ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 Bahasa Indonesia

Sumber Materi 18 Apr 2024

Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

sumber: https://www.pexels.com/

Bahasa Indonesia adalah pembelajaran yang mengajarkan siswa mengenai kemampuan dalam berbahasa, bersastra dan berpikir yang merupakan dasar dari kemampuan literasi. Dalam kehidupan sehari-hari, peran kemampuan literasi sangat terikat dengan dunia kerja dan proses kegiatan belajar. Selain itu, kemampuan literasi dapat membantu seseorang dalam berkomunikasi.

Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa kegiatan pembelajaran, seperti pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan sesuatu yang berkaitan dengan proses kegiatan belajar dan bidang kehidupan.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 IPAS
pembelajaran IPAS dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan rasa ingin tahu terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungannya

Adapun model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pedagogi genre. Model pembelajaran ini memiliki empat tahap, yaitu penjelasan untuk membangun konteks, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian.

Pembelajaran bahasa Indonesia juga dapat dikembangkan dengan model pembelajaran lainnya, asalkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran. Adapun pembinaan dan pengembangan yang harus dipenuhi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dapat membentuk pribadi Pancasila yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, mandiri, kreatif, berpikir kritis, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Matematika
Dengan mempelajari Matematika, peserta didik dapat melatih kemampuannya dalam berpikir logis, kritis, kreatif, sistematis dan analitis

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B

Elemen Menyimak

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Elemen Membaca-Memirsa

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Elemen Berbicara-Mempresentasikan

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B

Kelas

Tujuan Pembelajaran

Kelas 3 : Pemahaman terhadap Topik Pembahasan, Ide Pokok, dan Informasi dalam Pembicaraan

3.1  Peserta didik memahami instruksi lisan di dalam topik-topik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari.

3.2  Peserta didik memahami berbagai pernyataan dasar lisan yang meminta informasi pribadi.

3.3  Peserta didik memahami berbagai pertanyaan dasar lisan tentang suatu topik pembahasan.

3.4  Peserta didik memahami ide pokok/gagasan dari pembicaraan atau dialog singkat pada suatu topik pembahasan.

3.5  Peserta didik memahami informasi spesifik dan detail pada dialog tentang berbagai topik pembahasan.

3.6  Peserta didik mengenali pendapat pembicara dalam pembicaraan atau dialog pada suatu topik pembahasan.

Kelas 3 : Jenis-jenis Teks dan Pemahaman terhadap Informasi di Dalamnya

3.7  Peserta didik mengidentifikasi kata-kata berima.

3.8  Peserta didik mengenali dan mengidentifikasi jenis-jenis teks.

3.9  Peserta didik mengenal elemen-elemen buku fiksi dan non-fiksi.

3.10          Peserta didik membaca berbagai teks fiksi pendek sederhana dan teks non-fiksi dengan percaya diri dan dengan intonasi yang tepat berdasarkan pemahamannya terhadap fungsi tanda baca.

3.11          Peserta didik memahami ide pokok dan ide pendukung teks dengan menggunakan petunjuk kontekstual.

3.12          Peserta didik memahami berbagai informasi dan detail spesifik dari teks sederhana.

3.13          Peserta didik mengenali perbedaan antara fakta dan opini secara singkat pada teks sederhana.

3.14          Peserta didik mengenali sikap atau pendapat penulis dalam teks pendek.

3.15          Peserta didik mengkategorikan buku, lembar kerja dan hasil cetakan lainnya di perpustakaan kelas atau sekolah menurut klasfikasinya.

Kelas 3 : Puisi dan Maknanya

 

3.16          Peserta didik menemukan makna kata kiasan dalam puisi sederhana.

3.17          Peserta didik membaca puisi dengan penghayatan dan kesenangan.

Kelas 3: Pemahaman terhadap Suatu Informasi dan Kata Penghubung dalam Kalimat

3.18          Peserta didik memberikan informasi dasar tentang diri mereka dalam bentuk kalimat.

3.19          Peserta didik mengajukan pertanyaan untuk mengetahui informasi umum.

3.20          Peserta didik memberikan pendapat dalam bentuk kalimat pada suatu topik pembahasan.

3.21          Peserta didik menggunakan kosakata dasar untuk menyampaikan informasi.

3.22          Peserta didik menggunakan kata penghubung dalam suatu kalimat.

3.23          Peserta didik mengkomunikasikan dengan jelas frasa dan kalimat sederhana selama kegiatan berpasangan, berkelompok dan seluruh kelas.

3.24          Peserta didik melakukan interaksi singkat, pertukaran informasi dasar pada berbagai topik pembahasan.

3.25          Peserta didik menghubungkan cerita dan peristiwa sehari-hari.

Kelas 3 : Cara Menulis yang Baik dan Tepat dalam Kalimat, dan Penggunaan Tanda Baca

 

3.26          Peserta didik merencanakan, menulis, dan memeriksa kalimat dalam jumlah yang terbatas.

3.27          Peserta didik menulis kalimat-kalimat pendek untuk menggambarkan orang, tempat, dan benda.

3.28          Peserta didik menggunakan tulisan tangan bersambung dalam berbagai karya tulis yang berkembang.

3.29          Peserta didik menggunakan huruf besar dan kecil secara akurat saat menulis nama, tempat, dan kalimat pendek saat menulis mandiri.

3.30          Peserta didik menggunakan titik, koma, tanda tanya, dan tanda bicara di tingkat kalimat akurat saat menulis secara mandiri.

Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3

3.1.1 Pemahaman terhadap Topik Pembahasan

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik memahami instruksi lisan di dalam topik-topik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari.

2.    Peserta didik memahami berbagai pertanyaan dasar lisan yang meminta informasi pribadi.

3.    Peserta didik memahami berbagai pertanyaan dasar lisan tentang suatu topik pembahasan.

Jumlah Jam Pelajaran

8 JP

Kata Kunci

-   Pemahaman instruksi lisan yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari

-   Memahami arti dari setiap instruksi yang ada di tempat-tempat umum

-   Penyampaian sebuah cerita secara lisan dalam sebuah narasi pendek sederhana

Penjelasan Singkat

Guru bisa bertindak sebagai pemberi pengumuman, siswa mengikuti instruksi yang diberikan, siswa menjelaskan kembali informasi yang disimak serinci mungkin. Misalnya pengumuman di sekolah, bandara, dan tempattempat umum lainnya. Guru bisa mengajak siswa berdiskusi tentang kosakata yang biasa digunakan dalam pengumuman, misalnya "perhatian". Guru bisa mencari pengumuman sebenarnya secara faktual untuk diperdengarkan dari hasil Googling.

Guru melakukan simulasi menjadi petugas/panitia dan peserta kegiatan, serta berlatih menjawab pertanyaan dengan tepat.

Guru memberi kesempatan kepada siswa mendengarkan sebuah wawancara dari podcast anak dan menentukan jawaban dan pertanyaan orang-orang di dalam podcast. Siswa dapat mencatat kata tanya yang digunakan sebanyak mungkin pada pertanyaan-pertanyaan yang didengarnya

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

3.2.1 Pemahaman terhadap Ide Pokok/Gagasan Utama

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik memahami ide pokok/gagasan utama dari pembicaraan atau dialog singkat pada suatu topik pembahasan.

2.      Peserta didik memahami informasi spesifik dan detail pada dialog tentang berbagai topik yang sedang dibahas.

3.      Peserta didik mengenali pendapat pembicara dalam pembicaraan atau dialog pada berbagai topik pembahasan.

Jumlah Jam Pelajaran

8 JP

Kata Kunci

-       Penyampaian ide atau gagasan sederhana secara lisan

-       Penyampaian informasi yang diberikan secara detail

-       Peyampaian pendapat dalam dialog atau pembicaraan mengenai suatu topik pembelajaran

Penjelasan Singkat

Siswa menyimak cerita lisan yang disampaikan dengan pembacaaan cerita berisi pembicaraan atau dialog secara nyaring Siswa diperdengarkan sebuah pembacaan cerita untuk memahami ide pokok atau gagasan utama dari pembicaraan atau dialog dengan topik-topik kontekstual dan menjawab pertanyaan terkait gagasan utama dalam cerita fantasi dengan tepat.

Siswa diperdengarkan dan menjawab pertanyaan tentang informasi/gagasan perinci pad sebuah pembacaan cerita untuk menemukan informasi spesifik dan detail ide pokok atau gagasan utama dari pembicaraan dialog tersebut.

Siswa mendengarkan sebuah wawancara dari podcast anak dan menentukan jawaban dan pertanyaan orang-orang di dalam podcast. Siswa dapat mengamati mencatat kosakata yang digunakan pembicara dalam mengemukakan pendapatnya

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

3.3.1 Mengenal Jenis-jenis Teks

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik mengenali dan mengidentifikasi jenis-jenis teks

2.    Peserta didik mengenal elemen-elemen buku fiksi dan non-fiksi

3.    Peserta didik membaca berbagai teks fiksi pendek sederhana dan teks non-fiksi dengan percaya diri dan dengan intonasi yang tepat berdasarkan pemahamannya terhadap fungsi dan tanda baca

4.    Peserta didik memahami ide pokok dan ide pendukung teks dengan menggunakan petunjuk kontekstual.

Jumlah Jam Pelajaran

10 JP

Kata Kunci

-       Pemahaman jenis-jenis teks dan elemen-elemen yang dimiliki pada teks tersebut

-       Pemahaman ide pokok dalam suatu teks

Penjelasan Singkat

Guru memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk membawa buku fiksi dan membacanya bersama di dalam kelas. Pada kesempatan ini, siswa akan diajarkan untuk memahami isi teks. Guru bisa memanfaatkan buku-buku yang terdapat di dalam perpustakaan sebagai bahan ajar.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

3.4.1 Memahami Jenis-jenis Teks dan Informasi di Dalamnya

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik memahami berbagai informasi dan detail spesifik dari teks sederhana dengan bantuan guru.

