Life Skills: 5 Tips Menabung untuk Anak

parenting 18 Mei 2021

Kata menabung sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, bila ditelusuri lebih dalam lagi kegiatan menabung sudah ada dan mulai diterapkan sejak dulu. Namun, tidak semua orang yang benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan menabung beserta fungsi dari menabung. Hal ini juga sering ditemukan pada anak-anak, tidak banyak dari mereka yang benar-benar memahami definisi dan kegunaan dari menabung, padahal bisa dikatakan bahwa kegiatan menabung sangat penting dan bagus untuk diterapkan sejak dini. Lantas bagaimana tips menabung untuk anak?

Sebelum membahas tentang tips menabung, sebaiknya kita terlebih dulu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan menabung. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) definisi dari menabung ialah menyimpan uang. Selain itu, kegiatan menabung juga bisa didefinisikan sebagai kegiatan untuk menyisihkan sebagian uang yang kamu miliki untuk disimpan.

Budaya menabung sebenarnya sudah ada sejak lama dan saat itu orang-orang menabung di tempat yang belum bisa dikategorikan aman seperti saat ini. Pada zaman dulu orang-orang masih menyimpan uangnya di dalam celengan bambu, di bawah tempat tidur, atau di dalam lemari. Tidak seperti saat ini, banyak sekali penyedia jasa yang membantu customer untuk menyimpan uangnya di tempat yang lebih aman, seperti di bank.

Tujuan Menabung

Selain itu, menabung juga memiliki beberapa tujuan yang harus Anda ketahui dengan baik. Tujuan dari menabung yaitu sebagai berikut:

1. Dapat Menghemat Pengeluaran

Hal yang paling dirasakan seseorang ketika mulai menabung yaitu dapat menghemat pengeluaran di setiap bulannya. Dengan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, Anda akan lebih teliti dan cermat dalam menggunakan uang yang dimiliki.

2. Dapat Mengatur Keuangan dengan Baik

Hal lain yang didapat dari menabung yaitu keuangan Anda akan menjadi lebih baik dan teratur. Anda dapat mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik, tanpa ada kekeliruan yang kerap kali membuat seseorang menjadi stress karena tidak tahu ke mana perginya uang yang dimiliki.

3. Dapat Merencanakan dan Mempersiapkan untuk Masa Depan

Tujuan utama dari setiap orang yang ingin menabung yaitu untuk merencanakan dan mempersiapkan masa depannya. Seseorang yang ingin memiliki masa depan cerah mereka pastinya akan menabung sejak dini. Hal ini sering diterapkan oleh orang tua. Biasanya mereka akan menabung untuk pendidikan setiap anaknya, sehingga anak-anak mereka tidak akan mengalami kekurangan dan kesulitan ketika mengenyam bangku pendidikan.

Macam-Macam Kegiatan Menabung

Adapun berbagai macam cara dalam menabung yang dapat membantu Anda di masa depan nanti. Berikut penjelasannya.

1. Menabung di Rumah

Menabung di rumah adalah cara yang paling sering dilakukan oleh setiap orang. Karena Anda tidak direpotkan dengan waktu dan jarak ketika ingin menabung. Anda bisa menyisihkan uang Anda dengan sesuka hati dan juga setiap waktu tanpa mempertimbangkan jarak yang akan ditempuh. Namun, sayangnya jika Anda menabung di rumah, Anda tidak memiliki jaminan untuk tidak menggunakan uang tabungan Anda tersebut. Biasanya seseorang akan mudah tergiur untuk menggunakan uang yang ditabung di rumah. Pada akhirnya yang terjadi ialah Anda gagal dalam menabung.

2. Menabung di Sekolah

Selain itu, menabung juga bisa dilakukan di sekolah. Biasanya kegiatan ini dicetuskan dan diputuskan oleh masing-masing wali kelas. Apabila wali kelas telah membuat kesepakatan untuk melakukan kegiatan menabung di sekolah, maka yang akan terjadi adalah setiap siswa akan menyisihkan siswa uang sakunya untuk ditabung dan disimpan oleh wali kelasnya dengan baik. Banyak sekali manfaat yang didapat dari menabung di sekolah, salah satunya yaitu dapat membantu Anda untuk membayar keperluan sekolah.

Sebelum memutuskan untuk memulai kegiatan menabung di sekolah, ada baiknya kepala sekolah dan guru saling bekerja sama dalam memberikan pembelajaran lebih kepada siswa mengenai betapa pentingnya menabung dan tips menabung untuk anak yang akan sangat berguna bagi mereka sampai dewasa kelak.

