ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 IPAS
Rasional Mata Pelajaran IPAS
Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, penting bagi para pendidik untuk menyesuaikan materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) terhadap tantangan-tantangan yang akan dihadapi peserta didik di masa depan kelak.
Pembelajaran IPAS mengajarkan tentang kajian makhluk hidup dan benda mati yang ada di alam semesta. Dengan mempelajari IPAS, peserta didik akan mengetahui bagaimana interaksi makhluk hidup dengan benda mati, serta interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, pembelajaran IPAS juga berperan penting dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan gambaran ideal untuk profil peserta didik Indonesia.
Dengan adanya pembelajaran IPAS ini, peserta didik akan mengetahui fenomena-fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Dengan adanya rasa ingin tahu yang dimiliki peserta didik, ilmu pengetahuan yang mereka miliki akan semakin berkembang, yang mana akan bermanfaat bagi mereka untuk memahami bagaimana cara alam semesta bekerja.
Dalam pembelajaran IPAS, peserta didik dapat meningkatkan berbagai macam kemampuan seperti kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kemampuan untuk mengambil kesimpulan yang tepat. Dengan adanya pembelajaran IPAS, setiap peserta didik memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan eksplorasi, investigasi, dan mengembangkan wawasannya mengenai pengetahuan yang mereka miliki yang berkaitan dengan lingkungan sekitarnya.
Capaian Pembelajaran IPAS Fase C
Sistem Organ
Tubuh Manusia dan Ekosistem |
Peserta didik melakukan simulasi tentang
sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah)
yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuh dengan benar. Peserta
didik menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen
biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap kestabilan ekosistem di lingkungan
sekitar. |
Gelombang
Bunyi, Sumber Energi dan Sistem Tata Surya |
Peserta didik mendemonstrasikan
penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari. Peserta
didik mendeskripsikan ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu
maupun kolektif untuk menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi
alternative menggunakan sumber daya sekitarnya. Peserta didik
mendemonstrasikan sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi dan
revolusi bumi. Peserta didik merefleksikan perubahan kondisi alam di
permukana bumi akibat faktor alam dan perbuatan manusia. |
Pola
Hidup Manusia dan Ragam Budaya |
Peserta didik mengidentifikasi pola
hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan dan memprediksi dampaknya
terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi. Peserta didik mengenal
keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan. Peserta didik menceritakan perjuangan
bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan
dalam mempertahankan kemederkaan, dan meneladani perjuangan pahlawan dalam
tindakan nyata sehari-hari. |
Ekonomi
Masyarakat dan Lingkungan Sekitar |
Peserta didik mengenal kegiatan ekonomi
masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar. Peserta didik melakukan
tindakan atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman terhadap kearifan
lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan
lokal. |
Tujuan Pembelajaran IPAS Fase C
Kelas |
Tujuan
Pembelajaran |
Kelas
6 : Sistem Organ Tubuh Manusia dan Ekosistem |
6.1 Peserta didik melakukan simulasi
tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran
darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuh dengan benar.
