7 Hal Penting yang Harus Disiapkan Saat Anak Masuk SD

parenting 26 Jan 2021

Ketika mulai memasuki tahun ajaran baru, tidak sedikit orang tua yang mulai sibuk mempersiapkan segala kebutuhan anak-anaknya, seperti ketika anak baru saja memasuki jenjang sekolah dasar. Bagi setiap orang tua, hal ini adalah momen terpenting dan harus disiapkan dengan matang-matang, tidak boleh salah sedikit pun. Apalagi ketika anak tersebut adalah anak pertama Anda, tentu saja kesibukan Anda jauh lebih padat. Berikut adalah 7 hal penting yang harus disiapkan saat anak masuk SD.

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa hal yang harus disiapkan ketika anak-anak mulai sekolah hanya perlengkapan atau peralatan sekolah saja. Jawabannya adalah tidak. Banyak sekali yang menjadi bahan pertimbangan dan harus disiapkan ketika anak mulai memasuki suatu sekolah. Terlebih lagi saat anak masuk SD, sebagai orang tua Anda harus mempersiapkannya dengan matang karena SD adalah dasar dari jenjang pendidikan yang memiliki efek cukup penting dalam masa depannya nanti.

Apa saja yang harus disiapkan orang tua saat anak masuk SD? Berikut penjelasannya.

7 Hal yang Harus Disiapkan Saat Anak Masuk SD

Banyak sekali hal yang harus disiapkan orang tua ketika anak-anaknya mulai bersekolah, terlebih lagi ketika masuk SD. Namun, kali ini kita akan membahas 7 hal penting yang harus disiapkan dengan baik oleh orang tua saat anak-anaknya mulai masuk SD. Apa saja? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Sebelum memasukkan anak ke jenjang sekolah dasar, ada baiknya Anda memperhatikan dan mempersipkan dana pendidikan yang cukup pada anak. Diskusikanlah permasalahan ini kepada pasangan Anda, karena akan sangat disayangkan apabila dana pendidikan tersebut kurang dan menghambat pendidikan anak di kemudian hari. Untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, ada beberapa hal yang bisa membantu Anda dalam merancang perkiraan dana yang akan dibutuhkan anak kelak, yaitu sebagai berikut.

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Dana pendidikan adalah hal terpenting yang harus disiapkan oleh setiap orang tua. Berikut adalah tips untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, yaitu.

a. Menentukan Sekolah yang Diinginkan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan ketika mempersiapkan dana pendidikan yaitu dengan menentukan sekolah yang diinginkan atau cocok untuk anak. Terlebih dulu Anda harus mengenal sekolah tersebut seperti apa saja keunggulan dan kekurangan dari sekolah tersebut, bagaimana fasilitas dan sarana yang disediakan, guru-guru yang mengajar apakah sudah berkompeten atau tidak, dan prestasi dari sekolah tersebut. Selain itu, Anda juga bisa berdiskusi dengan pasangan Anda, apakah kelak anak-anak Anda akan disekolahkan di sekolah negeri, swasta atau internasional. Perhatikan juga kemampuan dan bakat anak Anda, supaya mereka bisa lebih optimal saat belajar nanti.

b. Melakukan Riset Tentang Perkiraan Biaya Sekolah

Setelah itu, Anda bisa melakukan riset tentang perkiraan biaya sekolah tersebut. Pastikan Anda menghitungnya dengan benar dan tepat. Perhatikan juga kegiatan-kegiatan tak terduga yang mungkin akan diselenggarakan sekolah.

c. Evaluasi Keuangan

Langkah selanjutnya yaitu mengevaluasi keuangan Anda. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan dan mempertimbangkan pendapatan dan pengeluaran yang akan Anda keluarkan di setiap harinya. pastikan bahwa porsi untuk dana pendidikan anak Anda sudah sesuai dengan kondisi finansial Anda. Jangan karena ingin memasukkan anak ke sekolah terkenal dan favorit, Anda sampai mengganggu pengeluaran untuk kebutuhan pokok yang lain seperti biaya makan, dana darurat, sewa rumah, cicilan dan hal pokok lainnya.

d. Membuat Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan adalah hal penting yang harus disiapkan saat anak masuk SD. Pastikan bahwa Anda memiliki tabungan pendidikan untuk Anda. Hal ini dikarenakan sebagai solusi lain ketika Anda sedang mengalami hal buruk dan membuat pendidikan anak lumayan terancam.

e. Melakukan Investasi

Investasi sangatlah penting, baik ketika Anda masih berstatus lajang bahkan hingga sudah berkeluaga. Ada baiknya Anda melakukan investasi yang akan sangat berguna bagi kepentingan anak dan keluarga Anda kelak.