7 Cara Mengajarkan Anak Berinvestasi dengan Cara Menyenangkan
Berinvestasi sebaiknya dilakukan sejak dini agar di waktu dewasa nanti menjadi terbiasa dengan proses menyisihkan sebagian uang tersebut. Orang tua dapat mulai mengajarkan kepada anak tentang pentingnya investasi. Tetapi, bagaimana cara mengajarkannya?

3. Menabung di Bank

Tempat paling aman untuk menabung yaitu di bank, baik bank tersebut miliki pemerintah atau milik swasta. Selain itu, Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika ingin menyetor tabungan dan mengambil uang, karena caranya begitu mudah dan cepat. Apabila Anda belum sepenuhnya mengerti, Anda bisa meminta bantuan dan menjelaskan keperluan Anda kepada satpam yang biasanya akan bertanya pada customer ketika baru memasuki bank dan setelah itu mereka akan memberikan instruksi yang dapat Anda lakukan selanjutnya.

5 Tips Menabung untuk Anak

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan menabung beserta tujuan dan macam-macam kegiatan menabung, lantas bagaimana tips menabung yang baik untuk anak? Berikut penjelasannya.

1. Meminta Anak untuk Membuat List yang Ingin Mereka Beli atau Capai

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meminta anak Anda untuk membuat list barang-barang yang ingin mereka beli atau hal-hal yang ingin mereka capai. Setelah mereka membuat daftar list tersebut, Anda jelaskan  bahwa mereka bisa membeli dan mengabulkan semua yang mereka ingin dengan cara menabung. Anda bisa menjelaskan betapa asyiknya menabung kepada anak Anda.

2. Memberikan Celengan Sedari Kecil

Selain itu, Anda juga dapat memberikan hadiah celengan kepada anak-anak Anda. Dengan memberikan celengan tersebut, Anda sudah maju selangkah untuk membantu mereka dalam menabung. Seperti seseorang yang ingin menulis, mereka tidak bisa memulai ketika tidak memiliki pensil. Oleh karena itu, apabila Anda ingin mereka menabung, berikanlah celengan sebagai langkah pertama. Usahakan celengan yang Anda berikan menarik supaya mereka lebih semangat dalam menabung.

3. Ajari Anak untuk Menyisihkan Uang Saku

Tidak semua orang peka dan tahu apa sih tujuannya menyisihkan uang saku. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya anak-anak yang masih senang menghabiskan uang sakunya untuk jajan di sekolah atau membeli mainan. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengajari mereka sejak dini tentang betapa pentingnya menyisihkan uang saku. Anda juga bisa mengajari mereka untuk tidak terlalu boros dalam menggunakan uang yang mereka miliki.

4. Jelaskan Mengenai Manfaat dan Tujuan dari Menabung Sejak Kecil

Masih banyak orang yang belum benar-benar memahami manfaat dan tujuan dari menabung, terutama pada anak-anak. Apabila kita melihat keadaan sekitar, Anda bisa melihat banyak sekali orang yang mengalami kesusahan ketika tidak memiliki uang, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengajari anak-anak Anda manfaat dan tujuan dari kegiatan menabung sejak dini.

7 Keterampilan Hidup yang Wajib Diajarkan pada Anak
Terkadang, para orang tua terlalu memfokuskan anak dengan pembelajaran di sekolah sehingga lupa mengajarkan hal – hal dasar agar anak mampu bertahan hidup sendirian.

5. Berikan Motivasi yang Kuat pada Anak

Dalam melakukan sesuatu, motivasi adalah hal terbaik yang bisa diberikan seseorang. Bisa dikatakan motivasi seperti sebuah pedoman dan pengingat setiap orang untuk tidak lupa dengan tujuan hidupnya. Motivasi juga bisa dijadikan sebagai acuan seseorang untuk melakukan sesuatu. Seperti hal nya dalam menabung, untuk orang dewasa kegiatan menabung sudah seperti sebuah kewajiban yang harus dilakukan, berbeda dengan anak-anak yang mungkin masih merasa asing dan belum terbiasa. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk tetap setia memberikan mereka motivasi ketika hampir menyerah untuk menabung.

Selain 5 tips menabung untuk anak yang sudah dijelaskan di atas, ada hal yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja, yaitu ajari mereka untuk tekun dan disiplin dalam menabung. Dengan begitu, mereka akan menjadi terbiasa menabung sejak kecil hingga dewasa kelak.

Yuk kita tonton juga video berikut ini: 5 Tips Menabung Untuk Anak

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.