Implementasi Quizizz dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

edukasi 3 Mei 2023

Tak terasa, sudah hampir setahun penerapan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Penetapan kurikulum merdeka sebagai kurikulum baru dimulai pada tahun ajaran baru 2022. Kurikulum merdeka ini ditetapkan oleh Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

Menurut Mas Menteri, kurikulum merdeka bisa menjadi solusi atas ketertinggalan pendidikan di Indonesia selama dua tahun terakhir ini. Sebagaimana kita ketahui, dua tahun terakhir saat terjadinya pandemic COVID-19, pendidikan di Indonesia berjalan lambat, membuat tertinggal beberapa langkah.

Kurikulum merdeka ini berfokus pada pemberian materi yang esensial, peningkatan kompetensi, juga pengembangan karakter siswa. Kurikulum merdeka tak hanya fokus pada kemampuan akademik semata, tetapi juga melakukan pendidikan karakter. Pada kurikulum merdeka ini, siswa dituntut memiliki karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila ini ingin siswa memiliki kepribadian yang Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, Mandiri, Berkebhinekaan global, Bergotong royong, Kreatif, dan Bernalar kritis.

Adapu pengembangan karakter yang dimiliki siswa harus disesuaikan dengan profil pelajar Pancasila yang dilakukan melalui program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Proyek Penguatan Profil Pajar Pancasila ini adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu, yang dilakukan dengan cara mengamati dan mengatasi permasalahan yang terdapat di lingkungan sekitar untuk mengutkan berbagai potensi yang terdapat pada profil pelajar Pancasila.

Selain itu, kurikulum merdeka juga memberikan kebebasan dan kemerdekaan pada setiap siswa untuk belajar sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Oleh karena itu, kurikulum merdeka menyarankan guru untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses kegiatan belajar yang memberi kebebasan pada siswa untuk meningkatkan potensi yang dimilikinya dan disesuaikan dengan kesiapan belajar siswa, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi ini selalu memperhatikan setiap karakteristik siswa. Sehingga, siswa bisa belajar sesuai karakteristiknya. Dengan demikian siswa akan lebih mudah memahami setiap materi pelajaran.

Ada banyak cara untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi ini. Guru bebas memilih menggunakan cara apa saja yang sesuai dengan karakteristik siswanya. Salah satu cara melakukan pembelajaran berdiferensiasi ini adalah menggunakan Quizizz. Tulisan ini selanjutnya akan membahas tentang implementasi Quizizz dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi

Apa itu pembelajaran berdiferensiasi? Mengapa pada kurikulum merdeka sangat penting untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi?

Pembelajaran berdiferensiasi adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai potensi dan karakteristiknya masing-masing. Pada model pembelajaran ini, minat bakat, potensi, hingga profil setiap siswa akan diperhatikan. Setiap krakteristik yang ada pada siswa sangat penting dalam proses pembelajaran.

Saat menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi ini, fokus utamanya tak hanya pada produk (hasil) belajar semata. Namun, pembelajaran berdiferensiasi ini juga memperhatikan proses dan materi (konten) belajar.

Jadi, ada tiga fokus utama dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi ini. Pertama, diferensiasi konten / materi belajar. Pembelajaran berdiferensiasi memberikan kebebasan kepada setiap siswa untuk menggunakan konten/materi belajar apa saja dan dari mana saja, selama sesuai dengan tema yang dipelajari. Siswa bahkan bisa menemukan konten/materi belajar dari peristiwa sehari-hari yang ada disekitarnya. Ini yang membuat konten/materi belajar masing-masing siswa tidak sama. Materi/konten belajarnya terdiferensiasi.

Kedua, diferensiasi proses. Pembelajaran berdiferensiasi memberikan kebebasan kepada setiap siswa untuk mengolah konten/materi belajarnya masing-masing. siswa bebas menggunakan metode apa saja. Namun, harus menuliskan setiap prosesnya pada jurnal belajar. di jurnal belajar ini siswa menceritakan bagaimana proses belajarnya, mulai dari awal hingga akhir. Tentunya setiap siswa memiliki proses belajar yang berbeda-beda.

Ketiga, diferensiasi produk. Pada model pembelajaran berdiferensiasi ini, diferensiasi produk akan terlihat dari hasil belajar siswa. Sebab, siswa memiliki konten dan proses belajar yang berbeda, maka produk yang dihasilkan juga berbeda. Akan ada beragam jenis produk belajar yang dihasilkan oleh para siswa.

