar dengan Google Form. Berikut Langkah-langkah mudah dan praktis yang harus diterapkan:

1.       Memiliki akun Gmail

Google Mail atau Gmail selalu menjadi kunci untuk masuk ke segala platform yang ada di dunia maya. Tidak terlepas juga ketika akan membuat Google Form. Jika Anda belum memilikinya, maka buatlah terlebih dahulu dengan mengunjungi situs www.gmail.com . Setelah itu mulai mendaftar akun baru dan isilah semua data yang diminta. Bila akun gmail Anda sudah jadi, maka tidak hanya Google Form yang bisa diakses. Anda bisa mendaftar ke semua social media serta situs-situs e-learning dengan mudah.

2.       Akses aplikasi Google Form

Ada beberapa cara untuk memulai fitur formulir ini. Jika melalui gmail, silahkan klik ikon menu yang ada di pojok atas sebelah kanan. Pilih opsi More From Google lalu geser terus ke bawah hingga menemukan aplikasi Form. Klik ikon tersebut maka akan muncul lembar kerja Google Form yang Anda butuhkan. Selain itu jika ingin yang lebih praktis, Anda bisa klik tautan ini https://docs.google.com/forms/u/0/. Secara otomatis Anda akan langsung bisa memulai mengaksesnya. Apabila Anda membuatnya menggunakan smartphone, maka sebaiknya mengunduh aplikasi di Playstore. Nama aplikasinya adalah FormsApp.

3.       Membuat Media Belajar

Sebelumnya Anda tentukan terlebih dahulu jenis media belajar apa yang hendak dibuat. Dengan Google Form ini, Anda dapat membuat kuis, soal ujian, survey terkait kualitas belajar yang didapat siswa dan sebagainya. Klik menu pengaturan sebelum memulai kontennya. Di sana sudah tersedia banyak pilihan mengenai bentuk dan jenis yang diinginkan. Anda tinggal centang sesuai kebutuhan.

Kemudian mulailah menyusun pertanyaan jika tujuannya untuk melatih daya tangkap siswa. Klik tanda plus (+) di sebelah kanan untuk menambah kolom pertanyaan. Anda bisa menampilkannya dalam bentuk essay maupun pilihan ganda. Jangan lupa memberikan judul serta deskripsi  di atas soal jika diperlukan adanya instruksi khusus. Anda juga bisa menambahkan gambar ataupun video pada soal-soal tersebut. Aktifkan pula fitur "wajib diisi" dengan cara menggeser tombolnya ke kanan. Hal itu bertujuan untuk mencegah adanya siswa yang mengosongkan jawaban.

4.       Mengirimkan Google Form

Setelah keseluruhan dari soal telah usai disusun dan disetting sesuai tujuan pembelajaran, maka step berikutnya adalah mengirimkan formulir tersebut. Pastikan semua soal sudah komplit. Lalu klik menu kirim yang terletak di sudut kanan atas. Formulir soal dapat dikirimkan ke email, halaman HTML atau berupa tautan. Agar lebih simple, sebaiknya gunakan tautan saja untuk disebarkan kepada para murid. Lebih praktis lagi apabila Anda sudah membuat WhatsApp Group yang beranggotakan para wali murid. Posting alamat tautan Google Formnya ke grup tersebut.

Contoh RPP 1 Halaman Untuk Jenjang SD Kelas 1-6
RPP dikembangkan untuk mencapai Kompetensi Dasar pada siswa, sehingga isinya berupa prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti.

5.       Mengakses Media Belajar

Kini saatnya orang tua siswa ataupun siswa sendiri mengakses link yang telah dibagikan via WhatsApp, Facebook, atau media sosial lainnya. Dengan Google Form Anda tidak perlu repot-repot memotret lembaran soal untuk dibagikan ke siswa. Anak didik Anda pun tidak perlu repot menyalin soal beserta jawabannya. Media belajar  ini sangat praktis dipakai di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dikarenakan tidak dapat memantau secara langsung, Anda dapat mengaktifkan fitur limit waktu kepada siswa dalam mengerjakan soal-soal. Hal tersebut guna mencegah terjadinya banyak kecurangan dalam menjawabnya. Jika tidak ada batasan waktu, maka akan ada kemungkinan siswa tergoda untuk menyontek. Sebelum memposting link soal, sosialisakan terlebih dahulu kepada semua wali murid untuk tidak membantu memberikan jawaban. Dengan demikian mereka juga akan mengetahui sejauh mana tingkat perkembangan dan pengetahuan anak.

5 Aplikasi Praktis dengan Fitur Paling Berguna untuk Belajar Online
Untuk mengurangi terhambatnya proses belajar mengajar, Anda perlu menggunakan fitur-fitur belajar online yang praktis. Dalam artikel ini, kami merekomendasikan 5 aplikasi yang menyediakan fitur ruang kelas sebagai media pertemuan Anda dengan para siswa.

Tidak perlu khawatir meskipun Anda adalah orang yang tidak melek teknologi, Google Form sangat ramah digunakan para pemula. Soal-soal yang Anda buat akan menjadi lebih praktis dan menunjang terhadap pembelajaran secara online. Apabila Anda membutuhkan referensi soal-soal yang inovatif mengenai mata pelajaran tertentu, temukanlah di situs kejarcita.id. Ribuan bank soal mulai tingkat sekolah dasar hingga SMA tersedia di sana.

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.