Manfaat Mengikuti Webinar Pendidikan untuk Guru

edukasi Mar 02, 2021

Webinar terdiri dari 2 kata yaitu web dan seminar. Oleh sebab itu webinar dapat diartikan sebagai seminar, presentasi atau pembelajaran yang dilakukan banyak orang dari berbagai tempat secara tatap muka dengan media aplikasi atau web. Sederhananya, webinar merupakan seminar online yang terhubung menggunakan data internet.

Dalam mengikuti webinar, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, mulai dari koneksi internet stabil, smartphone atau laptop aplikasi atau web yang digunakan untuk seminar online. Jika ada webinar seputar pendidikan atau pelatihan guru, sebaiknya Anda mengikutinya, karena hal itu akan menjadi pembelajaran, menambah ilmu atau relasi sesama pendidikan.

Kelebihan Webinar

Di zaman perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, sangat disayangkan jika kita tidak dimanfaatkan dengan baik. Webinar menjadi salah satu kegiatan modern yang dilakukan banyak orang saat ini, ada beberapa kelebihan webinar dibandingkan seminar biasa, diantaranya yaitu

  • Menghemat biaya karena tidak perlu menyewa tempat dan juga tak perlu mengeluarkan ongkos untuk menuju ke tempat seminar.
  • Webinar lebih fleksibel bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
  • Webinar bisa dilihat ulang dengan cara memutar rekaman
  • Bisa berinteraksi dan bertatap muka dengan banyak orang Meskipun tidak bertemu langsung.
  • Bagi pembicara yang sering gugup presentasi, dengan webinar bisa meminimalisirnya.

Manfaat Mengikuti Webinar Pendidikan untuk Guru

Saat ini webinar bukanlah istilah asing, mengingat sudah banyaknya webinar yang diselenggarakan untuk siapa saja salah satunya bagi guru. Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi Anda untuk belajar atau meng-upgrade diri dengan mengikuti webinar. Apalagi jika ada webinar gratis atau tanpa dipungut biaya, Hal ini tentu sangat sayang dilewatkan bukan? Adapun berikut ini merupakan beberapa manfaat webinar yang bisa Anda rasakan, di antaranya yaitu:

1. Menyesuaikan Diri Di Tengah Pandemi

Seperti yang kita ketahui, sekarang seluruh dunia sedang dilanda pandemic COVID-19 atau Virus Corona. Semua kegiatan belajar mengajar sampai pekerjaan entah kantoran maupun yang bukan, harus menjalankannya dari rumah (School/Work from Home).

Demikian juga pada seminar untuk guru. Biasanya seminar pendidikan dilakukan secara tatap muka, tetapi sekarang harus dilakukan secara online melalui webinar. Webinar pendidikan untuk guru juga akan membantu guru menyesuaikan diri dengan kondisi di tengah pandemi, di mana semua sudah berubah dan butuh penyesuaian.

Dengan mengikuti webinar, Anda akan belajar cara presentasi yang baik dan bagaimana memberikan materi dengan jelas melalui online. Semakin sering mengikuti webinar, semakin terbiasa mempelajari penyampaian materi.

2. Meng-update Diri

Seperti yang diketahui sebelumnya, webinar berisi presentasi atau pembelajaran sesuai dengan tema yang ditetapkan. Jika Anda mengikuti webinar pendidikan atau tips mengajar dan hal lainnya seputar guru, karena Anda bisa mendapatkan ilmu berharga melalui presentasi tersebut.

Webinar pendidikan untuk guru juga akan membantu guru mengajar dan mengerti tentang teknologi yang digunakan sekarang. Kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan secara tatap muka, melainkan secara virtual melalui Zoom atau Google Meet. Guru harus paham cara menggunakannya. Apabila guru saja belum paham, maka akan menjadi sulit juga untuk siswa.

Banyak webinar yang dapat ditemui di YouTube atau website-website yang menyediakan pelatihan untuk menggunakan aplikasi-aplikasi penunjang pembelajaran secara virtual ini. Webinar-webinar yang ada juga dapat diikuti tanpa dipungut biaya. Informasi mengenai webinarnya juga mudah didapat, seperti dari Instagram, Telegram, dan sejenisnya.

