Pentingnya Skill Komunikasi Bagi Siswa. Bagaimana Cara Meningkatkannya?

edukasi 2 Jan 2024

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Apa pun jenis bidang yang ditekuni, kemampuan komunikasi ini dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Komunikasi membantu seseorang dalam bersosialisasi dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Dengan kemampuan komunikasi yang efektif, seseorang bisa menjadi pemimpin yang baik. Komunikasi membantu seseorang untuk menyampaikan pesan, maksud, dan tujuan kepada lawan bicara dengan tepat. Sebagai contohnya, dalam kegiatan belajar mengajar, guru dengan kemampuan komunikasi yang baik akan mudah memberikan materi pelajaran kepada siswa. Siswa pun bisa menerima materi dengan baik.

Sebagai guru, tentunya Anda menyadari bahwa kemampuan komunikasi ini sangat dibutuhkan siswa untuk masa depan dan mengembangkan karier mereka. Bukan hanya itu, kemampuan komunikasi juga bisa membantu banyak aspek kehidupan, mulai dari karier yang profesional, kehidupan sosial, hingga kehidupan keluarga

Pentingnya Skill Komunikasi bagi Siswa

sumber: https://www.pexels.com/

Kemampuan komunikasi, baik yang verbal atau tertulis, sangat penting dimiliki untuk bisa memahami dan menyampaikan informasi dengan tepat dan akurat. Sebaliknya, kemampuan komunikasi yang buruk bisa menyebabkan kesalahpahaman penyampaian pesan hingga frustasi. Kemampuan komunikasi bukanlah bakat bawaan lahir, tetapi bisa dibentuk dan ditingkatkan. Oleh sebab itu, kemampuan komunikasi harus diasah sejak dini atau sejak di bangku sekolah.

Berikut ini merupakan beberapa alasan pentingnya skill komunikasi bagi siswa.

1. Bisa Mengikuti Pembelajaran yang Efektif

Komunikasi yang baik memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, baik secara daring maupun tatap muka. Kualitas pembelajaran yang baik dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Bagaimana Membangun Komunikasi dan Interaksi Positif dengan Orangtua?
Komunikasi yang baik merupakan komunikasi yang terjalin secara timbal balik, di mana terdapat pihak yang berbicara dan mendengarkan

Selain itu, siswa bisa mengatur waktu belajar dengan baik dan menyelesaikan target belajar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Guru bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman dengan komunikasi yang baik sehingga dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik

2. Peningkatan Soft Skill

Keterampilan komunikasi merupakan salah satu soft skill yang sangat dibutuhkan di masa depan, baik dalam berinteraksi dengan orang lain maupun dalam situasi kerja.

Soft skill komunikasi adalah salah satu kemampuan interpersonal yang sangat penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Soft skill adalah kumpulan atribut pribadi dan interpersonal yang memungkinkan individu berinteraksi, melibatkan aspek seperti komunikasi, kerja tim, kepemimpinan, empati, adaptabilitas, dan keterampilan interpersonal lainnya.

Soft skill komunikasi dapat membantu seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kerja dan kesuksesan dalam karier. Beberapa cara untuk meningkatkan soft skill komunikasi antara lain dengan berlatih berkomunikasi aktif, mengembangkan kemampuan kerja sama dalam tim, menghadiri pelatihan, dan lain-lain.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kemampuan untuk mengutarakan pendapat di depan umum akan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kemampuan komunikasi dapat secara signifikan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, seseorang dapat lebih mudah menyampaikan ide, berinteraksi dengan orang lain, dan mengatasi tantangan komunikasi. Menurut "Lifestyle Kompas," terdapat 10 aturan komunikasi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Selain itu, menurut "GreatNusa," soft skill komunikasi adalah contoh nyata dari kemampuan berkomunikasi yang dapat ditemui dalam dunia profesional, dan soft skill secara umum sangat penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pengembangan kemampuan komunikasi dapat berkontribusi secara positif terhadap peningkatan rasa percaya diri individu.

4. Meningkatkan Prestasi Akademik

Siswa yang mampu mengomunikasikan pikiran, perasaan, dan gagasannya dengan jelas cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik. Secara keseluruhan, pengembangan skill komunikasi dapat membantu siswa meningkatkan prestasi akademik mereka karena mereka dapat menghadapi tantangan dalam belajar dengan lebih efektif dan mengatasi konflik yang mungkin terjadi.

Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik juga dapat membantu siswa dalam meningkatkan kesadaran komunikasi mereka dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi mereka untuk persiapan dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.

5. Hubungan Sosial yang Sehat

Keterampilan komunikasi yang baik juga membantu siswa membangun hubungan sosial yang sehat. Dengan demikian, pengembangan keterampilan komunikasi seharusnya menjadi bagian integral dari pendidikan siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Berikut ini adalah beberapa contoh hubungan sosial yang sehat.

1. Membangun Hubungan yang Saling Menguntungkan

Kemampuan untuk memulai dan mempertahankan percakapan, membangun hubungan yang saling menguntungkan, dan memanfaatkan hubungan ini untuk mencapai tujuan bersama

2. Meningkatkan Kualitas Interaksi

Dengan mengembangkan kemampuan komunikasi, seseorang akan mampu menjalin hubungan dengan individu lainnya yang lebih baik dan menjaga hubungan antara individu yang satu dengan dengan individu lainnya.

3. Mengatasi Konflik

Kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu seseorang mengatasi konflik dan menjaga hubungan sosial yang sehat

Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa

sumber: https://www.pexels.com/

Guru dan sekolah memiliki peran penting untuk mendidik siswa-siswi menjadi manusia yang bermanfaat dan berintegritas. Bahkan, bisa dikatakan sekolah bertanggung jawab terhadap masa depan siswa. Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh guru dan sekolah? Mereka dapat memberikan pengetahuan baru dan lebih luas serta meningkatkan keterampilan siswa.

Salah satu keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk masa depannya adalah kemampuan komunikasi. Beberapa cara meningkatkan kemampuan komunikasi siswa saat pembelajaran di kelas adalah sebagai berikut.

1. Mendukung Anak untuk Memulai dan Terlibat dalam Percakapan

Guru dan orang tua dapat mendukung siswa untuk aktif berpartisipasi dalam percakapan. Mendukung anak untuk memulai dan terlibat dalam percakapan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Orang tua dan guru dapat memberikan kesempatan atau waktu untuk berbicara dan menyampaikan apa yang ada dalam pikiran atau keinginan siswa tanpa memotong atau menyimpulkan pembicaraan siswa.

Selain itu, orang tua dan guru juga dapat mendengarkan curahan hati siswa dengan baik dan ajukan pertanyaan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif. Dengan cara ini, siswa akan merasa didengarkan dan dihargai sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi mereka.

2. Menyampaikan Tujuan dengan Jelas

Dalam proses kegiatan belajar siswa perlu diajarkan untuk mampu menyampaikan tujuan dengan jelas. Guru akan melatih siswa untuk terampil dalam menyampaikan gagasan yang mereka miliki dengan jelas agar jalinan komunikasi dapat berjalan secara efektif. Selain itu, siswa juga akan diajarkan untuk mendengarkan secara saksama dan memberikan tanggapan yang memadai, dengan begitu kemampuan komunikasi mereka dapat berjalan dengan lancar.

3. Menerapkan Keterbukaan dan Kejujuran

Guru akan melatih siswa untuk bisa bersikap terbuka dan jujur dalam berkomunikasi. Dengan begitu, kemampuan komunikasi yang dimiliki siswa dapat berkembang dengan baik.

Alasan Pentingnya Menjaga Komunikasi antara Guru dan Orangtua
Adapun tujuan utama komunikasi antara guru dan orangtua siswa yaitu memastikan anak dapat belajar secara efektif serta memastikan kebutuhan belajarnya dipenuhi dengan baik.

4. Latihan yang Berkelanjutan

Seperti keterampilan lainnya, kemampuan komunikasi siswa juga dapat ditingkatkan melalui latihan yang berkelanjutan.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif, baik untuk keperluan akademik maupun persiapan dalam berinteraksi di masyarakat dan dunia kerja.

Itulah beberapa hal mengenai pentingnya skill komunikasi bagi siswa serta cara meningkatkannya yang bisa dilakukan. Dengan melakukan hal ini, guru dan sekolah sudah membantu siswa untuk menyiapkan bekal masa depan mereka lebih baik.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.