Berbagai Manfaat Penggunaan Telegram untuk Guru

edukasi 6 Mei 2021

Selain WhatsApp, aplikasi Telegram juga digunakan oleh banyak orang untuk chattingan atau pengaruh berbagi pesan. Saat ini aplikasi Telegram semakin populer dan penggunanya meningkat. Bahkan tak sedikit orang yang mulai bertanding-bandingkan kelebihan aplikasi Telegram dibandingkan WhatsApp. Meski begitu, pada dasarnya kedua aplikasi chatting ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Telegram bisa digunakan oleh siapa saja dari berbagai kalangan, tak terkecuali para guru. Ada banyak fitur menarik yang tersedia dalam aplikasi ini, dan semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sebagai guru, aplikasi telegram ini sayang dilewatkan, bukan hanya untuk berkomunikasi dengan siswa, tetapi juga bisa bergabung dalam komunitas guru seperti "kejarcita untuk guru". Komunitas kejarcita untuk guru tempat berbagi informasi seputar dunia pendidikan dan sering sesama guru

Aplikasi Telegram

Sebelum mengetahui manfaat Telegram, sebaiknya kita mengenal aplikasi Telegram terlebih dahulu. Pasalnya aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2013 dan didirikan oleh pasangan bernama Pavel Durov dan Nikolai. Sebelumnya mereka meluncurkan aplikasi jaringan sosial yang cukup populer di Rusia yaitu VKontakte (VK) dijual pada tahun 2014.

Sejak aplikasi telegram diluncurkan, aplikasi tersebut terus berkembang hingga populer seperti saat ini di berbagai negara, termasuk Indonesia. Aplikasi telegram dinilai lebih aman dan pribadi untuk mengirimkan pesan dibandingkan WhatsApp.

Karena WhatsApp dimiliki oleh Facebook, sedangkan Telegram messenger dikontrol dan dioperasikan sendiri oleh perusahaan independen

Anda bisa mengakses telegram dengan mudah dan gratis serta tersedia di semua sistem operasi utama termasuk Android, Windows, MacOS, Linux dan IOS, serta berbasis web.

WhatsApp vs Telegram: Mana yang Lebih Pas untuk KBM Online?
Aplikasi chatting kemudian menjadi media belajar yang banyak digunakan guru-guru selama KBM online. Ada banyak aplikasi chatting terkemuka yang sudah akrab bagi masyarakat Indonesia. Dua di antaranya yaitu WhatsApp dan Telegram.

Fitur Aplikasi Telegram

Melalui Telegram, Anda bisa berbagi media file seperti foto, dokumen, video, masuk ke grup dan berkomunikasi dengan orang lain. Meski hal tersebut juga bisa dilakukan di WhatsApp, namun Telegram memiliki keistimewaan tersendiri, di mana keamanan aplikasi ini terjaga serta penyimpanan berbasis cloud sehingga hemat memori. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut fitur aplikasi Telegram

1. Secret Chat

Secret chat adalah salah satu fitur chat rahasia yang ada di telegram guna menjaga privasi dan keamanan komunikasi antar pengguna. Fitur ini menggunakan teknologi client to client dengan keamanan MTProto sehingga komunikasi antar pengguna tidak tersimpan di server cloud Telegram, berbeda dengan chat default yang semuanya masuk ke dalam cloud.

Dengan menggunakan secret chat, pengguna juga tidak diizinkan untuk menangkap gambar layar (screenshot). Fitur ini juga tidak diizinkan untuk meneruskan pesan atau forward, dan memiliki penghancur pesan otomatis dari 1 detik sampai 1 minggu.

2. Grup Telegram

Sama seperti aplikasi chatting lainnya, Telegram juga bisa membuat grup. Jika di WhatsApp hanya mampu menampung 256 anggota, di Telegram bisa menampung sampai 200.000 anggota. Tentu hal ini memudahkan Anda dalam mengelola grup atau komunitas tertentu.

3. Channel Telegram

Selain grup, telegram juga memiliki fitur pembuatan channel. Fitur yang diluncurkan pada tahun 2015 ini bisa menampung anggota lebih banyak dibandingkan grup. Fungsinya sama seperti grups namun disini pengguna dan peserta dapat mengirim pesan

Channel telegram menjadi tempat yang pas untuk berbagi media seperti tulisan, video, foto, dokumen dan file lainnya.

