7 Kegiatan Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga

parenting 23 Des 2021

Memasuki akhir tahun, biasanya setiap orang memiliki kegiatannya sendiri untuk merayakan pergantian tahun baru ini. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga sudah memiliki agenda tahun baru?

Meskipun pandemi Covid-19 belum usai dan diharapkan untuk berada di rumah saja, namun Anda tetap bisa melakukan berbagai aktivitas yang seru agar tahun baru tidak terasa membosankan. Anda dan keluarga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan produktif saat tahun baru.

7 Kegiatan Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga

Untuk menjaga hubungan keluarga tetap harmonis dan romantis, lakukanlah kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama. Tahun baru nanti bisa menjadi momen kumpul bersama keluarga dan sedikit menghilangkan penat dari banyaknya aktivitas sehari-hari.

7 Cara Quality Time Setiap Minggu Bersama Keluarga
Anak-anak yang jarang berkomunikasi dengan orang tua, membuat orang tua menjadi kurang update dengan perkembangan anak.

Sebagai orang tua, Anda harus lebih inovatif dan kreatif untuk menciptakan kegiatan yang seru bersama anak-anak di rumah. Jika masih bingung melakukan apa ketika tahun baru nanti, berikut 7 kegiatan tahun baru di rumah bersama keluarga yang bisa Anda lakukan.

1. Pesta Barbeque atau Bakar-bakaran

Untuk membuat malam tahun baru lebih meriah, pastinya hampir semua orang pernah melakukan kegiatan ini. Yup, betul, pesta barbeque atau bakar-bakaran. Kegiatan ini bisa mempererat hubungan keluarga atau teman-teman.

Biasanya dilakukan di halaman rumah atau villa yang disewa khusus saat tahun baru. Menu yang dibawa untuk bakar-bakaran misalnya aneka seafood, daging sapi, sate ayam, sosis, jagung, dan lainnya. Kegiatan ini sederhana tapi pastinya akan menghasilkan memori yang indah.

Jangan lupa, ajak keluarga di rumah untuk ikut bergabung dalam kegiatan bakar-bakaran. Semakin ramai pasti akan semakin seru, sehingga malam tahun baru pun jadi berkesan dan tidak terasa membosankan.

2. Menonton Film

Untuk yang tidak mau keluar ketika malam pergantian tahun baru karena takut ramai dan macet, bisa menghabiskan waktu di rumah dengan menonton film bersama-sama. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan maraton nonton film dari malam tahun baru sampai besok paginya.

Untuk menciptakan suasana layaknya di bioskop, Anda bisa mematikan lampu, menggunakan speaker dan siapkan selimut agar menonton menjadi lebih nyaman. Agenda ini juga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki list film seru namun belum sempat ditonton karena kesibukan yang begitu padat.

Banyak film tema liburan yang bisa ditonton. Menonton film horror juga bisa menjadi pilihan untuk ditonton bersama-sama. Jangan lupa, sediakan cemilan dan minuman yang banyak supaya menonton semakin seru dan untuk menemani malam menuju pergantian tahun baru.

Biasanya TV juga akan menyajikan film-film keren ketika tahun baru. Jadi, anda tinggal pilih saja film apa yang ingin ditonton.

3. Pesta Kembang Api

Tentu saja merayakan malam tahun baru pasti paling identik dengan adanya pesta kembang api. Melihat pesta kembang api tidak perlu jauh-jauh ke pusat kota dan bermacet-macet ria. Kamu bisa melakukannya dari rumah saja dengan keluarga dan teman-teman. Tinggal perlu membeli kembang apinya sendiri.

Anda bisa membeli kembang api kecil saja karena sudah cukup untuk memeriahkan pesta tahun baruan. Akan semakin menarik jika dilengkapi dengan memakai kostum yang lucu dan unik. Pesta malam tahun baru akan jadi menyenangkan dan tidak terlupakan.

4. Pajamas Party

Ide pajamas party atau pesta piyama adalah salah satu yang paling seru untuk menghabiskan malam pergantian tahun baru. Anda bisa undang teman-teman untuk datang ke rumah dan pesta bersama-sama.

Jangan lupa untuk menghias rumah atau kamar dan setiap yang datang harus memakai aneka aksesoris yang lucu juga. Saat acara, foto yang banyak dan abadikan momen tersebut. Upload juga di media sosial dengan caption lucu.

Aktivitas ini juga bisa dilakukan bersama keluarga kecil Anda. Pastinya anak-anak akan merasa senang dan tidak membosankan, karena mereka menggunakan pakaian yang unik dan berfoto ria.

5. Video Call

Di masa pandemi ini, pastinya sulit untuk keluarga atau teman-teman yang tinggal di luar negeri atau luar kota pulang ke rumah untuk merayakan tahun baru. Dengan adanya teknologi, kita harus bersyukur komunikasi menjadi semakin mudah.

Saat malam tahun baru, Anda bisa menelpon keluarga atau teman jauh untuk merayakan bersama. Fitur video call telah memudahkan jadi bisa sama-sama melihat wajah satu sama lain. Jadi, hal ini bisa mengobati rasa rindu dengan mereka.

Misalnya jika Anda berpisah dengan keluarga Anda karena ada urusan tertentu, video call juga menjadi pilihan yang tepat untuk bisa merayakan malam tahun baru bersama keluarga besar.

6. Karaokean

Malam tahun baru artinya harus seru-seruan sepanjang malam. Untuk seru-seruan bisa dilakukan dengan karaokean dengan keluarga dan teman-teman. Lepaskan segala beban dan stres dengan menyanyi sesuka hati. Ide ini pastinya disukai semua orang karena siapa yang tidak suka bernyanyi, bukan?

Pilih lagu-lagu yang menyenangkan dan yang Anda hafal betul. Jangan hiraukan tetangga untuk sebentar. Bernyanyilah bersama-sama dan bersenang-senang untuk sehari saja.

Jangan lupa siapkan camilan dan minuman, karena sehabis bernyanyi, tentu Anda membutuhkan energi. Anda bisa mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama lagu kesukaan mereka. Kegiatan ini membuat anak jadi lebih aktif dan tentunya menyenangkan. Sehingga malam tahun baru di rumah pun tidak terasa membosankan.

7. Bermain Game

Bermain game bersama keluarga juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi malam tahun baru jadi lebih seru dan menyenangkan. Apalagi anak-anak biasanya menyukai game. Anda bisa memilih game yang menyenangkan dan mengasah otak atau problem solving anak. Anda juga bisa bertanya langsung kepada anak game apa yang mereka ingin mainkan.

Game di sini bisa banyak macamnya. Ada game konvensional, seperti bermain kartu, monopoli, sampai truth and dare, game di laptop atau HP, atau game di Playstation (PS). Yang pastinya game harus bisa dimainkan lebih dari satu atau dua orang.

Game akan dimainkan oleh seluruh anggota keluarga supaya lebih seru, yang menang nantinya akan diberikan hadiah dan yang kalah diberi hukuman sesuai kesepakatan.

Pentingnya Peran Keluarga dalam Penguatan Pendidikan Karakter
Penguatan pendidikan karakter tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah saja. Keluarga memiliki peran penting dalam penguatan pendidikan karakter.

Itulah 7 kegiatan tahun baru di rumah yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Meskipun hanya di rumah saja, namun dengan melakukan kegiatan tersebut akan jadi lebih asyik bukan?

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.