ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 IPAS

Sumber Materi 15 Mei 2024

Rasional Mata Pelajaran IPAS

sumber: https://www.pexels.com/

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, penting bagi para pendidik untuk menyesuaikan materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) terhadap tantangan-tantangan yang akan dihadapi peserta didik di masa depan kelak.

Pembelajaran IPAS mengajarkan tentang kajian makhluk hidup dan benda mati yang ada di alam semesta. Dengan mempelajari IPAS, peserta didik akan mengetahui bagaimana interaksi makhluk hidup dengan benda mati, serta interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, pembelajaran IPAS juga berperan penting dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan gambaran ideal untuk profil peserta didik Indonesia.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 Bahasa Inggris
dengan menguasai bahasa Inggris peserta didik berkesempatan untuk bersekolah dan bekerja di luar negeri, untuk mendapatkan wawasan yang baru

Dengan adanya pembelajaran IPAS ini, peserta didik akan mengetahui fenomena-fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Dengan adanya rasa ingin tahu yang dimiliki peserta didik, ilmu pengetahuan yang mereka miliki akan semakin berkembang, yang mana akan bermanfaat bagi mereka untuk memahami bagaimana cara alam semesta bekerja.

Dalam pembelajaran IPAS, peserta didik dapat meningkatkan berbagai macam kemampuan seperti kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kemampuan untuk mengambil kesimpulan yang tepat. Dengan adanya pembelajaran IPAS, setiap peserta didik memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan eksplorasi, investigasi, dan mengembangkan wawasannya mengenai pengetahuan yang mereka miliki yang berkaitan dengan lingkungan sekitarnya.

Capaian Pembelajaran IPAS Fase C

sumber: https://www.pexels.com/

Sistem Organ Tubuh Manusia dan Ekosistem

Peserta didik melakukan simulasi tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuh dengan benar. Peserta didik menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap kestabilan ekosistem di lingkungan sekitar.

Gelombang Bunyi, Sumber Energi dan Sistem Tata Surya

Peserta didik mendemonstrasikan penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mendeskripsikan ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu maupun kolektif untuk menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi alternative menggunakan sumber daya sekitarnya. Peserta didik mendemonstrasikan sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi. Peserta didik merefleksikan perubahan kondisi alam di permukana bumi akibat faktor alam dan perbuatan manusia.

Pola Hidup Manusia dan Ragam Budaya

Peserta didik mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan dan memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi. Peserta didik mengenal keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan.

Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemederkaan, dan meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.

Ekonomi Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

Peserta didik mengenal kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar. Peserta didik melakukan tindakan atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman terhadap kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan lokal.

Tujuan Pembelajaran IPAS Fase C

Kelas

Tujuan Pembelajaran

Kelas 6 : Sistem Organ Tubuh Manusia dan Ekosistem

6.1 Peserta didik melakukan simulasi tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuh dengan benar.

6.2 Peserta didik menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap kestabilan ekosistem di lingkungan sekitar.

Kelas 6 : Gelombang Bunyi, Sumber Energi dan Sistem Tata Surya

6.3 Peserta didik mendemonstrasikan penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari.

6.4 Peserta didik mendeskripsikan ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu maupun kolektif untuk menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi alternative menggunakan sumber daya sekitarnya.

6.5 Peserta didik mendemonstrasikan sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi.

6.6 Peserta didik merefleksikan perubahan kondisi alam di permukana bumi akibat faktor alam dan perbuatan manusia.

Kelas 6 : Pola Hidup Manusia dan Ragam Budaya

 

6.7 Peserta didik mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan dan memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi.

6.8 Peserta didik mengenal keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan.

6.9 Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemederkaan, dan meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.

Kelas 6 : Ekonomi Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

6.10 Peserta didik mengenal kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

6.11 Peserta didik melakukan tindakan atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman terhadap kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan lokal.

Alur Tujuan Pembelajaran IPAS Kelas 6

6.1.1 Sistem Organ Tubuh Manusia dan Ekosistem

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik melakukan simulasi tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuh dengan benar.

2.      Peserta didik menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap kestabilan ekosistem di lingkungan sekitar.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

-          Memahami sistem organ tubuh manusia

-          Memahami komponen biotik-abiotik terhadap kestabilan ekosistem

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, guru dapat memulai proses kegiatan belajar dengan menyajikan video pembelajaran yang menjelaskan tentang sistem organ tubuh manusia. Setelah menyajikan video pembelajaran tersebut, guru dapat memulai kegiatan belajar dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok guna mengerjakan tugas projek. Adapun projek yang bisa dikerjakan siswa yaitu menggambar sistem organ tubuh manusia beserta fungsinya.

Peserta didik melakukan simulasi dengan menggunakan gambar/bagan/alat/media sederhana tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuhnya dengan benar.

Dalam menjelaskan komponen biotik-abiotik guru dapat memulainya dengan sesi tanya jawab mengenai ekosistem, seperti jenis dari ekosistem serta komponen-komponennya. Dengan adanya sesi tanya jawab tersebut guru dapat memahami tingkat pemahaman siswa terhadap lingkungan ekosistem, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan guru yaitu mengarahkan siswa untuk mencari tahu komponen biotik-abiotik dari ekosistem tersebut.

