ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Indonesia
Rasional :
Saat ini, literasi telah menjadi kemampuan yang penting untuk digunakan oleh setiap manusia, baik dalam belajar maupun bekerja. Hal ini disebabkan literasi adalah bagian dari segala bidang kehidupan, termasuk dalam bersosialisasi. Oleh karena itu, penting bagi peserta didik untuk mempelajari bahasa Indonesia dengan baik agar kemampuan literasi peserta didik dapat semakin berkembang.
Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa bagian pembelajaran, seperti pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, serta berbicara dan mempresentasikan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
Model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia adalah pedagogi genre. Model pembelajaran ini memiliki empat tahapan, yaitu penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction).
Selain itu, pembelajaran bahasa Indonesia juga dapat dikembangkan dengan model-model pembelajaran lain yang disesuaikan dengan pencapaian pembelajaran tertentu. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia ini, peserta didik akan dibentuk sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Indonesia
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik
mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan
berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
- Peserta didik mampu
menjelaskan dan mempraktikkan instruksi lisan yang diberikan guru terkait
aktivitas pengelolaan diri: ciri fisik manusia, fungsi anggota tubuh, dan
merawat kebersihan tubuh dengan menggunakan kata – kata sendiri |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topi Inti, Penjelasan Singkat |
- Kata
Kunci : instruksi lisan, pengelolaan diri, merawat tubuh - Topik
Inti : Menjelaskan dan mempraktikkan instruksi lisan - Penjelasan
Singkat : Fokus pada pembelajaran ini, pelajar belajar untuk menyimak
instruksi yang disampaikan oleh guru secara lisan kemudian mempraktikkannya |
Profil Pelajar
Pancasila |
Mandiri |
Glosarium |
Instruksi : perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau
melaksanakan tugas) |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik
mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan
berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik dapat memilih teks yang
disukainya terkait topik menjaga kesehatan diri dan menentukan informasi penting dari teks audiovisual dan teks
aural (teks yang dibacakan) tersebut. |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topik Inti, Penjelasan Singkat |
-
Kata Kunci : menentukan informasi penting,
teks audiovisual, teks aural -
Topik Inti : informasi penting -
Penjelasan singkat : Fokus pembelajaran adalah
menemukan dan menentukan informasi penting dari sebuah teks audiovisual dan
teks aural. Kegiatan yang disarankan adalah pemberian pertanyaan – pertanyaan
pemantik dari guru terkait isi teks. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Bernalar Kritis |
Glosarium |
-
Informasi : pemberitahuan; kabar atau berita
tentang sesuatu -
Instruksi : perintah atau arahan (untuk
melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas) |
Capaian Pembelajaran
(CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik
mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan
berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik dapat membuat simpulan
sederhana dari teks naratif yang sesuai jenjangnya serta sesuai dengan minat peserta
didik (beragam topik yang dapat ditawarkan pada siswa adalah panca indera dan
anggota tubuh, peran diri dan anggota keluarga dalam lingkungan terdekat,
benda hidup dan benda mati, cuaca dan siang malam dan perubahan waktu) |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topik Inti, Penjelasan Singkat |
-
Kata Kunci : simpulan sederhana, teks naratif -
Topik Inti : Membuat/menulis simpulan
sederhana dari teks naratif -
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran adalah
peserta didik membuat/menulis simpulan sederhana berdasarkan informasi
penting yang diperolehnya dari teks naratif. Sebelumnya, guru perlu
mengidentifikais bakat serta minat peserta didik untuk menyesuaikan teks
naratif yang dapat dipilih oleh peserta didik. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Kreatif |
Glosarium |
-
Simpulan : hasil menyimpulkan; kesimpulan -
Teks naratif : teks yang tidak bersifat
dialog, dan isinya merupakan suatu kisah sejarah, deretan peristiwa, dan
sebagainya |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik
mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan
berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik dapat mengklasifikasi kosa
kata tentang anggota tubuh dan
pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan,
slogan sederhana, dan/atau syair lagu) |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topik Inti, Penjelasan Singkat |
- Kata Kunci : kosa kata
anggota tubuh, panca indra, eksplorasi lingkungan (lingkungan alam dan
lingkungan buatan) - Topik Inti :
Mengklasifikasi kosa kata - Penjelasan Singkat :
Fokus pembelajaran ini adalah peserta didik mengidentifikasi kata – kata yang
sering digunakan dan kata – kata baru yang didapat dari teks kemudian
mengklasifikasikannya dalam kelompok kosa kata anggota tubuh dan panca indra. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Bernalar kritis |
Glosarium |
Indra : alat pembantu untuk melihat (mata), alat pembantu untuk mengecap
(lidah), alat pembantu untuk membau (hidung), alat pembantu untuk mendengar
(telinga), dan alat pembantu untuk merasakan ( indra peraba). |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu
meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan
bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik dapat merangkai suku kata
(kombinasi kv dan kvk) menjadi kata yang sering ditemui. (kosa kata dan kata
