ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Bahasa Inggris
Rasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan secara global dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, hukum, kesehatan, bisnis, perdagangan, hubungan internasional, pariwisata, dan teknologi. Dengan menguasai bahasa Inggris, kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi akan semakin meningkat, di mana mereka berpeluang besar untuk berkomunikasi dengan warga dunia.
Selain dapat berkomunikasi dengan warga dunia, dengan menguasai bahasa Inggris, peserta didik juga memiliki peluang untuk bisa berinteraksi dengan berbagai jenis teks yang berasal dari luar negeri. Melalui interaksi tersebutlah peserta didik akan mendapatkan ilmu pengetahuan, berbagai jenis keterampilan, dan mampu mempelajari berbagai macam budaya yang ada di dunia.
Dalam penerapannya, pembelajaran bahasa Inggris akan berfokus pada kemampuan peserta didik dalam menyimak, berbicara, memirsa, menulis, dan mempresentasikan sesuatu secara terpadu. Adapun enam capaian pembelajaran yang dimiliki pembelajaran bahasa Inggris ini yaitu mengacu pada Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dan setara level B1.
Level B1 (CEFR) ini mencerminkan kemampuan peserta didik dalam :
- Meningkatkan kemampuan dalam berinteraksi dan menyampaikan pendapat yang mereka miliki dengan artikulasi yang jelas
- Mampu menyampaikan argumen secara komprehensif
- Mampu berkomunikasi dengan baik
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Bahasa Inggris
Komponen/Indikator |
Deskripsi |
Capaian Pembelajaran |
ELEMEN
MENYIMAK – BERBICARA Pada akhir
fase B, pelajar menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup
situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dapat diprediksi (rutin)
menggunakan kalimat dengan
pola tertentu. Mereka
mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat
untuk dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar, seperti
menyampaikan perasaan, menyampaikan kebutuhan, dan meminta
pertolongan. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan
dengan bantuan visual,
serta menggunakan kosa kata
sederhana. Mereka mengikuti rangkaian
instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas
belajar dengan bantuan visual. By the end of Phase
B, students use English
to interact in a range
of predictable social and classroom situations using certain patterns of sentences. They
change/substitute some sentence elements to participate in classroom routines
and learning activities such as expressing feelings, expressing needs
and requesting help. They
identify key points of information in visually supported oral presentations
containing familiar vocabulary. Using visual cues, they follow a series of simple
instructions related to classroom procedures and learning activities. ELEMEN MEMBACA
– MEMIRSA Pada akhir fase B, siswa memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi. Mereka membaca dan memberikan
respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam
bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif. By the end of Phase B, students understand everyday vocabulary with support from pictures/illustration. They
read and respond to a range
of short, simple, familiar texts in the form of
print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts. ELEMEN
MENULIS – MEMPRESENTASIKAN Pada akhir
fase B, siswa mampu mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar dan
