ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 IPAS

Sumber Materi 24 Apr 2024

Rasional Mata Pelajaran IPAS

sumber: https://www.pexels.com/

Di zaman yang semakin canggih seperti saat ini, teknologi dan ilmu pengetahuan dituntut untuk terus berkembang dan menciptakan berbagai macam tantangan bagi setiap bidang kehidupan. Dalam pendidikan, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi, dengan begitu peserta didik dapat menghadapi tantangan-tantangan dengan baik.

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah pembelajaran yang mengkaji tentang bagaimana interaksi antara makhluk hidup dan benda mati di alam semesta. Pembelajaran IPAS juga akan mengajak peserta didik untuk mengkaji bagaimana kehidupan manusia sebagai individu sekaligus makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Matematika
Dengan mempelajari Matematika, peserta didik dapat melatih kemampuannya dalam berpikir logis, kritis, kreatif, sistematis dan analitis

Dalam kehidupan sosial, pembelajaran IPAS berperan penting dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, di mana sebagai gambaran ideal untuk merealisasikan profil peserta didik.

Dengan adanya pembelajaran IPAS, rasa ingin tahu peserta didik terhadap fenomena-fenomena alam dan lingkungan sekitarnya akan semakin meningkat. Dengan munculnya rasa ingin tahu tersebut, peserta didik dapat belajar tentang bagaimana cara alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan manusia.

Adapun prinsip-prinsip dasar yang dimiliki pada pembelajaran IPAS dapat melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, analitis, serta kemampuan untuk mengambil kesimpulan yang tepat. Dalam penerapannya, pembelajaran IPAS dapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan eksplorasi, investigasi, dan mengembangkan ilmu pengetahuannya terkait lingkungan sekitar.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah pembelajaran yang mengajarkan siswa mengenai kemampuan dalam berbahasa, bersastra dan berpikir yang merupakan dasar dari kemampuan literasi

Capaian Pembelajaran IPAS Fase B

sumber: https://www.pexels.com/

Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, Perubahan pada Makhluk Hidup, serta Pelestarian Alam

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup.

Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.  

Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda, Energi dan Sumber Energi

Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya).

Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.

Pentingnya Bekerja Sama

Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah, serta Pelestarian Alam

Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya.

Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Tujuan Pembelajaran IPAS Fase B

Kelas

Tujuan Pembelajaran

Kelas 4 : Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup dan Perubahan pada Makhluk Hidup

4.1  Peserta didik menganalisis antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).

 

Kelas 4 : Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda

4.2  Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kelas 4 : Energi dan Sumber Energi

 

4.3 Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

4.4 Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda.

4.5 Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.

Kelas 4 : Pelestarian Alam

4.6  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

4.7  Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

4.8 Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya.

4.9  Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah di provinsi tempat tinggal serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini.

Kelas 4 : Pentingnya Bekerja Sama

 

4.10          Peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan interaksi sosial di sekitar tempat tinggal dan sekolah.

Kelas 4 : Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah

 

4.11 Peserta didik menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal pada peta konvensional/digital.

4.12 Peserta didik membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang, dan mendemonstrasikan penggunaan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Alur Tujuan Pembelajaran IPAS Kelas 4

4.1.1 Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, Perubahan pada Makhluk Hidup, serta Pelestarian Alam

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik menganalisis antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).

2.      Peserta didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

-          Memahami bagian tubuh manusia, termasuk kegunaannya (pancaindra)

-          Memahami keadaan lingkungan sekitarnya

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, guru dapat memulai proses kegiatan belajar dengan menyajikan video pembelajaran yang menjelaskan tentang bentuk dan fungsi dari bagian tubuh manusia. Setelah menyajikan video pembelajaran tersebut, guru dapat memulai kegiatan belajar dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok guna mengerjakan tugas projek. Adapun projek yang bisa dikerjakan siswa yaitu menggambar bagan tubuh manusia beserta fungsinya.

Dalam menjelaskan sumber daya alam guru dapat memulainya dengan sesi tanya jawab mengenai sumber daya alam apa saja yang diketahui siswa, dan bencana alam apa saja yang sudah pernah siswa alami. Dengan adanya sesi tanya jawab tersebut guru dapat memahami tingkat pemahaman siswa terhadap alam, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan guru yaitu mengarahkan siswa untuk mencari tahu faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam di lingkungan tempat tinggal mereka, serta solusi yang tepat untuk mengatasi peristiwa tersebut.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

4.2.1 Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda, Energi dan Sumber Energi

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.   Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda.

Jumlah Jam Pelajaran

16 JP

Kata Kunci

-          Memahami proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kegiatan sehari-hari

-          Memahami sumber dan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari

-          Memahami sifat kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari

Penjelasan Singkat

Perubahan wujud zat dan energi sudah banyak ditemukan di lingkungan sekitar dan kegiatan sehari-hari manusia. Namun, tidak banyak siswa yang memahami perubahan tersebut. Untuk membantu guru dalam menjelaskan materi tersebut, guru dapat memulai proses kegiatan belajar dengan melakukan sesi tanya jawab, seperti apakah mereka pernah melihat bagaimana es batu mencair, bagaimana kain yang basah setelah dijemur bisa menjadi kering, atau bagaimana proses pembuatan es krim yang awalnya berbentuk benda cair bisa menjadi padat. Guru juga dapat menggunakan video pembelajaran untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap perubahan zat tersebut.

