7 Alasan Penting Guru Perlu Bergabung dengan Organisasi Pendidikan

edukasi 3 Mei 2021

Saat ini, keberadaan setiap manusia yang ada di dunia tidak pernah luput dari keanggotaan suatu organisasi. Hal ini bisa Anda lihat sedari kecil, di mana saat kecil Anda sudah mendengar istilah remaja masjid atau pendalaman Alkitab yang mana kegiatan tersebut adalah satu satu kegiatan dari organisasi keagamaan. Hal ini juga dirasakan dan dialami setiap siswa, di mana pastinya setiap sekolah memiliki berbagai macam organisasi yang menuntut siswa untuk bisa lebih aktif, kreatif dan kritis dalam berpikir. Namun, bukan hanya sampai itu saja, ketika kuliah Anda juga akan dipertemukan dengan berbagai macam organisasi, dan hal itu masih berlaku sampai Anda bekerja seperti saat ini. Namun, apakah guru tetap harus mengikuti organisasi? Ya, tentu saja. Lantas apa alasan guru perlu bergabung dengan organisasi pendidikan?

Sebelumnya apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan organisasi? Organisasi merupakan sekumpulan orang yang bergabung dalam kesatuan kelompok yang terstruktur, sistematis dan berdiri dengan tujuan dan visi tertentu. Adapun aktivitas-aktivitas yang dilakukan setiap anggota organisasi dilakukan secara tertib dan juga teratur. Biasanya di dalam suatu organisasi, para komite atau pemimpin organisasi sudah menentukan detail-detail peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota organisasi. Selain peraturan-peraturan tersebut, para pemimpin juga akan bermusyawarah tentang tujuan, misi dan visi yang ada di dalam organisasi mereka tersebut.

Jika dikaitkan dengan organisasi pendidikan, maka tujuan dari dibentuknya organisasi tersebut yaitu untuk melakukan dan menerapkan aktivitas pendidikan yang mana bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Selain itu bisa dikatakan bahwa pembentukan organisasi pendidikan ini dibuat sebagai bentuk proses dalam melakukan kegiatan kependidikan demi mewujudkan tujuan yang ingin dicapai bersama-sama. Semua akan lebih efektif dan juga efisien jika dilakukan secara bersama-sama dan dengan menggunakan pendekatan organisasi.

Unsur Pembentuk Organisasi

Adapun unsur-unsur yang harus dipahami terlebih dulu dalam membentuk suatu organisasi. Berikut penjelasannya.

1. Tujuan

Tujuan adalah komponen utama dalam membuat suatu organisasi. Dengan adanya tujuan yang sama, maka sekumpulan orang tersebut dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dalam membangun dan mempertahankan organisasi yang akan dibentuk tersebut. Sehingga bisa dikatakan bahwa organisasi berperan sebagai wadah untuk tempat sekumpulan orang untuk mencapai tujuan yang dimiliki.

2. Kerja Sama

Dengan adanya kerja sama yang kuat antar anggota, tujuan organisasi dapat tercapai dengan mudah. Selain itu, kerja sama juga berperan penting dalam menjaga hubungan antar anggota.

3. Pembagian Tugas

Dalam mewujudkan tujuan organisasi, maka diperlukan strategi yang tepat untuk dilakukan, seperti pembagian tugas. Dengan adanya pembagian tugas yang sudah ditetapkan sedari awal, kinerja organisasi menjadi lebih efektif, efisien dan juga produktif. Sehingga tidak banyak waktu yang terbuang dengan sia-sia.

4. Kehendak yang Sama

Hal terakhir yang harus dimiliki yaitu kehendak yang sama. Unsur ini begitu penting, karena tidak jarang di setiap organisasi akan ada perdebatan. Namun, dengan adanya kesepakatan dan kehendak untuk tetap bersama, permasalahan yang akan terjadi nantinya akan selesai dengan baik. Oleh karena itu, dalam suatu organisasi sangat diperlukan waktu untuk saling bermusyawarah.

7 Alasan Penting Mengapa Guru Perlu Bergabung dengan Organisasi Pendidikan

Lantas apa alasan pentingnya guru perlu bergabung dengan organisasi pendidikan? Berikut penjelasannya.

Apa Saja Program dan Strategi Kemendikbud dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah
Pendidikan karakter menjadi hal yang sangat diperhatikan saat ini. Kualitas pendidikan saat ini tidak hanya diukur dengan ukuran-ukuran akademis saja, melainkan juga memperhatikan nilai-nilai dalam diri atau yang biasa disebut karakter.

1. Dapat Mengembangkan Potensi Diri

Setiap orang memiliki potensi diri yang pasti ingin dikembangkan secara maksimal. Hal ini juga yang dirasakan oleh setiap guru, Anda biasanya akan disibukkan dengan berbagai macam kegiatan sekolah dan tugas-tugas siswa. Sehingga bisa dikatakan bahwa Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk menggali dan mengembangkan potensi di dalam diri. Dengan adanya organisasi pendidikan, potensi Anda akan berkembang dengan begitu saja, tanpa paksaan sama sekali.