salinan tulisan. Dengan bantuan guru, mereka dapat menghasilkan teks
deskripsi dan prosedur sederhana dengan menggunakan kata/frasa sederhana dan
gambar. Mereka dapat menuliskan kosakata sederhana yang berkaitan dengan lingkungan
kelas dan rumah dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan ejaan yang diciptakan
sendiri oleh anak. By
the end of Phase B, students communicate their ideas and experience through
drawings and copied writing. With teacher’s support, they produce simple
descriptions and procedures using simple words/phrases and pictures. The use
invented spelling In writing simple vocabulary related to their class and
home environments. |
Profil Pelajar Pancasila |
1. Beriman, bertakwa kepada
Tuhan YME, dan
berakhlak mulia Elemen akhlak beragama : Belajar membiasakan pelaksanaan ibadah wajib
sesuai tuntunan agamanya Elemen akhlak pribadi
: Mulai membiasakan diri untuk
disiplin, rapi, membersihkan dan merawat diri dalam kesehariannya Elemen akhlak kepada
manusia : Mengenali persamaan dan perbedaan Elemen akhlak kepada
alam : Belajar menjaga kebersihan lingkungan dan sekitarnya, mengenali berbagai ciptaan
Tuhan Elemen akhlak bernegara : Belajar mengenali hak dan
kewajibannya 2. Berkebinekaan global Elemen mengenal dan
menghargai budaya : Mengenal berbagai budaya
di sekitarnya dan
memandangnya sebagai suatu
wawasan baru Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya : Mengenal penggunaan kata yg berbeda makna di
lingkungan sekitarnya Elemen refleksi dan bertanggung jawab
terhadap pengalaman kebhinekaan : Belajar mengenali bahwa perbedaan adalah
sebuah ragam pengalaman Elemen berkeadilan sosial
: Belajar mengenali konsep hak dan
kewajiban 3. Bergotong-royong Elemen kolaborasi : Belajar bekerja sama,
berkomunikasi dan berkoordinasi dengan teman
Elemen kepedulian : Belajar mengenali lingkungan sekitar Elemen berbagi : Belajar memberi dan menerima hal yg dianggap berharga dan penting
dengan sesama teman
di lingkungan sekitarnya 4. Mandiri Elemen kesadaran diri
: Mulai mengenali berbagai emosi yang
dialaminya juga mulai
mengenali adanya minat
diri dan tantangannya Elemen regulasi diri : Mulai mengenal tujuan
dan rencana belajar dengan
bimbingan orang dewasa, serta menjalankan rencananya sesuai waktu yang telah
disepakati, mulai mengenal adanya tugas-tugas rutin |
Alur/Tujuan Pembelajaran |
B.1 Pelajar mampu mengidentifikasi pertanyaan sederhana dalam
Bahasa Inggris ketika
berkegiatan sehari-hari di kelas. B.2 Pelajar memahami kalimat sederhana Bahasa Inggris
sehingga mampu menjawab pertanyaan sederhana sebagai sebuah respon B.3 Pelajar mampu mengikuti instruksi sederhana yang
diberikan secara verbal
oleh guru B.4 Pelajar menyampaikan secara
lisan istilah sederhana yang merupakan aktivitas sehari hari B.5 Pelajar mengungkapkan perasaannya dengan kalimat sederhana B.6 Pelajar mampu menulis
kalimat sederhana dalam
konteks aktivitas sehari-hari |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
B.1 Pelajar mampu mengidentifikasi pertanyaan sederhana dalam
Bahasa Inggris ketika
berkegiatan sehari-hari di kelas B.2 Pelajar memahami kalimat sederhana Bahasa Inggris
sehingga mampu menjawab pertanyaan sederhana sebagai sebuah respon |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Identifikasi Tujuan Pembelajaran |
-
Menangkap makna
dari pertanyaan sederhana dalam Bahasa Inggris
ketika berkegiatan sehari-hari di kelas.
