7 Tips Efektif Menggunakan Metode Mind Mapping untuk Pembelajaran

edukasi Nov 12, 2020

Metode mind mapping menjadi salah satu media pembelajaran. Mind mapping membantu siswa memahami materi dengan lebih cepat. Begitu juga untuk guru, mind mapping bisa membuat materi pembelajaran disampaikan dengan cara yang simple, namun tetap bisa dipahami dengan baik.

Apa itu Mind Mapping

Metode mind mapping atau dalam bahasa indonesia berarti peta pikiran adalah metode pembelajaran menulis secara kreatif untuk meringankan para pembelajar dalam mengingat pengetahuan dan informasi yang telah didapat, metode ini ditemukan oleh Tony Buzan.

Dalam prosesnya sesudah tulisan selesai, catatan tulisan akan dirangkum dalam bentuk gagasan utama yang saling terkait dimana gagasan utama berada di tengah dan sub utama menjadi cabang-cabang dengan dihubungkan dengan garis.

Cabang dari sub topik bisa dikembangkan menjadi lebih terperinci hingga yang terkecil. Ini bisa dianalogikan dengan cabang ranting pada pohon.

Manfaat dari Model Mind Mapping ini bisa meringankan siswa dalam mengolah informasi konsep dan memahaminya secara bertahap. Selain itu mencatat model pembelajaran ini bisa dibuat dengan indah dan menarik, ini bisa membuat pada saat review bisa lebih mudah dipahami. Guru juga bisa mengunakan metode mind mapping saat mengajar di kelas. Ini akan membuat materi belajar menjadi efektif dan efisien saat disampaikan.

Karakteristik Metode Mind Mapping

Pada awalnya metode pembelajaran mind mapping ini berasal dari sebuah penelitian para ilmuan tentang bagaimana cara otak mengolah dan memproses informasi pengetahuan. Di awal penelitian, ilmuwan beranggapan bahwa otak mengolah dan memproses informasi secara linier, ini bisa dianalogikan seperti saat menyimpan barang digudang.

Tetapi, penelitian terakhir menemukan bahwa otak mendapatkan  informasi dengan cara kombinasi antara aroma, gambar, pikiran, bunyi dan perasaan yang terbagi menjadi format linier. Ini bisa dicontohkan ketika mengingat tulisan atau ceramah, otak bisa terpicu hanya dengan simbol, warna, bunyi, gambar serta perasaan.

Maka dari itu, untuk bisa memanfaatkan mind mapping secara optimal, pembuatan mind mapping sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk warna gambar serta simbol yang indah.

Dengan proses berpikir Mind Mapping ini, membuat anda bisa mengkategorikan pikiran seperti halnya  saat meletakan sesuatu barang pada tempatnya, seperti buku diletakan sesuai dengan genrenya masing-masing misal buku komik, buku sosial, buku sains dan lain-lain yang diletakan sesuai dengan kategorinya.

Teknik mind mapping membuat anda bisa berpindah-pindah teori dengan mudah. Karena mekanisme pada mind mapping membuat kinerja otak menjadi lebih efisien dalam memproses informasi yang masuk.

Menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran membuat proses pembelajaran berjalan efektif. Materi lebih cepat dan mudah dipahami.

Keunggulan Metode Mind Mapping

Sebagai salah satu metode pembelajaran, mind mapping ini memiliki banyak keungulan. Beberapa keunggulan menggunakan metode mind mapping dalam proses pembelajaran adalah :

1. Meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat sesuatu lebih utuh dan detail.

2. Meningkatkan kemampuan manajemen informasi, konsentrasi, imajinasi dan memori.

3. Menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan dan sangat menghemat waktu.

4. Membuat materi yang sulit lebih mudah untuk dipahami dan dikuasai.

5. Memaksimalkan otak logika bagian kiri dan otak imajinasi pada bagian kanan.

6. Pembelajaran lebih hidup dan mengasyikan.

7. Mengembangkan kreativitas pembelajar dalam mengakuisisi pengetahuan.

Mind mapping memiliki cara kerjanya yang sesuai dengan cara kerja otak manusia, mencatat dengan mind mapping membuat anda mengingat materi lebih lama karena anda tau gambaran besarnya. Mind mapping memudahkan kita untuk memahami konsep materi . Meninggalkan cara lama dalam mencatat dan sedikit demi sedikit beralih ke mind mapping akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Ini akan meguntungkan kedua belah pihak. Guru bisa dengan mudah menyampaikan materi belajar yang efektif. Sedangkan murid bisa lebih cepat dan mudah dalam memahami materi yang diterima.

