ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 IPAS
Rasional :
Tantangan yang akan dihadapi manusia akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Permasalahan yang dihadapi tentu saja akan berbeda di setiap tahunnya. Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang, tantangan yang akan dihadapi dapat diatasi dengan baik. Oleh karena itulah, pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sangat penting untuk disesuaikan dengan perkembangan zaman agar generasi muda dapat menyelesaikan tantangan-tantangan yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang.
IPAS merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati yang ada di alam semesta. IPAS juga mengkaji tentang interaksi setiap makhluk hidup sebagai seorang individu dan makhluk sosial. IPAS adalah pembelajaran yang menggabungkan ilmu pengetahuan alam dan pengetahuan sosial.
Dalam penerapannya, IPAS berperan penting dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. IPAS dapat membantu peserta didik dalam menumbuhkan rasa ingin tahunya terhadap fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Rasa ingin tahu inilah yang dapat memicu peserta didik untuk memahami bagaimana cara alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan manusia yang ada di alam semesta ini.
Dengan pemahaman inilah peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai macam permasalahan yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang. Prinsip-prinsip dalam pembelajaran IPAS ini akan melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, analitis, serta kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat.
Dalam proses kegiatan belajar, melalui pembelajaran IPAS peserta didik akan diajarkan mengenai cara menyelesaikan suatu permasalahan dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimilikinya.
Pembelajaran IPAS pada kelas SD akan memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk melakukan kegiatan eksplorasi, investigasi, dan mengembangkan pemahamannya terkait lingkungan yang ada di sekitarnya. Pembelajaran IPAS ini akan melatih peserta didik dalam mempelajari fenomena alam dan interaksi manusia dengan alam sekitarnya.
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 IPAS
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik mampu mendeskripsikan identitas diri dan orang di sekitarnya, peran, serta tanggung jawabnya sebagai anggota keluarga/kelompok/sekolah sehingga dapat menerima perbedaan yang ada di antara manusia. Peserta didik mendeskripsikan diri serta keluarganya secara kronologis menggunakan media yang dipilihnya. Peserta didik dapat mendeskripsikan benda-benda di lingkungan sekitar sebagai bagian dari lingkungan alami dan buatan, mendeskripsikan lokasi diri, serta membuat gambar denah sederhana di lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mencerminkan perilaku hidup sehat dengan turut menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitarnya. |
Tujuan Pembelajaran |
- Peserta didik mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan tentang diri, lingkungan rumah, dan sekolah serta mengidentifikasi permasalahan sederhana sehari-hari. Pengenalan diri, lingkungan rumah, dan sekolah. - Peserta didik menjelaskan peran diri dan anggota keluarga lainnya yang ada di rumah melalui wawancara anggota keluarga. - Peserta didik mengidentifikasi perubahan yang dialami sejak lahir hingga sekarang melalui penelusuran informasi dari orang tua. - Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri benda hidup dan benda mati melalui pengamatan. - Peserta didik membandingkan ciri-ciri benda hidup dan benda mati melalui diskusi kelompok. - Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri siang dan malam melalui pengamatan. - Peserta didik membedakan aktivitas yang biasa dilakukan manusia di siang dan malam hari. - Peserta didik menyebutkan nama-nama hari dalam satu pekan. - Peserta didik menyebutkan nama-nama bulan dalam satu tahun. |
Perkiraan Jumlah Jam |
18 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat |
- Kata Kunci : identifikasi - Topik Inti : Pengenalan diri, lingkugan rumah, dan sekolah. - Penjelasan Singkat : Peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan mengoptimalkan pancaindra. Peserta didik membuat prediksi mengenai objek dan peristiwa di lingkungan sekitar. Peserta didik memahami konsep waktu (pagi-siang-sore-malam), mengenai nama-nama hari, nama bulan, kondisi cuaca dalam keterkaitannya dengan aktivitas sehari-hari. Peserta didik mampu mendeskripsikan silsilah keluarganya, peran, dan tanggung jawab sebagai anggota keluarga/kelompok/sekolah. |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Identifikasi : menentukan identitas seseorang atau benda pada suatu saat tertentu, menganalisis secara lebih mendalam akan sebuah hal, suatu proses atau benda. |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra, menyusun, dan menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui saat melakukan pengamatan. Peserta didik juga mampu membuat prediksi mengenai objek dan peristiwa di lingkungan sekitar. Dengan panduan, peserta didik berpartisipasi dalam penyelidikan untuk mengeksplorasi dan menjawab pertanyaan. Kemdudian, juga melakukan pengukuran dengan alat sederhana yang ada di sekitarnya untuk mendapatkan data. Selanjutnya peserta didik menggunakan berbagai metode untuk mengorganisasikan informasi, termasuk gambar dan tabel. Peserta didik mendiskusikan dan membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi. Dengan panduan, peserta didik membandingkan hasil pengamatan yang berbeda dengan mengacu pada teori serta mengkomunikasikan hasil penyelidikan secara verbal dan tertulis dalam format sederhana. Peserta didik mengoptimalkan penggunaan panca indra untuk melakukan pengamatan dan bertanya tentang makhluk hidup dan perubahan benda ketika diberikan perlakuan. Peserta didik menggunakan hasil pengamatan untuk menjelaskan pola sebab akibat sederhana dengan menggunakan beberapa media. |
Tujuan Pembelajaran |
- Peserta didik mengoptimalkan penggunaan pancaindra untuk melakukan pengamatan dan bertanya tentang makhluk hidup dan perubahan benda. - Peserta didik menyebutkan ciri fisik manusia setelah melakukan pengamatan. - Peserta didik mendemonstrasikan fungsi anggota tubuh manusia. - Peserta didik menyebutkan identitas dan keunikan dirinya. |
Perkiraan Jumlah Jam |
18 JP |
Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat |
- Kata Kunci : pengamatan - Topik Inti : Menggunakan pancaindra untuk melakukan pengamatan - Penjelasan Singkat : Peserta didik mengenal anggota tubuh manusia dan menjelaskan fungsinya dan bagaimana cara merawatnya dengan benar. Peserta didik dapat membedakan antara hewan dan tumbuhan sesuai dengan bentuk dan ciri-ciri umumnya. Peserta didik mampu mendeskripsikan identitas diri (ciri-ciri fisik, kegemaran) dan orang-orang sekitarnya sehingga dapat menerima perbedaan yang ada pada diri manusia. |
Profi Pelajar Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
Pengamatan : aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya agar mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian. |