7 Tips Menjadi Guru yang Produktif di Rumah dan di Sekolah

edukasi 5 Mar 2024

Pandemi COVID-19 yang telah melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu, membawa banyak perubahan dalam dunia pendidikan. Selama pandemi ini, pendidikan di Indonesia melakukan perubahan secara besar-besaran. Pendidikan dilakukan secara jarak jauh. Guru lebih banyak mengajar di rumah. Meski demikian, guru dituntut tetap bisa produktif, baik saat di rumah maupun di sekolah.

Tantangan yang Guru Hadapi Saat Pandemi

sumber: https://www.pexels.com/

Pekerjaan sebagai guru seringkali dianggap sebagai pekerjaan yang cenderung lebih santai dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Guru memiliki tiga tugas utama, yaitu membuat perencanaan pembelajaran, melakukan proses mengajar dan membuat evaluasi pembelajaran.

Namun saat pandemi seperti yang terjadi kemarin, tiga tugas yang sejatinya sudah biasa dilakukan oleh guru tersebut, lebih terasa menantang. Sebab guru harus mengubah cara belajarnya. Dari pembelajaran tatap muka yang konvensional menjadi pembelajaran secara daring.

Ini memberikan banyak tantangan bagi para guru. Pertama, bagaimana guru bisa menyampaikan materi belajar dengan baik melalui sistem pembelajaran online. Kedua, bagaimana guru bisa menggunakan beragam perangkat teknologi digital untuk proses pembelajarannya.

Ketiga, bagaimana guru bisa membuat murid-murid tetap fokus dan konsentrasi belajar meskipun pemeblajaran dilakukan secara daring. Keempat, bagaimana guru bisa tetap menciptakan pembelajaran online yang bermakna dan menyenangkan.

Tentunya semua tantangan ini harus bisa diatasi oleh guru. Caranya adalah guru tetap harus produktif, meski di tengah pandemi seperti ini. Apalagi, saat pandemi jam mengajar tentu lebih pendek dari biasanya. Keleluasaan waktu ini bisa dimanfaatkan guru untuk tetap produktif baik di sekolah maupun di rumah.

Tips Menjadi Guru yang Produktif

sumber: https://www.pexels.com/

Lalu bagaimana ya caranya untuk tetap bisa menjadi guru yang produktif baik di rumah maupun di sekolah? Apa yang harus guru lakukan agar menjadi guru yang produktif di rumah dan di sekolah?

1. Tentukan Tujuan yang Ingin Dicapai

Tips pertama agar bisa menjadi guru yang produktif di rumah dan di sekolah adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai. Mulailah dengan menulis apa saja pekerjaan dan rencana yang ingin Anda lakukan.

Misalnya, setelah selesai dengan pekerjaan mengajar Anda, ada hal-hal lain yang ingin dilakukan, tulis saja.

Menulis rencana bisa membantu Anda mewujudkannya. Tuliskan hal-hal produktif yang ingin Anda lakukan, agar Anda bisa menjadi guru yang produktif baik di rumah maupun di sekolah.

Beragam kegiatan bisa Anda pilih diluar pekerjaan mengajar, seperti membaca buku, menulis artikel, mengikuti webinar ataupun melakukan hobi Anda. Tulis saja semua hal yang ingin Anda lakukan.

2. Membuat To Do List

Setelah tahu apa saja kegiatan yang akan Anda lakukan, Anda perlu membuat to do list agar tidak ada aktivitas yang Anda lupakan. Buat to do list harian, catat hal-hal apa yang akan Anda lakukan.

Buat semua list harian, mulai dari pekerjaan mengajar Anda hingga hal-hal lain yang ingin Anda kerja.

3. Mindfullness

Lakukan semua kegiatan Anda sacara mindfullness. Mindfullness adalah sebuah cara memusatkan perhatian secara penuh saat melakukan sesuatu. Mindfullness ini adalah setiap melakukan kegiatan, Anda hadir secara penuh dan utuh.

Misalnya, saat mengajar, perhatian Anda hanya fokus pada kegiatan mengajar tersebut. Tidak memikirkan hal-hal lain saat mengajar.

Bila Anda selalu mindfull setiap melakukan kegiatan, maka ini bisa meningkatkan produktivitas Anda.