Menunjukkan pemahaman atas kalimat sederhana bahasa Inggris. -
Memberikan respon
terhadap pertanyaan dalam
kalimat bahasa Inggris
sederhana |
Topik/Konten Inti |
-
Pemahaman pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. -
Pemahaman
sebuah kalimat sederhana bahasa Inggris |
Penjelasan Singkat |
-
Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas pembiasaan penggunaan bahasa
Inggris, seperti mendengarkan dan menyampaikan kata serta kalimat sederhana yang digunakan dalam
aktifitas sehari hari -
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat
diterapkan guru: Permainan, contoh : bermain peran
(role play), tebak-tebakan (guessing game). Guru mengajak siswa bernyanyi dengan lirik mengenai berbagai pertanyaan sederhana dengan konteks sehari-hari Guru mengajak pelajar untuk
mengekspresikan perasaaan (feeling expression) Kerja berkelompok (team work) |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
B.3 Pelajar
mampu mengikuti instruksi sederhana yang diberikan secara verbal oleh
guru |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Identifikasi Tujuan Pembelajaran |
Menunjukkan pemahaman atas instruksi
sederhana dalam bahasa Inggris |
Topik/Konten Inti |
Merespon percakapan sehari-hari atas
instruksi sederhana dalam bahasa Inggris |
Penjelasan Singkat |
-
Fokus
pembelajaran adalah tentang aktivitas pembiasaan penggunaan bahasa
Inggris dalam interaksi, sewaktu mendengarkan, menyampaikan dan menulis kata serta kalimat sederhana yang digunakan dalam
aktifitas sehari hari -
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat
diterapkan guru: Permainan, contoh : bermain peran
(role play), tebak-tebakan (guessing game). Guru mengajak siswa bernyanyi dengan lirik mengenai berbagai instruksi sederhana dengan konteks sehari-hari Guru mengajak pelajar untuk
ekspresi perasaaan (feeling expression) Kerja berkelompok (team work) |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
B.4 Pelajar menyampaikan secara lisan
istilah sederhana yang
merupakan aktivitas sehari
hari |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Identifikasi Tujuan Pembelajaran |
Menyampaikan pesan secara lisan istilah sederhana
yang merupakan aktivitas sehari-hari |
Topik/Konten Inti |
Penyampaian pesan dalam konteks
percakapan atau kegiatan sehari-hari |
Penjelasan Singkat |
-
Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas penggunaan bahasa Inggris dalam menceritakan kegiatan sehari-hari hingga menjadi
sebuah pembiasaan -
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat
diterapkan guru: Permainan, contoh : bermain peran
(role play), tebak-tebakan (guessing game). Guru mengajak siswa bernyanyi dengan lirik mengenai berbagai kegiatan sederhana dengan konteks sehari-hari Guru mengajak pelajar untuk
ekspresi perasaaan (feeling expression) Kerja berkelompok (team work) |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
B.5 Pelajar
mengungkapkan perasaannya dengan
kalimat sederhana |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Identifikasi Tujuan Pembelajaran |
Menyampaikan pesan secara lisan mengenai
perasaannya dengan kalimat sederhana |
Topik/Konten Inti |
Penyampaian pesan sederhana untuk
mengekspresikan perasaannya |
Penjelasan Singkat |
-
Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas penggunaan bahasa Inggris
dalam mengungkapkan perasaan dalam konteks kegiatan sehari-hari hingga menjadi sebuah pembiasaan yang digunakan dalam
aktifitas sehari hari. -
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat
diterapkan guru: Permainan, contoh : bermain peran
(role play), tebak
kartu perasaan. Guru mengajak siswa bernyanyi dengan lirik mengenai berbagai pertanyaan sederhana dengan konteks sehari-hari Guru mengajak pelajar untuk
ekspresi perasaaan (feeling expression) Kerja berkelompok (team work) |
|
|
Alur/Tujuan Pembelajaran |
B.6 Pelajar mampu menulis kalimat sederhana dalam konteks
aktivitas sehari-hari |
Jumlah Jam Pelajaran |
14 JP |
Identifikasi Tujuan Pembelajaran |
Menyampaikan pesan sederhana melalui
penulisan dalam konteks aktivitas sehari-hari |
Topik/Konten Inti |
Penyampaian pesan sederhana dalam
konteks percakapan atau aktivitas sehari-hari |
Penjelasan Singkat |
-
Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas penggunaan bahasa Inggris
guna menyampaikan pesan yang
berkaitan dengan kegiatan yang dekat dengan siswa, hingga menjadi sebuah
pembiasaan yang digunakan dalam aktifitas sehari hari -
Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat
diterapkan guru: Permainan, contoh : bermain peran
(role play), pesan
berantai, susun kata. Guru
membuat jurnal sederhana Membuat cerita bergambar sederhana Kerja berkelompok (team work) seperti
diskusi kelompok |
|
|
Glosarium |
Role Play; permainan peran, dimana para pemain
memainkan peran-peran tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah
cerita bersama Team Work;
bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi satu sama
lain untuk mencapai tujuan bersama |