ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 Bahasa Indonesia
Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah pembelajaran yang mengajarkan siswa mengenai kemampuan dalam berbahasa, bersastra dan berpikir yang merupakan dasar dari kemampuan literasi. Dalam kehidupan sehari-hari, peran kemampuan literasi sangat terikat dengan dunia kerja dan proses kegiatan belajar. Selain itu, kemampuan literasi dapat membantu seseorang dalam berkomunikasi.
Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa kegiatan pembelajaran, seperti pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan sesuatu yang berkaitan dengan proses kegiatan belajar dan bidang kehidupan.
Adapun model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pedagogi genre. Model pembelajaran ini memiliki empat tahap, yaitu penjelasan untuk membangun konteks, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian.
Pembelajaran bahasa Indonesia juga dapat dikembangkan dengan model pembelajaran lainnya, asalkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran. Adapun pembinaan dan pengembangan yang harus dipenuhi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dapat membentuk pribadi Pancasila yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, mandiri, kreatif, berpikir kritis, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B
Elemen Menyimak |
Peserta didik mampu memahami ide pokok
(gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks
yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan
tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi
yang dibacakan atau dari media audio. |
Elemen
Membaca-Memirsa |
Peserta didik mampu memahami pesan dan
informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam
bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru
dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta
didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada
teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca
atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Elemen
Berbicara-Mempresentasikan |
Peserta didik mampu berbicara dengan
pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan
intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi
pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan
diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu
percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu
menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks
narasi dengan topik yang beraneka ragam. |
Elemen
Menulis |
Peserta didik mampu menulis teks narasi,
teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan
rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik
yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. |
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B
Kelas |
Tujuan
Pembelajaran |
Kelas
3 : Pemahaman terhadap Topik Pembahasan, Ide Pokok, dan Informasi dalam
Pembicaraan |
3.1 Peserta
didik memahami instruksi lisan di dalam topik-topik yang berkaitan dengan
kegiatan sehari-hari. |
3.2 Peserta
didik memahami berbagai pernyataan dasar lisan yang meminta informasi
pribadi. |
|
3.3 Peserta
didik memahami berbagai pertanyaan dasar lisan tentang suatu topik pembahasan. |
|
3.4 Peserta
didik memahami ide pokok/gagasan dari pembicaraan atau dialog singkat pada
suatu topik pembahasan. |
|
3.5 Peserta
didik memahami informasi spesifik dan detail pada dialog tentang berbagai
topik pembahasan. |
|
3.6 Peserta
didik mengenali pendapat pembicara dalam pembicaraan atau dialog pada suatu
topik pembahasan. |
|
Kelas
3 : Jenis-jenis Teks dan Pemahaman terhadap Informasi di Dalamnya |
3.7 Peserta
didik mengidentifikasi kata-kata berima. |
3.8 Peserta
didik mengenali dan mengidentifikasi jenis-jenis teks. |
|
3.9 Peserta
didik mengenal elemen-elemen buku fiksi dan non-fiksi. |
|
3.10
Peserta didik membaca berbagai teks
fiksi pendek sederhana dan teks non-fiksi dengan percaya diri dan dengan
intonasi yang tepat berdasarkan pemahamannya terhadap fungsi tanda baca. |
|
3.11
Peserta didik memahami ide pokok
dan ide pendukung teks dengan menggunakan petunjuk kontekstual. |
|
3.12
Peserta didik memahami berbagai
informasi dan detail spesifik dari teks sederhana. |
|
3.13
Peserta didik mengenali perbedaan
antara fakta dan opini secara singkat pada teks sederhana. |
|
3.14
Peserta didik mengenali sikap atau
pendapat penulis dalam teks pendek. |
|
3.15
Peserta didik mengkategorikan buku,
lembar kerja dan hasil cetakan lainnya di perpustakaan kelas atau sekolah
menurut klasfikasinya. |
|
Kelas
3 : Puisi dan Maknanya |
3.16
Peserta didik menemukan makna kata
kiasan dalam puisi sederhana. |
3.17
Peserta didik membaca puisi dengan
penghayatan dan kesenangan. |
|
Kelas
3: Pemahaman terhadap Suatu Informasi dan Kata Penghubung dalam Kalimat |
3.18
Peserta didik memberikan informasi
dasar tentang diri mereka dalam bentuk kalimat. |
3.19
Peserta didik mengajukan pertanyaan
untuk mengetahui informasi umum. |
|
3.20
Peserta didik memberikan pendapat
dalam bentuk kalimat pada suatu topik pembahasan. |
|
3.21
Peserta didik menggunakan kosakata
dasar untuk menyampaikan informasi. |
|
3.22
Peserta didik menggunakan kata
penghubung dalam suatu kalimat. |
|
3.23
Peserta didik mengkomunikasikan
dengan jelas frasa dan kalimat sederhana selama kegiatan berpasangan,
berkelompok dan seluruh kelas. |
|
3.24
Peserta didik melakukan interaksi
singkat, pertukaran informasi dasar pada berbagai topik pembahasan. |
|
3.25
Peserta didik menghubungkan cerita
dan peristiwa sehari-hari. |
|
Kelas
3 : Cara Menulis yang Baik dan Tepat dalam Kalimat, dan Penggunaan Tanda Baca |
3.26
Peserta didik merencanakan,
menulis, dan memeriksa kalimat dalam jumlah yang terbatas. |
3.27
Peserta didik menulis
kalimat-kalimat pendek untuk menggambarkan orang, tempat, dan benda. |
|
3.28
Peserta didik menggunakan tulisan
tangan bersambung dalam berbagai karya tulis yang berkembang. |
|
3.29
Peserta didik menggunakan huruf
besar dan kecil secara akurat saat menulis nama, tempat, dan kalimat pendek
saat menulis mandiri. |
|
3.30
Peserta didik menggunakan titik,
koma, tanda tanya, dan tanda bicara di tingkat kalimat akurat saat menulis
secara mandiri. |
Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3
3.1.1 Pemahaman terhadap Topik Pembahasan
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik memahami instruksi lisan di dalam topik-topik yang berkaitan dengan
kegiatan sehari-hari. 2. Peserta
didik memahami berbagai pertanyaan dasar lisan yang meminta informasi
pribadi. 3. Peserta
didik memahami berbagai pertanyaan dasar lisan tentang suatu topik
pembahasan. |
Jumlah Jam Pelajaran |
8 JP |
Kata Kunci |
- Pemahaman
instruksi lisan yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari - Memahami
arti dari setiap instruksi yang ada di tempat-tempat umum - Penyampaian
sebuah cerita secara lisan dalam sebuah narasi pendek sederhana |
Penjelasan Singkat |
Guru bisa bertindak sebagai pemberi
pengumuman, siswa mengikuti instruksi yang diberikan, siswa menjelaskan
kembali informasi yang disimak serinci mungkin. Misalnya pengumuman di
sekolah, bandara, dan tempattempat umum lainnya. Guru bisa mengajak siswa
berdiskusi tentang kosakata yang biasa digunakan dalam pengumuman, misalnya
"perhatian". Guru bisa mencari pengumuman sebenarnya secara faktual
untuk diperdengarkan dari hasil Googling. Guru melakukan simulasi menjadi
petugas/panitia dan peserta kegiatan, serta berlatih menjawab pertanyaan
dengan tepat. Guru memberi kesempatan kepada siswa
mendengarkan sebuah wawancara dari podcast anak dan menentukan jawaban dan
pertanyaan orang-orang di dalam podcast. Siswa dapat mencatat kata tanya yang
digunakan sebanyak mungkin pada pertanyaan-pertanyaan yang didengarnya |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
3.2.1 Pemahaman terhadap Ide Pokok/Gagasan Utama
