Contoh Pendidikan Karakter

edukasi 17 Apr 2023

Untuk membentuk generasi penerus bangsa yang baik, maka para pendidik harus segera melakukan pembenahan terhadap segi karakter setiap siswanya sedari dini. Adapun beberapa nilai pendidikan karakter yang dapat diajarkan kepada siswa yaitu seperti sikap tanggung jawab, toleransi, cinta dan peduli terhadap lingkungan, peduli kepada diri sendiri dan orang lain, memiliki jiwa sosial yang tinggi, dan lain sebagainya. Akan sangat baik jika para pendidik sudah mengajarkan pendidikan karakter tersebut sejak dini, dengan begitu pendidikan yang diterapkan akan lebih efektif.

Fungsi Pendidikan Karakter

Secara umum, fungsi dari pendidikan karakter ini yaitu untuk membentuk karakter siswa yang bermoral, memiliki sikap tangguh, berakhlak mulia, dan berperilaku baik terhadap sesama. Dalam pelaksanaannya, pendidikan karakter dijadikan sebagai wadah sosialisasi karakter yang perlu dimiliki oleh setiap individu agar dapat menjadikan mereka sebagai seseorang yang bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Adapun beberapa fungsi dari pendidikan karakter ini yaitu diantaranya:

1. Menguatkan dan memperbaiki peran setiap orang, keluarga, masyarakat, pemerintah dan lembaga pendidikan untuk bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam pengembangan potensi masyarakat.

2. Menyaring budaya yang berasal dari bangsa lain secara otomatis adalah salah satu fungsi dari pendidikan karakter. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua budaya cocok untuk diadopsi oleh masyarakat.

3. Membentuk dan mengembangkan potensi yang dimiliki setiap sehingga, sehingga mereka mampu memiliki cara pandang dan berpikir yang baik, memiliki hati naruni, dan dapat bersikap dan berperilaku yang luhur.

4. Dapat menjelaskan dan mengartikan berbagai karakter yang dimiliki individu.

5. Mengetahui berbagai karakter setiap individu.

6. Menunjukkan contoh dari karakter yang baik dan diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

7. Memahami sisi baik dalam menjalankan perilaku karakter individu.

18 Nilai Pendidikan Karakter

Berikut ini adalah contoh-contoh dari pendidikan nilai karakter yang dapat ditemukan dan diimplementasikan siswa di dalam kehidupan sehari-hari, yaitu meliputi:

1. Toleransi

Adapun contoh pertama dari pendidikan nilai karakter yang dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari yaitu sikap toleransi. Toleransi adalah sikap untuk saling menghargai di tengah perbedaan yang ada. Sikap ini penting untuk terbentuk dan diterapkan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, yang mana terdiri dari ribuan bangsa, agama yang berbeda-beda, dan budaya yang kaya menjadi alasan penting untuk setiap individu memiliki nilai toleransi ini.

2. Religius

Nilai selanjutnya yang dapat dimiliki oleh setiap siswa yaitu nilai religius. Nilai ini sangat penting untuk dimiliki setiap siswa mengingat adanya 6 agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Dalam pelaksanaannya, nilai religius ini dapat diimplementasikan dengan melakukan peribadatan yang disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing.

3. Jujur

Sikap jujur sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Sikap jujur dapat menempatkan seseorang pada pribadi yang dapat dipercaya oleh banyak orang. Tentu saja sikap ini sangat penting untuk dimiliki siswa dan setiap orang. Dengan memiliki sikap jujur, mereka dapat memiliki kepercayaan untuk mengerjakan hal-hal besar di masa yang akan datang. Adapun contoh dari sikap jujur ini yaitu meliputi perkataan dan tindakan yang bersangkutan.

4. Kreatif

Adapun contoh lain dari pendidikan karakter ini yaitu sikap kreatif. Sikap ini adalah sikap yang dapat membantu seseorang untuk menemukan cara-cara baru dalam melakukan hal-hal yang biasa. Dalam pelaksanaannya, orang kreatif akan selalu bisa menemukan celah untuk melakukan sesuatu yang terlihat biasa menjadi lebih unik karena mereka melakukan hal tersebut dengan ciri khasnya sendiri. Sikap kreatif ini juga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang mereka temukan dalam proses kegiatan belajar.

Macam-Macam Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter adalah proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan siswa yang berguna untuk membangun karakter siswa yang baik sebagai warga negara

5. Disiplin

Sikap disiplin adalah karakter baik yang akan sangat bermanfaat jika dimiliki oleh setiap orang.  Dengan memiliki sikap disiplin, individu tersebut akan selalu patuh pada aturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungannya. Sikap ini dapat membantu setiap individu untuk menemukan dirinya selamat dan siap untuk satu situasi. Sikap ini bagus untuk diterapkan sejak dini, agar mereka dapat menjadi manusia dewasa yang baik.

6. Kerja Keras

Semua orang tentunya ingin menjadi orang suskes. Namun, pada kenyataannya hanya sedikit orang yang tahu bahwa jika ingin suskes orang tersebut harus kerja keras selama proses kehidupan berlangsung. Oleh karena itu, nilai karakter kerja keras harus ditanamkan sejak dini.

