7 Ide Kerja Sampingan di Masa Pandemi

ekonomi Jun 15, 2020

Menyebarnya virus Corona sejak akhir tahun 2019 menyebabkan perubahan aktivitas di masyarakat. Hal yang paling banyak terkena dampak adalah sektor ekonomi. Tidak sedikit karyawan yang harus dirumahkan sehingga butuh kerja sampingan. Terlebih Indonesia kini telah mencapai angka 29 ribu kasus terkonfirmasi Covid-19. Sebuah data yang sangat mencengangkan.

Pandemi memberikan kesulitan, yang terbaik adalah memikirkan jalan keluar.

Selain bidang ekonomi, sektor pendidikan pun mengalami tekanan yang tinggi. Pelajar beserta guru terpaksa harus menjalani belajar mengajar dari rumah. Beberapa orang tua yang menjadi korban PHK semakin terbebani karena harus memfasilitasi belajar anaknya secara online.

Mengeluh saja tidak akan memberikan jalan keluar. Sebaliknya, mengalihkan fokus pada strategi melakukan pekerjaan sambilan sampai kondisi kembali kondusif adalah langkah yang tepat. Tujuh pekerjaan berikut ini dapat menjadi pilihan.

1.Menjadi Reseller Produk Kesehatan

Semenjak wabah merebak, masyarakat semakin aware terhadap kesehatan. Berbagai macam produk kesehatan yang mendukung terhadap pencegahan tertularnya covid-19 sangat laku. Bahkan sempat terjadi kelangkaan barang di awal-awal terjadinya pandemi. Dengan begitu, produk seperti masker, vitamin , hand sanitizer, desinfektan, jamu tradisional, dan lain sebagainya sangat potensial untuk Anda jual. Pasalnya, berdasarkan riset lembaga Nielsen menyatakan tingkat penjualan produk farmasi  melonjak hingga 48 persen.

Orang-orang yang dahulu abai pada pola hidup bersih dan sehat, kini mulai beralih secara drastis. Anda harus memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan penghasilan. Tidak harus memproduksi sendiri apalagi menyediakan toko khusus. Menjadi reseller adalah strategi jitu bagi penjual yang tidak punya modal.  Cukup dengan paket internet, hp android, dan gambar produk dari penjual utama,  Anda bisa berjualan via daring. Praktis dan fleksibel.

2.Kurir Makanan dan Barang

Profesi ini mendapat tempat yang strategis beberapa tahun terakhir. Maraknya layanan delivery order menjadi kesempatan yang sangat bagus untuk menjadi kurir. Permintaan jasa ini kian meningkat di masa pandemic. Apalagi bagi orang-orang yang melakukan karantina di rumah merasa terbantu dengan adanya kurir makanan dan barang. Untuk melakukan pekerjaan ini, Anda tidak harus bergabung dengan perusahaan transportasi online yang resmi. Tidak juga memerlukan mitra perusahaan makanan. Buatlah usaha jasa kurir milik Anda sendiri.

Anda bisa memulai jasa ini dari orang-orang terdekat terlebih dahulu. Cukup menggunakan alat komunikasi via chat WhatsApp atau telpon. Berikan penawaran harga lebih murah dari perusahaan jasa kurir yang sudah terkenal untuk menarik minat masyarakat. Tetap terapkan protokol kesehatan agar customer merasa aman menggunakan jasa Anda.

3.Penulis Lepas

Punya skill nulis tapi susah mengasahnya karena sibuk bekerja? Kini saatnya Anda mulai melirik lagi hobi lama. Jadikan kesenangan dan keterampilan ini menjadi ladang penghasilan. Tidak perlu menjadi karyawan tetap, penulis lepas justru lebih tepat di masa sekarang. Beban pekerjaan yang fleksibel sangat membantu Anda dalam menyesuaikan waktu dengan kegiatan lain. Bahkan Anda juga bisa mencari penghasilan dari pekerjaan yang berbeda di setiap harinya.

Saat ini banyak sekali perusahaan maupun perseorangan yang mencari jasa penulis lepas. Anda bisa mendapatkan info lowongan melalui media sosial. Selain itu, bergabunglah di situs-situs freelancer dan grup content writer. Meskipun hanya dengan menjadi penulis lepas sebagai kerja sampingan, penghasilan yang didapat bisa mencapai jutaan. Bergantung pada produktivitas menulis Anda. Siapkan portofolio tulisan yang menarik agar lebih mudah mendapat klien.

4.Freelance Graphic Designer

Selain menulis, ide lain kerja sambilan saat ini adalah bidang desain grafis. Jasa ini sangat potensial karena banyak munculnya usaha-usaha online baru. Hal tersebut tentu membutuhkan kegiatan promosi yang melibatkan graphic designer. Mayoritas pemilik usaha baru lebih suka menggunakan jasa para freelancer daripada merekrut karyawan tetap. Apabila Anda punya keahlian menggambar di komputer, maka jangan sia-siakan peluang ini.