|
6.2 Peserta didik menyelidiki hubungan
saling ketergantungan antara komponen biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap
kestabilan ekosistem di lingkungan sekitar. |
|
Kelas
6 : Gelombang Bunyi, Sumber Energi dan Sistem Tata Surya |
6.3 Peserta didik mendemonstrasikan
penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari. |
6.4 Peserta didik mendeskripsikan
ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu maupun kolektif untuk
menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi alternative menggunakan
sumber daya sekitarnya. |
|
6.5 Peserta didik mendemonstrasikan
sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi. |
|
6.6 Peserta didik merefleksikan
perubahan kondisi alam di permukana bumi akibat faktor alam dan perbuatan
manusia. |
|
Kelas
6 : Pola Hidup Manusia dan Ragam Budaya |
6.7 Peserta didik mengidentifikasi pola
hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan dan memprediksi dampaknya
terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi. |
6.8
Peserta
didik mengenal keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan. |
|
6.9
Peserta
didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme,
merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemederkaan, dan
meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari. |
|
Kelas
6 : Ekonomi Masyarakat dan Lingkungan Sekitar |
6.10 Peserta didik mengenal kegiatan
ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar. |
6.11 Peserta didik melakukan tindakan
atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman terhadap kearifan lokal yang
berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan lokal. |
Alur Tujuan Pembelajaran IPAS Kelas 6
6.1.1 Sistem Organ Tubuh Manusia dan Ekosistem
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik melakukan simulasi tentang sistem organ tubuh manusia (sistem
pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga
kesehatan organ tubuh dengan benar. 2. Peserta
didik menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen
biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap kestabilan ekosistem di lingkungan
sekitar. |
Jumlah Jam Pelajaran |
14 JP |
Kata Kunci |
-
Memahami sistem organ tubuh manusia -
Memahami komponen biotik-abiotik
terhadap kestabilan ekosistem |
Penjelasan Singkat |
Pada kesempatan ini, guru dapat memulai
proses kegiatan belajar dengan menyajikan video pembelajaran yang menjelaskan
tentang sistem organ tubuh manusia. Setelah menyajikan video pembelajaran
tersebut, guru dapat memulai kegiatan belajar dengan membagi siswa ke dalam
beberapa kelompok guna mengerjakan tugas projek. Adapun projek yang bisa
dikerjakan siswa yaitu menggambar sistem organ tubuh manusia beserta
fungsinya. Peserta didik melakukan simulasi dengan menggunakan
gambar/bagan/alat/media sederhana tentang sistem organ tubuh manusia (sistem
pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga
kesehatan organ tubuhnya dengan benar. Dalam menjelaskan komponen biotik-abiotik guru dapat
memulainya dengan sesi tanya jawab mengenai ekosistem, seperti jenis dari
ekosistem serta komponen-komponennya. Dengan adanya sesi tanya jawab tersebut
guru dapat memahami tingkat pemahaman siswa terhadap lingkungan ekosistem,
maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan guru yaitu mengarahkan siswa
untuk mencari tahu komponen biotik-abiotik dari ekosistem tersebut. Peserta didik menyelidiki bagaimana hubungan saling ketergantungan
antar komponen biotikabiotik dapat memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di
lingkungan sekitarnya. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
6.2.1 Gelombang Bunyi, Sumber Energi dan Sistem Tata Surya
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mendemonstrasikan penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam
kehidupan sehari-hari. 2. Peserta
didik mendeskripsikan ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu
maupun kolektif untuk menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi
alternative menggunakan sumber daya sekitarnya. 3. Peserta
didik mendemonstrasikan sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi
dan revolusi bumi. 4. Peserta
didik merefleksikan perubahan kondisi alam di permukaan bumi akibat faktor
alam dan perbuatan manusia. |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Kata Kunci |
-
Memahami konsep gelombang bunyi dan
cahaya di kehidupan sehari-hari -
Memahami krisis energi dan
solusinya -
Memahami sistem tata surya -
Memahami perubahan kondisi alam |
Penjelasan Singkat |
Pada kesempatan ini, terlebih dahulu
guru dapat menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan gelombang bunyi dan
cahaya serta kegunaannya dalam kegiatan sehari-hari. Untuk menarik perhatian
siswa dan meningkatkan pemahaman mereka, guru dapat menggunakan video
pembelajaran untuk menjelaskan tentang gelombang bunyi dan cahaya. Berdasarkan pemahamannya
terhadap konsep gelombang (bunyi dan cahaya) siswa dapat mendemonstrasikan
bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjelaskan tentang krisis energi
yang ada di bumi, guru dapat memulainya dengan menayangkan video pembelajaran
mengenai krisis energi yang terjadi di bumi dalam kurun waktu 5 tahun belakangan
ini. Dengan adanya video pembelajaran tersebut, guru dapat memudahkan siswa
dalam memahami dampak dari ancaman tersebut. didik mendeskripsikan adanya
ancaman krisis energi yang dapat terjadi serta mengusulkan upayaupaya
individu maupun kolektif yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan
energi dan serta penemuan sumber energi alternatif yang dapat digunakan
menggunakan sumber daya yang ada di sekitarnya. Materi krisis energi ini juga dikaitkan
dengan perubahan kondisi alam. Pada kesempatan ini, Anda dapat menjelaskan
tentang faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya perubahan alam
tersebut, apa saja dampaknya, dan bagaimana solusi yang tepat untuk
mengatasinya. Selain itu, untuk menjelaskan sistem
tata surya dan bagaimana gerak rotasi dan revolusi bumi, guru dapat
memanfaatkan video pembelajaran. Dengan begitu, siswa dapat memahami
penjelasan guru mengenai materi sistem tata surya dengan baik. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
6.3.1 Pola Hidup Manusia dan Ragam Budaya
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan
dan memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi. 2. Peserta
didik mengenal keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan. 3. Peserta
didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme,
merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemederkaan, dan
meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari. |
Jumlah Jam Pelajaran |
14 JP |
Kata Kunci |
-
Memahami pola hidup individu untuk
memprediksi permasalahan yang muncul dan dampak yang terjadi terhadap kondisi
sosial kemasyarakatan dan ekonomi -
Memahami keragaman budaya nasional
dalam konteks kebhinekaan -
Memahami perjuangan bangsa
Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan pahlawan untuk
mempertahankan kemerdekaan |
Penjelasan Singkat |
Untuk menjelaskan tentang pola hidup
dalam lingkungan masyarakat, terlebih dahulu guru dapat menjelaskan tentang
apa yang dimaksud dengan pola hidup. Pola hidup yang baik dimulai dari diri
sendiri, sehingga penting bagi siswa untuk mengetahui tindakan mana yang baik
untuk dirinya dan tindakan apa yang akan merugikan dirinya sendiri. Melalui penjelasan
tersebut, siswa akan jauh lebih paham bagaimana cara membangun pola hidup
yang baik untuk lingkungan, dan tidak merugikan banyak pihak. Indonesia memiliki banyak ragam budaya. Untuk
mengenal ragam budaya Indonesia, guru dapat memulainya dengan memanfaatkan
video pembelajaran mengenai ragam budaya yang ada di Indonesia. Agar materi
terasa lebih dekat, guru dapat menarik pemahaman tersebut ke dunia nyata,
yaitu dengan membentuk kelompok belajar, di mana siswa akan diberi tugas
untuk mempresentasikan suku mereka masing-masing dan budaya yang mereka
miliki. Untuk menjelaskan perjuangan para
pahlawan untuk bangsa Indonesia, guru dapat memanfaatkan berbagai macam jenis
literasi yang mana dapat diakses lewat internet maupun buku-buku yang ada di
perpustakaan. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
6.4.1 Ekonomi Masyarakat dan Lingkungan Sekitar
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mengenal kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan
sekitar. 2. Peserta
didik melakukan tindakan atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman
terhadap kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah
dari kearifan lokal. |
Jumlah Jam Pelajaran |
14 JP |
Kata Kunci |
-
Memahami kegiatan ekonomi
masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar -
Memahami cara mengambil keputuasan
berdasarkan pemahaman kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya |
Penjelasan Singkat |
Pada kesempatan ini, guru dapat mengajak
siswa untuk mengingat kembali materi pembelajaran sebelumnya, yaitu mengenai
uang. Kemudian, guru dapat menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan ekonomi
masyarakat dan ekonomi kreatif yang ada di lingkungan sekitar. Agar materi
tersebut lebih dekat dengan siswa, guru dapat mengaitkannya dengan keadaan di
ruang kelas maupun sekolah, seperti keadaan keuangan di kelas, seperti
bagaimana cara siswa mengumpulkan uang khas, bagaimana pengelolaannya, dan
bagaimana cara siswa agar keadaan keuangan tersebut bisa stabil. Melalui
tindakan sederhana yang telah dilakukan siswa, guru akan jadi lebih mudah
dalam menjelaskan kegiatan ekonomi di masyarakat tersebut. Selain itu, untuk menjelaskan tentang
pemahaman kearifan lokal, guru dapat menjelaskannya secara runtut agar siswa
dapat memahaminya dengan baik. Guru dapat melakukan sesi tanya jawab untuk
mengetahui tingkat pemahaman siswa dan bagaimana sudut pandang mereka
terhadap ruang lingkup masyarakat. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |