Bagaimana Cara Guru Mengatur Waktu Mengajar, Mencari Materi Pembelajaran dan Mengerjakan Tugas Administratif?

edukasi 26 Mar 2022

Pendidik adalah sebuah pekerjaan yang mulia. Selain memberikan manfaat untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cemerlang, seorang guru pasti memiliki banyak kesibukan dalam menjadi pendidik. Guru tidak hanya menjadi pendidik di depan kelas saja, namun ternyata tugasnya begitu banyak. Mulai dari mencari materi pembelajaran hingga mengerjakan tugas administrasi.

Beberapa orang mungkin memandang profesi seorang guru sebagai hal yang mudah dilakukan. Dalam benak mereka, tugas seorang guru hanya mengajar di depan kelas saja, tapi kenyataannya tidak. Guru memiliki tanggungjawab yang besar dalam menyampaikan materi terhadap murid dengan mengikuti perkembangan zaman dan perubahan sistem pendidikan serta metode pembelajaran yang sangat beragam.

5 Alasan Guru Harus Meng-upgrade Diri dalam Mengajar
Guru tentu memiliki kemampuan mengajar dan ilmu pengetahuan yang lebih banyak. Meski begitu, guru perlu meningkatkan skill dalam mengajar.

Meski pun kegiatan mengajar hanya dilakukan di kelas selama setengah hari, tetapi guru membutuhkan waktu yang sangat panjang dalam menyiapkan materi. Belum lagi guru juga harus mengurusi administrasi nilai siswa-siswa dan mengikuti kegiatan sekolah. Begitu banyak tugas yang guru harus lakukan sehingga perlu mengatur waktunya agar menjadi guru yang produktif. Ketika guru dapat membagi waktu dengan tepat maka tidak akan memberatkan guru dalam bekerja.

Tips Mengatur Waktu bagi Guru

Berikut ini adalah tips untuk guru dalam mengatur waktu mengajar, mencari materi pembelajaran, hingga mengerjakan tugas administrasi agar pekerjaan guru terasa menyenangkan:

1. Menetapkan tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran ini sangat penting untuk menentukan arah dalam melakukan pembelajaran terhadap siswa. Ketika tujuan pembelajaran sudah dibuat maka akan memepermudah guru dalam mengambil langkah pembelajaran.

2. Mencari materi pembelajaran

Untuk menyampaikan materi pembelajaran di depan siswa secara maksimal, guru perlu menyiapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Meskipun sudah ada materi dari buku-buku yang diberikan sekolah, namun seorang guru yang profesional perlu mencari referensi tambahan materi agar siswa yang diajarkan juga dapat menerima materi baru.

3. Membuat jadwal

Penting bagi guru untuk membuat jadwal agar mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang ditentukan. Pembuatan jadwal ini akan mempermudah guru yang mempunyai banyak sekali pekerjaan dan guru yang mudah lupa.

4. Menentukan deadline

Selain membuat jadwal, guru juga perlu menentukan batas waktu pengerjaan sebuah pekerjaan yang guru lakukan atau biasa disebut sebagai deadline. Hal ini dilakukan agar guru mempunyai target waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya sehingga dapat bekerja optimal dan tidak membutuhkan waktu banyak.

5. Tidak menunda pekerjaan

Sekali menunda pekerjaan dapat menjadi kebiasaan buruk yang akan terulang secara terus menerus. Oleh karena itu, menjadi guru tidak boleh menunda-nunda pekerjaan. Satu pekerjaan tertunda maka akan menghambat pekerjaan lainnya.

6. Mengerjakan pekerjaan administrasi secara teliti

Selain mengajar, seorang guru juga harus melengkapi berbagai administrasinya. Banyak dokumen administrasi yang harus dilengkapi jadi seorang guru tidak boleh melewatkan satu dokumen dalam administrasinya karena akan memperburuk pekerjaan seorang guru. Guru perlu membuat daftar administrasi agar mampu mengerjakan dengan teliti.

7. Mengambil waktu istirahat cukup

Banyaknya pekerjaan yang perlu dilakukan guru tentu akan menguras banyak energi, sehingga mengambil waktu istirahat sejenak menjadi hal yang wajib dalam daftar tips mengatur waktu. Ketika guru memiliki banyak pekerjaan dan waktu istirahatnya berkurang maka guru akan kehilangan fokus dan energi yang terfosir terus menerus akan menyebabkan seorang guru jatuh sakit. Tak hanya untuk guru, menjaga kesehatan dengan rehat sejenak merupakan hal yang penting bagi semua orang.

8. Membatasi pekerjaan

Tidak melakukan kegiatan secara berlebihan dan memilih pekerjaan berdasarkan prioritas merupakan hal yang penting. Hal ini akan membawa kebiasaan yang baik bagi seorang guru ketika mengajar dalam kelas karena mampu melakukan pekerjaan seefektif mungkin namun tetap mempunyai nilai yang berharga bagi siswa.