2. Dapat Mengembangkan Ilmu Pengetahuan

Pernah mendengar ungkapan “belajarlah sampai ke negeri Cina”? Ungkapan ini mengandung arti bahwa Anda tidak boleh patah semangat dalam mencari ilmu, kejar dan raihlah semampu Anda, walaupun harus mempertaruhkan waktu dan sisa tenaga yang Anda miliki. Apakah tidak terlalu berlebihan? Jawabannya adalah tidak, karena ilmu itu sepadan dengan perjuangan keras yang telah Anda keluarkan. Begitu juga dengan mengikuti organisasi pendidikan, setiap ilmu yang akan diberikan di dalamnya akan sangat berguna untuk esok maupun di kemudian hari.

3. Dapat Mengetahui Permasalahan Pendidikan dengan Cepat dan Tepat

Seperti di dalam suatu perlombaan, Anda harus mengetahui persyaratan dan beberapa jejak-jejak karya sebelumnya yang diterima. Begitu juga dalam dunia pendidikan, untuk mengetahui hal-hal penting yang terjadi, Anda harus berada di dalam ruang lingkup pendidikan tersebut, seperti masuk ke dalam sebuah organisasi. Dengan mengikuti organisasi, Anda akan mendapatkan informasi-informasi ter-update yang baru saja keluar dari pemerintah. Hal ini sering kali terjadi karena banyaknya anggota organisasi dan relasi dari setiap anggota yang tersebar luas.

4. Sebagai Tempat Sharing Permasalahan Terkait Dunia Pendidikan dan Pembelajarannya

Layaknya sahabat, sesama anggota organisasi pasti akan memiliki waktu untuk saling berbagi cerita dan keluh kesah, terutama dalam permasalahan yang ada di sekolah. Teman satu profesi adalah kunci paling ampuh dalam mendapatkan solusi. Anda bisa saja meminta pendapat mereka terhadap model dan metode yang tepat dalam mengajar anak didik Anda di kelas, referensi buku-buku bank soal yang pembahasannya lengkap, dan buku referensi yang bisa dijadikan pedoman untuk mengajar di kelas. Hal lain yang bisa saling didiskusikan yaitu seperti macam-macam permainan, kuis atau media pembelajaran yang bisa digunakan dalam mengajarkan suatu materi pembelajaran. Dengan begitu, permasalahan yang Anda alami menjadi semakin ringan.

5. Sebagai Tempat untuk Mencapai Tujuan Pendidikan

Tujuan dari setiap guru yaitu untuk memajukan pendidikan yang ada di Indonesia, terutama dari segi sistem pembelajaran dan kemampuan setiap peserta didik. Maka tidak jarang di dalam suatu organisasi akan ada banyak sekali rapat yang membahas cara bagaimana mencapai dan merealisasikan tujuan tersebut supaya dapat terwujud. Mungkin akan kelihatan sulit apabila dikerjakan dengan sendirian, tetapi ketika dikerjakan secara bersama-sama, maka semua akan terasa lebih mudah. Begitu juga yang dialami oleh setiap anggota organisasi. Dengan adanya keteguhan hati, tujuan pendidikan yang awalnya sebuah angan, akan berbuah manis.

6. Menjadi Lebih Produktif

Seperti mahasiswa yang memiliki prinsip kuliah langsung pulang, begitu juga dengan yang terjadi oleh sebagian guru. Sehingga ketika Anda masuk ke dalam suatu organisasi pendidikan, Anda akan menjadi lebih produktif dalam beraktivitas. Anda akan mendapatkan kesibukan lebih di setiap harinya.

7 Tips Guru untuk Membantu Siswa Agar Lebih Fokus Belajar Online
Belajar online ini tidak akan berjalan mulus tanpa kerjasama banyak pihak. Selain orang tua yang harus terus mendampingi anak belajar dari rumah, guru juga turut membantu. Siswa butuh fokus untuk mengikuti materi daring dengan maksimal.

7. Mendapatkan Banyak Relasi yang Satu Profesi

Hal yang paling dirasakan ketika masuk ke dalam suatu organisasi yaitu bisa mendapat dan mengenal teman-teman yang memiliki satu pemikiran. Begitu juga dengan Anda di dalam organisasi ini. Anda akan mengenal banyak orang yang satu profesi dan kegemaran yang sama. Dengan begitu, relasi Anda tentunya akan semakin bertambah.

Inilah 7 alasan guru perlu bergabung dengan organisasi pendidikan yang perlu Anda tahu. Namun, terlepas dari ketujuh alasan di atas, hal yang paling akan Anda rasakan yaitu bertambahnya relasi yang akan Anda miliki. Seperti yang Anda tahu, bahwa relasi termasuk hal terpenting yang harus setiap orang miliki.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.