7 Website yang Menyajikan Artikel Seputar Parenting

edukasi Mar 09, 2021

Dalam membesarkan dan mendidik anak, bukanlah perkara yang mudah untuk setiap orang tua. Terkadang orang tua kerap kali keliru dengan apa yang sudah diterapkan dan diajarkannya kepada anak-anak. Maka tidak jarang, mereka bisa menerapkan pola asuh yang salah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari ilmu parenting yang sangat berguna bagi perkembangan anak.

Anda dapat mempelajari ilmu parenting dari berbagai macam sumber, seperti buku, website, dan video. Untuk saat ini, kita akan membahas bagaimana ilmu parenting itu dan setelahnya akan ada 7 website yang menyajikan artikel seputar parenting yang dapat Anda baca dan simak baik-baik.

Sebelumnya, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan parenting? Parenting merupakan pengetahuan dalam mengasuh, mendidik dan membimbing anak dalam membentuk karakter dan kepribadian anak menjadi lebih baik juga positif. Dalam mendidik anak, Anda tidak boleh gegabah dalam dalam mengambil sikap. Bisa dikatakan pada zaman dahulu, orang tua tidak terlalu menganggap bahwa dalam mengasuh anak tidak memerlukan pendidikan yang tinggi. Mereka kebanyakan hanya mendidik sesuai dengan apa yang mereka percaya dan meraka anggap benar.

Saat ini, bisa dikatakan bahwa kita dapat mengakses semua informasi yang ada di segala penjuru dunia. Maka tidak jarang kita akan menemukan anak-anak yang masih belum cukup umur untuk menonton dan melihat sesuatu yang tidak pantas untuk umurnya. Bagaimana itu bisa terjadi? Tentu saja karena pengaruh lingkungan dan pola asuh orang tua yang masih kurang. Memang bagaimana yang seharusnya dilakukan orang tua? Apakah mereka harus berlaku keras? Tidak, tentu saja tidak. Kekerasan bukanlah solusi untuk membuat karakter anak Anda menjadi baik. Anda juga tidak bisa bertingkah layaknya bodyguard yang mengawal dan mengawasi mereka di setiap harinya. Lalu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Tips Parenting yang Perlu Diketahui Orang Tua

1. Memberi Perhatian yang Positif Kepada Anak

Perhatian adalah bentuk kepedulian terhadap seseorang, seperti Anda dengan anak-anak Anda di rumah. Namun, ada baiknya Anda memberikan perhatian dalam bentuk positif dan tidak terlalu berlebihan. Karena terkadang anak-anak akan merasa terkekang dan tidak bisa bergerak apabila Anda selalu memperhatikan mereka.

2. Jangan Membandingkan Anak Anda dengan Saudara Sendiri atau Orang Lain

Hal ini kerap kali terjadi di dalam sebuah keluarga. Tanpa kita sadari bahwa dengan ucapan Anda yang membandingkan antara dua anak sudah menimbulkan jejak sakit hati di dalam dirinya. Tidak semua anak menerima ketika dirinya sendiri dibandingkan, apalagi ketika mereka sedang ada di fase menuju remaja, mereka akan cenderung tidak menerima karena dibedakan dan akhirnya akan melakukan pembertonakan karena perlakuan tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya Anda tidak membandingkan anak Anda dengan saudara kandungnya atau orang lain.

3. Menghindari Reaksi Emosional yang Negatif

Tidak jarang orang tua kerap kali mengeluarkan emosi yang dimilikinya kepada orang tua. Emosi yang dimiliki orang tua tidak selalu karena permasalahan anak, bisa saja permasalahan yang mereka alami di lingkungan kerja. Dengan begitu, ketika anak-anak Anda sedang berbuat ulah Anda sering kali terpancing emosi dan akhirnya meledak di depan anak Anda. Ada baiknya Anda tidak melakukan itu di rumah, karena akan berpengaruh pada perkembangan kepribadian anak-anak Anda. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mengendalikan diri ketika sedang dipenuhi amarah, Anda bisa beristirahat sejenak, mendengar lagu-lagu yang menenangkan atau membaca website yang menyajikan artikel seputar parenting yang akan berguna bagi diri Anda.

4. Mengikuti Kelas Konsultasi dengan Orang yang Berpengalaman

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti kelas konsultasi kepada orang-orang yang sudah berpengalaman. Dengan melakukan konsultasi, Anda akan mendapatkan ketenangan, pikiran menjadi jernih, dan juga solusi ketika Anda sedang mengalami permasalahan di dalam rumah.

5. Anda adalah Contoh bagi Anak Anda

Buah tidak jauh jatuh dari pohonnya. Sama seperti seorang anak dan orang tua. Sifat dan perilaku anak tidak berbeda jauh dengan kedua orang tuanya. Bagi anak-anak, orang tua adalah role model yang harus mereka tiru. Oleh karena itu, ada baiknya Anda untuk bisa memberikan sesuatu yang berbau positif di depan anak Anda, supaya mereka bisa meniru hal-hal baik yang terdapat di dalam diri Anda.

