ATP Kurikulum Merdeka Kelas 5 Bahasa Inggris
Rasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, bahasa Inggris sangat diperlukan dalam setiap proses kehidupan. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang dominan digunakan secara global, baik dalam aspek pendidikan, ilmu pengetahuan, hukum, bisnis, hubungan internasional, kesehatan, perdagangan, pariwisata, dan teknologi.
Dengan mempelajari bahasa Inggris, peserta didik memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berkomunikasi dengan warga dunia. Selain itu, peserta didik juga dapat berinteraksi dengan nyaman, baik secara langsung maupun melalui teks tertulis.
Dengan mempelajari bahasa Inggris, peserta didik memiliki akses terhadap dunia luar, seperti memahami bagaimana cara berpikir mereka, pengetahuan sosial-budaya dan cara berinteraksinya. Selain itu melalui Bahasa Inggris peserta didik dapat mengetahui banyak hal mengenai wawasan diri sendiri, kebudayaan luar, hubungan sosial, serta kesempatan kerja yang bisa didapatkan di luar negeri.
Dalam pembelajaran bahasa Inggris, peserta didik difokuskan pada kemampuan dalam menyimak, berbicara, memirsa, menulis, dan mempresentasikan sesuatu secara terpadu.
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase B
Komponen/Indikator |
Deskripsi |
Capaian
Pembelajaran |
ELEMEN
MENYIMAK-BERBICARA Pada
akhir fase C, peserta didik menggunakan kalimat dengan pola tertentu dalam
bahasa Inggris untuk berinteraksi pada lingkup situasi sosial dan kelas yang
semakin luas, namun masih terdapat prediksi. Peserta didik dapat
menggubah/mengganti elemen kalimat untuk berpartisipasi dalam kegiatan
belajar, seperti membuat pertanyaan sederhana, meminta klarifikasi dan
meminta izin. Peserta didik menggunakan beberapa strategi untuk
mengidentifikasi informasi penting dalam berbagai konteks, seperti meminta
pembicara untuk mengulangi atau berbicara dengan lebih pelan. Peserta didik
mampu berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. ELEMEN
MEMBACA-MEMIRSA Pada
akhir fase C, peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan
sehari-hari dan memahami kata-kata baru dengan bantuan gambar serta kalimat
dalam konteks yang dipahami peserta didik. Peserta didik membaca dan
memberikan respon terhadap beragam teks pendek, sederhana dan familiar dalam
bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif.
Peserta didik dapat mengeja kata ke dalam bahasa Inggris sehingga mereka bisa
lancar dalam membaca tulisan yang dimuat ke dalam bahasa Inggris. ELEMEN
MENULIS-MEMPRESENTASIKAN Pada
akhir fase C, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui salinan
tulisan. Peserta didik mampu menghasilkan teks deskripsi, cerita, dan prosedur
sederhana dengan menggunakan kalimat dengan pola tertentu. Peserta didik
menggunakan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah,
peserta didik juga telah mampu menggunakan beberapa strategi dasar seperti
menyalin kata atau frasa dari buku atau daftar kata, menggunakan gambar, dan
bertanya mengenai bagaimana cara menuliskan sebuah kata. Peserta didik juga telah
mampu mempresentasikan sesuatu ke dalam bahasa Inggris. |
Tujuan
Pembelajaran |
1. Peserta
didik memahami bahasa Inggris sederhana yang digunakan di dalam interaksi
ruang kelas yang mengandung kosakata yang familiar dengan kesehariannya. 2. Peserta
didik menyimpulkan makna dari percakapan sederhana bahasa Inggris yang
digunakan dalam aktivitas sehari-hari di dalam ruang kelas. 3. Peserta
didik merespon dengan menyampaikan perasaannya secara lisan kepada
teman-temannya dalam interaksi sosial di ruang kelas dengan bahasa Inggris
yang sederhana. 4. Peserta
didik menceritakan kembali sebuah tema atau cerita dengan kosakatanya sendiri 5. Peserta
didik mengungkapkan ide yang dimilikinya pada sebuah kegiatan bersama 6. Peserta
didik membuat narasi pendek ke dalam bentuk tulisan |
|
|
Alur/Tujuan
Pembelajaran |
-
Menunjukkan pemahaman bahasa Inggris
sederhana yang digunakan di dalam interaksi lingkup ruang kelas untuk
kegiatan sehari-hari -
Membuat kesimpulan makna dari
percakapan sederhana bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari |
Jumlah
Jam Pelajaran |
16
JP |
Kata
Kunci |
Pemahaman
bahasa Inggris sederhana untuk interaksi sehari-hari Menyimpulkan
makna dari percakapan sederhana bahasa Inggris |
Penjelasan
Singkat |
-