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik memahami ide pokok/gagasan utama dari pembicaraan atau dialog singkat
pada suatu topik pembahasan. 2. Peserta
didik memahami informasi spesifik dan detail pada dialog tentang berbagai
topik yang sedang dibahas. 3. Peserta
didik mengenali pendapat pembicara dalam pembicaraan atau dialog pada
berbagai topik pembahasan. |
Jumlah Jam Pelajaran |
8 JP |
Kata Kunci |
-
Penyampaian ide atau gagasan
sederhana secara lisan -
Penyampaian informasi yang diberikan
secara detail -
Peyampaian pendapat dalam dialog
atau pembicaraan mengenai suatu topik pembelajaran |
Penjelasan Singkat |
Siswa menyimak cerita lisan yang
disampaikan dengan pembacaaan cerita berisi pembicaraan atau dialog secara
nyaring Siswa diperdengarkan sebuah pembacaan cerita untuk memahami ide pokok
atau gagasan utama dari pembicaraan atau dialog dengan topik-topik
kontekstual dan menjawab pertanyaan terkait gagasan utama dalam cerita
fantasi dengan tepat. Siswa diperdengarkan dan menjawab
pertanyaan tentang informasi/gagasan perinci pad sebuah pembacaan cerita
untuk menemukan informasi spesifik dan detail ide pokok atau gagasan utama
dari pembicaraan dialog tersebut. Siswa mendengarkan sebuah wawancara dari
podcast anak dan menentukan jawaban dan pertanyaan orang-orang di dalam
podcast. Siswa dapat mengamati mencatat kosakata yang digunakan pembicara
dalam mengemukakan pendapatnya |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
3.3.1 Mengenal Jenis-jenis Teks
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mengenali dan mengidentifikasi jenis-jenis teks 2. Peserta
didik mengenal elemen-elemen buku fiksi dan non-fiksi 3. Peserta
didik membaca berbagai teks fiksi pendek sederhana dan teks non-fiksi dengan
percaya diri dan dengan intonasi yang tepat berdasarkan pemahamannya terhadap
fungsi dan tanda baca 4. Peserta
didik memahami ide pokok dan ide pendukung teks dengan menggunakan petunjuk
kontekstual. |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
-
Pemahaman jenis-jenis teks dan
elemen-elemen yang dimiliki pada teks tersebut -
Pemahaman ide pokok dalam suatu
teks |
Penjelasan Singkat |
Guru memberi kesempatan kepada setiap
siswa untuk membawa buku fiksi dan membacanya bersama di dalam kelas. Pada
kesempatan ini, siswa akan diajarkan untuk memahami isi teks. Guru bisa
memanfaatkan buku-buku yang terdapat di dalam perpustakaan sebagai bahan
ajar. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
3.4.1 Memahami Jenis-jenis Teks dan Informasi di Dalamnya
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik memahami berbagai informasi dan detail spesifik dari teks sederhana
dengan bantuan guru. 2. Peserta
didik mengenali perbedaan antara fakta dan opini secara singkat pada teks
sederhana. 3. Peserta
didik mengenali sikap atau pendapat penulis dalam teks pendek tentang
berbagai topik. 4. Peserta
didik mengkategorikan buku, lembar kerja dan hasil cetakan lainnya di
perpustakaan atau sekolah menurut klasifikasinya. |
Jumlah Jam Pelajaran |
12 JP |
Kata Kunci |
-
Pemahaman terhadap informasi yang
ada di dalam teks sederhana -
Pemahaman perbedaan fakta dan opini
yang ada di dalam teks sederhana -
Mengenali klasifikasi buku, lembar
kerja dan jenis buku lainnya yang ada di perpustakaan |
Penjelasan Singkat |
Guru mengajak siswa untuk berkunjung ke
perpustakaan sekolah dan meminta siswa untuk memilih buku bacaan yang akan
mereka baca dan pahami selama kegiatan pembelajaran. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
Fakta :
segala hal yang bisa ditangkap oleh indra manusia berupa data dari keadaan
nyata yang telah terbukti kebenarannya. Opini :
sebuah gagasan atau pikiran untuk menerangkan preferensi atau kecenderungan
tertentu terhadap ideologi dan perspektif yang memiliki sifat tidak objektif. |
3.5.1 Memahami Puisi dan Maknanya
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1.
Peserta didik menemukan makna kata
kiasan dalam puisi sederhana 2.