2.    Peserta didik mengenali perbedaan antara fakta dan opini secara singkat pada teks sederhana.

3.    Peserta didik mengenali sikap atau pendapat penulis dalam teks pendek tentang berbagai topik.

4.    Peserta didik mengkategorikan buku, lembar kerja dan hasil cetakan lainnya di perpustakaan atau sekolah menurut klasifikasinya.

Jumlah Jam Pelajaran

12 JP

Kata Kunci

-       Pemahaman terhadap informasi yang ada di dalam teks sederhana

-       Pemahaman perbedaan fakta dan opini yang ada di dalam teks sederhana

-       Mengenali klasifikasi buku, lembar kerja dan jenis buku lainnya yang ada di perpustakaan

Penjelasan Singkat

Guru mengajak siswa untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah dan meminta siswa untuk memilih buku bacaan yang akan mereka baca dan pahami selama kegiatan pembelajaran.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

Fakta : segala hal yang bisa ditangkap oleh indra manusia berupa data dari keadaan nyata yang telah terbukti kebenarannya.

Opini : sebuah gagasan atau pikiran untuk menerangkan preferensi atau kecenderungan tertentu terhadap ideologi dan perspektif yang memiliki sifat tidak objektif.

3.5.1 Memahami Puisi dan Maknanya

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik menemukan makna kata kiasan dalam puisi sederhana

2.      Peserta didik membaca puisi dengan penghayatan dan kesenangan

Jumlah Jam Pelajaran

10 JP

Kata Kunci

Pembacaan puisi dan memahami makna yang terdapat di dalam puisi

Penjelasan Singkat

Guru memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk melihat bagaimana cara membaca puisi melalui infokus di kelas. Guru akan memberikan beberapa puisi yang akan dibaca siswa di depan kelas.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

Puisi : salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya ditentukan oleh irama, rima dan penyusunan larik dan bait.

3.6.1 Pemahaman terhadap Suatu Informasi dan Kata Penghubung dalam Kalimat

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik memberikan informasi dasar tentang diri siswa ke dalam sebuah kalimat.

2.    Peserta didik mengajukan pertanyaan untuk mengetahui informasi umum.

3.    Peserta didik memberikan pendapat ke dalam bentuk kalimat.

4.    Peserta didik menggunakan kosakata dasar untuk menyampaikan informasi.

5.    Peserta didik menggunakan kata penghubung dalam suatu kalimat.

Jumlah Jam Pelajaran

10 JP

Kata Kunci

-       Pemahaman terhadap identitas diri dan pemikiran siswa

-       Penyampaian pendapat dan pertanyaan terhadap suatu topik pembahasan

Penjelasan Singkat

Guru memberi sesi tanya jawab mengenai suatu topik pembahasan kemudian membahasnya secara bersama-sama di dalam kelas. Guru menyiapkan media ajar yang menarik untuk membahas suatu topik pembahasan yang akan memancing reaksi siswa untuk menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

3.7.1 Pemahaman terhadap Suatu Kalimat

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mengkomunikasikan dengan jelas frasa dan kalimat sederhana selama kegiatan berpasangan, berkelompok dan seluruh kelas.

2.      Peserta didik melakukan interaksi singkat, pertukaran informasi dasar.

3.      Peserta didik menghubungkan cerita dan peristiwa sehari-hari.

Jumlah Jam Pelajaran

10 JP

Kata Kunci

-       Pemahaman terhadap frasa dan kalimat sederhana

-       Pemahaman terhadap cerita dan peristiwa yang dialami

Penjelasan Singkat

Guru memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk menceritakan apa yang terjadi di dalam satu pekan dan peristiwa yang paling diingat dan begitu bermakna. Siswa dapat menceritakan peristiwa tersebut ke dalam kartu catatan atau selembar kertas.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

3.8.1 Cara Menulis yang Baik dan Tepat dalam Kalimat, dan Penggunaan Tanda Baca

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik merencanakan, menulis, dan memeriksa kalimat dalam jumlah terbatas.

2.    Peserta didik menulis kalimat-kalimat pendek untuk menggambarkan orang, tempat dan benda.

3.    Peserta didik menggunakan tulisan tangan bersambung dalam berbagai karya tulis yang berkembang.

4.    Peserta didik menggunakan huruf besar dan kecil secara akurat saat menulis nama, tempat, dan kalimat pendek saat menulis mandiri.

5.    Peserta didik menggunakan titik, koma, tanda tanya dan tanda baca di tingkat kalimat akurat saat menulis secara mandiri.

Jumlah Jam Pelajaran

16 JP

Kata Kunci

-       Menulis kalimat-kalimat pendek dengan memperhatikan penggunaan huruf dan tanda baca yang tepat

-       Pemahaman terhadap deskripsi seseorang, tempat, dan suatu benda dan menuliskannya ke dalam suatu kalimat pendek

Penjelasan Singkat

Guru melatih kemampuan menulis siswa melalui kelas bercerita dan menyimak buku bacaan yang sedang dibaca. Pada kesempatan ini guru dapat menggunakan beberapa buku referensi bacaan untuk melatih kemampuan siswa dalam menyimak informasi dan menulis apa yang mereka dapatkan dari bacaan tersebut dengan memperhatikan bagaimana cara mereka menulis.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.