Fokus pembelajaran adalah tentang
aktivitas memahami ide dan gagasan yang disampaikan dalam sebuah forum
lingkup kelas dan keluarga. -
Pelajar menuangkan kesimpulan atas
ide serta gagasan sederhana dalam bentuk teks sederhana Jenis
kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: -
Diskusi kelas -
Observasi lingkungan -
Menonton film pendek yang menarik -
Guru mengajak pelajar melakukan
kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara
virtual -
Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan
percakapan -
Brainstorming bersama di kelas
dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
Spelling, speech, speaking, practicing,
conversation |
|
|
Alur/Tujuan
Pembelajaran |
Memahami
kalimat sederhana bahasa Inggris sehingga mampu merespon secara lisan dalam
interaksi sosial di ruang kelas. |
Jumlah
Jam Pelajaran |
10
JP |
Kata
Kunci |
Penyampaian
respon secara lisan dalam interaksi sosial di ruang kelas |
Penjelasan
Singkat |
-
Fokus pembelajaran adalah tentang
aktivitas memahami, menyampaikan ide dalam sebuah forum lingkup kelas dan
keluarga. -
Pelajar menulis ide serta gagasan
sederhana yang dituangkan dalam bentuk teks narasi. Jenis
kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: -
Diskusi kelas -
Observasi lingkungan -
Menonton film pendek yang menarik -
Guru mengajak pelajar melakukan
kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara
virtual -
Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan
percakapan -
Brainstorming bersama di kelas
dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
|
|
Alur/Tujuan
Pembelajaran |
Menyampaikan
kembali pemahaman terhadap sebuah narasi atau cerita sederhana bahasa Inggris |
Jumlah
Jam Pelajaran |
12
JP |
Kata
Kunci |
Penyampaian
sebuah cerita secara lisan dalam sebuah narasi pendek sederhana |
Penjelasan
Singkat |
-
Fokus pembelajaran adalah tentang
aktivitas memahami, menyampaikan pemahaman, ide dan gagasan dalam sebuah forum lingkup kelas dan
keluarga. -
Pelajar menulis ide serta gagasan
sederhana atas pemahamannya terhadap suatu narasi atau cerita yang dituangkan
dalam bentuk teks sederhana. Jenis
kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: -
Diskusi kelas -
Observasi lingkungan -
Menonton film pendek yang menarik -
Guru mengajak pelajar melakukan
kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara
virtual -
Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan
percakapan -
Brainstorming bersama di kelas
dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
|
|
Alur/Tujuan
Pembelajaran |
Menyampaikan
ide atau gagasan sederhana secara lisan dalam lingkup ruang kelas dan keluarga |
Jumlah
Jam Pelajaran |
12
JP |
Kata
Kunci |
Penyampaian
ide atau gagasan sederhana secara lisan |
Penjelasan
Singkat |
-
Fokus pembelajaran adalah tentang
aktivitas memahami, menyampaikan pemahaman, ide dan gagasan dalam sebuah forum lingkup kelas dan
keluarga. -
Pelajar menulis ide serta gagasan
sederhana yang dituangkan dalam bentuk teks narasi atau deskripsi sederhana. Jenis
kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: -
Diskusi kelas -
Observasi lingkungan -
Menonton film pendek yang menarik -
Guru mengajak pelajar melakukan
kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara
virtual -
Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan
percakapan -
Brainstorming bersama di kelas
dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
|
|
Alur/Tujuan
Pembelajaran |
Menyampaikan
sebuah narasi pendek sederhana dalam bentuk tulisan |
Jumlah
Jam Pelajaran |
14
JP |
Kata
Kunci |
Penyampaian
narasi pendek sederhana dalam bentuk tulisan |
Penjelasan
Singkat |
-
Fokus pembelajaran adalah tentang
aktivitas menyampaikan dan mengembangkan ide dan gagasan dalam sebuah teks
narasi yang berkaitan dengan lingkup kelas dan keluarga. -
Pelajar menulis ide serta gagasan
sederhana yang dituangkan dalam bentuk teks narasi. Jenis
kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru: -
Diskusi kelas -
Observasi lingkungan -
Menonton film pendek yang menarik -
Guru mengajak pelajar melakukan
kunjungan studi ke berbagai tempat melalui kunjungan langsung atau secara
virtual -
Guru mengajak pelajar melakukan kegiatan
percakapan -
Brainstorming bersama di kelas
dengan memilih sebuah tema yang dekat dengan keseharian pelajar |
Profil
Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |