Berikut 7 Contoh Soal AKM Literasi

Sumber Materi 1 Apr 2021

Apakah kamu sudah mendengar kabar tentang digantinya Ujian Nasional menjadi Asesmen Nasional di tahun 2021 ini? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat bahwa tujuan dari digantinya Ujian Nasional menjadi Asesmen Nasional yaitu untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasilnya.

Maka dari itu,  setiap sekolah sudah mulai memberikan pelatihan dan berbagai macam seminar mengenai penerapan Asesmen Nasional supaya guru memiliki bekal yang matang dan tidak kesulitan ketika Asesmen Nasional sudah benar-benar diterapkan di seluruh sekolah Indonesia.

Selain mendapatkan pelatihan dan mengikuti berbagai macam seminal, Anda juga harus mencari beberapa buku atau platform online yang menyediakan beberapa contoh soal AKM literasi dan numerasi yang bisa Anda jadikan pedoman ketika mengajar.

Sebelumnya apakah Anda penasaran mengapa pemerintah mengganti Ujian Nasional dengan Asesmen Nasional? Sedangkan para orang tua dan siswa saja kerap kali mengalami kesulitan dan khawatir ketika hari Ujian Nasional sudah dekat. Dengan digantinya Ujian Nasional dengan Asesmen Nasional membawa harapan baru bagi Mendikbud, di mana mereka mengharapkan perubahan standar kelulusan yang bisa mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, Mendikbud juga berharap bahwa perubahan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia di mana bisa menjadi bekal yang berharga bagi generasi muda di masa yang akan datang.

7 Tips Mengembangkan Latihan Soal Berbasis AKM
AKM sudah mulai diterapkan sejak tahun 2021. Berikut merupakan beberapa contoh latihan soal AKM dari kejarcita.id yang dapat Anda jadikan referensi dalam membuat soal.

Cara Membuat Soal AKM

Sifat dari soal AKM yaitu aplikatif, konteks yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya soal AKM tidak dibuat berdasarkan kompetensi dasar dari setoap mata pelajaran saja, karena di dalam soal AKM memiliki sifat integratif dan juga memiliki kolaborasi antar mata pelajaran. Adapun langkah-langkah pembuatan soal AKM yang dapat Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

1.      Mencari informasi yang aktual, aplikatif dan esensial yang bisa Anda temukan di lingkungan sekitar, tetapi pastikan bahwa informasi yang Anda temukan sesuai dengan kompetensi dasar.

2.      Carilah data atau informasi tambahan seperti gambar, info grafis, dan lain sebagainya. Kemudian temukan nilai-nilai penting yang terdapat di dalam informasi tersebut untuk ditekankan kepada siswa saat proses belajar sedang berlangsung.

Bisa dikatakan bahwa soal AKM jauh berbeda dengan soal UN. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik yaitu dengan mencari beberapa contoh soal AKM literasi dan numerasi yang bisa Anda ajarkan ketika KBM sedang berlangsung.

Contoh Soal AKM Literasi beserta Pembahasannya

Berikut ini merupakan contoh soal AKM beserta pembahasannya yang telah kami rangkum dari kejarcita.

Berikut 7 Contoh Soal AKM Numerasi
AKM memiliki dua aspek, yaitu kemampuan bernalar dengan bahasa (literasi) dan kemampuan bernalar dengan matematika (numerasi). Berikut contoh soal AKM Numerasi.

1. Kemeriahan Hari Kemerdekaan Tempo Dulu

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan suatu momen gembira untuk seluruh lapisan masyarakat. Untuk memeriahkannya, ada banyak lomba yang biasanya diadakan. Tujuan utamanya adalah menciptakan kegembiraan untuk semua orang, semua lapisan masyarakat dari pusat kota hingga ke pelosok desa-desa.

Berbeda dengan saat ini, perayaan hari kemerdekaan Indonesia pada zaman dahulu lebih meriah. Setiap daerah memiliki tradisi unik untuk memeriahkan hasil perjuangan para pahlawan tersebut. Simak infografis berikut untuk mengetahuinya, ya!

Dikutip dari: indonesiabaik.id

Bentuk perayaan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1957 di Tidore adalah ....