4. BOT Telegram

Telegram juga memiliki fitur bot. Bot merupakan fitur atau akun telegram yang beroperasi secara otomatis. Fitur ini diluncurkan pada Juni 2015. Ketika pengguna pesan chattingan dengan bot, maka bot akan langsung menjawab pesan sesuai dengan perintah yang dipahaminya.

Fitur ini dikembangkan sesuai dengan berbagai kebutuhan mulai dari untuk translate bahasa, main game, download file hingga pembayaran yang didukung beberapa provider tertentu seperti Yandex, Apple Pay, Ravepay, Paymentwall, dan lainnya.

Manfaat Penggunaan Telegram untuk Guru

Pada dasarnya semua pengguna bisa menikmati berbagai fitur Telegram, Tak terkecuali guru. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa berkomunikasi dengan seluruh siswa hingga menemukan komunitas. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan manfaat penggunaan Telegram untuk guru, yaitu:

1. Fleksibel

Keunggulan pertama Telegram yaitu fleksibel, di mana Anda bisa membuat fitur tambahan yang disediakan dalam aplikasi Telegram. Misalnya, jika Anda ingin membuat polling Telegram, Anda bisa menambahkannya sendiri di grup atau di channel yang disediakan tanpa harus menunggu update fitur dari developer. Hal tersebutlah yang membuat telegram dinilai lebih fleksibel dibandingkan WhatsApp atau Line Messenger.

2. Bisa Membuat Grup dengan Banyak Siswa

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa grup telegram dapat menampung hingga 200.000 orang. Hal ini memudahkan Anda yang memiliki banyak siswa untuk menyatukan mereka dalam satu grup. Sehingga Anda hanya memiliki satu grup untuk berbagi tugas pada siswa.

Bahkan, seluruh siswa SMP / SMA sederajat di sekolah dari tiga tingkatan bisa dimasukkan dalam grup untuk memudahkan penyampaian informasi sekolah. Hal ini tentu dibutuhkan selama masa PJJ.

Peran Guru dalam Mencegah Cyberbullying saat PJJ
Cyberbullying adalah perundungan atau bullying yang terjadi di dunia maya menggunakan teknologi digital. Cyberbullying sering terjadi di kalangan anak-anak berusia remaja.

3. Berbagi File Tanpa Harus Takut Memori Penuh

Dengan menggunakan telegram, Anda tidak perlu takut kehabisan memori meski mengirim file cukup banyak seperti gambar, dokumen atau video. File tersebut juga akan tersimpan selamanya dalam server, kecuali memang Anda menghapusnya secara sengaja atau terjadi kerusakan HP.

Dengan begitu, Anda bebas membagikan tugas pada siswa dalam bentuk video, foto ataupun audio tanpa harus membebani memori. Begitupun dengan siswa, mereka tidak akan kehabisan memori untuk mengunduh tugas tersebut.

4. Bertemu dengan Komunitas Guru untuk Sharing

Melalui group dan channel telegram sama Anda bisa menemukan komunitas yang sesuai dengan profesi Anda, seperti guru. Pasalnya ada banyak komunitas guru di telegram yang berfungsi untuk mencari informasi dan berbagi pengalaman yang menarik, salah satunya kejarcita untuk guru.

Channel kejarcita untuk guru, merupakan suatu grup yang isinya adalah guru-guru di seluruh Indonesia. Di grup tersebut, Anda bisa sharing, bertanya, atau mengobrol dengan guru-guru lain. Jadi tunggu apalagi, langsung saja bergabung di grup ini jika Anda memiliki telegram, berikut linknya.

5. Tidak Perlu Save No

Tidak seperti WhatsApp, di Telegram Anda tidak perlu men-save nomor orang lain, tapi tetap bisa mengobrol dengan mereka. Jika sebelumnya Anda sudah men-save nomor-nomor siswa Anda, maka otomatis mereka sudah ada di Telegram.

Itulah beberapa hal mengenai Telegram dan berbagai manfaat penggunaannya untuk guru yang bisa Anda ketahui.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.