7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Guru Saat Menutup Sesi Pembelajaran

Pada kegiatan belajar mengajar, seorang guru tidak hanya dituntut untuk melakukan kegiatan membuka sesi pembelajaran saja, tetapi juga harus melakukan kegiatan menutup sesi pembelajaran.

Kegiatan Menutup Kegiatan Pembelajaran

sumber: https://www.pexels.com

Sebelumnya, apasih yang dimaksud dengan kegiatan menutup kegiatan pembelajaran? Kegiatan menutup kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan setiap guru untuk mengakhiri proses kegiatan inti pembelajaran.

Kegiatan menutup sesi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dilakukan guru untuk memberi gambaran secara menyeluruh mengenai apa yang telah dipelajari siswa, tingkat pencapaian siswa, serta tingkat keberhasilan guru dalam melakukan proses kegiatan belajar.

Pada kesempatan ini, yang dimaksud dengan menutup kegiatan pembelajaran bukan berarti mengucapkan salam penutup ataupun doa yang dipanjatkan setelah kegiatan pembelajaran selesai dilaksanakan. Namun, yang dimaksud di sini yaitu keterampilan yang dimiliki guru dalam mengakhiri sesi kegiatan belajar sembari menjelaskan kembali poin-poin yang telah dipelajari pada hari tersebut.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa, kegiatan menutup kegiatan pembelajaran adalah usaha guru untuk memberi gambaran secara menyeluruh mengenai apa yang telah dipelajari siswa, tingkat keberhasilan siswa dalam menyerap pembelajaran, serta menentukan titik pangkal pada kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Selain itu, kegiatan menutup kegiatan pembelajaran ini juga bisa digambarkan sebagai pintu keluar dari satu kegiatan belajar. Pintu keluar tersebut dapat memberikan berbagai macam kesan dan pesan kepada siswa.

Komponen- Komponen Keterampilan Menutup Kegiatan Pembelajaran

Menjelang akhir suatu kegiatan pembelajaran, pada kesempatan ini guru harus menutup kegiatan pembelajaran dengan baik. Hal ini penting dilakukan agar siswa dapat memperoleh gambaran utuh mengenai pokok-pokok materi yang telah dipelajari.

Adapun menurut Abimanyu (1985), berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan guru dalam menutup kegiatan pembelajaran, yaitu seperti:

1. Meninjau Kembali

Sebelum kegiatan belajar selesai, penting bagi guru untuk meninjau kembali inti dari kegiatan pembelajaran yang telah dikuasai siswa. Adapun dua cara yang dapat membantu guru untuk meninjau penguasaan inti pelajaran, yaitu dengan merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan. Berikut penjelasannya.

a. Merangkum Inti Pelajaran

Yang dimaksud dalam merangkum inti pelajaran adalah merangkum seluruh proses kegiatan pembelajaran saat itu. Misalnya, ketika guru telah selesai menjelaskan ciri-ciri dari bangun ruang kubus, maka guru dapat membuat kesimpulan secara lisan mengenai pembelajaran tersebut. Kemudian, guru dapat memberikan sejumlah pertanyaan agar dijawab siswa dengan baik sebelum topik pembahasan diganti.

Peran Utama Guru dalam Proses Pembelajaran Anak
Peran guru dalam proses pembelajaran anak memang sangat penting dan tidak mudah.

Pada kesempatan ini, guru juga dapat memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat rangkuman dari pembelajaran saat itu.

b. Membuat Ringkasan

Adapun cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat ringkasan kegiatan pembelajaran. Pembuatan ringkasan ini tidak hanya dapat dilakukan oleh guru saja, tetapi juga oleh siswa, baik dilakukan secara perorangan maupun kelompok.

Misalnya, dalam pembelajaran statistika terdapat materi tentang pengumpulan dan pengolahan data. Pada kesempatan ini, siswa dapat membuat ringkasan mengenai cara mengolah data yang telah dikumpulkan siswa melalui percobaan. Hasil dari diskusi tersebut ditulis di kertas dan menempelkannya di papan tulis. Hasil dari diskusi tersebut dapat didiskusikan kembali oleh setiap siswa secara bersama-sama. Kemudian setelahnya, siswa dapat membuat ringkasan dari hasil diskusi yang telah dilakukan tersebut.

2. Mengevaluasi

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah siswa sudah memperoleh wawasan yang utuh mengenai suatu konsep yang diajarkan yaitu dengan melakukan evaluasi. Pada kesempatan ini, guru dapat meminta siswa untuk menjawab beberapa pertanyaan secara lisan atau dengan mengerjakan tugas.