Sama halnya dengan penulis lepas, kerja sambilan desain grafis membutuhkan ruang atau komunitas yang sesuai. Hal itu guna menunjang skill Anda dan memudahkan mendapatkan job dari klien. Selain relasi, pastikan ada rekam jejak karya-karya desain Anda untuk professional branding.

5.Guru Privat Online

Siapa bilang kalau guru itu harus berseragam dan mengajar di sekolah? Tanpa atribut itu pun Anda sangat bisa mengajar sesuai dengan bidang keahlian. Caranya adalah dengan menjadi guru private online. Sudah cukup lama belajar secara private dipilih oleh para orang tua untuk anaknya. Hal ini biasanya bertujuan untuk membekalinya pengetahuan yang lebih banyak dan spesifik di luar pelajaran di sekolah. Mereka rela menghabiskan waktu dan biaya lebih ekstra.

Pada umumnya para guru private didatangkan ke rumah untuk memberikan pelajaran tambahan. Namun berkat berkembang pesatnya teknologi, belajar mengajar private pun bisa dilakukan secara virtual. Guru private online membuat silabus yang lebih atraktif dan kreatif. Materinya dibuat dalam bentuk video yang menyenangkan. Selain itu bank soal SD, SMP, maupun SMA dibuat dengan format yang lebih inovatif. Lembaga penyedia les privat berbasis IT ini sudah sangat menjamur. Anda dapat memilih kejarcita sebagai salah satu wadah untuk menjadi guru private online. Sangat cocok memilih pekerjaan ini di masa pandemi yang membatasi ruang gerak di luar rumah.

6.Usaha Online Frozen Food

Olahan makanan setengah matang yang terkenal dengan sebutan frozen food peminatnya tidak kalah tinggi dengan makanan lain. Teksturnya yang dibekukan menjadi suatu daya tarik tersendiri. Di kondisi wabah covid-19 yang menuntut untuk stay at home membuat masyarakat menyediakan stok frozen food di rumah karena bertahan lama. Jenisnya beraneka macam, yakni nugget ikan, nugget ayam, sosis, risol, kebab, bakso, dan lain sebagainya. Customer hanya butuh menghangatkannya kembali dengan minyak goreng kemudian siap santap.

Jika Anda bingung hendak berjualan makanan jenis apa, maka frozen food ini adalah rekomendasi yang patut dicoba. Sama halnya dengan produk kesehatan, Anda juga bisa memanfaatkan usaha makanan ini dengan jalur reseller. Semakin bagus kesempatannya jika Anda memiliki freezer di rumah. Ketika orderan semakin ramai, Anda dapat menyediakan stok terlebih dahulu dalam jumlah banyak.

10 Ide Penghematan Biaya Rumah Tangga Selama Wabah Corona
Semua sektor terkena dampak dari social distancing, mulai dari sektor pendidikan hingga sektor perdagangan. Hal ini membuat para Ibu kebingungan bagaimana melakukan penghematan biaya rumah tangga selama wabah Corona?

7.Freelance Photographer

Kemudian ide pekerjaan potensial yang terakhir dari kami adalah freelance photographer. Profesi ini tidak akan lekang oleh waktu. Kendati pun di masa sulit seperti sekarang, masih marak pihak-pihak yang membutuhkan jasa fotografer. Bersyukurlah Anda apabila punya skill ini. Strategi yang dapat Anda terapkan adalah dengan memotret produk usaha teman atau kerabat. Dokumentasikan jualan mereka secara gratis sebagai tambahan portofolio.

Jika Anda tidak memiliki peralatan yang memadai, ajaklah teman yang punya kamera untuk berkolaborasi. Banyak cara untuk tetap menjalankan profesi ini. Kesempatan untuk meluangkan hobi pun akan tersalurkan selama Anda dirumahkan. Kami sarankan untuk fokus pada jasa foto produk usaha. Hal itu karena animo masyarakat dalam berbisnis online saat ini meningkat.

6 Kerja Online dari Rumah yang Dapat Kamu Lakukan Selama Pandemi COVID-19
Kerja online dari rumah merupakan solusi terbaik ketika pandemi COVID-19 melanda negeri ini. Tak dapat dipungkiri, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya semenjak pemerintah mengeluarkan anjuran #dirumahaja dan social distancing.

Meskipun harus menjalani pekerjaan utama dari rumah, gaji dipotong, atau bahkan menjadi korban PHK perusahaan, Anda harus terus melanjutkan kehidupan dengan bahagia. Menjalankan kerja sampingan bukanlah sebuah kesulitan yang berarti. Justru dengan kondisi ini, Anda bisa menata ulang kembali karir Anda. Barangkali dari kerja sampingan berlanjut menjadi sebuah bisnis yang besar. Selamat mencoba! Be productive, Stay safe and stay healthy!

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.