7 Manfaat Kelas yang Interaktif

teaching 5 Jan 2022

Umumnya, kegiatan pembelajaran lebih baik jika siswa terlibat aktif di dalamnya, sehingga guru bukan hanya menjelaskan panjang lebar dan siswa hanya mendengarnya, tetapi mengajak siswa untuk masuk ke dalam pemahaman materi yang diajarkannya. Sebagai guru, Anda harus lebih kreatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif. Hal ini berguna untuk perkembangan siswa dan meningkatkan pemahaman mereka agar bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

Baik kegiatan pembelajaran secara online maupun tatap muka di kelas, siswa dan guru harus memiliki interaksi dan komunikasi yang baik. Hal ini bisa diawali dengan membangun kedekatan guru dan siswa. Sebagai guru, Anda bisa membangun bonding atau ikatan dengan siswa dengan cara sederhana, misalnya menanyakan kabar siswa, empati, menanyakan kondisi siswa sebelum pembelajaran dimulai, dan lainnya.

Bonding yang dibangun pada awal kegiatan pembelajaran membuat hubungan semakin erat, siswa juga merasa lebih nyaman dan siap mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Jika pembelajaran online, Anda juga tetap bisa melakukan hal ini dengan memanfaatkan media belajar online, Anda bisa meminta siswa untuk menyalakan kamera saat video conference agar lebih interaktif.

Perhatian-perhatian kecil yang tampaknya sederhana justru bisa membangun hubungan lebih dekat dengan siswa. Tanpa disadari ini membuat siswa lebih semangat dan nyaman saat belajar, merasa bertanggung jawab untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Tak lupa, guru juga bisa memberikan motivasi pembelajaran dan menyampaikan tujuan atau target belajar agar siswa bisa mencapainya dengan baik.

Manfaat Kelas yang Interaktif

Kelas yang interaktif membuat proses pembelajaran berjalan lancar dan efektif serta memberikan banyak manfaat baik bagi guru ataupun siswa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kelas interaktif seperti menggunakan metode pembelajaran yang pas dan bisa diterima siswa, mengajak siswa lebih aktif dan guru pasif, serta membuat dan menggunakan media belajar yang kreatif.

Beberapa manfaat kelas yang interaktif yaitu dapat memandu siswa untuk belajar lebih baik, meningkatkan efisiensi belajar, menumbuhkan motivasi siswa, belajar lebih seru dan aktif, serta memudahkan siswa dalam memahami konsep dan konsisten dalam belajar. Lebih dari itu, berikut ini merupakan 7 manfaat kelas interaktif lainnya beserta penjelasannya.

1. Kelas Akan Lebih Menarik Perhatian

Manfaat kelas yang interaktif adalah dapat membuat kelas lebih menarik perhatian siswa, karena dengan adanya interaksi antara guru dan siswa akan meningkatkan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini sangatlah penting dalam kelas, karena semakin siswa memperhatikan, semakin mudah untuk guru dalam menjelaskan materi pembelajaran.

Kelas yang interaktif dan menarik juga membuat siswa lebih semangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini menjadi solusi bagi siswa yang sering mengantuk atau tidak fokus saat belajar, agar mereka lebih konsentrasi di kelas.

2. Pembelajaran Akan Lebih Mudah Dipahami

Banyak dari siswa yang sulit paham akan materi yang disampaikan oleh guru, karena kurangnya  interaksi antara guru dan siswa. Menggunakan cara yang interaktif akan membuat sistem pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa.

Hal inilah yang menjadi salah satu manfaat kelas yang interaktif, di mana pembelajaran akan lebih mudah dipahami oleh siswa dan membuat guru lebih mudah dalam menjelaskan. Dengan begitu, siswa juga bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

3. Tidak Membosankan

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, kelas yang interaktif menjadi solusi untuk menghilangkan kebosanan selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dikarenakan suasana pembelajaran jadi lebih hidup dan menyenangkan.

Banyak siswa yang mengeluh bosan saat pembelajaran, mungkin karena sistem atau metode belajar yang monoton. Dengan adanya kelas yang interaktif akan membuat siswa lebih bebas dan tidak bosan dalam belajar. Guru dapat menggunakan cara atau metode sekreatif dan semenarik mungkin untuk menghilangkan kebosanan siswa.

4. Teknik Belajar yang Beragam

Kelas yang interaktif menjanjikan teknik belajar yang berbeda dari yang lain. Sistem yang beragam akan membuat siswa bebas memilih pembelajaran dengan sistem yang mereka pilih. Dengan begitu ini juga termasuk manfaat kelas yang interaktif, hal ini akan membuat siswa lebih kreatif dan inovatif. Karena akan menimbulkan sikap siswa yang kreatif. Teknik belajar yang beragam disini adalah penggunaan sistem yang luas dan bebas. Tidak melulu dengan cara yang sudah ada, bisa dengan memperbarui sistem pembelajaran atau mengubah sistem belajar. Dengan begitu manfaat dari kelas yang interaktif.

5. Membangkitkan Minat dan Motivasi Siswa

Manfaat kelas interaktif juga dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Karena setiap siswa memiliki minat dan motivasi belajar yang berbeda-beda. Nah, dengan sistem pembelajaran yang interaktif ini akan menumbuhkan minat siswa, yang dapat membuat siswa memiliki motivasi belajar. Dengan timbulnya motivasi belajar akan membuat siswa lebih menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Dengan begitu akan menimbulkan minat siswa dalam pembelajaran yang mereka sukai.

Semakin siswa menyukai pembelajaran maka semakin besar motivasinya dalam menekuni pembelajaran yang ia sukai. Hal ini akan menimbulkan prestasi yang berhubungan dengan minat dan bakat siswa. Siswa juga akan lebih mudah memahami materi pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

6. Membentuk Interaksi antara Guru dan Siswa

Interaksi antara guru dan siswa adalah salah satu faktor terpenting dalam pembelajaran, dengan adanya kelas yang interaktif ini akan dengan mudah membentuk interaksi antara guru dan siswa dengan mudah.

Agar interaksi antara guru dan siswa terbentuk dengan sendirinya, metode pembelajaran yang interaktif adalah solusinya. Ini adalah manfaat kelas yang interaktif. Dengan adanya interaksi antara guru dan siswa akan menimbulkan fokus siswa dalam pembelajaran. Interaksi siswa dan guru juga dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penyampaian materi.

7. Dapat Meningkatkan Kualitas Belajar

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas belajar pada siswa, karena pembelajaran interaktif dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Bebas memilih sistem yang mana, hal ini akan meningkatkan kualitas belajar siswa dalam pembelajaran. Dengan adanya kualitas belajar yang meningkat, akan membuat kualitas siswa juga meningkat. Siswa yang memiliki kualitas bagus akan membuat sistem pembelajaran yang efektif. Hal ini adalah manfaat terpenting dalam kelas yang interaktif.

Itulah beberapa hal mengenai kelas yang interaktif beserta manfaatnya yang bisa Anda ketahui. Kelas interaktif ini juga membantu guru untuk meningkatkan prestasi siswa dalam belajar, karena keberhasilan siswa dalam belajar adalah keberhasilan guru juga. Oleh sebab itu, sebagai guru Anda harus lebih kreatif lagi dalam menciptakan kelas yang interaktif.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.