Keuntungan Menjadi Guru Penggerak

edukasi 12 Nov 2021

Guru merupakan salah satu profesi mulia karena perannya sangat penting, yaitu mendidik dan mencerdaskan anak bangsa, makanya tak heran ada ungkapan bahwa "guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa". Guru juga menjadi pilar utama dalam pendidikan dan pembangunan nasional.

Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). Program ini merupakan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui pelatihan serta kegiatan kolektif yang dilakukan guru. Melalui program ini diharapkan guru dapat termotivasi untuk ikut bergabung menjadi guru penggerak yang kuat.

Program ini juga diadakan karena kesadaran pentingnya peran guru dalam membangun pendidikan yang berkualitas, sehingga guru-guru harus belajar dan terus meningkatkan kompetensi diri.

Tujuan adanya program guru penggerak yaitu untuk memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran pada guru serta kompetensi pedagogik agar menjadi pendorong atau penggerak dalam komunitas belajar baik di lingkungan sekolah atau di luar sekolah. Dengan kata lain, guru penggerak di sini yang akan menggerakkan rekan-rekan guru atau komunitas belajar untuk berkontribusi lebih dalam memajukan kualitas pendidikan Indonesia.

Dengan mengikuti program ini, guru-guru diharapkan menjadi pemimpin pendidikan untuk mewujudkan rasa nyaman serta kebahagiaan peserta didik di lingkungan sekolahnya masing-masing. Karena seperti yang kita tahu bahwa pilar utama dalam pendidikan adalah guru, sehingga perubahan juga ada di tangan guru dan tentunya dengan dukungan dari berbagai pihak.

Mengapa Harus Menjadi Guru Penggerak?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya "Mengapa sih harus menjadi guru penggerak? Apa keuntungannya? Toh menjadi guru biasa saja sudah mengemban tugas yang sangat banyak, apalagi menjadi guru penggerak? Tentu ada tugas tambahan yang membuat pekerjaan semakin berat."

Ya, pertanyaan tersebut sangatlah wajar. Oleh sebab itu dibutuhkan motivasi kuat untuk menjadi guru penggerak. Pasalnya, setelah mengikuti seleksi guru penggerak, Anda akan mendapatkan tugas yang berat untuk menjalankan peran guru penggerak. Beberapa tugas yang harus dilakukan guru penggerak, di antaranya:

1. Guru penggerak harus mampu menjadi motivator, pendorong atau penggerak dalam komunitas belajar yang ada di lingkungan sekolah ataupun luar sekolah namun dalam wilayah tersebut.

2. Guru harus bisa menjadi pendamping untuk guru lainnya yang ingin melaksanakan pengembangan kualitas pembelajaran yang ada di sekolah.

3. Guru menjadi pemimpin pembelajaran di kelas dan harus bisa menjadi pendorong atau motivator untuk peserta didik di sekolah.

4. Guru menjadi pemimpin dan membuka ruang kolaborasi untuk rekan guru lainnya serta seluruh stakeholder di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru juga mendorong well-being ekosistem pendidikan yang ada di sekolah.

5. Menjadi sosok guru pembelajaran dengan mengikuti pendidikan atau pelatihan yang ada dalam program guru penggerak

Transformasi Pendidikan Indonesia Lewat Guru Penggerak
Guru Penggerak Adalah Wadah Peningkatan Kualitas Guru. Kita harus memastikan bahwa para guru memiliki kualitas dan kapabilitas yang baik agar pencapaian akhir dari Merdeka Belajar dapat terwujud. Program peningkatan kualitas guru untuk mewujudkannya yaitu Guru Penggerak.

Motivasi Guru Penggerak

Sebelum mengetahui apa saja alasan dan keuntungan atau manfaat yang bisa Anda dapatkan dari program guru penggerak, alangkah baiknya jika Anda mendapatkan motivasi guru penggerak terlebih dahulu untuk bisa menjalankan peran yang berat dan banyak dengan baik. Untuk mendapatkan motivasi guru penggerak, maka ada dua cara yaitu motivasi dari dalam diri dan dari luar atau lingkungan.

Motivasi dari dalam diri meliputi:

  • Memiliki keinginan untuk selalu belajar hal baru, pengalaman baru dan meningkatkan kualitas diri.
  • Memiliki keinginan untuk meningkatkan kompetensi dan menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa.
  • Memiliki keinginan untuk ikut berkontribusi lebih besar dalam memajukan pendidikan Indonesia.

