Cara Membuat Soal AKM beserta Contoh Soalnya

Sumber Materi 24 Mar 2021

Seperti yang diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Makarim telah menggantikan Ujian Nasional (UN) dengan Asesmen Nasional (AN) dimulai tahun 2021. asesmen nasional menjadi standar kelulusan siswa dan pemetaan mutu pendidikan untuk semua sekolah, madrasah atau kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Dalam asesmen nasional terdapat tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

Berdasarkan hasil studi nasional dan internasional, menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa Indonesia masih tergolong rendah, hal tersebutlah yang memunculkan kebijakan adanya soal AKM literasi membaca dan numerasi. Sedangkan diadakannya survei karakter dalam asesmen ini karena pendidikan Indonesia bertujuan untuk meningkatkan atau mengembangkan kemampuan siswa secara utuh.

Hal-hal yang perlu dikembangkan dalam diri siswa melalui pendidikan yaitu sikap, values serta perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila. Setidaknya terdapat 6 indikator pancasila yaitu kreativitas, akhlak mulia, gotong royong, kemampuan berpikir kritis, kebhinekaan global, dan mandiri.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai langkah-langkah cara membuat soal AKM beserta contoh soal AKM, baik AKM literasi dan AKM numerasi.

Cara Membuat Soal AKM

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk menambah kemampuan dan kapasitas diri mereka. Ada 2 kompetensi yang menjadi pengukur AKM yaitu literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi.

Soal AKM bersifat aplikatif, konteks yang esensial atau sesuai dengan kehidupan yang terjadi sehari-hari. Pada dasarnya, soal AKM tidak dibuat hanya berdasarkan pada Kompetensi Dasar di setiap mata pelajaran saja, mengingat soal ini memiliki sifat integratif dan kolaborasi antar mata pelajaran.      

7 Kebiasaan Penting untuk Anak Agar Bisa Mudah Mengerjakan AKM
AKM adalah soal yang disusun untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi bagi siswa, dari hasil belajar kognitif, numerasi dan literasi. Agar anak mudah mengerjakan soal AKM, anak harus sering latihan contoh soal AKM.

Namun dalam hal ini ada baiknya kita menguasai soal AKM yang berhubungan dengan kompetensi dasar sesuai kegiatan pembelajaran yang diajarkan saja terlebih dahulu. Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah dalam cara membuat soal AKM yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu

1. Mencari informasi disekitar yang aktual, esensial serta aplikatif, dan tentunya yang berhubungan dengan kompetensi dasar.

2. Setelah menemukan informasi yang cocok dengan kompetensi dasar pelajaran, Anda bisa mencari data atau informasi tambahan berupa gambar, infografis, dan lainnya. Lalu tentukan nilai-nilai penting dalam informasi tersebut untuk ditekankan kepada peserta didik.

Soal AKM jauh berbeda dengan soal Ujian Nasional (UN), sehingga guru dan siswa harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa mengikuti AKM dengan optimal. Soal AKM juga tidak selalu sama dengan soal HOTS, misalnya pada literasi mencari dan memahami informasi, serta pada numerasi bagian pemahaman dan penerapan itu tidak HOTS.

Adapun berikut ini merupakan beberapa bentuk soal AKM, di antaranya yaitu:

1. Pilihan ganda kompleks: merupakan tipe soal yang memilih jawaban lebih dari satu dalam satu soal.

2. Soal menjodohkan: merupakan tipe soal yang biasanya jawabannya dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya untuk mempertemukan pertanyaan dengan jawaban yang tepat

3. Isian singkat: merupakan tipe soal yang jawabannya singkat, seperti berupa bilangan atau kata singkat yang menyebutkan tempat, nama benda, atau jawaban lainnya

4. Uraian: merupakan tipe soal yang jawabannya lebih panjang dibandingkan isian singkat, dimana kalimat-kalimat jawabannya tersebut harus jelas

5. Pilihan Ganda Kompleks: merupakan tipe soal yang memiliki beragam opsi, tidak homogen dan bisa 1 atau lebih dari satu jawaban.

Cara Membuat Soal AKM Numerasi dan Contoh Soalnya

Akm numerasi merupakan soal yang melatih kecakapan fundamental peserta didik, untuk bisa mengaplikasikan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan soal ini, peserta didik dapat menginterpretasi informasi kuantitatif yang ada di lingkungannya.

Numerasi biasa ditemukan dalam bentuk huruf, bilangan dan gambar. Tanpa disadari kita berkaitan erat dengan numerasi dalam keseharian, mulai dari pagi sampai malam hari, misalnya pada konsep waktu dan aktivitas yang dilakukan.

Tak sedikit yang mengira bahwa numerasi sama dengan matematika, karena bilangan merupakan bagian dari matematika. Bukan hanya itu, pembahasan numerasi dengan matematika juga sama mulai dari penjumlahan, pecahan, ruang, bidang/bangunan, ukuran, perkalian, pembagian, angka, satuan dan materi lainnya. Meski begitu, matematika dan numerasi juga mempunyai perbedaan.

Perbedaannya ada pada pemberdayaan pengetahuan serta keterampilan tersebut, di mana siswa yang memiliki pengetahuan matematika tidak cukup untuk menguasai kemampuan numerasi. Karena numerasi mencakup pada keterampilan dalam mengaplikasikan kaidah dan konsep matematika di kehidupan sehari-hari.

Keterampilan tersebut digunakan untuk permasalahan yang tidak terstruktur, memiliki banyak cara untuk menyelesaikannya atau bahkan penyelesaiannya tuntas dan tidak berhubungan. Untuk meningkatkan keterampilan numerasi siswa juga diperlukan penguatan kapasitas dan kompeten guru.

Berikut merupakan video contoh soal numerasi dan pembahasannya lengkap. Contoh soal AKM numerasi SMP kelas 8 beserta pembahasannya

Cara Membuat soal AKM Literasi dan Contoh Soalnya

Kompetensi pengukur soal AKM selanjutnya yaitu AKM literasi membaca. Literasi membaca artinya keterampilan atau kemampuan siswa dalam memahami, mengevaluasi, menggunakan, dan merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan permasalahan. Soal AKM melatih kemampuan peserta didik dan mengembangkan kapasitas individu untuk bisa berkontribusi secara aktif di lingkungan masyarakat.

Literasi dalam hal ini bukan sekadar kemampuan membaca saja, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan serta memahami konsep yang ada pada tulisan tersebut dengan baik. Jika kompetensi numerasi melatih kemampuan analisis dengan angka, maka kompetensi literasi baca melatih kemampuan analisis dengan tulisan.

Berikut ini merupakan contoh soal literasi membaca dari Kemendikbud beserta pembahasannya dengan jelas dan menarik.

Itulah beberapa hal mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Harapannya AKM dapat memajukan pendidikan Indonesia dan kualitas pelajar, serta memperbaiki budaya belajar. Tidak ada lagi dikotomi atau pembagian antara mata pelajaran UN dengan mata pelajaran non UN, tidak ada perbedaan antara mata pelajaran utama dan pelengkap serta tidak ada lagi bimbingan intensif atau percepatan materi untuk meningkatkan pengetahuan dalam mata pelajaran UN, karena dalam soal akan literasi membaca dan literasi mencakup semua pelajaran yang berguna untuk kehidupan hari-hari.

‌‌‌‌

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.