8 Tips Mudah Mengajarkan Siswa Literasi Digital

edukasi 7 Mar 2021

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini semakin berkembang pesat. Perkembangan teknologi yang biasa disebut dengan era digital ini sudah mendominasi segala aspek kehidupan yang ada di dunia, salah satunya yaitu dalam dunia pendidikan. Era digital telah menuntut setiap guru dan termasuk siswa untuk bisa beradaptasi dengan cepat dengan segala perubahan dan perkembangan dunia digital saat ini. Oleh karena itu, guru memiliki peran yang besar dalam mengajarkan literasi digital kepada seluruh siswa. Namun, bagaimana tips mengajarkan siswa literasi digital dengan mudah?

Adapun pengertian literasi digital adalah yaitu suatu pengetahuan dan kecakapan seseorang dalam menggunakan media digital, alat komunikasi serta jaringan internet yang digunakan dalam menemukan informasi, mengevaluasi, menggunakan informasi tersebut sampai pada tahap membuat informasi yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh setiap orang secara sehat, bijak, cermat, cerdas dan juga tepat, serta hal terpenting yang harus diketahui yaitu tetap patuh terhadap hukum.

Seperti yang Anda tahu, bahwa saat ini aplikasi teknologi digital saat ini sudah digunakan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari, termasuk dalam proses belajar mengajar yang saat ini sedang diterapkan. Kemajuan teknologi sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang sejak bulan Maret 2020 kemarin menyebar di seluruh dunia. Media digital adalah solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan atau kesulitan dalam proses belajar mengajar.

Pada era digital saat ini, guru berperan aktif dalam menciptakan ruang di mana mereka dapat mengajar dan sekaligus menyediakan kesempatan belajar untuk siswa seluas-luasnya secara bersamaan. Apalagi di saat seperti ini, di mana setiap orang bisa dengan mudah mengakses informasi dari media digital, sehingga tidak jarang siswa akan menerima berbagai macam informasi baru lebih cepat dibandingkan guru. Oleh karena itu, sebagai seorang guru Anda harus bisa beradaptasi dengan mudah dalam mengikuti perkembangan teknologi di setiap tahunnya. Dengan begitu siswa dan guru bisa saling bekerja sama dalam memberikan masukan atau ide-ide kreatif mengenai kegiatan yang akan dilakukan di dalam kelas, seperti games yang akan dimainkan atau membahas topik mengenai dunia pendidikan.

Salah satu bentuk literasi digital yang sering diakses oleh setiap siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu blog. Sebelumnya, apakah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan blog? Blog merupakan suatu website yang memuat postingan dalam bentuk teks yang biasanya ditambah dengan gambar, video atau suatu link yang akan menyambungkan ke website lain yang telah disediakan oleh blogger, atau bisa biasa dikenal sebagai penulis blog. Pada umumnya, blog diisi dengan tulisan yang berupa artikel, opini, cerita, atau suatu observasi yang dibagikan oleh penulis di dalam blognya.

Adapun manfaat blog bagi dunia pendidikan dalam menyukseskan literasi digital di Indonesia.

Manfaat Blog dalam Aspek Pendidikan

1. Sebagai Sarana untuk Berbagi Informasi

Seperti sebuah ungkapan yang mengatakan, “banyak jalan menuju Roma”. Ungkapan tersebut juga berlaku pada ilmu pengetahuan yang mana bermakna banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan. Dalam hal ini, di tengah perkembangan dan kemajuan teknologi, berbagai macam informasi tidak hanya bisa dicari dan diambil dari buku saja, tetapi juga bisa dicari secara online melalui blog dan e-book yang disediakan oleh perpustakaan online seperti Ipusnas, Ijak, Scribd, dan website-website resmi lainnya.

2. Sebagai Sumber Berbagi Pengalaman dan Inspirasi

Selain itu, blog juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana para penulis untuk berbagi pengalaman hidup yang mana bisa menginspirasi setiap pembacanya. Dalam menulis blog, tidak ada aturan khusus untuk Anda dalam memosting sesuatu, Anda dibebaskan untuk menulis yang Anda inginkan, asalkan tulisan tersebut masih dalam ranah positif, hal tersebut tidak menjadi suatu masalah.

3. Dapat Membantu Siswa dalam Mengerjakan Tugas yang Diberikan Guru

Hal lain yang dapat dirasakan oleh siswa yaitu dengan adanya blog tugas-tugas yang diberikan guru menjadi lebih ringan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan blog sebagai wadah untuk menyimpan materi-materi yang telah Anda ajarkan, tugas-tugas yang telah Anda berikan dan juga Anda bisa memberikan informasi mengenai nilai siswa Anda. Dalam hal ini, siswa Anda akan lebih mudah memperoleh informasi dan ketika mereka ingin mempelajari materi-materi dan tugas sebelumnya, mereka bisa mengunduh materi dan tugas tersebut dari blog Anda.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa blog, salah satu media dalam literasi digital sangat berguna bagi kemajuan dunia pendidikan. Lantas bagaimana tips mengajarkan siswa literasi digital? Simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Guru Kesulitan Mengelola KBM Daring dan Solusinya
KBM online membuat berbagai pihak beradaptasi. Baik bagi murid, guru, maupun orang tua. Bagi guru, KBM online memiliki banyak hambatan. Banyak kesulitan yang dialami guru saat melaksanakan KBM online ini.