yang diambil mengenai benda hidup dan benda mati di sekitar siswa) |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topik Inti, Penjelasan Singkat |
-
Kata Kunci : suku kata, kata yang sering
ditemui, kombinasi (kv dan kvk) -
Topik Inti : merangkai suku kata menjadi kata
yang sering ditemui -
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini, peserta
didik belajar untuk mengidentifikasi pola pembentukan suku kata, terutama
pola kombinasi (kv dan kvk). Guru dapat memulai dengan menampilkan beberapa
gambar dan kata dengan kombinasi kv dan kvk. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Kreatif |
Glosarium |
Kombinasi : gabungan beberapa hal (pengertian, perkara, warna, pasukan,
dan sebagainya) |
Capaian Pembelajaran
(CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik
mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan
berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik dapat menuliskan namanya
sendiri dan mengungkapkan perkenalan diri serta keluarganya secara lisan dan
tulisan. |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topik Inti, Penjelasan Singkat |
-
Kata Kunci : menuliskan nama, perkenalan diri,
keluarga -
Topik Inti : menuliskan namanya sendiri dan
mengungkapkan perkenalan diri serta keluarganya -
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini, peserta
didik belajar menuliskan kata
sederhana yaitu namanya sendiri sekaligus menggunakannya untuk ungkapan
perkenalan diri dan keluarganya |
Profil Pelajar
Pancasila |
Berkebhinekaan global |
Glosarium |
Istilah kekerabatan dalam keluarga, seperti : Ayah, Ibu, Kakak, Adik,
Nenek, Kakek, Paman, Tante |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik
mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan
berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik dapat menceritakan ulang
sebuah cerita atau pengalamannya sehari – hari disertai penggunaan waktu
(nama hari dna bulan) secara lisan atau tulis. . |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topik Inti, Penjelasan Singkat |
-
Kata Kunci : menceritakan ulang cerita atau
pengalaman sehari–hari -
Topik Inti : menceritakan ulang -
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini, peserta
didik belajar untuk memilih sebuah cerita yang menarik baginya kemudian
menceritakan ulang dengan menggunakan kata–kata sendiri, bisa juga obyek
cerita bersumber dari pengalaman sehari–seharinya. Namun, guru perlu
membimbing agar siswa menceritakan pengalaman yang menarik dan menyenangkan
bagi dirinya. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Kreatif : |
Glosarium |
- |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan, mengekspresikan perasaan dan gagasan, serta
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik
mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan
berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam. |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik dapat menggunakan kata
tanya “apa” dan “mengapa” untuk memperjelas pemahaman terhadap penjelasan
yang disampaikan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya. (Topik
yang disarankan adalah cuaca dan siang malam). |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topik Inti, Penjelasan Singkat |
-
Kata Kunci : kata tanya, memperjelas
pemahaman, penjelasan -
Topik Inti : Menggunakan kata tanya “Apa” dan
“Mengapa” -
Penjelasan singkat : Fokus pembelajaran ini, peserta
didik belajar untuk memperjelas pemahamannya sesuai dengan penjelasan yang
disampaikan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya dengan
menggunakan kata tanya yang dikuasainya. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Bernalar kritis |
Glosarium |
Apa : kata tanya untuk menanyakan nama
(jenis, sifat) sesuatu Mengapa : kata tanya untuk menanyakan sebab, alasan, atau perbuatan |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik
mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan
berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik dapat memberikan jawaban
atas pertanyaan yang diajukan oleh teman, guru, dan orang dewasa di
sekitarnya dengan suara yang keras dan jelas namun santun. (Pertanyaan
terkait dengan topik cuaca dan siang malam) |
Perkiraan Jumlah
Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topik Inti, Penjelasan Singkat |
-
Kata Kunci : jawaban, santun -
Topik Inti : Menjawab pertanyaan yang diajukan
orang lain -
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini
adalah peserta didik belajar untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang
diajukan oleh guru, teman, dan orang dewasa di sekitarnya dengan suara yang
keras dan jelas namun santun. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Akhlak kepada manusia |
Glosarium |
Santun : halus dan baik (budi bahasanya, tingkah lakunya); sabar dan
tenang; sopan |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Peserta didik memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman
sebaya dan orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik
mampu memahami dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan;
berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik
mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan
berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik dapat memberikan tanggapan
atas komentar orang lain sesuai dengan konteksnya. (Tanggapan didasarkan pada
topik cuaca dan siang malam |
Perkiraan
Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci,
Topik Inti, Penjelasan Singkat |
-
Kata Kunci : tanggapan, komentar, konteks -
Topik Inti : Memberikan tanggapan atas
komentar orang lain sesuai konteksnya -
Penjelasan Singkat : Fokus pembelajaran ini
adalah peserta didik belajar untuk memberikan tanggapan atas komentar yang
diberikan orang lain sesuai konteksnya/relevan |
Profil Pelajar
Pancasila |
Akhlak kepada manusia |
Glosarium |
Tanggapan : sambutan terhadap ucapan
(kritik, komentar, dan sebagainya) Konteks : situasi yang ada hubungannya dengan suatu kejadian |