9. Mencari metode pembelajaran

Guru perlu menerapkan beberapa metode pembelajaran agar kegiatan belajar mengajarnya tetap menyenangkan. Metode pembelajaran yang baik akan memberikan kebahagiaan bagi guru, begitu pun dengan siswanya. Metode pembelajaran yang efektif menjadi dambaan semua guru dan siswa agar mencapai pembelajaran yang menyenangkan.

10. Berani berbicara tidak

Meskipun guru terlihat bekerja dalam waktu yang singkat, tetapi pasti setiap harinya banyak pekerjaan lain yang membutuhkan pertolongan guru. Hal ini akan menganggu waktu guru, sehingga mengatakan tidak dalam beberapa hal menjadi bagian penting agar pekerjaan tetap menyenangkan dan selesai dalam hitungan tenggang waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Begitulah tips dalam mengatur waktu bagi guru yang mengajar dari persiapan materi hingga pekerjaan administrasi dengan berbagai metode pembelajaran yang patut dicoba.

Manfaat Manajemen Waktu

Selain itu, ada juga saran yang akan memberikan banyak manfaat bagi guru jika diikuti dengan baik:

1. Banyak waktu luang

Jika berhasil mengatur waktu secara baik dan tepat maka guru dapat mempunyai banyak waktu luang. Guru dapat melakukan peningkatan diri di bidang teknologi pembelajaran maupun memaksimalkan waktu istirahat apabila mempunyai banyak waktu luang.

5 Alasan Guru Harus Meng-upgrade Diri dalam Mengajar
Guru tentu memiliki kemampuan mengajar dan ilmu pengetahuan yang lebih banyak. Meski begitu, guru perlu meningkatkan skill dalam mengajar.

2. Mengurangi stres

Ketepatan dalam mengatur waktu akan mampu mengurangi stress karena guru tidak menunda-nunda pekerjaan sehingga tidak akan terbebani dengan profesinya. Pengendalian waktu yang tepat akan menghasilkan seorang guru produktif. Mengurangi stress dapat mengontrol guru untuk tidak mudah emosi khususnya pada siswa yang diajarnya dalam kelas.

3. Fokus bekerja

Guru yang dapat mengatur waktunya dalam bekerja maka dapat memilah-milah pekerjaan yang prioritas atau bukan. Ketika guru mengerjakan pekerjaan yang lebih prioritas maka guru akan memiliki fokus lebih dalam bekerja. Fokus kerja ini penting sekali untuk guru dalam mengajar dan mengerjakan tugas lainnya.

4. Segalanya akan mudah

Guru yang mampu mengerjakan pekerjaan sesuai dengan deadlinemaka pekerjaannya akan terasa lebih mudah dan terlihat sederhana karena tidak tertekan dengan beban pekerjaan lainnya. Seorang guru yang memiliki keterampilan dalam manajemen waktu akan dapat mengontrol waktu dan lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaannya.

5. Banyak energi tersimpan

Pekerjaan yang sudah diatur sesuai dengan jadwal dan batas tenggang membuat guru bisa menyimpan energi untuk pekerjaan lainnya. Guru yang dapat menyimpan energi banyak maka akan lebih sehat karena mempunyai waktu istirahat yang banyak.

6. Lebih produktif

Memanfaatkan waktu dengan bijak atau mampu menerapkan manajemen waktu dapat membuat guru lebih produktif lagi dalam bekerja. Produktif dalam berkerja juga membutuhkan fokus, dan fokus yang sempurna akan diperoleh apabila guru berhasil mengerjakan pekerjaan sesuai dengan daftar yang ditentukan sebelumnya.

7. Memiliki kesempatan berkembang

Manajemen waktu yang baik akan mengantarkan guru sebagai pengajar yang baik. Guru juga dapat memiliki kesempatan berkembang yang lebih luas lagi. Kesempatan berkembang bagi guru dapat disalurkan dengan menekuni teknologi-teknologi terbaru dalam mengajar.

Mengatur waktu untuk guru adalah hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan selain bekerja sebagai pengajar, guru juga sebagai pembelajar yang baik untuk seorang siswanya. Tanpa memiliki keterampilan dalam mengatur waktu yang lebih efektif, guru tidak bisa menentukan prioritas dalam pekerjaaannya.

Semoga dengan tips di atas, guru dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan benar sehingga dapat meningkatkan energi. Memiliki jumlah energi yang banyak akan membuat guru lebih sehat dan lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan.

Demikian artikel mengenai cara guru mengatur waktu mengajar, mencari materi pembelajaran dan mengerjakan tugas administratif. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.