2. Memastikan Anak Sudah Memasuki Usia yang Ideal untuk Masuk SD

Selain menyiapkan dana pendidikan, Anda juga harus memastikan apakah anak Anda sudah memasuki usia yang ideal ketika masuk SD. Usia adalah hal yang penting ketika memasuki sekolah, karena akan sangat berpengaruh pada proses pembelajaran dan kegaitan-kegiatan yang akan mereka lakukan saat di sekolah. Usia ideal untuk masuk ke sekolah dasar yaitu usia 7 tahun.

3. Memperhatikan Kesiapan Mental Anak

Mental adalah hal terpenting yang harus dimiliki anak. Perhatikan dan pastikan bahwa mental anak-anak Anda telah siap ketika masuk sekolah, supaya proses kegiatan belajar mereka di kelas nanti tidak akan menimbulkan masalah. Beberapa hal berikut bisa menjadi pertimbangan bagi Anda, apakah anak Anda sudah memiliki mental yang siap atau tidak.

a. Belum Siap Bertemu dengan Orang Lain

Tidak jarang hal ini sering terjadi pada anak-anak. Mereka yang biasanya menghabiskan waktu bersama keluarga akan merasa canggung dan kaku ketika bertemu dengan orang lain yang tidak dikenalnya. Masalah ini sebenarnya bukanlah perkara serius, karena seiring berjalannya waktu mereka akan merasa terbiasa dengan hal tersebut.

Homeschooling Sebagai Pengganti Sekolah Formal
Homeschooling merupakan model pendidikan dimana orangtua berperan penting dalam proses pembelajaran anak.Sedangkan sekolah merupakan jalur pendidikan formal yang umum dan sering ditempuh oleh masyarakat Indonesia.

b. Tidak Berani Mengutarakan Pendapat

Ketika belajar tentu saja ada proses mengutarakan pendapat. Maka dari itu, Anda harus memastikan apakah anak Anda sudah berani untuk mengutarakan pendapatnya. Anda bisa melihatnya dari keseharian di rumah, apakah mereka tetap diam ketika ada sesuatu hal yang tidak benar atau bersikap tidak peduli.

c. Bersikap Pendiam dan Tertutup

Pendiam dan tertutup adalah sifat dari sebagian orang. Namun, akan sangat baik apabila anak-anak berani berbaur dengan teman-teman sebayanya. Apabila anak Anda memiliki sifat pendiam, maka bertanyalah, apakah mereka memang sedang mengalami masalah atau tidak supaya dapat menghindari kejadian yang tidak terduga di kemudian hari.

4. Mempersiapkan Kematangan Sosial Pada Anak

Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan dan mempersiapkan kematangan sosial pada anak Anda. Pastikan bahwa mereka siap untuk berbaur dan berteman dengan teman-teman sebayanya di sekolah nanti. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa mereka memiliki sikap peduli, tolong menolong dan bertanggung jawab supaya mereka bisa belajar dengan baik di sekolah serta dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

5. Memperkenalkan Sekolah Baru Pada Anak

Setelah itu, kenalkan sekolah baru mereka. Pastikan apakah mereka merasa nyaman dan bahagia ketika saat melihat sekolah tersebut. Karena pada dasarnya ketika memulai bersekolah, hal yang paling penting menjadi pertimbangan adalah perasaan nyaman dan bahagia yang ada di dalam diri. Apabila mereka sudah merasa nyaman dan bahagia, mereka tentunya akan semakin semangat dalam belajar.

6. Melatih Anak Supaya Dapat Tampil dengan Percaya Diri

Selain itu, Anda juga harus melatih anak-anak Anda untuk berani tampil di depan umum dan percaya diri. Kedua kompnen ini akan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka di sekolah nanti.

7 Hal yang Sebaiknya Anda Tahu dari Sistem Pembelajaran di Finlandia
Finlandia bahkan diakui menjadi salah satu negara yang paling bahagia karena pola pendidikan serta gaya hidup yang dijalani oleh masyarakatnya. Tidak heran jika banyak negara yang memilihnya sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

7. Menyediakan Perlengkapan Sekolah Anak

Hal terakhir yang harus Anda siapkan yaitu perlengkapan sekolah. Perlengkapan sekolah yang harus Anda siapkan yaitu seragam sekolah, sepatu dan kaus kaki, alat tulis seperti buku; pensil; penggaris; penghapus; dan pena, tas dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai hal penting yang harus disiapkan saat anak masuk SD. Namun, sebelum itu Anda juga harus memastikan apakah Anda siap dan berani untuk memasukkan mereka ke sekolah, karena ketika mereka sudah mulai sekolah tanggung jawab Anda akan semakin bertambah nantinya.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.