7 Tips Guru Menerapkan Strategi Belajar AJEL (Active, Joyful, & Effective)
Strategi belajar yang baik bisa menumbuhkan semangat belajar pada siswa. Salah satu strategi yang bisa diterapkan ketika proses pembelajaran yaitu strategi AJEL (Active, Joyful, & Effective), yang tepat untuk menumbuhkan daya kreatif anak dengan efektif dan menyenangkan

3. Menambah Ilmu dan Pengetahuan

Pastinya menambah ilmu dan pengetahuan menjadi alasan pertama bagi guru untuk mengikuti webinar pendidikan. Dengan ilmu dan pengetahuan yang didapat, guru dapat membagikan kepada siswa.

Sebagai guru, bukan artinya tidak belajar lagi, tetapi harus tetap belajar. Zaman akan semakin maju dan ilmu pengetahuan juga berkembang. Guru juga harus mengikuti perkembangan zaman.

4. Mengajar Murid dengan Lebih Baik

Setelah mengikuti webinar pendidikan, guru akan mendapat pembelajaran dan informasi terbaru. Hal tersebut menambah kemampuan Anda dalam mengajar. Webinar akan memberikan pengetahuan bagi cara pengajaran guru, khususnya di masa pandemik seperti sekarang. Guru dan murid harus bersama-sama beradaptasi dalam kegiatan belajar mengajar.

5. Melakukan Workshop Bersama Guru Lain

Dalam webinar pendidikan, biasanya juga ada sesi workshop bersama guru dan tenaga pengajar lainnya. Dalam workshop ini, guru dapat bertukar pikiran dengan sesama guru lainnya. Guru dapat berbagi pengalaman mengajar, khususnya pengalaman mengajar secara online di masa pandemi ini. Jadi, dengan mengikuti workshop, guru tidak hanya mendapat pengetahuan, tetapi juga pengalaman baru.

Anda juga akan bertemu dan berkenalan dengan guru-guru lain, hal tersebut menambah relasi sesama tenaga pendidik. Anda juga bisa bertukar informasi dengan mereka.

6. Mengisi Waktu Luang

Guru yang mengikuti webinar juga dapat sekaligus mengisi waktu luang sekaligus menambah ilmu. Karena pandemi, maka sulit untuk pergi keluar rumah dan harus di rumah saja.

Daripada tidak melakukan apapun selama di rumah saja, lebih baik mengisi waktu menjadi partisipan webinar pendidikan. Selain mengisi waktu luang, guru juga dapat menambah relasi dan berkenalan dengan para profesional. Sehingga waktu luang Anda tidak terbuang sia-sia.

7. Mendapat Ilmu dari Narasumber Hebat

Narasumber yang memaparkan materi dalam webinar pendidikan pastinya sudah memiliki nama dan ilmu yang cukup untuk dibagikan kepada para partisipan. Dalam webinar pendidikan, narasumber tidak selalu juga dari yang memiliki background pendidikan. Karena luasnya bidang pendidikan, bisa saja narasumbernya merupakan pebisnis handal, CEO, atau artis yang sukses dibidangnya dan ingin berbagi mengenai keberhasilannya.

7 Cara Pandemi Mengubah Disiplin di Dalam Kelas
Pembelajaran secara tatap muka memang sangat diperlukan, karena peran guru dan interaksi antar peserta didik tidak bisa digantikan dengan teknologi apapun. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan beberapa pola disiplin di dalam kelas, yang berguna untuk menerapkan adaptasi kebiasaan baru

8. Mendapat E-Sertifikat

Pelaksana webinar akan menyediakan fasilitas e-sertifikat bagi partisipannya. Dengan mengikuti webinar pendidikan, guru akan mendapatkan e-sertifikat. E-sertifikat berguna bagi portofolio guru. E-sertifikat juga akan menjadi bukti pengalaman guru pernah mengikuti seminar pendidikan.

Mempunyai beberapa sertifikat juga memudahkan guru untuk naik jenjang, baik dalam jabatan atau upah karena bertambahnya pengalaman. E-sertifikat juga diberikan oleh penyelenggara webinar sebagai bentuk apresiasi terhadap keikutsertaan guru dalam webinar tersebut.

Selain mendapatkan sertifikat biasanya beberapa penyelenggara webinar juga memberikan doorprize atau hadiah menarik lainnya. Hal ini tentu menambah semangat Anda dalam mengikuti webinar, selain mendapatkan ilmu, Anda juga bisa mendapatkan keberuntungan hadiah menarik.

Itulah beberapa hal kelebihan webinar dibandingkan seminar biasa beserta manfaat mengikuti webinar untuk guru. Dengan mengetahui hal ini, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mengikuti webinar, apalagi jika Anda memiliki waktu luang yang cukup banyak.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.