Secara umum, dalam dunia pendidikan, portofolio adalah kumpulan hasil kerja atau karya siswa yang didokumentasikan dengan baik dan teratur. Contoh portofolio siswa dalam bentuk tugas yang beragam, seperti jawaban siswa terhadap pertanyaan guru, hasil observasi, wawancara, laporan kegiatan, dan lainnya. Kumpulan karya siswa yang dikumpulkan dalam portofolio merupakan hasil pelaksanaan tugas yang ditentukan guru atau siswa bersama guru, sebagai bagian dari usaha untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ditentukan kurikulum.
Dalam hal ini, portofolio juga bisa dijadikan sebagai instrumen penilaian untuk mengukur pengetahuan atau kompetensi siswa dan melihat hasil belajar siswa.
Contoh Portofolio Siswa SD Kelas 1-6
Contoh portofolio siswa untuk penilaian atau assessment bisa berbentuk produksi siswa yang berisi karya, hasil proyek, penyelidikan ataupun praktik yang dilakukan siswa disajikan secara tertulis, gambar atau laporan pengamatan, analisis situasi, laporan kerja kelompok, hasil kerja menggunakan alat rekam video, dan lainnya sesuai dengan mata pelajaran yang bersangkutan.
Portofolio kerja terdiri dari pengantar, daftar isi, hasil penilaian diri atau refleksi, dan jurnal atau catatan harian siswa tentang topik. Berikut ini merupakan beberapa contoh portofolio siswa SD kelas 1-6:
Contoh portofolio siswa SD kelas 1
Nama: | Kelas: 1 | Mata Pelajaran: SBdP |
Tugas Portofolio: Mewarnai gambar flora dan fauna dalam lembar kerja yang diberikan guru. Pewarnaan ini dilakukan sesuai imajinasi masing-masing siswa. Dikumpulkan pada pertemuan pembelajaran selanjutnya. |
Pengantar portofolio hasil kerja siswa: Hasil kerja saya pada portofolio ini menunjukkan kekuatan dan kelemahan saya dalam berimajinasi. Saya bisa memadukan warna dengan baik, namun masih berantakan dalam mewarnai. |
Lembar penilaian diri: |
Saya bisa mewarnainya dengan mudah | ✓ |
Saya bisa mewarnainya |
|
Saya masih bingung mewarnainya |
|
Saya kesulitan mewarnainya |
|
Contoh portofolio siswa SD kelas 2
Nama: | Kelas: 2 | Mata Pelajaran: SBdP |
Tugas Portofolio: Siswa menggambar di kertas HVS, dengan bebas bertema flora dan fauna. Siswa bisa menuliskan atau menjelaskan arti gambar tersebut. Dikumpulkan pada kegiatan pembelajaran selanjutnya. |
|
Pengantar portofolio hasil kerja siswa: Hasil kerja saya pada portofolio ini menunjukkan kekuatan dan kelemahan saya dalam berimajinasi. Saya bisa menggambar dengan rapi dan baik serta memadukan warna yang tepat. |
Lembar penilaian diri: |
Saya bisa menggambar dan mewarnainya dengan mudah |
|
Saya bisa menggambar dan mewarnainya | ✓ |
Saya masih bingung menggambarnya |
|
Saya kesulitan menggambar |
|
Contoh portofolio siswa SD kelas 3
Nama: | Kelas: 3 | Mata Pelajaran: Matematika |
Tugas Portofolio: Mengumpulkan hasil penilaian ulangan harian dan tugas project yang dilakukan selama satu semester terkait materi: Laporan dikumpulkan paling lambat minggu ke-4 bulan Juni. |
Jadwal kegiatan pelaksanaan penyusunan portofolio:
No | Kegiatan | Minggu ke (Mei) | Minggu ke (Juni)
|
|
3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
1. | Mendapat Tugas | ✓ |
|
|
|
|
|
|
2. | Ulangan harian (bilangan dan penjumlahan dan pengurangan) |
| ✓ |
|
|
|
| Ulangan harian dilakukan setelah pemaparan materi pelajaran |
3. | Pembagian-pengumpulan tugas Project buat kreasi rumus dan hasil kumpulan perkalian dan pembagian |
|
| ✓ | ✓ |
|
| Ini adalah tugas individu |
4. | Penyusunan dan pengecekan kelengkapan laporan |
|
|
|
| ✓ |
|
|
5. | Penyerahan portofolio siswa |
|
|
|
|
|
|
|