Peserta didik menyelidiki bagaimana hubungan saling ketergantungan antar komponen biotikabiotik dapat memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di lingkungan sekitarnya.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

6.2.1 Gelombang Bunyi, Sumber Energi dan Sistem Tata Surya

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mendemonstrasikan penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Peserta didik mendeskripsikan ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu maupun kolektif untuk menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi alternative menggunakan sumber daya sekitarnya.

3.      Peserta didik mendemonstrasikan sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi.

4.      Peserta didik merefleksikan perubahan kondisi alam di permukaan bumi akibat faktor alam dan perbuatan manusia.

Jumlah Jam Pelajaran

16 JP

Kata Kunci

-       Memahami konsep gelombang bunyi dan cahaya di kehidupan sehari-hari

-       Memahami krisis energi dan solusinya

-       Memahami sistem tata surya

-       Memahami perubahan kondisi alam

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, terlebih dahulu guru dapat menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan gelombang bunyi dan cahaya serta kegunaannya dalam kegiatan sehari-hari. Untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan pemahaman mereka, guru dapat menggunakan video pembelajaran untuk menjelaskan tentang gelombang bunyi dan cahaya.  Berdasarkan pemahamannya terhadap konsep gelombang (bunyi dan cahaya) siswa dapat mendemonstrasikan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menjelaskan tentang krisis energi yang ada di bumi, guru dapat memulainya dengan menayangkan video pembelajaran mengenai krisis energi yang terjadi di bumi dalam kurun waktu 5 tahun belakangan ini. Dengan adanya video pembelajaran tersebut, guru dapat memudahkan siswa dalam memahami dampak dari ancaman tersebut. didik mendeskripsikan adanya ancaman krisis energi yang dapat terjadi serta mengusulkan upayaupaya individu maupun kolektif yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan energi dan serta penemuan sumber energi alternatif yang dapat digunakan menggunakan sumber daya yang ada di sekitarnya.

Materi krisis energi ini juga dikaitkan dengan perubahan kondisi alam. Pada kesempatan ini, Anda dapat menjelaskan tentang faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya perubahan alam tersebut, apa saja dampaknya, dan bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasinya.  

Selain itu, untuk menjelaskan sistem tata surya dan bagaimana gerak rotasi dan revolusi bumi, guru dapat memanfaatkan video pembelajaran. Dengan begitu, siswa dapat memahami penjelasan guru mengenai materi sistem tata surya dengan baik.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

Calon Mahasiswa Perlu Tahu! Perbedaan Masa Sekolah vs Kuliah
Salah satu perbedaan utama antara masa sekolah dan masa kuliah adalah lingkungan belajar yang berbeda

6.3.1 Pola Hidup Manusia dan Ragam Budaya

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan dan memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi.

2.      Peserta didik mengenal keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan.

3.      Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemederkaan, dan meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

-       Memahami pola hidup individu untuk memprediksi permasalahan yang muncul dan dampak yang terjadi terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi

-       Memahami keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan

-       Memahami perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan

Penjelasan Singkat

Untuk menjelaskan tentang pola hidup dalam lingkungan masyarakat, terlebih dahulu guru dapat menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan pola hidup. Pola hidup yang baik dimulai dari diri sendiri, sehingga penting bagi siswa untuk mengetahui tindakan mana yang baik untuk dirinya dan tindakan apa yang akan merugikan dirinya sendiri. Melalui penjelasan tersebut, siswa akan jauh lebih paham bagaimana cara membangun pola hidup yang baik untuk lingkungan, dan tidak merugikan banyak pihak.

Indonesia memiliki banyak ragam budaya. Untuk mengenal ragam budaya Indonesia, guru dapat memulainya dengan memanfaatkan video pembelajaran mengenai ragam budaya yang ada di Indonesia. Agar materi terasa lebih dekat, guru dapat menarik pemahaman tersebut ke dunia nyata, yaitu dengan membentuk kelompok belajar, di mana siswa akan diberi tugas untuk mempresentasikan suku mereka masing-masing dan budaya yang mereka miliki.

Untuk menjelaskan perjuangan para pahlawan untuk bangsa Indonesia, guru dapat memanfaatkan berbagai macam jenis literasi yang mana dapat diakses lewat internet maupun buku-buku yang ada di perpustakaan.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

6.4.1 Ekonomi Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mengenal kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

2.      Peserta didik melakukan tindakan atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman terhadap kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan lokal.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

-          Memahami kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar

-          Memahami cara mengambil keputuasan berdasarkan pemahaman kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, guru dapat mengajak siswa untuk mengingat kembali materi pembelajaran sebelumnya, yaitu mengenai uang. Kemudian, guru dapat menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif yang ada di lingkungan sekitar. Agar materi tersebut lebih dekat dengan siswa, guru dapat mengaitkannya dengan keadaan di ruang kelas maupun sekolah, seperti keadaan keuangan di kelas, seperti bagaimana cara siswa mengumpulkan uang khas, bagaimana pengelolaannya, dan bagaimana cara siswa agar keadaan keuangan tersebut bisa stabil. Melalui tindakan sederhana yang telah dilakukan siswa, guru akan jadi lebih mudah dalam menjelaskan kegiatan ekonomi di masyarakat tersebut.

Selain itu, untuk menjelaskan tentang pemahaman kearifan lokal, guru dapat menjelaskannya secara runtut agar siswa dapat memahaminya dengan baik. Guru dapat melakukan sesi tanya jawab untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan bagaimana sudut pandang mereka terhadap ruang lingkup masyarakat.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.