ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 Bahasa Indonesia

Rasional :

Kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir adalah fondasi dasar dari kemampuan literasi. Kemampuan literasi digunakan oleh semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial yang ada di lingkungan sekitar. Bisa dikatakan bahwa kemampuan literasi ini sangat penting untuk digunakan dan dipelajari oleh setiap siswa, baik untuk proses kegiatan belajar mereka di kelas maupun untuk masa depannya kelak.

Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa kategori pembelajaran, seperti menyimak, membaca dan memirsa, menulis, serta berbicara dan mempresentasikan suatu informasi yang berkaitan dengan penggunaan bahasa yang digunakan dalam bidang kehidupan.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 Matematika
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara berpikir logis yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk bertahan hidup dan berkembang sesuai perkembangan teknologi.

Untuk meningkatkan kemampuan literasi, siswa dapat mempelajari bahasa Indonesia di sekolah. Model pembelajaran utama yang diguanakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia ini adalah pedagogi genre. Model pembelajaran ini memiliki 4 tahap, yaitu penjelasan untuk membangun konteks, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian.

Selain model pedagogi genre ini, guru juga dapat menggunakan model pembelajaran lainnya yang sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu. Dalam membina dan mengembangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia ini, guru dapat membentuk karakter siswa sesuai dengan pribadi Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalah bahasa yang dominan digunakan dalam bidang pendidikan, bisnis, ilmu pengetahuan, hukum, perdagangan, pariwisata, hubungan internasional, kesehatan, dan teknologi

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan / atau didengar), instruksi lisan dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi

Tujuan Pembelajaran

 

-       Peserta didik menyimak cerita Fiksi yang dibacakan oleh guru atau media belajar seperti speaker dengan merespon setiap pertanyaan yang ajukan

-       Peserta didik menyimak instruksi lisan yang didengar (contohnya : Pengumuman sekolah, pengumuman dari Masjid,  Pengumuman dari Whatshap Group)

-       Peserta didik menyimak puisi anak yang dibacakan guru

Perkiraan Jumlah Jam

5 JP

Kata Kunci, Topi Inti, Penjelasan Singkat

 

-       Kata Kunci : instruksi lisan, cerita fiksi, puisi

-       Topik Inti : Memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks, instruksi lisan, dan percakapan.

-       Penjelasan Singkat : Peserta didik belajar untuk menyimak informasi dari buku teks bacaan dan percakapan yang dilakukan oleh orang lain.

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri

Glosarium

Instruksi : perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas)

Cerita fiksi : cerita yang dibuat oleh pengarang berdasarkan khayalan atau dunia rekaan pengarang, bukan kenyataan.

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca dan dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memamahi informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Tujuan Pembelajaran

 

-       Peserta didik membaca suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan baik.

-       Peserta didik mengurutkan gambar berdasarkan urutan peristiwa dari teks yang ia baca (fiksi )

-       Peserta didik membaca teks pendek dengan tanda baca yang tepat

-       Peserta didik memaknai kosakata baru dari teks yang ia baca

-       Peserta didik memahami informasi dari tayangan yang dipirsa

-       Peserta didik membacakan puisi anak dengan lafal dan intonasi

-       Peserta didik

Perkiraan Jumlah Jam

7 JP

Kata Kunci, Topi Inti, Penjelasan Singkat

-       Kata Kunci : cerita fiksi, puisi

-       Topik Inti : Memahami isi teks bacaan

-       Penjelasan Singkat : Peserta didik belajar untuk memahami isi teks bacaan. Peserta didik belajar untuk membaca teks bacaan dengan penggunaan tanda baca yang tepat.

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri

Glosarium

Cerita fiksi : cerita yang dibuat oleh pengarang berdasarkan khayalan atau dunia rekaan pengarang, bukan kenyataan.

Puisi : salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

Tujuan Pembelajaran

 

-       Peserta didik menceritakan hal-hal penting dari apa yang ia simak

-       Peserta didik mengungkapkan gagasan dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan  santun

-       Peserta didik mempresentasikan cerita teks narasi yang ia baca

-       Peserta didik mendeskripsikan hal yang familiar baginya misalnya ciri-ciri benda/hewan kesukaannya, becerita mengenai pengalamannya yang paling menarik.

-       Peserta didik bertanya dengan santun tantang hal yang ingin ia ketahui.

-       Peserta didik mengungkapkan pendapatnya saat setuju maupun tidak setuju dengan santun.

Perkiraan Jumlah Jam

7 JP

Kata Kunci, Topi Inti, Penjelasan Singkat

-       Kata Kunci : intonasi, gagasan, teks narasi

-       Topik Inti : Menceritakan gagasan dari teks narasi

-       Penjelasan Singkat : Peserta didik belajar untuk memahami dan mengetahui gagasan dari isi teks narasi. Peserta didik belajar untuk mempresentasikan gagasannya di depan kelas.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif

Glosarium

Intonasi : tinggi rendahnya suatu nada pada kalimat yang memberikan penekanan dalam kata-kata tertentu di suatu kalimat

Gagasan : sesuatu yang dihasilkan dari pemikiran, pengusulan, kemauan, serta harapan yang kemudian disampaikan atau diperdengarkan

Teks narasi :  karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa kejadian dan disusun secara kronologis sesuai dengan urutan waktunya

Capaian Pembelajaran (CP)

 

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis perrmulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan / atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis Kembali narasi berdasarkan teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran

 

-          Peserta didik menuliskan instruksi lisan yang didengar

-          Peserta didik menuliskan informasi dari tayangan yang dipirsa

-          Peserta didik menceritakan Kembali teks narasi yang dibaca dengan membuat karangan sederhana

-          Peserta didik  menyusun kata-kata  menjadi satu kalimat (bisa dengan bantuan kartu kata)

-          Peserta didik Menulis kalimat tentang deskripsi benda (contoh : ini Pensilku)

-          Peserta didik mengurutkan gambar sesuai urutan kejadian dalam cerita (gambar cerita)

-          Peserta didik menuliskan pengalaman pribadi tentang kegiatan sehari-hari

-          Peserta didik mengurutkan kalimat yang sesuai dengan kegiatannya  sehari-hari

-          Peserta didik menuliskan cerita tentang tahapan / Langkah-langkah  dalam melakukan suatu kegiatan sehari-hari (contoh : menyikat gigi dll)

Perkiraan Jumlah Jam

7 JP

Kata Kunci, Topi Inti, Penjelasan Singkat

-       Kata Kunci : teks deskripsi, teks prosedur, teks eksposisi, teks rekon

-       Topik Inti : Menunjukkan keterampilan menulis dengan benar

-       Penjelasan Singkat : Peserta didik belajar untuk menulis apa yang mereka alami, seperti menuliskan tentang pengalaman pribadi, buku yang sedang dibaca, kehidupannya sehari-hari ke dalam suatu teks narasi.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif

Glosarium

Teks deskripsi: salah satu bentuk tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan secara rinci tentang suatu objek, tempat, orang, atau situasi.

Teks prosedur : teks yang menyajikan langkah-langkah kegiatan atau berbagai tahapan untuk melakukan atau menghasilkan sesuatu.

Teks rekon :  teks yang menjelaskan suatu kejadian yang pernah terjadi sesuai dengan urutan waktu kejadian.

Teks eksposisi : jenis teks nonfiksi yang memuat informasi atau paparan tentang sebuah maksud atau tujuan.