ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 Bahasa Inggris

kurikulum merdeka 12 Jan 2024

Rasional:

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang dominan digunakan secara global, baik dalam aspek pendidikan, ilmu pengetahuan, hukum, bisnis, perdagangan, hubungan internasional, pariwisata, kesehatan, dan teknologi. Dengan mempelajari bahasa Inggris, peserta didik memiliki kesempatan untuk bisa berkomunikasi dengan warga dunia, yang memiliki latar budaya yang berbeda.

Selain itu, apabila menguasai bahasa Inggris dengan baik, peserta didik juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berinteraksi dengan dunia baik dalam bentuk lisan dan tulisan. Melalui interaksi tersebut, peserta didik akan memperoleh ilmu pengetahuan, bisa mempelajari berbagai macam keterampilan dan mempelajari perilaku manusia yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di tengah perkembangan teknologi dan budaya yang beragam.

Pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah dalam kurikulum nasional, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tentang diri sendiri, hubungan sosial, budaya, dan kesempatan kerja yang akan mereka dapatkan secara global. Dengan mempelajari bahasa Inggris, peserta didik akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan akses ke dunia luar dan belajar memahami cara berpikir mereka yang berbeda.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 IPAS
IPAS merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati yang ada di alam semesta

Selain itu, pemahaman peserta didik mengetahui sosial-budaya dan interkultural ini akan semakin berkembang dan melatih kemampuannya dalam berpikir kritis. Dengan memahami budaya lain dan interaksinya dengan budaya Indonesia, pemahaman peserta didik mengenai budaya Indonesia akan semakin berkembang. Tidak hanya itu saja, peserta didik juga akan semakin mengenai identitas dirinya dan belajar menghargai adanya perbedaan budaya.

Dalam penerapannya, pembelajaran Bahasa Inggris lebih berfokus pada kemampuan penggunaan bahasa Inggris dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu kemampuan dalam menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis dan mempresentasikan secara terpadu yang akan dimuat ke dalam berbagai jenis teks.

Capaian Pembelajaran yang dimuat ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris ini ada enam, yaitu mengacu pada Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dan setara level B1. Dalam penerapannya, Level B1 (CEFR) ini mencerminkan spesifikasi yang dapat dilihat dari kemampuan peserta didik yang berguna untuk:

  • menjaga interaksi dan mampu menyampaikan apa yang diketahui dan diinginkan yang dimuat ke dalam berbagai konteks dengan artikulasi yang jelas;
  • menyampaikan pokok pikiran utama secara komprehensif; dan
  • mempertahankan jalinan komunikasi walau masih terdapat jeda.

Pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, diharapkan pembelajaran Bahasa Inggris ini dapat membantu peserta didik untuk memiliki kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bagian dari life skills yang harus mereka miliki. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris ini, yaitu pendekatan berbasis teks (genre-based approach) yaitu kegiatan pembelajaran yang lebih berfokus pada teks, yang akan dimuat ke dalam berbagai bentuk moda, seperti lisan, tulisan, visual, audio, maupun multimodal.

Berikut adalah 4 tahapan yang terdapat di dalam pendekatan berbasis teks tersebut.

1. Building Knowledge of the Field (BKOF)

Pada tahap ini, guru akan membangun ilmu pengetahuan peserta didik terhadap topik pembelajaran yang akan ditulis atau dibicarakan. Selain itu, guru juga akan membangun konteks pembelajaran berbasis budaya dari teks yang akan diajarkan.

2. Modelling of the Text (MOT)

Selanjutnya, guru akan menggunakan model atau contoh teks pembelajaran yang akan menjadi acuan bagi peserta didik untuk menghasilkan sebuah karya, baik yang akan dimuat ke dalam tulisan maupun lisan.

3. Joint Construction of the Text (JCOT)

Dalam proses pembuatan karya tersebut guru akan membimbing peserta didik.

4. Independent Construction of the Text (ICOT)

Tahap terakhir, yaitu peserta didik akan menghasilkan sebuah karya yang akan dimuat ke dalam teks lisan dan tulisan yang dibuat secara mandiri.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 Bahasa Indonesia
Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa kategori pembelajaran, seperti menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara dan mempresentasikan

Dalam penerapannya, pembelajaran bahasa Inggris dapat membantu peserta didik untuk menjadi pembelajaran sepanjang hayat yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Melalui pembelajaran Bahasa Inggris ini, peserta didik memiliki peluang untuk mencapai profil pelajar Pancasila dengan mempelajari materi pembelajaran berbentuk teks tertulisa, visual, teks oral, maupun melalui aktivitas kegiatan pembelajaran yang dikembangkan dalam proses kegiatan belajar.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 Bahasa Inggris

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas namun masih dapat diprediksi (rutin) menggunakan kalimat dengan pola tertentu. Mereka mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar, seperti menyampaikan perasaan, menyampaikan kebutuhan, dan meminta pertolongan. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual, serta menggunakan kosa kata sederhana. Mereka mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.

Tujuan Pembelajaran

-       Peserta didik mampu mengidentifikasi pertanyaan sederhana dalam Bahasa Inggris ketika berkegiatan sehari-hari di kelas

-       Peserta didik memahami kalimat sederhana Bahasa Inggris sehingga mampu menjawab pertanyaan sederhana sebagai sebuah respon

-       Peserta didik mampu mengikuti instruksi sederhana yang diberikan secara verbal oleh guru

Perkiraan Jumlah Jam

26 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : instruksi

-    Topik Inti : Memahami pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dan kalimat sederhana bahasa Inggris, serta merespon percakapan sehari-hari atas instruksi sederhana dalam bahasa Inggris

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik belajar untuk terbiasa dengan bahasa Inggris, seperti mendengar dan menyampaikan kalimat sederhana bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis, Mandiri

Glosarium

Instruksi : arahan atau perintah untuk melakukan sesuatu

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi. Mereka membaca dan memberikan respons terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif.

Tujuan Pembelajaran

-       Peserta didik menyampaikan secara lisan istilah sederhana yang merupakan aktivitas sehari hari

-       Peserta didik mengungkapkan perasaannya dengan kalimat sederhana

Perkiraan Jumlah Jam

24 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : menyampaikan pesan, mengungkapkan perasaan

-    Topik Inti : Menyampaikan pesan untuk mengekspresikan perasaannya

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik belajar menggunakan bahasa Inggris dalam mencertiakan kegiatan sehari-hari.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis, Mandiri, Kreatif

Glosarium

-

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan. Dengan bantuan guru, mereka

menghasilkan teks deskripsi dan prosedur sederhana menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar. Mereka menulis kosakata sederhana yang berkaitan

dengan lingkungan kelas dan rumah dalam Bahasa Inggris menggunakan ejaan yang diciptakan sendiri oleh anak.

Tujuan Pembelajaran

-       Peserta didik mampu menulis kalimat sederhana dalam konteks aktivitas sehari-hari

Perkiraan Jumlah Jam

14 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : kalimat sederhana

-    Topik Inti : Menyampaikan pesan sederhana dalam konteks percakapan

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik belajar menggunakan bahasa Inggris guna menyampaikan pesan yang berkaitan dengan aktivitasnya sehari-hari.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis, Mandiri, Kreatif

Glosarium

-

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.