A. Pawai mobil hias keliling dengan spanduk Merah Putih

B. Pawai kendaraan hias dengan pasukan berkuda

C. Pengibaran bendera Merah Putih

D. Pemutaran film di lapangan dengan konsep layar tancap

PEMBAHASAN:

Jawaban bisa ditemukan dari bagian berikut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pawai mobil hias keliling dengan spanduk Merah Putih.

2. Hiu Gergaji yang Hampir Punah

Ciri khas hiu gergaji (Pristis microdon) adalah moncong panjang menyerupai pedang dengan deretan gergaji kecil yang menyamping. Hiu gergaji juga populer dengan nama pari gergaji atau hiu sentani.

Populasinya yang terancam membuat spesies ini masuk daftar merah IUCN (Uni Internasional untuk Konservasi Alam) dengan kondisi kritis (CR). Perlindungannya diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 1999 dan Keputusan Menteri Kelautan Perikanan nomor tahun 2013.

Hiu gergaji termasuk penghuni air tawar dan menyukai daerah tropis. Biasanya, mereka hidup di danau-danau besar, sungai besar atau rawa-rawa tertentu. Di Indonesia, hiu gergaji terdapat di Sungai Digul, Sungai Mahakam (Kalimantan), Sungai Siak dan Sungai Sepih. Sebarannya meliputi Australia, India, Papua Nugini, Afrika Selatan, dan Thailand.

Populasi hiu gergaji hampir punah karena ....

A. Hiu gergaji tidak mampu bertahan melawan pemanasan global.

B. Tidak ada tindakan dari pemerintah untuk melindungi hiu gergaji

C. Manusia tidak melakukan budi daya hiu gergaji

D. Banyak diburu untuk diambil moncong gergajinya

PEMBAHASAN:

Jawaban bisa kita temukan dari bagian infografis berikut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah banyak diburu untuk diambil moncong gergajinya.

3. Pohon ber-KTP

Ternyata, pohon juga memiliki KTP-nya sendiri, lho! Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Luluk Nurhayati, KTP pohon ini digunakan sebagai penanda khusus pohon. Di Kota Solo, pemasangan KTP ini dilakukan agar kondisi pohon-pohon khususnya pohon-pohon peneduh bisa dipantau secara berkala.

Mengapa perlu dipantau? Selain memberikan banyak manfaat, seperti penghalau hawa panas, penyuplai oksigen, penunjang pemenuhan ruang terbuka hijau (RTH), hingga pengendali ketersediaan cadangan air tanah, pohon-pohon ini bisa memberi potensi bahaya bagi sekitarnya. Potensi yang paling sering dijumpai adalah tumbangnya pohon maupun patahnya dahan. Kerusakan pohon ini bisa disebabkan oleh alam maupun human error.

Penggunaan KTP pohon ini sudah dilakukan sejak 2017. Namun, pada tahun 2019 ditambahkan keterangan berupa usia dan kondisi terakhir pohon tersebut. Selain itu, di dalam KTP pohon, terdapat sebuah barcode yang bisa di-scan melalui smartphone sehingga keluar informasi berupa nama, usia, dan ketinggian pohon tersebut.

Menurut Luluk, dampak buruk akibat pohon tumbang bisa diantisipasi sejak dini dengan adanya warna khusus dalam KTP pohon tersebut. Terdapat tiga warna dalam KTP pohon, yaitu merah, kuning, dan hijau. Merah berarti sangat rawan tumbang, kuning berarti perlu perhatian karena rawan sedang atau ringan, serta hijau berarti sehat. Warna-warna ini akan memudahkan petugas melakukan pemeliharaan pohon peneduh. Apalagi, penanganan pohon yang kurang sehat tidak selalu berakhir dengan penebangan. Ada alternatif lain, seperti perempelan atau pengurangan dahan dan ranting. Jika pohon terpaksa ditebang, harus diganti dengan minimal penanaman 10 pohon baru di lokasi lain.

Tujuan dipasangnya KTP pada pohon adalah ....

