ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Matematika
Rasional :
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara berpikir logis yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk bertahan hidup dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam penerapannya, Matematika berperan penting dalam memajukan daya pikir manusia. Bisa dikatakan bahwa Matematika merupakan materi pembelajaran yang harus dipahami oleh setiap peserta didik karena dapat membantu mereka dalam mengonstruksi dan merekonstruksi materi pembelajaran, serta membantu peserta didik dalam mengasah dan melatih kemampuannya dalam berpikir. Matematika juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah, baik dalam kegiatan belajar maupun kehidupan.
Dengan mempelajari Matematika, peserta didik dapat meningkatkan kemampuannya dalam berpikir logis, analitis, kritis, sistematis, dan kreatif. Kompetensi ini akan sangat diperlukan oleh setiap peserta didik untuk memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi yang mereka dapatkan untuk bertahan hidup dalam kehidupan yang selalu berubah dan bersifat tidak pasti.
Pembelajaran Matematika akan membekali cara berpikir peserta didik, bernalar, dan berlogika melalui aktivitas-aktivitas yang dapat membentuk alur berpikir yang berkesinambungan. Melalui Matematika, peserta didik juga dapat menerapkan Profil Pelajar Pancasila, yaitu untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas peserta didik.
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Matematika
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik dapat membaca, menuliskan,
membandingkan, dan mengurutkan bilangan cacah sampai dengan 999, dengan menggunakan sistem
nilai tempat. Peserta didik dapat menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan. Peserta didik dapat
menentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya dengan
cara membilang dan mengelompokkan
menurut nilai tempat serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik juga dapat mendeskripsikan bilangan pecahan
sederhana (setengah, seperempat, dan seperdelapan) dalam bentuk representasi visualnya. |
Tujuan Pembelajaran |
- Menunjukkan
bilangan dengan menggunakan benda konkret hingga bilangan 20. - Menunjukkan
simbol bilangan yang sesuai dengan jumlah benda konkret. - Memahami
urutan bilangan pada garis bilangan hingga bilangan 20. - Membandingkan
jumlah bilangan yang lebih banyak, sama, atau lebih sedikit dengan menggunakan
benda konkret dan simbol. - Menunjukkan
pasangan bilangan untuk mendapatkan bilangan tertentu hingga 20. |
Perkiraan Jumlah Jam |
12 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Bilangan, angka, nomor, puluhan dan satuan - Topik
Inti : Mengenal Bilangan Secara Konkret dan Simbol - Penjelasan
Singkat : Peserta didik diperkenalkan dengan bilangan mulai
dari 1—20. Dimulai dengan menggunakan benda
konkret yang mudah
dihitung oleh Peserta didik seperti kelereng, pensil, dan teman sekelas dalam satu baris.
Kemudian, memasangkan bilangan dengan
simbol, misalnya mengambil 8 batu
dan mengambil simbol
angka 8 lalu dipasangkan. Peserta didik
juga diharapkan bisa
mengetahui mana bilangan yang lebih sedikit
dan lebih banyak
dengan menunjukkan benda secara konkret. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Bilangan adalah konsep matematika yang
digunakan untuk pencacah dan pengukuran |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik dapat menyelesaikan
persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 999,
serta dapat membaca, meneruskan, mengungkapkan pola gambar atau obyek berulang dan pola bilangan
membesar dan mengecil. |
Tujuan Pembelajaran |
- Memahami
makna lambang Matematika seperti “+” untuk penjumlahan, “-“ untuk pengurangan
dan “=” adalah kesimbangan antara sisi kiri dan kanan. - Memecahkan
persoalan dalam operasi Matematika sederhana. - Mengidentifikasi
pola dengan menggunakan benda konkret. - Mengidentifikasi
pola dalam kehidupan sehari-hari dan membuat predikisi. - Mengidentifikasi
pola dalam urutan bilangan (ganjil dan genap). - Memahami
secara konkret dan mampu menjelaskan dengan baik benda atau gambar mengenai
penjumlahan dan pengurangan, dan hasilnya dimuat ke dalam kalimat matematika
hingga angka 100. - Memecahkan
persoalan dalam operasi matematika sederhana, yaitu penjumlahan dan
pengurangan hingga angka 100. |
Perkiraan Jumlah Jam |
12 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat |
- Kata
Kunci : tambah, sama dengan - Topik
Inti : Mengenal Lambang dan Operasi Matematika Penjumlahan dan Pengurangan - Penjelasan
Singkat : Peserta didik diperkenalkan dengan bilangan dan
operasi hitung matematika, yaitu penjumlahan dan pengurangan. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Aljabar adalah bagian dari ilmu
Matematika yang meliputi teori bilangan, geometri, dan analisis penyelesaian. |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta
didik dapat mengukur, membandingkan, dan mengurutkan panjang, berat, luas,
dan volume (kapasitas) menggunakan satuan tidak
baku. Peserta didik juga dapat mengenal dan membandingkan satuan
baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), dan
waktu (detik, menit, jam). |
Tujuan Pembelajaran |
- Membandingkan
2 objek benda (lebih panjang dan lebih pendek). - Membandingkan
2 objek benda (lebih tinggi dan lebih rendah). - Membandingkan
2 objek benda (lebih berat dan lebih ringan). - Mengukur
benda dengan menggunakan benda lain dan menjelaskan maknanya. - Membandingkan
dan mengurutkan 3 benda nyata atau lebih, seperti benda paling panjang dan
paling pendek, paling tinggi dan paling rendah, paling berat dan paling
ringan. - Membuat
perkiraan waktu, seperti menggunakan kata “sebentar” atau “lama” dalam suatu
percakapan. - Memahami
cara membaca dan menunjukkan jam tanpa menit. - Memahami
cara membaca dan menunjukkan jam dengan menggunakan menit. |
Perkiraan Jumlah Jam |
16 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : berat, ringan, panjang, pendek, tinggi, rendah, waktu - Topik
Inti : Mengenal Konsep Pengukuran Berat, Panjang, dan Waktu - Penjelasan
Singkat : Peserta didik dapat mengetahui istilah untuk berat,
ringan, panjang, pendek, tinggi, rendah, dan perbandingannya. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
- |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik dapat mengenal dan
mendeskripsikan ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak, dan lingkaran), dan bangun
ruang (balok dan kubus). Peserta didik dapat
menyusun pengubinan dari
berbagai bentuk bangun datar. Peserta didik dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan, belakang). |
Tujuan Pembelajaran |
- Mengelompokkan
bangun datar yang memiliki karakteristik yang sama dengan mengenalkan namanya. - Memiliki
kemampuan menggambar bentuk bangun datar. |
Perkiraan Jumlah Jam |
14 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : bangun datar, lingkaran, segitiga, segi empat, persegi, persegi
panjang - Topik
Inti : Mengenal Bangun 2 Dimensi - Penjelasan
Singkat : Peserta didik harus mampu mengenal konsep bangun datar
dengan meraba, memegang, menggambar, dan membuat bangun datar. Bangun datar
tidak memiliki ruang di dalamnya. Bangun datar memiliki sisi dan sudut, garis
lurus dan garis melengkung. Segitiga memiliki sudut. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Sudut adalah bertemunya dua sisi atau
garis. Sisi adalah garis yang membatasi sebuah
bangun. |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta
didik dapat mengurutkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak
benda dengan menggunakan turus dan gambar. |
Tujuan Pembelajaran |
- Membuat
pertanyaan sederhana untuk mengumpulkan data. - Mengumpulkan
data dengan bertanya kepada rekan dan guru. - Membuat
grafik dengan menggunakan benda atau dengan menempel gambar. - Menjelaskan
fungsi dari diagram untuk merepresentasikan data atau informasi. |
Perkiraan Jumlah Jam |
12 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan
Singkat |
- Kata
Kunci : Data - Topik
Inti : Mengenal Konsep, Pengumpulan dan Penyajian Data - Penjelasan
Singkat : Peserta didik mengetahui bahwa informasi dapat
disajikan dengan gambar. Peserta didik perlu mengetahui langkah-langkah dalam
menyajikan informasi data sederhana, seperti bertanya, merekap, dan
menyajikan data dengan menggunakan gambar. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis, Kreatif |
Glosarium |
Diagram adalah perwakilan simbolis atas
suatu informasi. Pictogram adalah suatu penyampaian
informasi dengan menggunakan gambar. |