Tips Efektif Menggunakan Metode Mind Mapping untuk Pembelajaran

Banyaknya keunggulan dari metode mind mapping ini, membuat metode ini banyak digunakan untuk pembelajaran. Anda pasti juga tertarik untuk menggunakan metode mind mapping ini. Penggunaan mind mapping yang efektif tentu akan semakin membantu kelancaran proses pembelajaran.

Berikut 7 tips efektif yang bisa membantu anda menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran.

1. Temukan Poin Penting di Tiap Bab dan Sub Bab

Sebelum mulai membuat Mind Map, temukan poin penting di setiap bab dan sub bab pada buku yang anda baca. Catat poin penting tersebut dalam kertas kecil. Anda boleh mencatatnya dengan linear. Misalnya, dalam buku yang anda baca terdapat 5 bab. Masing-masing bab terdiri dari 3 sub bab. Maka Anda harus temukan poin penting dari 15 total sub bab.

2. Sediakan Peralatan Pendukung

Sebelum membuat mind mapping, pastikan anda sudah menyiapkan berbagai peralatan pendukungnya. Mulai dari kertas gambar persegi panjang, spidol berwarna atau pensil warna, dan tentunya buku yang akan anda buat mind mappingnya sudah tersedia di dekat anda.

3. Tuliskan Kalimat Utama (Tema Besar) di Tengah Kertas

Tuliskan satu tema besar pada bagian tengah kertas anda. Ini akan menjadi tema besar mind mapping anda. Anda bisa menuliskannya dengan huruf besar dan warna mencolok, atau bisa juga anda berikan bentuk atau gambar khusus agar lebih menarik perhatian. Atau bila ingin yang lebih sederhana, anda cukuplah dengan menuliskannya dan membuat lingkaran atau bentuk lain untuk melingkarinya.

4. Buat Cabang Untuk Tiap Judul

Kebanyakan kesalahan dalam membuat mind mapping adalah tidak cukupnya ruang menuliskan semua poin penting dalam satu kertas. Untuk menyiasatinya, anda bisa membuat cabang untuk tiap judul terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan ada ruang yang cukup untuk menuangkan gagasan dalam bentuk mind map.

Jika tidak, kebanyakan orang akan menyelesaikan satu judul terlebih dahulu, baru pindah ke judul yang lain. Terkadang judul-judul yang terakhir tidak akan mendapat ruang yang cukup.

5. Buat Cabang Sub Judul pada Setiap Judul

Setelah membuat cabang pada untuk setiap judul, buatlah cabang pada setiap judul untuk menuliskan sub judul. Lakukan ini pada setiap judul sampai selesai.

6. Gunakan Warna Berbeda untuk Tiap Judul

Agar memudahkan otak  memahami mindmap dengan cepat, berilah warna yang sama pada masing-masing judul dan sub judul. Buat 1 judul hanya menggunakan 1 warna.

7. Gunakan Satu Kata/Frase

Setiap judul dan sub judul pada mind mapping haruslah dituliskan dalam 1 kata atau frase saja. Misalnya ketika anda menulis kalimat berikut “Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh” maka Anda cukup menuliskannya “Pembelajran Jarak Jauh”.

Akankah Buku Digital Menggantikan Buku Cetak untuk KBM di Masa Depan?
Kemdikbud dan lembaga pendidikan lainnya saat ini sudah banyak menyediakan buku sekolah elektronik dan ebook pembelajaran yang bisa diakses gratis oleh para guru dan murid

Mencatat dengan metode mindmap mungkin menghabiskan waktu sedikit lebih lama dari mencatat linear, selain itu juga melibatkan otak anda secara aktif. Tetapi, hasil yang kita dapat dari metode ini sangatlah baik, anda bisa dengan mudah dan cepat memahami materi pembelajaran.

Menerapkan Blended Learning di Kelas
Blended learning merupakan model pembelajaran campuran. Campuran yang dimaksud adalah kombinasi antara model pembelajaran online learning dengan model pembelajaran face to face learning.

Semoga 7 tips efektif ini bisa membantu anda menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran, selamat mencoba.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.