Pada kesempatan ini, Anda diajak untuk percaya bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Ini bisa dijadikan motto hidup setiap individu sejak kecil hingga dewasa. Dengan begitu, mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang semangat dan pantang menyerah walaupun harus melewati berbagai macam rintangan untuk mencapai kesuksesan.

7. Rasa Ingin Tahu

Penting bagi setiap individu untuk memiliki rasa ingin tahu. Hal ini dapat memicu berbagai pengetahuan untuk ditemukan dengan sendirinya oleh setiap individu. Rasa ingin tahu juga dapat ditandai melalui kegiatan membaca, mengulik suatu informasi dan melalui sesi tanya jawab.

8. Mandiri

Sikap mandiri sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Mandiri adalah sikap seseorang yang dapat berdiri sendiri, yang berarti seseorang tersebut tidak bergantung kepada orang lain. Dengan sikap mandiri tersebut, seseorang akan terbiasa untuk melakukan tugasnya sendiri tanpa harus menunggu bantuan dari orang lain.

9. Demokratis

Demokratis adalah keterampilan yang melatih cara bersikap, berpikir, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban yang dimiliki dirinya dan orang lain. Dengan adanya sikap demokratis, semua tindakan, perbuatan, dan konsekuensinya akan bernilai sama, sehingga tidak ada yang merasa lebih baik. Sikap demokratis ini perlu untuk ditanamkan sejak dini agar kelak individu tersebut bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik.

10.  Menghargai Prestasi

Sikap ini penting untuk dimiliki setiap individu karena akan memicu individu lain untuk selalu menghasilkan sesuatu yang baik untuk masyarakat.

11.  Semangat Kebangsaan

Bangsa yang baik adalah bangsa yang selalu menjunjung tinggi kepentingan bangsanya dibandingan dengan kepentingan pribadi. Sikap ini penting untuk dipelajari oleh setiap individu. Dengan memiliki semangat kebangsaan, siswa akan terlatih dalam bertindak, berpikir, dan memiliki wawasan yang mengedepankan kepentingan bangsa.

12.  Cinta Tanah Air

Sikap ini dapat mengasah kemampuan individu untuk bertindak, berpikir, dan berwawasan yang mencintai tanah airnya.

13.  Gemar Membaca

Saat ini, Indonesia memiliki angka yang rendah dalam minat membaca. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menanamkan minat membaca sedari dini. Membaca tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan akademik siswa saja, tetapi dengan membaca kepekaan seseorang terhadap lingkungan sekitarnya dapat terasah dengan baik.

14.  Komunikatif

Sikap yang komunikatif dapat membantu individu dalam bergaul dan pandai dalam menyampaikan pendapatnya di depan umum.

15.  Cinta Damai

Indonesia terbentuk dari ribuan suku bangsa, dan sikap cinta damai penting untuk ditanamkan sejak dini. Sikap ini dapat meredam bibit-bibit anarkis yang dimiliki individu.

16.  Bertanggungjawab

Sikap bertanggungjawab dapat membantu individu untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan tugas yang menjadi kewajibannya. Dengan memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi, semua hal bisa dilakukan dengan baik.

17.  Cinta Lingkungan

Bumi sudah semakin tua, dan jumlah penduduk semakin meningkat di setiap harinya. Hal ini tentu saja dapat mengundang bencana yang besar jika kita bersikap tidak peduli terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memiliki sikap cinta lingkungan.

Peran Guru dalam Menumbuhkan Rasa Peduli terhadap Sesama saat Kelas Daring
Belajar dalam ruang kelas daring sebenarnya bisa saja kondusif. Caranya adalah dengan membuat kesepakatan kelas hari pertama kelas daring mulai. Kesepakatan kelas inilah yang nantinya akan membantu murid-murid tetap fokus belajar meskipun dalam kelas daring.

18.  Peduli Sosial

Manusia adalah makhluk sosial, maka dari itu peduli akan lingkungan sosial sudah seharusnya menjadi nilai pendidikan karakter. Dengan adanya sikap peduli sosial, keharmonisan lingkungan bisa semakin terjaga.

Contoh Pendidikan Nilai Karakter dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Rajin Beribadah

Faktanya, untuk menumbuhkan nilai karakter yang religius di dalam diri seseorang tidak selalu harus diajarkan dari sekolah. Di rumah pun seseorang dapat menumbuhkan sifat religius. Dengan rajin beribadah, seseorang telah menumbuhkan karakter baik yang beriman dan berakhlak mulia.

2. Rutin Berkomunikasi dengan Anggota Keluarga

Di dalam kehidupan sehari-hari, biasanya setiap anggota akan selalu sibuk dengan masing-masing kegiatannya di setiap hari. Biasanya jika seseorang terlalu sibuk dengan kehidupannya akan lupa dengan lingkungan sekitarnya. Dengan rutin berkomunikasi dengan anggota keluarga, individu dapat mengeratkan ikatan batin dan komunikasi di rumah. Sikap yang komunikatif juga dapat membantu seseorang untuk keluar dari permasalahan yang mereka miliki, misalnya dengan curhat dengan anggota keluarga.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh dari pendidikan karakter. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.