Mengenal Quizizz

Kurikulum merdeka tidak hanya memberikan kebebasan kepada setiap siswa untuk belajar sesuai minat dan bakatnya masing-masing, melainkan juga memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih motode pembelajaran. Pada kurikulum merdeka, guru boleh menggunakan metode belajar apa saja selama sejalan dengan kurikulum dan sesuai dengan karakteristik siswa-siswanya.

Salah satu metode belajar yang sering digunakan guru pada pelaksanaan kurikulum merdeka ini adalah Quizizz. Quizizz banyak dipilih karena mengikuti perkembangan zaman, digitalisasi pendidikan. Selain itu juga karena sesuai dengan karakteristik siswa, yang merupakan generasi alpha, generasi yang melek teknologi.

Mengapa Pola Pengasuhan Zaman Dahulu Tidak Cocok untuk Generasi Alpha?
Perubahan pola pengasuhan ini disebabkan oleh kemudahan orang tua dalam mengakses informasi melalui teknologi.

Quizizz adalah platform pembelajaran digital yang menyediakan beragam fitur belajar secara online. Quizizz ini membantu guru dalam melakukan pembelajaran. Melalui Quizizz ini, guru bisa melakukan pre test¸ penguatan materi, latihan soal, remidial, post test dan lain sebagainya.

Quizizz tak hanya membantu guru dalam memberikan materi pelajaran saja. Namun juga bisa digunakan sebagai alat evaluasi. Melalui Quizizz ini, guru bisa melakukan evaluasi pembelajaran menggunakan kuis interaktif.

Ada beberapa keunggulan bila guru menggunakan Quizizz sebagai metode pembelajaran, yaitu :

  • Mudah membuat soal
  • Memudahkan dalam membuat perankingan siswa
  • Adanya koreksi otomatis
  • Terdapat review soal
  • Setiap siswa mendapat soal yang berbeda-beda
  • Membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan

Implementasi Quizizz dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

Penggunan Quizizz sebagai metode pembelajaran sebenarnya sudah lama terjadi. Saat terjadinya pandemic COVID-19 dan dilakukannya PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), maka semakin banyak guru yang menggunakan Quizizz sebagai metode pembelajaran. Hingga saat ini, saat penerapan kurikulum merdeka, Quizizz semakin banyak digunakan. Quizizz membantu guru melakukan pembelajaran berdiferensiasi.

Berikut implementasi Quizziz dalam pembelajaran berdiferensiasi :

1. Melakukan Pemetaan

Guru melakukan pemetaan kebutuhan dan potensi belajar setiap siswanya. Ini menjadi modal penting bagi guru dalam melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Guru bisa melakukan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswanya. Pemetaan ini membuat guru bisa mengelompokkan siswa sesuai dengan karakteristiknya masing-masing

2. Membuat Soal Berdiferensiasi

Guru membuat soal menggunakan Quizizz. Pada pembelajaran diferensiasi, soal yang diberikan kepada siswa harus memiliki ragam tingkat kesulitan soal. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal, guru harus membuat soal sesuai dengan tingkat pemahaman kelompok siswa.

3. Melakukan Penguatan Materi

Guru bisa memberikan penguatan materi berdasarkan hasil Quizizz setiap siswa. Misalnya, setelah melalukan pre test guru jadi tahu sejauh mana kemampuan setiap siswa. Ini menjadi bekal bagi guru dalam memberikan penguatan materi.

4. Refleksi

Setiap selesai melakukan pembelajaran jangan lupa untuk melakukan refleksi. Refleksi ini bisa menjadi bentuk apresiasi atas proses belajar siswa, juga menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk melakukan pembelajaran selanjutnya.

Bagaimana Mengoptimalkan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi?
Orientasi dalam pembelajaran diferensiasi tersebut dilakukan untuk memancing murid atau mengundang murid untuk mau bahkan memahami bagaimana cara merespon, dan menilai kebutuhan siswa.

Penerapan kurikulum merdeka ini akan memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk belajar sesuai dengan bakat dan minat mereka masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Quizizz bisa menjadi salah satu cara bagi guru untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi.

Demikian artikel tentang implementasi Quizizz dalam pembelajaran berdiferensiasi. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengimplementasi Quizizz dalam pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.