Contoh RPP Literasi dan Numerasi Kelas 3 dan 4
Hal terpenting yang harus dipersiapkan guru sebelum memulai tahun ajaran baru yaitu menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sebagai salah satu bagian terpenting dari perangkat pelajar. Oleh karena itu, guru cenderung mencari berbagai macam referensi RPP terbaik yang bisa membantu mereka dalam merancang kegiatan pembelajaran. Adapun cara yang dilakukan guru untuk mendapatkan referensi tersebut yaitu dari web pendidikan maupun aplikasi pendidikan yang membahas tentang contoh RPP literasi dan numerasi.
Salah satu website yang membahas tentang beberapa contoh RPP yang bisa digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu Kejarcita.id. Selain mendapatkan beberapa contoh mengenai RPP, Anda juga bisa mengakses beberapa blog terkait model pembelajaran, berbagai macam artikel pendidikan dan parenting untuk orangtua, dan lain sebagainya.
Dalam membuat RPP, Anda terlebih dulu harus mengetahui seberapa jauh kemampuan anak didik, dengan begitu Anda bisa memilih metode dan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar di kelas. Apabila guru bisa memilih metode dan model pembelajaran yang tepat, maka tujuan pembelajaran dalam proses belajar dapat terpenuhi dan kemampuan serta kreativitas siswa juga akan semakin berkembang dengan baik.
Adapun dua contoh RPP yang bisa Anda jadikan referensi, yaitu sebagai berikut.
Contoh RPP Literasi dan Numerasi Kelas 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas/Semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema/BAB : 3 / Benda di Sekitarku
Sub Tema : 2 / Wujud Benda
Muatan Terpadu : Matematika, Bahasa Indonesia, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 140 menit
A. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca wacana tentang wujud benda, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait wujud benda dengan tepat.
2. Dengan melakukan pengamatan benda, siswa dapat mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya dengan tepat.
3. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan wujud benda dengan kalimat efektif.
4. Dengan mengerjakan latihan soal, siswa dapat mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat.
5. Dengan mengerjakan soal cerita, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari mengenai panjang dengan tepat.
6. Dengan mengamati contoh gerakan tari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki dengan tepat.
7. Dengan menirukan gerakan kaki di buku, siswa dapat mempraktikkan dinamika gerakan kaki dengan tepat.
C. Penilaian (Assesmen)
a. Penilaian sikap : Observasi selama pembelajaran
b. Penilaian pengetahuan : Melalui pertanyaan tentang wujud benda, menentukan jarak dalam satuan meter, beserta melengkapi tabel pengelompokkan benda berdasarkan wujudnya.
c. Keterampilan : Praktik dalam mengidentifikasi gerak lemah dan kuat dalam gerakan kaki dan menirukan gerak lemah dan kuat dalam gerakan kaki.
Kepala Sekolah,………………………….... Guru Kelas 3………………………
NIP. ………………………… ………., NIP…………………
Contoh RPP Literasi dan Numerasi Kelas 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN
Kelas/Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Tema/BAB : 2 / Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 1 / Macam-Macam Sumber Energi
Muatan Terpadu : Matematika, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 140 menit
A. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengamati teks lagu, siswa dapat mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu “Menanam Jagung” dengan benar.
2. Setelah mendengarkan contoh, siswa mampu menyanyikan notasi lagu “Menanam Jagung” sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba ketukan dari guru dengan benar.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
5. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih dengan benar.
6. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan cacah dengan benar.
C. Penilaian (Assesmen)
a. Penilaian sikap : Observasi
b. Penilaian pengetahuan : Melalui penyelesaian masalah penaksiran dan pertanyaan terkait perbedaan hak dan kewajiban beserta contohnya.
c. Keterampilan : Praktik dalam menyanyikan notasi lagu “Menanam Jagung” dengan tinggi rendah nada.
Kepala Sekolah,………………………….... Guru Kelas 4………………………
NIP. ………………………… ………., NIP…………………
Supaya proses kegiatan belajar di kelas menjadi lebih berkesan, Anda bisa mengakhiri kegiatan aktivitas pembelajaran dengan melakukan senam otak atau membuka ruang refleksi, di mana siswa berkesempatan untuk menyampaikan masalah-masalah yang mereka temukan selama kegiatan belajar. Selain dapat membantu siswa dalam menghilangkan stress, Anda juga bisa memantau perkembangan kemampuan siswa dan dapat menentukan solusi terbaik dari masalah yang dialami siswa.
Demikianlah penjelasan mengenai RPP dan beberapa contoh RPP literasi dan numerasi yang bisa Anda jadikan referensi. Dengan adanya referensi tersebut, guru dan calon guru bisa lebih mudah dalam menentukan dan menyusun rencana pembelajaran yang tepat untuk siswa di kelas.
Bapak/ibu guru bisa mendapatkan contoh RPP lainnya dengan lengkap untuk semua mata pelajaran dan semua kelas di kejarcita. Berikut contoh tampilan RPP 1 Halaman dari kejarcita. Selengkapnya di kejarcita.id.