Motivasi dari lingkungan meliputi:

  • Kondisi pembelajaran di sekolah yang kurang kondusif dan tidak berkembang mendorong guru untuk ikut memperbaiki kondisi tersebut.
  • Kondisi rekan-rekan guru yang kurang semangat dalam mengajar, sehingga memiliki keinginan berperan aktif dalam menggerakkan rekan-rekan guru tersebut untuk menyelesaikan permasalahannya.

Manfaat/Keuntungan Menjadi Guru Penggerak

Meskipun harus mengemban tugas yang cukup banyak dan berat, namun Anda juga bisa merasakan berbagai manfaat dengan menjadi guru penggerak, tentunya manfaat ini baik untuk perkembangan diri Anda.

Dilansir dari Kemendikbud, pengertian guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang dapat mendorong tumbuh kembang peserta didik dengan aktif, proaktif, secara holistik serta mengembangkan pendidik lainnya guna mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru penggerak juga menjadi teladan serta agen transformasi pendidikan untuk mewujudkan pelajar pancasila.

Dengan mengikuti guru penggerak, Anda harus mengikuti pendidikan guru penggerak yang dilakukan selama 9 bulan. Setelah itu akan diseleksi peserta yang lolos program guru penggerak. Berikut ini merupakan manfaat atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi guru penggerak yang sudah kami rangkum, yaitu:

  • Pengembangan kompetensi dalam lokakarya bersama dan meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran di kelas yang berpusat pada peserta didik.
  • Mendapatkan pengalaman belajar yang sangat berharga, lebih mandiri sekaligus mendapatkan kelompok terbimbing, terstruktur serta menyenangkan, sehingga menambah relasi dan pengetahuan bagi guru.
  • Mendapatkan relasi baru dengan rekan guru lainnya yang lolos seleksi program guru penggerak dan pengalaman belajar berharga bersama mereka.
  • Mendapatkan bimbingan atau mentoring secara langsung dari pengajar praktik atau pendamping pendidikan guru penggerak yang profesional.
  • Mendapatkan komunitas belajar baru di luar sekolah yang dapat meningkatkan kualitas diri.
  • Mendapatkan penghargaan berupa piagam guru penggerak serta sertifikat pendidikan 306 JP yang tentunya sangat bermanfaat bagi karir Anda sebagai guru.

Tentunya adalah melaksanakan program guru penggerak ini, guru-guru tidak dilepas begitu saja, tetapi tetap diberikan dukungan materi, seperti:

  • Diberikan bantuan paket data untuk mengikuti pelatihan secara daring. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan kuota internet untuk mengikuti pembelajaran atau pelatihan. Sangat bermanfaat bukan?
  • Guru diberikan biaya untuk konsumsi, akomodasi, dan transportasi jika diperlukan untuk pelaksanaan lokakarya di wilayahnya masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Guru mendapatkan dukungan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana hal ini didukung dengan pelaksanaan program yang dibimbing langsung oleh instruktur, fasilitator serta pengajar praktik profesional.
Tips Menjalankan Peran Guru Penggerak yang Baik
Guru penggerak adalah teladan atau agen transportasi ekosistem pendidikan guna mewujudkan pembelajaran yang efektif dan pelajar pancasila.

Itulah beberapa hal mengenai program guru penggerak mulai dari alasannya, tugasnya, motivasi guru penggerak, hingga manfaat atau keuntungan yang Anda dapatkan. Mari jadikan diri Anda sebagai pemimpin dalam pembelajaran. Jika belum berkesempatan mengikuti program guru penggerak, Anda tetap bisa belajar atau mengikuti pelatihan di manapun untuk mengembangkan diri.

Ada banyak tempat, wadah bahkan platform yang juga bermanfaat dalam pengembangan kompetensi (hard & soft skill) bagi guru. Salah satunya seperti di kejarcita.id ini. Di sini guru-guru bisa terfasilitasi juga untuk meningkatkan kompetensi sesuai kebutuhan pendidikan di era digital.

kejarcita: pendidikan berbasis teknologi dan education partner untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang baik dan efektif. Ikuti terus blog.kejarcita.id dan dapatkan informasi seputar pendidikan yang menarik lainnya.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.