8 Tips Mudah Mengajarkan Siswa Literasi Digital

1. Menjelaskan Pengertian dari Literasi Digital

Pada tahap ini, Anda harus memulai dengan mengenalkan apa yang dimaksud dengan literasi digital kepada setiap siswa Anda. Dengan proses pengenalan tersebut siswa akan memiliki gambaran terhadap apa yang akan mereka lakukan dalam literasi digital tersebut. Selain itu, proses pengenalan ini bisa dijadikan sebagai langkah awal mereka dalam belajar literasi digital.

2. Mengenalkan Beberapa Aplikasi atau Website yang Bisa Dijadikan Sumber Literasi Digital

Dalam literasi digital, terdapat beberapa aplikasi dan website resmi yang telah bekerja sama dalam menyebar dan membagikan banyak sekali ilmu pengetahuan serta wawasan kepada seluruh siswa dan guru yang ada di Indonesia. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk literasi digital yaitu Ipusnas dan untuk website Anda bisa mengakses Kejarcita yang mana menyediakan berbagai macam artikel mengenai pendidikan, parenting dan teknologi yang sangat berguna bagi siswa, guru dan juga orang tua.

3. Mengajarkan Siswa Menggunakan Aplikasi dan Mengakses Website

Setelah mengenalkan aplikasi dan website yang bisa diakses oleh siswa, Anda bisa mengajarkan mereka dalam menggunakan aplikasi dan mengakses website tersebut. Dengan begitu mereka akan belajar lebih optimal di kemudian hari.

4. Menerapkan Literasi Digital dalam Proses Belajar

Pernah mendengar sebuah ungkapan “ala bisa karena biasa”? Ungkapan ini juga berlaku pada literasi digital. Apabila Anda telah terbiasa menerapkan literasi digital dalam proses belajar siswa di kelas, maka Anda tidak akan merasa kesulitan dan menghabiskan banyak waktu  dalam mengajarkan literasi digital kepada siswa

5. Memberi Tugas kepada Siswa yang Berhubungan dengan Literasi Digital

Selain itu, Anda bisa memberikan tugas kepada siswa yang berhubungan dengan literasi digital, seperti membuat cerita pengalaman hidup, membuat dan meringkas materi pelajaran kemudian membagikannya di dalam sebuah blog dan berbagai macam tugas lainnya yang melibatkan literasi digital sebagai media pembelajar.

6. Menanamkan Literasi Digital pada Siswa

Pada saat ini, teknologi sudah bekerja sama dengan dunia pendidikan serta terlibat dalam kurikulum pendidikan. Sehingga bisa dikatakan bahwa proses belajar mengajar di kelas beserta administrasi yang ada di sekolah sudah menggunakan teknologi dan jaringan internet sebagai sebuah solusi dalam membantu kegiatan belajar mengajar supaya  bisa berjalan dengan lancar. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menanamkan literasi digital kepada siswa sejak dini supaya mereka bisa lebih terbiasa.

7. Memperluas Pemahaman Siswa Mengenai Konsep Dunia Digital

Sampai saat ini, tidak semua orang memahami dalam penggunaan perangkat digital. Misalnya pada anak remaja, dibandingkan membuat konten-konten yang lebih positif dalam akun Instagram, saat ini kebanyakan dari mereka menggunakan akun Instagram sebagai wadah untuk melakukan cyber bullying.

Tips Menghemat dan Mengatur Kuota Internet Saat KBM Online
KBM online membuat pendidikan terus berjalan kendati saat pandemi. Pandemi tidak menghalangi anak-anak Indonesia kehilangan haknya dalam mengkakses pendidikan.

8. Mengajarkan Siswa Mengenai Kewarganegaraan Digital

Sebagai seorang kewarganegaraan digital berarti seseorang tersebut harus bisa memahami dan menerapkan penggunaan teknologi dan jaringan internet dengan penuh tanggung jawab. Seperti yang Anda tahu, bahwa banyak sekali permasalahan yang sering terjadi dalam dunia digital, seperti plagiarisme dan cyber bullying. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk mengajarkan siswa supaya lebih bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi dan jaringan internet.

Itulah penjelasan mengenai beberapa tips mengajarkan siswa literasi digital dengan mudah. Dengan beberapa tips tersebut, Anda akan lebih mudah dalam menerapkan literasi digital dalam proses belajar. Namun, sebelum benar-benar menerapkan literasi digital dalam proses belajar, Anda harus memastikan bahwa Anda dan siswa telah siap dengan kegiatan pembelajaran tersebut.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.