ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 Matematika
Rasional Mata Pelajaran Matematika
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara penyelesaian masalah dan melatih kemampuan berpikir logis. Kemampuan ini sangat dibutuhkan mansuai untuk bertahan hidup dan berkembang sesuai zaman. Sehingga bisa dikatakan bahwa Matematika berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan memajukan daya pikir setiap manusia.
Dalam dunia pendidikan, Matematika dipandang sebagai materi yang harus dipahami oleh setiap peserta baik, sekaligus digunakan sebagai alat konseptual untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran, mengasah, dan melatih kemampuan berpikir untuk menyelesaikan permasalahan.
Dengan mempelajari Matematika, peserta didik dapat melatih kemampuannya dalam berpikir kritis, logis, analitis, sistematis, dan kreatif. Kompetensi-kompetensi tersebut dibutuhkan oleh setiap peserta didik untuk memperoleh informasi, mengelola dan memanfaatkannya untuk bertahap hidup dan berproses.
Pembelajaran Matematika mendidik peserta didik tentang cara berpikir, bernalar, dan berlogika melalui kegiatan-kegiatan yang membentuk alur berpikir yang berkesinambungan dan berujung membentuk alur pemahaman terhadap materi pembelajaran Matematika yang memuat fakta, konsep, operasi, prinsip, masalah, relasi, dan solusi penyelesaian masalah.
Capaian Pembelajaran Matematika Fase B
Bilangan |
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menggeneralisasi pemahaman
mengenai urutan bilangan bulat dan nilai tempat, memperkirakan dan menghitung hasil
penjumlahan dan pengurangannya dengan cara mengelompokkan menurut nilai tempat dan strategi perhitungan lainnya, serta melakukan operasi perkalian dan pembagiannya dalam konteks uang. Peserta didik juga dapat memodelkan
bilangan pecahan, persen, dan desimal
dalam berbagai bentuk representasi visualnya, menentukan posisinya pada garis
bilangan, menentukan hubungan,
membandingkan, mengurutkan, dan
menghitung hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagiannya. Peserta didik juga dapat menghitung hasil pangkat dua dan
pangkat tiga dari suatu bilangan desimal
(satu angka di belakang koma), memodelkan
bilangan bulat dan operasinya dalam berbagai bentuk representasi visual,
dan mendeskripsikan konsep bilangan. |
Aljabar |
Pada akhir fase C, peserta didik dapat
menuliskan, menggambarkan, dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan sederhana menggunakan
berbagai bentuk representasi visual, simbol, dan pernyataan matematika serta menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
pola obyek atau
bilangan, serta menggunakan rasio untuk menentukan bilangan yang tidak diketahui. |
Pengukuran |
Pada akhir fase C, peserta didik dapat
menghitung luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, dan lingkaran) serta
gabungannya, menghitung luas permukaan dan volume kubus dan balok serta gabungannya. peserta didik juga dapat
menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda terkait dengan kecepatan dan debit serta menggunakan satuannya. |
Geometri |
Pada akhir fase C, peserta didik dapat
mengklasifikasi berbagai bangun datar sesuai dengan ciri-cirinya dan membandingkan berbagai bentuk bangun
ruang dari limas,
kerucut, dan bola.
Peserta didik juga dapat menghubungkan bangun ruang sederhana (kubus
dan balok) dengan jaring-jaringnya. |
Analisis
Data dan Peluang |
Pada akhir fase C, peserta
didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data
banyaknya benda dan data hasil
pengukuran dalam bentuk
gambar, piktogram, diagram
batang. |
Tujuan Pembelajaran Matematika Fase B
Kelas |
Tujuan
Pembelajaran |
Kelas
6 : Bilangan Bilangan
Bulat Negatif |
6.1 Memahami urutan
bilangan bulat negatif |
6.2 Mengidentifikasi bilangan bulat negatif dalam
konteks kehidupan sehari-hari, contoh: penggunaan bilangan negatif pada termometer |
|
6.3 Menghitung hasil penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat positif
dan bilangan bulat negatif 2 digit dengan menggunakan garis bilangan |
|
6.4 Menghitung hasil penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat positif
dan bilangan bulat negatif lebih dari 2 digit |
|
Kelas
6 : Aljabar Rasio |
6.1 Membuat sebuah perbandingan dan
menuangkan dalam rasio dengan menggunakan kumpulan benda |
6.2 Menjelaskan hubungan antara rasio dan pecahan |
|
6.3 Menggunakan rasio
untuk bilangan yang tidak diketahui, contoh: pada perbandingan besar persegi A
dan B |
|
Kelas
6 : Aljabar Persamaan
Linear Satu Variabel |
6.4 Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan operasi bilangan dasar |
6.5 Menyelesaikan persoalan aljabar
dengan menggunakan situasi dan simulasi dari
kehidupan nyata |
|
6.6 Menggunakan berbagai cara untuk
menyeimbangkan sisi kiri dan kanan dari sebuah kalimat matematika |
|
6.7 Memahami
persamaan linear satu variabel |
|
Kelas
6 : Pengukuran Volume
Bangun Ruang |
