Contoh Modul Ajar Kimia SMA Kurikulum Merdeka

contoh modul ajar 8 Okt 2023

Tujuan Modul Ajar

Modul ajar disusun untuk:

  • melatih peserta didik untuk mampu mandiri dalam belajar;
  • melatih sikap jujur peserta didik;
  • melatih kemampuan peserta didik dalam mengukur kemampuannya sendiri;
  • memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk belajar sesuai dengan caranya masing-masing;
  • memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk memahami kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya dalam belajar; dan
  • meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila merupakan proyek penguatan nilai-nilai Pancasila terhadap peserta didik. Dengan adanya Profil Pelajar Pancasila ini, peserta didik tidak hanya sekadar memiliki kemampuan dalam bidang akademik saja, tetapi  juga memiliki karakter yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

Target Peserta Didik

Peserta didik yang menjadi target ialah sebagai berikut.

  • Peserta didik reguler: Peserta didik yang tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi pembelajaran.
  • Peserta didik dengan kesulitan belajar: Peserta didik memiliki gaya belajar yang terbatas. Peserta didik hanya memiliki satu gaya belajar saja, seperti audio.
  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi: Peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami materi pembelajaran dengan cepat, memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan dalam memimpin.

Model Pembelajaran

Model pembelajaran merupakan kerangka kegiatan belajar yang memberi gambaran sistematis dalam pelaksanaan proses kegiatan belajar. Model pembelajaran memiliki macam jenis, seperti model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh, blended learning, dan lain sebagainya.

Kegiatan Pembelajaran dalam Modul Ajar

Urutan dalam proses kegiatan belajar yang dimuat dalam modul ajar akan dimuat ke dalam bentuk langkah-langkah proses kegiatan belajar yang dibuat secara konkret. Modul ajar yang dibuat menyertakan opsi atau kegiatan pembelajaran alternatif dan langkah-langkah yang disesuaikan menurut kebutuhan belajar peserta didik. Tahap proses kegiatan belajar dibuat secara berurutan dan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan. Tahap proses kegiatan belajar ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.

Contoh Modul Ajar Biologi SMA Kurikulum Merdeka
Fungsi Profil Pelajar Pancasila, Menginterpretasikan tujuan dan visi pendidikan ke dalam pengertian yang lebih mudah dipahami oleh kepentingan pendidikan, Sebagai penunjuk bagi guru dan siswa

Contoh Modul Ajar Kimia SMA Kurikulum Merdeka

Mata Pelajaran: Kimia

Materi Pembelajaran: Perubahan Kimia dan Fisika

Kelas: X

Alokasi Waktu: 6 x 45 Menit

Model Pembelajaran: Tatap Muka dan PJJ

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi "Perubahan Kimia dan Fisika" peserta didik diharapkan mampu:

  1. menganalisis karakteristik dari perubahan fisika dan perubahan kimia;
  2. mengamati perubahan kimia sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti  proses memasak, fermentasi, terjadinya karat dan lain-lain; dan
  3. menerangkan konsep kimia pada perubahan kimia yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Profil Pelajar Pancasila :

  • Bernalar Kritis
  • Mandiri
  • Kreatif

Sarana dan Prasarana :

  • Kertas HVS
  • Gunting
  • Korek api
  • Es batu
  • Air
  • Garam dapur
  • Sendok
  • Internet
  • Buku referensi

Target Peserta Didik

  • Peserta didik regular
  • Peserta didik dengan hambatan belajar
  • Peserta didik cerdas berbakat istimewa (CIBI)
  • Peserta didik dengan ketunaan

Pertanyaan Pemantik:

  1. Apakah perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia?
  2. Apa saja perubahan fisika yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari?
  3. Apa saja perubahan kimia yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari?
  4. Apa konsep kimia yang ditemukan dalam perubahan kimia di kehidupan sehari-hari?

Persiapan Pembelajaran

  • Membaca materi tentang perubahan materi.
  • Menyiapkan alat dan bahan.
  • Menyiapkan LKPD.
  • Menyiapkan video pembelajaran.

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Kegiatan Awal

  • Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan menanyakan kabar dan membuka kegiatan belajar dengan doa bersama, serta mengecek kehadiran peserta didik.
  • Guru memberikan video pembelajaran mengenai perubahan kimia dan perubahan fisika.
  • Guru menanyakan apa yang dilihat peserta didik dari video pembelajaran.