Adapun bentuk dari evaluasi tersebut yaitu sebagai berikut:

a. Mendemonstrasikan Keterampilan

Di akhir kegiatan belajar, guru dapat meminta siswa untuk mendemonstrasikan keterampilannya. Misalnya, ketika guru telah selesai menerangkan konsep dari Matematika, maka siswa dapat mengerjakan beberapa soal di papan tulis.

b. Mengaplikasikan Ide Baru pada Situasi Lain

Pada kesempatan ini, guru dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan konsep yang telah dipelajari.

c. Mengekspresikan Pendapat Siswa Sendiri

Pada kesempatan ini, siswa akan berkomentar mengenai keefektifan dari suatu demonstrasi yang dilakukan guru ataupun siswa lainnya. Misalnya, setelah permainan peran tentang materi aritmatika sosial, siswa dapat mengemukakan pendapatnya mengenai peran yang telah mereka mainkan tersebut.

d. Soal-soal Tertulis

Pada kesempatan ini, guru dapat memberikan beberapa soal tertulis yang akan dikerjakan siswa. Soal tertulis itu dapat berbentuk soal uraian, tes objektif ataupun tugas melengkapi lembaran kerja.

Manfaat Kegiatan Menutup Kelas

sumber: https://www.pexels.com

Adapun manfaat dari kegiatan menutup kelas yang mana memiliki pengaruh positif terhadap proses dan hasil belajar. Berikut adalah pengaruh positif yang didapatkan, yaitu seperti:

  1. Timbulnya perhatian dan motivasi belajar siswa, terutama dalam menyelesaikan tugas yang guru berikan.
  2. Siswa dapat mengetahui dengan pasti batas tugas yang mereka kerjakan.
  3. Siswa mempunyai gambaran yang jelas mengenai pendekatan yang mungkin dapat dipelajari siswa dari suatu mata pelajaran.
  4. Siswa dapat mengetahui hubungan antara pengalaman-pengalaman yang telah dikuasai dengan hal-hal baru yang akan dipelajari atau masih asing bagi siswa.
  5. Siswa dapat menggabungkan fakta, keterampilan atau konsep yang mencakup suatu peristiwa.
  6. Siswa dapat mengetahui tingkat keberhasilan yang dimilikinya dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan guru dapat mengetahui tingkat keberhasilannya dalam mengajar.

Prinsip-Prinsip dalam Menutup Sesi Pembelajaran

1. Prinsip Bermakna

Untuk menarik atau memotivasi siswa, seorang guru harus memiliki cara yang relevan dengan isi dan tujuan pembelajaran. Penting bagi guru untuk menghindari cara yang dibuat-buat, seperti menyisipkan cerita singkat atau lawakan yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran.

2. Prinsip Berurutan dan Berkesinambungan

Kegiatan memperkenalkan dan merangkum pokok-pokok materi pembelajaran adalah bagian dari kesatuan yang utuh. Untuk mewujudkan prinsip yang berurutan dan berkesinambungan ini, penting bagi guru untuk melakukan susunan yang tepat, dan berhubungan dengan minat siswa. Selain itu, penting bagi guru untuk memastikan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa itu ada kaitannya.

7 Kegiatan yang Dilakukan Guru Saat Menutup Sesi Pembelajaran

Berikut adalah tujuh kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk menutup sesi kegiatan pembelajaran, yaitu:

1. Merangkum Inti Pembelajaran

Merangkum inti pembelajaran berarti guru merangkum keseluruhan proses kegiatan pembelajaran. Pada kesempatan ini, guru dapat memulainya dengan menjelaskan suatu materi kemudian memberikan sejumlah pertanyaan yang akan dijawab siswa.

2. Membuat Ringkasan

Dalam membuar ringkasan, guru dapat memanfaatkan pokok-pokok dari materi pembelajaran yang telah diajarkan.

3. Mengevaluasi

Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, guru dapat mengevaluasi kemampuan siswa melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara lisan atau dengan mengerjakan tugas.

4. Memotivasi Siswa

Untuk mengakhiri sesi kegiatan pembelajaran, guru dapat memberikan motivasi kepada siswa yang dapat menyuntik semangat mereka dalam belajar.

5. Memberi Salam

Untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran, ada baiknya memberikan salam.

7 Contoh Kegiatan Pembelajaran
untuk membuat kualitas belajar menjadi lebih baik yaitu dengan membuat kegiatan pembelajaran yang kreatif, aktif, dan juga seimbang

6. Senyum

Dengan senyum, proses kegiatan pembelajaran dapat menjadi lebih bermakna. Pada kesempatan ini, guru dapat mengakhiri sesi pembelajaran dengan memberi senyuman hangat. Dengan begitu, siswa akan merasa terkesan dan menantikan kegiatan pembelajaran yang berikutnya.

7. Doa

Hal terakhir yang dapat dilakukan guru yaitu mengakhirinya dengan doa, agar materi yang telah dipelajari dapat menjadi pelajaran yang bermanfaat bagi siswa maupun guru.

Demikianlah penjelasan mengenai kegiatan menutup sesi pembelajaran beserta contoh kegiatannya. Semoga bermanfaat!