Selain itu, banyak manfaat lain yang akan Anda dapatkan dari mindfullness ini. Pertama, menghilangkan stres. Mindfull membuat Anda selalu bisa bersyukur dengan apa yang Anda miliki. Anda bisa mengontrol emosi dan reaksi atas apa yang ada di sekitar Anda. Tentu ini membuat Anda lebih santai dalam menjalani hidup.

Kedua, mindfullness membantu meredakan sakit yang Anda derita. Misalnya saat Anda merasakan sakit di bagian punggung dan leher, Anda bisa menghilangkannya dengan melakukan kegiatan yang mindfullness.

Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah, penelitian dalam Journal of Neuroscience yang menemukan bahwa hanya dengan 80 menit melakukan mindfulness dapat meredakan rasa sakit hampir setengahnya.

4. Selalu Semangat Belajar

Agar selalu produktif, Anda harus selalu semangat belajar. Mulailah untuk mempelajari hal-hal baru. Tentu ini akan membuat Anda lebih semangat dalam melakukan banyak hal. Belajar hal baru bisa membuat Anda aktif dan produktif.

Misalnya, untuk menjawab tantangan pembelajaran secara online, Anda bisa belajar beragam teknologi digital yang mendukung pekerjaan mengajar Anda. Belajar bagaimana mengelola pembelajaran online yang bermakna dan menyenangkan adalah hal baru yang bisa Anda lakukan untuk terus produktif.

Belajar hal baru seperti ini membuat Anda lebih sering membaca buku, mengikuti webinar atau bahkan mengikuti workshop dan pelatihan online. Tentunya semua ini adalah hal produktif yang bisa Anda lakukan di rumah dan di sekolah.

5. Melakukan Pola Hidup Sehat

Kunci penting agar tetap produktif adalah Anda harus memiliki badan yang sehat dan bugar. Anda tak akan bisa melakukan apa saja jika tidak sedang sehat dan bugar. Oleh karena itu, salah satu tips agar menjadi guru yang produktif di rumah dan di sekolah adalah dengan melakukan pola hidup sehat agar Anda memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Pola hidup sehat dimulai dengan selalu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup dan selalu ruti melakukan olehraga.

Pola hidup sehat ini tak hanya memberi Anda tubuh yang sehat agar bisa produktif saja, tetapi juga bisa membantu Anda terhindar dari penyakit dan penyebaran virus.

6. Melakukan Hobi

Jangan lupa di sela-sela kesibukan Anda, tetap sediakan waktu untuk melakukan hobi Anda. Misalnya, di waktu luang, Anda bisa membaca buku favorit Anda sambil menikmati hangatnya secangkir kopi. Atau bisa juga Anda berkebun untuk mengisi waktu luang Anda.

Melakukan hobi juga memberi manfaat bagi Anda. Anda bisa sehat jiwa raga. Tidak stres dan akan selalu terpacu untuk melakukan banyak hal.

7 Pembelajaran Digital untuk Guru guna Memudahkan KBM
Pembelajaran digital sangat bermanfaat bagi guru dan murid. Inovasi sistem belajar ini memberi ruang & definisi lebih luas dari belajar itu sendiri.

Saat Anda melakukan hobi Anda, Anda bisa rileks sejenak. Lebih tenang dan bahagia. Bila tangki kebahagiaan ini sudah terasa penuh, pastinya Anda akan memiliki energi penuh untuk melakukan semua aktivitas Anda. Anda pun bisa menjadi guru produktif di rumah dan di sekolah.

7. Disiplin

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjadi guru yang produktif baik di rumah dan di sekolah adalah disiplin. Ya, kedisiplinan membantu Anda bisa melakukan hal-hal yang sudah Anda rencanakan. Kedisiplinan juga akan selalu menjaga Anda untuk selalu melakukan pola hidup sehat. Disiplin akan membuat Anda menjadi guru yang produktif, di rumah dan di sekolah.

7 Cara Implementasi Pembelajaran Modern Berbasis Digital
Pendidikan di Indonesia sudah muncul metode pembelajaran berbasis daring atau biasa disebut dengan e-learning yang sudah diterapkan sejak tahun 2016

Demikian 7 tips menjadi guru produktif di rumah dan di sekolah. Semoga tips ini bisa membantu Anda. Mari terus semangat menjadi guru yang produktif, baik itu di rumah maupun di sekolah. Semangat dan salam sehat selalu.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.