Kegiatan Inti

  • Guru menjelaskan Power Point tentang hakikat ilmu kimia, perubahan fisika dan perubahan kimia.
  • Guru menjelaskan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi di kehidupan sehari-hari.
  • Guru membagi kelompok yang setiap kelompoknya beranggotakan 5 orang.
  • Guru membimbing peserta didik untuk menganalisis perubahan kimia dan perubahan fisika yang terjadi di lingkungan sekitar.
  • Guru memberi LKPD untuk mengetahui pemahaman peserta didik dan membahasnya secara bersama-sama.

Kegiatan Penutup

  • Guru menyimpulkan materi yang dibahas hari ini.
  • Guru mengingatkan siswa akan materi yang akan dipelajari di pertemuan selanjutnya.
  • Guru menutup pertemuan dengan berdoa bersama.

Pertemuan II

Kegiatan Awal

  • Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum kegiatan belajar dimulai.
  • Guru bertanya mengenai materi yang dipelajari di pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti

  • Guru menyajikan beberapa percobaan yang dapat digunakan dalam mengamati perubahan kimia dan perubahan fisika.
  • Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok yang beranggotakan 5 peserta didik di setiap kelompoknya.
  • Peserta didik menyiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam pengamatan perubahan kimia dan perubahan fisika.
  • Guru mengarahkan peserta didik dalam melakukan percobaan kimia dan fisika. Pada kesempatan ini, peserta didik akan merekam kegiatan percobana tersebut dan mengunggahnya ke media sosial masing-masing.

Kegiatan Penutup

  • Guru menyimpulkan hasil kegiatan belajar hari ini.
  • Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya, yaitu mengenai konsep kimia yang terjadi dalam perubahan kimia.
  • Guru menutup proses kegiatan belajar dengan doa bersama.

Pertemuan III

Kegiatan Awal

  • Guru memulai kegiatan belajar dengan doa bersama dan mengecek kehadiran peserta didik.
  • Guru bertanya mengenai kesulitan yang dialami peserta didik selama melakukan proses editing video kegiatan pembelajaran di pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti

  • Guru bertanya mengenai perubahan kimia yang diujikan peserta didik. Setiap kelompok akan diberi kesempatan untuk melakukan presentasi.
  • Guru bertanya mengenai perubahan kimia yang terjadi pada percobaan yang dikerjakan peserta didik.
  • Guru menjelaskan tentang perubahan kimia dan menjelaskan tentang ciri-ciri dari reaksi kimia tesebut.
  • Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan LKPD dan dikerjakan secara mandiri.

Kegiatan Penutup

  • Guru menyimpulkan hasil kegiatan belajar.
  • Guru mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi tentang alat-alat laboratorium dari buku paket yang dipakai atau dari materi yang diberikan guru.
  • Guru menutup kegiatan belajar dengan doa bersama.

Refleksi Guru

  1. Apakah kegiatan belajar yang dibuat dapat mengarahkan peserta didik dengan baik?
  2. Apakah peserta didik mampu memahami penjelasan dengan baik?
  3. Apa yang harus diperbaiki jika peserta didik tidak paham dengan materi yang dijelaskan guru?
  4. Peserta didik mana yang perlu diperhatikan lebih dekat?

Refleksi Siswa

  1. Apakah peserta didik mampu membedakan ciri-ciri dari perubahan fisika dan perubahan kimia dengan baik?
  2. Apakah peserta didik dapat menyebutkan contoh dari perubahan fisika dan perubahan kimia yang ada di dalam kehidupan sehari-hari?
  3. Apakah peserta didik mampu menganalisis konsep kimia pada perubahan kimia yang terjadi di kehidupan sehari-hari?

Asesmen

  • Asesmen Pemahaman Sains: Tes tertulis dan proses tanya jawab
  • Asesmen Keterampilan: Observasi kinerja siswa
Contoh Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka
tujuan pembuatan modul menurut Prastowo, yaitu peserta didik dapat belajar secara mandiri, guru tidak memiliki peran yang dominan dalam proses kegiatan belajar

Remedial

Peserta didik yang hasil belajarnya belum memenuhi standar minimal akan melaksanakan kegiatan remedial. Pada kesempatan ini, guru akan memberi pengulangan materi kepada peserta didik.

Pengayaan

Peserta didik yang hasil belajarnya sudah melebihi nilai KKM yang telah ditentukan akan diberikan tugas pengayaan.

Demikianlah penjelasan mengenai modul ajar beserta contoh modul ajar Kimia SMA Kurikulum Merdeka. Semoga artikel ini bermanfaat.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.