6.1 Menghitung volume bangun ruang menggunakan kubus satuan |
6.2 Menerjemahkan
cara menghitung volume dalam rumus |
|
6.3 Menghitung
volume gabungan balok dan kubus |
|
Kelas
6 : Pengukuran Kecepatan
dan Debit |
6.4 Menyimpulkan makna
kecepatan dan debit
dari simulasi |
6.5 Menghitung kecepatan dan debit |
|
6.6 Membandingan dua besaran yang
berbeda yang berkaitan dengan kecepatan dan debit, |
|
Kelas
6 : Analisa Data dan Peluang Statistika |
6.1 Mengidentifikasi mengidentifikasi pertanyaan inti masalah |
6.2 Mengumpulkan data
dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka (dengan pilihan) |
|
6.3 Mengumpulkan data
dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka ( dengan pilihan) |
|
6.4 Memahami cara mengolah data
yang dikumpulkan kedalam bentuk tabel (menggunakan tally mark |
|
6.5 Menyajikan data
data menjadi bentuk
piktogram |
|
6.6 Mengidentifikasi mengidentifikasi pertanyaan inti masalah |
|
6.7 Mengumpulkan data
dengan menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi
terbuka |
|
6.8 Memahami cara mengolah data
yang dikumpulkan ke dalam bentuk
tabel (menggunakan tally
mark) |
|
6.9 Menyajikan data
menjadi bentuk diagram
batang |
|
6.10 Mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi pertanyaan inti |
Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 6
6.1.1 Bilangan Bulat Negatif
Tujuan
Unit |
1. Memahami
urutan bilangan bulat negatif, contoh setelah nol (ke kiri) itu -1, -2, -3 dst 2. Mengidentifikasi bilangan bulat negatif dalam
konteks kehidupan sehari-hari 3. Menghitung
hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan bilangan bulat
negatif 2 digit dengan menggunakan
garis bilangan 4. Menghitung hasil
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan
bilangan bulat negatif
lebih dari 2 digit |
Perkiraan
JP |
7 JP |
Kata
Kunci |
Bilangan bulat negatif |
Penjelasan
Singkat |
Peserta
didik ditunjukkan gambar garis
bilangan negatif dan belajar memahami urutan bilangan tersebut lalu belajar mengidentifikasi
bilangan bulat negatif dalam kehidupan contohnya: penggunaan bilangan negatif pada thermometer, setelah
itu menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat negatif |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
Bernalar kritis : Peserta didik menerapkan pemahaman dalam situasi berbeda, misal menggunakan operasi bilangan untuk memecahkan persoalan nyata |
Glosarium
|
Bilangan bulat: bilangan yang
terdiri atas bilangan asli (bilangan bulat
positif dan Nol)
dan lawan bilangan asli (bilangan bulat negatif) |
6.2.1 Rasio
Tujuan
Unit |
1. Membuat
sebuah perbandingan dan menuangkan dalam rasio dengan menggunakan kumpulan benda 2. Menjelaskan hubungan antara rasio dan pecahan 3. Menggunakan rasio
untuk bilangan yang tidak diketahui. Contoh: pada perbandingan besar
persegi A dan B |
Perkiraan
JP |
8 JP |
Kata
Kunci |
Perbandingan, rasio |
Penjelasan
Singkat |
Peserta didik diberikan beberapa jenis bangun datar
dengan ukuran yang berbeda, mereka diminta untuk
menjelaskan perbandingan besar
antara beberapa bentuk
tersebut. Menjelaskan lebih
jauh tentang rasio, serta menjelaskan hubungan rasio
dan pecahan. |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik dapat
memproses informasi, menghubungkan informasi dan menyimpulkannya, serta memecahkan masalah dengan menggunakan informasi yang didapat, contohnya menyelesaikan persoalan aljabar menggunakan situasi
dan simulasi dalam kehidupan |
Glosarium
|
Rasio
adalah angka yang
menunjukkan hubungan secara
matematis antara suatu
jumlah dan jumlah yang lain. |
6.2.2 Persamaan Linear Satu Variabel
Tujuan
Unit |
1. Menyelesaikan persoalan aljabar dengan menggunakan operasi bilangan dasar. 2. Menyelesaikan
persoalan aljabar dengan menggunakan situasi dan simulasi dari
kehidupan nyata. 3. Menggunakan berbagai cara untuk menyeimbangkan sisi kiri dan kanan dari
sebuah kalimat matematika. 4. Memahami persamaan linear satu variabel |
Perkiraan
JP |
8 JP |
Kata
Kunci |
Variabel, aljabar, operasi bilangan |
Penjelasan
Singkat |
Peserta didik diingatkan tentang operasi
aljabar bahwa aljabar bukan hal baru bagi mereka. Misal: jika 2x3 = 6 maka berapakah 1 x 27?, lalu mengajarkan
peserta didik menyelesaikan masalah
aljabar dalam kehidupan Misal: Berapa total sisi 24 menara yang akan dicat,
jika menara tersebut memiliki 6 sisi? Lalu menjelaskan tentang
menyamaratakan nilaisisi kanan
dan sisi kiri
Contoh: 2+ 4= 1
+ x Belajar tentang persamaan linear satu variable |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik dapat
memproses informasi, menghubungkan informasi dan menyimpulkannya, serta memecahkan masalah dengan menggunakan
informasi yang didapat, contohnya
menyelesaikan persoalan aljabar menggunakan situasi dan simulasi dalam
kehidupan |
Glosarium
|
Variabel: sesuatu yang digunakan untuk menyatakan atau
mewakili suatu bilangan biasanya dinyatakan dengan huruf |
6.3.1 Volume Bangun Ruang
Tujuan
Unit |
1.
