7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Media Ajar Poster yang Kreatif

Sumber Materi 27 Feb 2024

Keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada bagaimana cara guru membawakan pembelajaran tersebut, apakah baik dan lancar, mudah dimengerti siswa, sesuai dengan kondisi siswa, atau sebaliknya. Dalam kegiatan belajar mengajar, biasanya guru membutuhkan media pembelajaran yang tepat, agar siswa mudah mengerti materi yang dibawakan, salah satu media ajar yang bisa digunakan berbentuk poster yang kreatif.

Media pembelajaran merupakan media yang digunkana guru untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan yang dimiliki siswa dalam proses kegiatan mengajar di kelas. Media pembelajaran bisa berupa alat ataupun bahan mengajar lainnya yang bisa memudahkan dan mengefektifkan penyampaian informasi guru kepada siswa, baik berbentuk fisik ataupun perangkat lunak.

Poster merupakan salah satu media pembelajaran yang bisa dipilih untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, menarik dan dapat menyampaikan pesan. Perangkat atau media ajar ini juga bisa digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran lebih baik dan mudah dimengerti siswa.

Menurut Sabri (dalam Musfiqon, 2012:85), Poster adalah gambaran yang ditunjukkan untuk memberitahu, peringatan, penggugah selera yang berisi gambar-gambar. Poster merupakan suatu gambar yang mengkombinasikan unsur visual seperti garis, elemen gambar dan kata-kata yang menarik untuk menampilkan pesan singkat.

Ada banyak manfaat penggunaan poster sebagai media pembelajaran, di antaranya yaitu:

  1. Sebagai penggerak perhatian siswa
  2. Sebagai petunjuk
  3. Sebagai peringatan tentang peringatan sekolah, pelaksanaan aturan hukum sekolah
  4. Sebagai media mengkampanyekan
  5. Dapat memotivasi atau mendorong semangat belajar siswa
  6. Lebih kreatif untuk membuat cerita, ide atau karangan gambar dari poster yang dipajang
Inspirasi Ragam Kegiatan Non-Intrakurikuler yang Bermanfaat di Sekolah
Kegiatan non-intrakurikuler merupakan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, kegiatan ini dilakukan di luar jam pembelajaran

Dengan menggunakan poster, maka kegiatan pembelajaran akan lebih menarik. Namun sebelum menggunakan media ajar ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Poster yang Kreatif

sumber: https://www.pexels.com/

Pada dasarnya, poster adalah media yang digunakan untuk menonjolkan kekuatan pesan, visual dan warna yang bisa mempengaruhi perilaku atau sikap seseorang dalam melakukan sesuatu. Beberapa siswa Anda di kelas mungkin ada yang lebih tertarik belajar menggunakan gambar atau poster, hal tersebut bisa Anda terapkan untuk membuat mereka semangat belajar.

Untuk membuat media ajar poster yang kreatif, berikut 7 hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Informasi Jelas

Dalam membuat poster khususnya untuk media ajar, pastikan menyajikan informasi dengan jelas, sederhana, dan mudah dimengerti tetapi tetap lengkap. Dalam poster media ajar harus dipenuhi dengan judul, gambar, tulisan, hingga desain dan warna yang bagus.

Jangan sampai desain yang terlalu ramai membuat informasi kurang tersampaikan dan membuat orang yang melihatnya jadi bingung. Masukkan informasi yang paling penting saja supaya sederhana. Buatlah poster yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Anda bisa membuat tulisan singkat, padat dan jelas, lalu ditambahkan gambar untuk memperjelas informasi di dalamnya. Pastikan informasi yang Anda tulis sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan.

2. Mudah Dibaca Bahkan dari Kejauhan

Biasanya yang diprioritaskan dalam membuat poster adalah untuk menunjukkan kepada orang banyak akan suatu informasi penting. Informasi penting ini harus bisa dibaca bahkan dari kejauhan. Pada poster buatlah hierarkinya untuk menarik perhatian orang banyak.

Ada tiga hal dasar dalam membuat poster ajar yang harus menjadi perhatian utama. Mulai dengan headline (judul), detail, dan fine print. Hal ini dilakukan supaya semua orang bisa mendapatkan informasi dengan lengkap.