A. Sebagai penanda agar pohon tersebut mendapatkan pemantauan berkala

B. Sebagai alat agar masyarakat bisa mempelajari pohon tersebut

C. Sebagai bahan agar pemerintah bisa mengecek perkembangan pohon

D. Sebagai identitas diri bagi pohon yang ada di tempat umum

PEMBAHASAN:

Tujuan ini bisa kita temukan pada paragraf pertama kalimat kedua dan ketiga.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Luluk Nurhayati, KTP pohon ini digunakan sebagai penanda khusus pohon. Di Kota Solo, pemasangan KTP ini dilakukan agar kondisi pohon-pohon khususnya pohon-pohon peneduh bisa dipantau secara berkala.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah sebagai penanda agar pohon tersebut mendapatkan pemantauan berkala.

4. Masyarakat Adat, Cerminan Kemajemukan Indonesia

Masyarakat adat mencerminkan keberagaman Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki semboyan bhinneka tunggal ika. Semboyan tersebut memiliki arti ‘berbeda-beda, tetapi satu juga’. Semboyan tersebut sesuai dengan keadaan Indonesia yang memiliki banyak keragaman. Keberagaman tersebut berasal dari suku bangsa, bahasa, dan hukum adat.

Adanya keberagaman di Indonesia dapat saling melengkapi. Hadirnya keberagaman bukan alasan untuk memicu perpecahan. Dengan adanya keberagaman, masyarakat Indonesia dapat berlatih untuk saling menghormati. Dengan demikian, di Indonesia dapat terwujud persatuan.

Informasi infografik yang tidak terdapat pada teks adalah ….

A. masyarakat adat sebagai cerminan keberagaman.

B. Makna semboyan bhinneka tunggal ika

C. Berbagai keberagaman di Indonesia

D. Manfaat hukum adat bagi masyarakat adat

PEMBAHASAN:

Infografik di atas memberikan penjelasan tambahan yang tidak ada di dalam teks. Beberapa informasi di infografik yang terdapat di dalam teks adalah sebagai berikut.

• masyarakat adat sebagai cerminan keberagaman → kalimat pertama pada paragraf pertama

• makna semboyan bhinneka tunggal ika → kalimat ketiga paragraf pertama

• berbagai keberagaman di Indonesia → kalimat lima paragraf pertama

Jadi, informasi dalam infografik yang tidak terdapat pada teks adalah manfaat hukum adat untuk masyarakat adat.

5. Sekilas Seni Budaya Indramayu

(Sumber: irfan.id)

Upacara adat yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat alam dari Tuhan disebut ….

A. Sedekah bumi

B. Mapag tamba

C. Mapag sri

D. Ngarot

PEMBAHASAN:

Upacara adat yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat alam dari Tuhan disebut sedekah bumi. Jawaban tersebut sesuai dengan penggalan infografis berikut.

6. Walt Disney: Pelopor Kartun Animasi

Jumlah film yang telah diproduksi Disney sebanyak … film.

A. Ratusan

B. Lebih dari 100

C. Ribuan

D. Lebih dari seribu

PEMBAHASAN:

Jumlah film yang telah diproduksi Disney sebanyak lebih dari 100 film. Jawaban tersebut dapat diketahui pada penggalan infografik berikut.

7. Walt Disney: Pelopor Kartun Animasi

Film “Mickey Mouse” pertama kali tayang pada tahun ….

A. 1901

B. 1922

C. 1928

D. 1937

PEMBAHASAN:

Film “Mickey Mouse” pertama kali tayang pada tahun 1928. Jawaban dapat ditemukan pada penggalan infografik berikut.

Perhatikan salah satu video di bawah ini! Video tersebut menjelaskan tentang contoh soal literasi yang disertai dengan pembahasannya yang jelas dan menarik.

Sekian penjelasan mengenai Asesmen Nasional beserta contoh soal AKM literasi yang bisa Anda jadikan referensi ketika ingin membuat soal. Semoga dengan adanya AKM ini, pendidikan di Indonesia bisa semakin meningkat dan mampu memperbaiki budaya belajar.

Untuk mendapatkan beragam soal AKM lainnya beserta pembahasannya, bapak/ibu guru bisa berkunjung ke website kejarcita. kejarcita merupakan platform edutech bank soal no 1 se-Indonesia.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.