Peserta didik membaca puisi dengan
penghayatan dan kesenangan |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
Pembacaan puisi dan memahami makna yang
terdapat di dalam puisi |
Penjelasan Singkat |
Guru memberi kesempatan kepada setiap
siswa untuk melihat bagaimana cara membaca puisi melalui infokus di kelas.
Guru akan memberikan beberapa puisi yang akan dibaca siswa di depan kelas. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
Puisi :
salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya ditentukan oleh irama, rima
dan penyusunan larik dan bait. |
3.6.1 Pemahaman terhadap Suatu Informasi dan Kata Penghubung dalam Kalimat
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik memberikan informasi dasar tentang diri siswa ke dalam sebuah kalimat. 2. Peserta
didik mengajukan pertanyaan untuk mengetahui informasi umum. 3. Peserta
didik memberikan pendapat ke dalam bentuk kalimat. 4. Peserta
didik menggunakan kosakata dasar untuk menyampaikan informasi. 5. Peserta
didik menggunakan kata penghubung dalam suatu kalimat. |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
-
Pemahaman terhadap identitas diri
dan pemikiran siswa -
Penyampaian pendapat dan pertanyaan
terhadap suatu topik pembahasan |
Penjelasan Singkat |
Guru memberi sesi tanya jawab mengenai
suatu topik pembahasan kemudian membahasnya secara bersama-sama di dalam
kelas. Guru menyiapkan media ajar yang menarik untuk membahas suatu topik
pembahasan yang akan memancing reaksi siswa untuk menanyakan beberapa hal
yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
3.7.1 Pemahaman terhadap Suatu Kalimat
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik mengkomunikasikan dengan jelas frasa dan kalimat sederhana selama
kegiatan berpasangan, berkelompok dan seluruh kelas. 2. Peserta
didik melakukan interaksi singkat, pertukaran informasi dasar. 3. Peserta
didik menghubungkan cerita dan peristiwa sehari-hari. |
Jumlah Jam Pelajaran |
10 JP |
Kata Kunci |
-
Pemahaman terhadap frasa dan
kalimat sederhana -
Pemahaman terhadap cerita dan
peristiwa yang dialami |
Penjelasan Singkat |
Guru memberi kesempatan kepada setiap
siswa untuk menceritakan apa yang terjadi di dalam satu pekan dan peristiwa
yang paling diingat dan begitu bermakna. Siswa dapat menceritakan peristiwa
tersebut ke dalam kartu catatan atau selembar kertas. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |
3.8.1 Cara Menulis yang Baik dan Tepat dalam Kalimat, dan Penggunaan Tanda Baca
Alur/Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta
didik merencanakan, menulis, dan memeriksa kalimat dalam jumlah terbatas. 2. Peserta
didik menulis kalimat-kalimat pendek untuk menggambarkan orang, tempat dan
benda. 3. Peserta
didik menggunakan tulisan tangan bersambung dalam berbagai karya tulis yang
berkembang. 4. Peserta
didik menggunakan huruf besar dan kecil secara akurat saat menulis nama,
tempat, dan kalimat pendek saat menulis mandiri. 5. Peserta
didik menggunakan titik, koma, tanda tanya dan tanda baca di tingkat kalimat
akurat saat menulis secara mandiri. |
Jumlah Jam Pelajaran |
16 JP |
Kata Kunci |
-
Menulis kalimat-kalimat pendek
dengan memperhatikan penggunaan huruf dan tanda baca yang tepat -
Pemahaman terhadap deskripsi
seseorang, tempat, dan suatu benda dan menuliskannya ke dalam suatu kalimat
pendek |
Penjelasan Singkat |
Guru melatih kemampuan menulis siswa
melalui kelas bercerita dan menyimak buku bacaan yang sedang dibaca. Pada kesempatan
ini guru dapat menggunakan beberapa buku referensi bacaan untuk melatih
kemampuan siswa dalam menyimak informasi dan menulis apa yang mereka dapatkan
dari bacaan tersebut dengan memperhatikan bagaimana cara mereka menulis. |
Profil Peserta Didik Pancasila |
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia -
Berkebhinekaan global -
Bergotong royong -
Mandiri -
Bernalar kritis -
Kreatif |
Glosarium |
- |