Anda perlu memperhatikan jenis font dan ukuran tulisan dalam membuat media ajar poster, agar pesan di dalamnya dapat dibaca oleh seluruh siswa bahkan dari kejauhan.

3. Ukuran dan Tempat Poster

Selain memperhatikan tulisan, Anda juga harus memperhatikan ukuran dan tempat poster yang tepat dan mudah dibaca semua siswa.

Tentukan poster akan dipasang dan ditampilkan di mana. Hal ini akan membantu menentukan bagaimana desain dan ukuran poster secara keseluruhan. Perhatikan mulai dari gaya, tampilan, hingga ukuran dari poster yang akan dibuat.

Misalnya, kalau poster pembelajaran akan diletakkan di dalam kelas, pastikan semua murid bisa membaca isi poster dengan jelas. Bahkan hingga murid yang duduk di bangku paling belakang harus bisa lihat dengan jelas. Atau Anda bisa menunjukkan poster pada siswa hanya ketika proses pembelajaran berlangsung.

4. Berikan Gambar

Jangan lupa untuk menyisipkan gambar-gambar sederhana pada poster ajar agar terlihat bagus dan menarik. Gambar berperan sebagai penjelas dari tulisan yang ada. Informasi akan lebih mudah ditangkap dan lebih cepat dimengerti dengan gambar penjelas.

Pastikan menggunakan gambar yang sederhana dan jelas. Gunakan juga gambar dengan high definition (HD) karena resolusinya bagus dan sangat jelas.

Gambar juga akan menjadi penentu sebuah apakah sebuah poster itu bagus atau tidak. Proporsi gambar juga jangan menutupi aspek-aspek lain, ya. Pastikan juga gambar yang Anda pilih berkaitan dengan materi pembelajaran, misalnya Anda mengajar tentang planet bumi, maka gambar yang dipasang yaitu berkaitan tentang bumi, tata surya dan lainnya.

5. Berikan Call to Action di Poster

sumber: https://www.pexels.com/

Tujuan utama dari dibuatnya poster adalah untuk memberi informasi pada banyak orang. Cara supaya informasi tersebut dapat menyentuh banyak orang adalah dengan mengajak atau mengundang orang melakukan suatu aksi.

Misalnya untuk mengajak murid untuk gemar membaca atau mengajak murid menanam pohon bersama. Hal ini dinamakan call to action.

Call to action sangatlah penting dalam konten yang ada dalam poster. Ini akan membuat pembaca khususnya murid tertarik dan melakukan kegiatan yang tertera di poster.

6. Tipografi yang Unik

Selain tulisan yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti, tipografi juga menjadi hal penting. Kalau informasi sudah sempurna tetapi tipografinya kurang menarik, poster akan kurang menarik untuk dibaca juga.

Hal yang harus diperhatikan adalah adalah penempatan teks secara visual dengan variasi jenis font dan ukuran hurufnya. Pastikan tipografi dalam poster berdasarkan tujuan kepentingannya.

Tujuannya adalah juga untuk membantu pembaca untuk memahami alur poster dengan gampang. Atau singkatnya, tipografi digunakan untuk membedakan ukuran huruf untuk tiap-tiap keterangan di dalam poster.

7. Jadi Kreatif

Jangan batasi kekreativitasan Anda saat membuat poster media ajar. Tuangkan ide-ide supaya poster menjadi lebih menarik saat dibaca sebagai media ajar. Mungkin bisa sedikit menabrak tips-tips di atas untuk mengeksplorasi kreatifitas kamu.

Bagaimana Cara Menghadapi Dunia VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity)
VUCA merupakan sebuah kondisi yang mengalami perubahan yang begitu cepat, tidak pasti, kompleks dan ambigu akibat kemajuan teknologi

Yang pasti informasi tetap harus tersampaikan dengan baik dan tepat, ya. Kekreatifitasan Anda akan membuat poster dapat menjadi media ajar yang berbeda dan lebih mudah dipahami daripada saat belajar pada umumnya.

Itulah beberapa hal mengenai media ajar poster dan 7 hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat poster yang kreatif. Sebagai guru, tentunya Anda dituntut untuk inovatif dan kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang menarik.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.