Pengantar portofolio hasil kerja siswa: Melalui hasil kerja yang saya lampirkan di portofolio ini menunjukkan kekuatan dan kelemahan pada pelajaran matematika semester ini. Saya melampirkan hasil 2 ulangan harian dan 1 tugas proyek. Saya memiliki kemampuan matematika yang cukup baik dan kreativitas dalam membuat proyek. |
Lembar penilaian diri |
Saya mengerti semua materi matematika dengan baik |
|
Saya kurang mengerti materi tentang ….. | Menentukan letak bilangan pada garis bilangan |
Saya bisa menghitung perkalian dan pembagian dengan mudah setelah membuat proyek | ✓ |
Saya sulit mengerti semua materi karena …... |
|
|
Contoh portofolio siswa SD kelas 4
Nama: | Kelas: 4 | Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia |
Tugas Portofolio: Siswa membuat denah tempat tinggal dan lingkungannya dengan menarik, dan mendeskripsikan atau menjelaskan dengan kalimat yang runtut. Siswa membuat teks percakapan terkait materi "Tempat Umum" di kertas portofolio dengan memperhatikan bahasa dan tanda baca. Laporan dikumpulkan pada minggu ke-2 April |
Jadwal Penyusunan Laporan
No | Kegiatan | Minggu ke (April) | Keterangan |
1 | 2 |
|
1. | Mendapat Tugas | ✓ |
|
|
2. | Pengerjaan Tugas | ✓ |
| Tugas/projek dilakukan secara individu setelah menerima pembelajaran/pemberian tugas. Tugas bisa dikerjakan di rumah dalam waktu yang sudah ditentukan |
3. | Penyerahan portofolio siswa |
| ✓ |
|
Pengantar portofolio hasil kerja siswa: Pada awal pengerjaan, Saya sedikit kesulitan membuat denah lokasi di lingkungan saya. Namun saya bisa membuatnya dan menuliskan deskripsinya dengan baik. Saat membuat teks percakapan, saya pikir tinggal ditulis saja, tetapi kita harus tahu tujuan penulis, pembaca, topik yang akan ditulis dan cara penulisan yang baik. |
Lembar penilaian diri |
Saya menulis kalimat awal dengan huruf besar | ✓ |
Saya bisa menggunakan tanda petik (") saat menulis percakapan | ✓ |
Saya bisa menulis ejaan dengan benar | ✓ |
Teks percakapan yang dibuat mudah dimengerti | ✓ |
|
Contoh portofolio siswa SD kelas 5
Nama: | Kelas: 5 | Mata Pelajaran: PKN |
Tugas Portofolio: Menulis karya tulis makalah berkelompok (1 kelompok 5 siswa) terkait materi “Usaha Menjaga Keutuhan NKRI” dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI. Buat laporan ini berdasarkan: Makalah dikumpulkan pada minggu ke-2 bulan Mei |
Jadwal Penyusunan Laporan
No | Kegiatan | Minggu ke (April) | Minggu ke (Mei) | Keterangan |
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 |
|
1. | Mendapat Tugas + Pembagian Kelompok | ✓ |
|
|
|
|
|
|
2. | Pengerjaan Tugas (Diskusi) |
| ✓ |
|
|
|
| Tugas/projek dilakukan secara berkelompok setelah menerima tugas. Setiap kelompok bisa berdiskusi di sekolah atau di tempat lain. |
3. | Pengecekan kelengkapan data |
|
|
|
|
|
|
|
4. | Penyusunan Laporan |
|
|
|
|
|
|
|
5. | Penyerahan Laporan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian;
Contoh portofolio siswa SD kelas 6
Nama: | Kelas: 6 | Mata Pelajaran: Bahasa Inggris (Folk Tales) |
Tugas Portofolio: Siswa mencari dan menulis dongeng bahasa Inggris. Siswa menghafalkannya dan melakukan story telling dalam bentuk video. |
Pengantar portofolio hasil kerja siswa:
|
Lembar penilaian diri: (tidak pernah (10), kadang-kadang (20), sering (30)) |
Saya tenang dan percaya diri | 20 |
Saya dapat mengontrol gerakan tubuh sehingga tampak alami (tidak canggung) | 20 |
Saya berbicara/berbicara dengan jelas | 10 |
Saya bicara dengan keras dan terdengar baik | 20 |
Itulah beberapa hal mengenai contoh portofolio siswa SD kelas 1-6 yang bisa Anda ketahui. Dalam pemberian tugas portofolio, tentunya guru harus memiliki rubrik penilaiannya tersendiri untuk mengukur hasil portofolio siswa. Portofolio tersebut dikumpulkan kembali bersamaan dengan hasil pengerjaan siswa.