Menghitung volume bangun
ruang menggunakan kubus satuan, 2.
Menerjemahkan cara
menghitung volume dalam rumus 3.
Menghitung volume
gabungan balok dan kubus |
Perkiraan
JP |
8 JP |
Kata
Kunci |
Satuan
kubus, balok, kubus, volume |
Penjelasan
Singkat |
Peserta didik diberikan bangun ruang
berbentuk kubus, lalu mereka belajar menghitung volume kubus tersebut dengan kubus satuan. contoh: 1 kubus = 1
kubus satuan, 3 kubus = 3 kubus satuan. Peserta
didik dijelaskan lebih
lanjut tentang volume kubus dan balok menggunakan rumus. |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik
dapat memproses informasi baik membandingkan ataupun menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang berhubungan dengan
pengukuran,contohnya: memecahkan
persoalan yang berkaitan dengan luas dan keliling dalam kehidupan
nyata |
Glosarium
|
- |
6.3.2 Kecepatan dan Debit
Tujuan
Unit |
1.
Menghitung kecepatan dan debit 2.
Membandingan dua besaran yang
berbeda yang berkaitan dengan kecepatan dan debit |
Perkiraan
JP |
10 JP |
Kata
Kunci |
Membandingkan, debit, kecepatan |
Penjelasan
Singkat |
Menunjukan simulasi berlari dengan waktu
1 menit dan jalan dengan waktu yang sama, menanyakan pada peserta didik
mengapa dengan waktu
yang sama tetapi
jarak yang ditempuh berbeda? Lalu menjelaskan tentang hubungan jarak, waktu dan
kecepatan, serta kecepatan (debit) air. Peserta
didik lalu diajarkan membandingkan dua besaran yang berbeda yang
berkaitan dengan kecepatan dan debit contoh: 1/4
liter : 300 ml = 250 ml : 300 ml = 5 : 6. |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik
dapat memproses informasi baik membandingkan ataupun menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang berhubungan dengan
pengukuran,contohnya: memecahkan
persoalan yang berkaitan dengan luas dan keliling dalam kehidupan
nyata |
Glosarium
|
- |
6.5.1 Analisis Data dan Peluang Statistika
Tujuan
Unit |
1. Memahami cara
mengolah data yang
dikumpulkan kedalam bentuk
tabel (menggunakan tally mark) 2. Menyajikan data data menjadi
bentuk piktogram |
Perkiraan
JP |
8 JP |
Kata
Kunci |
Diagram
batang, pictogram, diagram lingkaran, tabel, mengolah data |
Penjelasan
Singkat |
Peserta didik mengidentifikasi masalah dan
mengidentifikasi pertanyaan inti lalu diajarkan untuk mengumpulkan data dengan
menggunakan survey/pertanyaan tertutup dan semi terbuka (dengan pilihan), seterusnya mengajarkan sisa cara mengolah data yang dikumpulkan kedalam bentuk tabel (menggunakan tally mark). Peserta didik memahami cara mengolah data yang
dikumpulkan kedalam bentuk persentase, pictogram, digram batang dan diagram lingkaran. Belajar menyajikan data
menjadi bentuk diagram lingkaran, membaca
diagram lingkaran dan menuangkan
dalam bentuk penjelasan verbal atau tertulis
serta memahami cara pengolahan data menggunakan mean atau rata-rata dan data sebarannya |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
Berpikir kritis: Peserta didik
mampu menganalisis, investigasi berbagai gagasan dan informasi, mengolah dan menilai informasi dari
berbagai sumber. Contoh: mengumpulkan data- data sederhana dalam kehidupan sehari-hari seperti tinggi badan dan
berat badan, dan mengolahnya kedalam bentuk grafik atau
pictograph |
Glosarium
|
Mean:
Rata-rata |