ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 IPAS

Sumber Materi 16 Apr 2024

Rasional Mata Pelajaran IPAS

sumber: https://www.pexels.com/

Saat ini, teknologi semakin canggih. Teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang menciptakan berbagai macam tantangan yang semakin menantang. Oleh karena itu, pola pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) disesuaikan agar peserta didik dapat menyelesaikan tantangan-tantangan yang akan dihadapi di masa depan kelak.

IPAS adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang makhluk hidup dan benda mati yang ada di alam semesta. Selain itu, IPAS juga mengkaji tentang bagaimana kehidupan manusia sebagai individu sekaligus makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Bisa dikatakan bahwa pembelajaran IPAS ini dapat membantu pendidik untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai gambaran ideal untuk profil peserta didik Indonesia.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Matematika
Dengan mempelajari Matematika, peserta didik dapat melatih kemampuannya dalam berpikir logis, kritis, kreatif, sistematis dan analitis

Dalam penerapannya, pembelajaran IPAS dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan rasa ingin tahu terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungannya. Rasa ingin tahu yang muncul ini dapat memicu berkembangnya pengetahuan peserta didik dalam memahami bagaimana cara alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan manusia.

Prinsip-prinsip dasar yang terdapat di dalam metodologi ilmiah pada pembelajaran IPAS ini dapat membantu siswa dalam melatih kemampuan berpikir kritis, analitis dan kemampuan dalam mengambil kesimpulan yang tepat untuk peserta didik.

Selain itu, pembelajaran IPAS juga dapat membuka peluang bagi setiap peserta didik untuk melakukan eksplorasi, investigasi, dan mengembangkan pemahamannya terkait lingkungan yang ada di sekitarnya.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Bahasa Inggris
dengan menguasai bahasa Inggris, peserta didik memiliki peluang untuk bisa berinteraksi dengan berbagai jenis teks yang berasal dari luar negeri

Capaian Pembelajaran IPAS Fase B

sumber: https://www.pexels.com/

Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, Perubahan pada Makhluk Hidup, serta Pelestarian Alam

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup.

Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.  

Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda, Energi dan Sumber Energi

Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya).

Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.

Pentingnya Bekerja Sama

Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah, serta Pelestarian Alam

Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya.

Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Tujuan Pembelajaran IPAS Fase B

Kelas

Tujuan Pembelajaran

Kelas 3 : Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup dan Perubahan pada Makhluk Hidup

3.1  Peserta didik menganalisis antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).

 

Kelas 3 : Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda

3.2  Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kelas 3 : Energi dan Sumber Energi

 

3.3 Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

3.4 Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda.

3.5 Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.

Kelas 3: Pelestarian Alam

3.6  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

3.7  Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

3.8 Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya.

3.9   Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah di provinsi tempat tinggal serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini.

Kelas 3 : Pentingnya Bekerja Sama

 

3.10  Peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan interaksi sosial di sekitar tempat tinggal dan sekolah.

Kelas 3 : Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah

 

3.11 Peserta didik menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal pada peta konvensional/digital.

3.12 Peserta didik membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang, dan mendemonstrasikan penggunaan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Alur Tujuan Pembelajaran IPAS Kelas 3

3.1.1 Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, Perubahan pada Makhluk Hidup, serta Pelestarian Alam

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik menganalisis antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).

2.      Peserta didik mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

Memahami bagian tubuh manusia, termasuk kegunaannya (pancaindra)

Memahami keadaan lingkungan sekitarnya

Penjelasan Singkat

Guru dapat menggunakan video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bentuk dan fungsi setiap bagian tubuh manusia. Guru bisa membagikan siswa ke dalam beberapa kelompok untuk memberikan tugas projek menggambar bagan tubuh manusia beserta fungsinya. Setelahnya, guru juga dapat mengenalkan sumber daya alam kepada siswa melalui berita-berita tentang bencana alam yang ada di lingkungan sekitar dan daerah-daerah yang ada di Indonesia. Dengan masalah yang diberikan tersebut guru dapat memancing rasa penasaran siswa mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, kemudian guru dapat mengarahkan siswa untuk mencari penyebab bencana tersebut dan solusi yang tepat untuk mengatasi peristiwa tersebut.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

3.2.1 Sifat-sifat dan Perubahan Sifat Benda, Energi dan Sumber Energi

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.   Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda.

Jumlah Jam Pelajaran

16 JP

Kata Kunci

Memahami proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kegiatan sehari-hari

Memahami sumber dan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari

Memahami sifat kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari

Penjelasan Singkat

Guru dapat melakukan projek mengenai perubahan wujud zat dan perubahan energi di dalam kelas. Dengan adanya tugas projek, siswa akan lebih mudah memahami bagaimana perubahan wujud zat dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Guru juga dapat melakukan kegiatan projek untuk memahami sumber dan bentuk energi, serta sifat kemagnetan di dalam kelas. Siswa cenderung akan lebih memahami ilmu Sains tersebut melalui praktek langsung. Untuk merealisasikan tugas ini, guru dapat membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

3.3.1 Energi dan Sumber Energi

Alur/Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.

Jumlah Jam Pelajaran

8 JP

Kata Kunci

Pemahaman tentang siklus air

Penjelasan Singkat

Guru menjelaskan tentang siklus air dengan menggunakan video pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran tersebut. Siswa dapat mencatat beberapa poin penting mengenai siklus air dan upaya untuk menjaga ketersediaan air di lingkungan sekitar.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

3.4.1 Pentingnya Bekerja Sama, serta Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan interaksi sosial di sekitar tempat tinggal dan sekolah.

2.      Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

3.      Peserta didik menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal pada peta konvensional/digital.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

Memahami peran warga sekolah dan bagaimana membangun interaksi sosial dengan sekolah dan lingkungan tempat tinggal

Memahami ragam bentang alam dan kaitannya dengan profesi masyarakat

Memahami letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal pada peta

Penjelasan Singkat

Siswa menyemak penjelasan yang disampaikan guru mengenai peran setiap warga sekolah serta bagaimana cara memangun interaksi sosial untuk membangun komunikasi dengan setiap warga sekolah dan warga di tempat tinggal. Siswa turut menyimak penjelasan guru mengenai beragam bentang alam untuk memahami apa saja profesi yang berkaitan dengan alam, serta memahami penjelasan guru mengenai letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai daerah tempat tinggalnya.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

3.5.1 Pelestarian Alam dan Mengenal Uang

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya.

2.      Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah di provinsi tempat tinggal serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini.

3.      Peserta didik membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang, dan mendemonstrasikan penggunaan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Jumlah Jam Pelajaran

16 JP

Kata Kunci

Memahami keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, dan upaya pelestariannya

Memahami sejarah yang ada di provinsi tempat tinggal

Memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan kegunaannya di dalam kehidupan sehari-hari

Penjelasan Singkat

Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai aneka ragam hayati, ragam budaya, kearifan lokal dan sejarah yang ada di provinsi untuk meningkatkan pemahaman terhadap lingkungan sekitar dan kekayaan negara Indonesia. Siswa diperdengarkan dengan nilai mata uang dan kegunaannya di dalam kehidupan sehari-hari untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan uang sehingga dapat memahami apa yang menjadi perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.