6. Memantau Penggunaan Internet

Saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Maka tidak jarang kita akan menemukan anak-anak yang masih kecil pun sudah pandai bermain internet. Ada baiknya Anda selalu memantau penggunaan internet mereka. Tidak menjadi masalah apabila Anda membatasi mereka untuk bermain ponsel dan memantau pemakaian mereka terhadap internet. Karena dengan begitu Anda dapat meminimalisir kejadian di mana mereka mendapat pengaruh buruk karena situs-situs yang tidak pasti kegunaannya kepada anak Anda.

7. Bersabar dan Jangan Pernah Menyerah Kepada Anak Anda

Setiap anak memiliki permasalahan yang kerap kali membuat kesabaran Anda hampir habis. Namun, setiap permasalahan pasti memiliki solusi. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dengan anak Anda walaupun mereka mengalami fase tersebut. Karena percayalah, Anda adalah seseorang yang akan selalu dibutuhkan anak-anak Anda dan Anda adalah kekuatan mereka untuk menjalani hidup.

Anda dapat mencari tahu beberapa artikel tentang parenting dari website yang ada di internet. Banyak sekali website yang menyediakan berbagai macam informasi mengenai parenting, yaitu:

7 Website yang Menyajikan Artikel Tentang Parenting

1. Kejarcita.id

Kejarcita menyajikan banyak sekali artikel-artikel mengenai parenting yang sangat berguna bagi para orang tua. Contoh artikel yang terdapat di dalam kejarcita.id yaitu seperti strategi menumbuhkan sikap kritis pada anak, keterampilan sosial yang diperlukan seorang anak, strategi agar anak berani dan lancar berkomunikasi dengan orang dewasa, peran guru dan orang tua dalam kesuksesan PJJ, tips kreatif mengembangkan bakat anak secara optimal, dan lain sebagainya.

2. id.theasianparent.com

the asian parent merupakan salah satu website yang menyajikan tentang pernikahan, dunia bayi, ibu dan anak-anak. Website ini juga memiliki aplikasi yang dapat membantu orang tua untuk berbagi pengalamannya seputar dunia parenting.

3. parenting.co.id

parenting.co.id merupakan salah satu website di Indonesia yang membahas tentang psikologis kehidupan orang tua yang membahas tentang kehamilan. Beberapa artikel yang disajikan yaitu seperti mengomunikasikan kehamilan tak direncanakan dengan pasangan, dampak psikologis kehamilan yang tak direncanakan, berdamai dengan kehamilan tak direncanakan, dan lain sebagainya.

4. haibunda.com

Website haibunda.com artikel tentang dunia parenting yang dialami oleh selebriti yang ada di Indonesia. Salah satu artikel yang dibahas yaitu tentang ‘Tips Co-parenting Gwyneth Paltrow & Eks Suami, Utamakan Kenyamanan’.

5. motherandbaby.co.id

Website Mother & Baby merupakan website yang menyajikan tentang kehidupan anak dan ibu, seperti tentang vitamin yang dibutuhkan anak, kehamilan yang dialami ibu dan lain sebagainya seputar parenting.

5 Alasan Peran Orang Tua Lebih Penting dari Guru dalam Mendidik Anak
Pendidikan adalah kunci utama setiap orang supaya bisa menjadi seseorang yang sukses di masa depannya. Dalam mendapatkan pendidikan yang baik dan bermutu terdapat peran orang tua dalam mendidik anak yang sangat keras dalam memenuhinya. Dalam kasus ini, peran orang tua lebih penting dalam mendidik an…

6. nakita.grid.id

Satu hal yang membuat website nakita.grid.id menjadi menarik yaitu website ini menyajikan tentang produk-produk yang bisa digunakan bayi dan anak-anak, serta ibu. Website ini juga membahas tentang beauty and style anak dan ibu.

5 Tips yang Perlu Dilakukan Guru untuk Mengatasi Perundungan di Kelas
Berdasarkan data National Association of School Psychologist, perundungan bisa mencakup ancaman fisik, pelecehan seksual hingga kata-kata yang tidak menyenangkan.

7. bidanku.com

Website ini lebih membahas tentang kehamilan seorang ibu. Anda dapat membaca berbagai macam artikel yang membahas tentang kehamilan, menyusui, persalinan, dan ilmu parenting lainnya yang akan sangat berguna untuk membantu Anda dalam mengurus si kecil di rumah.

Berdasarkan 7 website yang menyajikan artikel seputar parenting di atas, website mana yang sudah pernah Anda baca? Untuk menerapkan beberapa tips yang disediakan di dalam artikel, Anda bisa mencobanya secara perlahan-lahan. Anda tidak perlu tergesa-gesa dalam mencobanya, karena diri Anda akan menjadi tertekan dan tidak bisa memberikan hasil yang maksimal.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.