Selain itu, untuk menjelaskan tentang peruabahan energi serta sifat kemagnetan, guru dapat melakukan projek kecil-kecilan bersama siswa. Pada kesempatan ini, guru dapat meminta siswa untuk membawa magnet dan paku ke sekolah sebagai tugas praktik, atau media lain yang dapat memancing sifat kemagnetan. Dengan adanya projek kecil tersebut siswa akan lebih mudah memahami penjelasan Anda. Untuk memudahkan guru dalam menjelaskan materi ini, Anda dapat membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

4.3.1 Energi dan Sumber Energi

Alur/Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.

Jumlah Jam Pelajaran

8 JP

Kata Kunci

Pemahaman tentang siklus air

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini guru dapat menggunakan video pembelajaran dalam menjelasakan tentang bagaimana siklus air. Video pembelajaran tersebut dapat Anda temukan referensinya dari Youtube. Setelah menjelaskan melalui video pembelajaran, guru dapat membuka sesi tanya jawab untuk memancing rasa penasaran siswa dan mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang baru saja dijelaskan.

Selain menjelaskan melalui video pembelajaran, guru dapat menjelaskan tentang beberapa poin penting yang harus dipahamai siswa dengan baik di papan tulis. Dengan begitu, siswa dapat mencatat informasi yang Anda bagikan ke dalam buku catatan mereka. Tidak hanya menjelaskan tentang bagaimana terjadinya siklus air tersebut, penting bagi guru untuk membawa materi tersebut ke dalam peristiwa sehari-hari siswa, seperti kesulitan masyarakat dalam mendapatkan air bersih, keadaan sungai di sekitar rumah tempat mereka tinggal. Melalui kasus tersebut, guru dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Guru dapat mengajak siswa untuk memahami dan mencari solusi untuk menjaga ketersediaan air bersih di lingkungan sekitar mereka.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

4.4.1 Pentingnya Bekerja Sama, serta Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan interaksi sosial di sekitar tempat tinggal dan sekolah.

2.      Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

3.      Peserta didik menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal pada peta konvensional/digital.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

-          Memahami peran warga sekolah dan bagaimana membangun interaksi sosial dengan sekolah dan lingkungan tempat tinggal

-          Memahami ragam bentang alam dan kaitannya dengan profesi masyarakat

-          Memahami letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal pada peta

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini guru dapat melakukan sesi tanya jawab untuk memancing pemahaman siswa terhadap peran setiap warga sekolah. Misalnya seperti bagaimana peran ketua kelas, bendahara dan sekretaris kelas selama menjadi bagian penting kelas. Mengetahui peran dari setiap warga sekolah penting untuk diketahui setiap siswa. Dalam menjelaskan interaksi sosial dan cara membagun komunikasi, guru dapat membawa sisa ke dalam sebuah forum perdebatan singkat. Dengan membawa siswa ke dalam lapangan kecil, siswa bisa mengetahui dan memahami secara jelas bagaimana cara membangun komunikasi dan interaksi setiap siswa.

Dalam menjelaskan tentang bentang alam, guru dapat menggunakan video pembelajaran, seperti letak kota/kabupaten dan provinsi tempat mereka tinggal. Pada kesempatan ini, guru juga dapat mengajak siswa untuk masuk ke dalam pembagian pengalaman, seperti apa saja yang mereka temukan di tempat mereka tinggal, misalnya sungai yang mengelilingi daerah tempat tinggal mereka.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

4.5.1 Pelestarian Alam dan Mengenal Uang

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya.

2.      Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah di provinsi tempat tinggal serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini.

3.      Peserta didik membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang, dan mendemonstrasikan penggunaan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Jumlah Jam Pelajaran

16 JP

Kata Kunci

-          Memahami keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya

-          Memahami sejarah yang ada di provinsi tempat tinggal

-          Memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan kegunaannya di dalam kehidupan sehari-hari

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, guru dapat menjelaskan tentang ragam hayati dan budaya melalui video pembelajaran. Hal ini penting untuk dilakukan agar siswa dapat lebih mudah memahami jenis-jenis dari ragam hayati dan budaya yang ada di Indonesia. Setelah menjelaskan tentang ragam hayati dan budaya yang ada di Indonesia, guru dapat membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk menjelaskan lebih dalam mengenai ragam hayati dan budaya yang mereka temukan. Beberapa kelompok belajar tersebut akan mencari dan membahas tentang apa saja ragam hayati yang mereka temukan dan bagaimana budaya yang mereka miliki selama ini, seperti yang telah kita ketahui masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku. Siswa berkesempatan untuk menjelaskan hasil diskusi mereka di depan kelas.

Untuk menjelaskan tentang nilai mata uang dan kegunaannya di kehidupan sehari-hari, guru dapat menjelasakannya lewat materi dan penjelasan. Sesi tanya jawab dapat membantu guru dalam meningkatkan pemahaman siswa, misalnya seperti bagaimana cara mereka menggunakan uang, apakah mereka lebih sering menghabiskannya untuk memenuhi kebutuhan hidup atau hanya untuk keinginan? Dengan jenis-jenis pertanyaan seperti itu, guru telah membawa siswa ke dalam situasi di mana mereka bisa memahami apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.