7 Alasan Mengapa Murid Perlu Diikutkan Lomba di Luar Sekolah

edukasi 19 Mei 2023

Pada umumnya, anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap sesuatu. Hal ini bisa Anda lihat dari perilaku anak yang kerap kali melakukan suatu tindakan ceroboh tanpa berpikir dua kali, tetapi ada pula anak yang memiliki rasa takut lebih dominan, sehingga mereka cenderung bersikap ragu dan tidak percaya diri dalam melakukan sesuatu.

Sama hal nya ketika mengikuti suatu perlombaan, bahkan bukan anak-anak saja, tetapi orang dewasa juga selalu merasa gugup sebelum mengikuti ajang perlombaan. Namun, apabila seseorang telah terbiasa mengikuti perlombaan maka banyak sekali dampak positif yang akan didapatkan. Berikut merupakan alasan mengapa murid perlu diikutkan lomba di luar sekolah.

Sebelum membahas alasan mengapa murid perlu mengikuti lomba, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan lomba. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lomba didefinisikan sebagai adu kecepatan (berlari, berenang, dan sebagainya), adu keterampilan (ketangkasan, kekuatan, dan sebagainya). Sehingga, bisa dikatakan bahwa lomba merupakan suatu kegiatan yang mengadu kecepatan maupun keterampilan seseorang hingga mencapai kemenangan.

Istilah lomba sudah dikenal oleh anak-anak sebelum mereka menginjak bangku pendidikan dasar. Misalnya seperti lomba HUT RI yang diadakan setiap tahun, baik di lingkungan rumah, organisasi, sekolah dan lingkungan pekerjaan. Oleh karena itu, anak-anak sudah mengenal istilah lomba sejak mereka kecil, di mana lomba tersebut masih mengandalkan kecepatan dan ketangkasan. Lomba HUT RI yang biasanya sering diikuti anak-anak, yaitu seperti lomba makan kerupuk, lomba memasukkan paku, lomba membawa kelereng, dan lomba balap karung.

Adapun jenis lomba yang akan mereka ikuti ketika sudah masuk ke bangku sekolah, yaitu lebih mengadu ketangkasan siswa. Berikut merupakan macam-macam lomba yang diikuti oleh anak sekolah:

Macam Lomba yang Diikuti Siswa

1. Cerdas Cermat

Lomba cerdas cermat biasanya diadakan antarsekolah dengan mengadu ketangkasan dan kecerdasan umum setiap siswa yang telah menjadi perwakilan tiap sekolah. Biasanya lomba ini berisi pertanyaan umum, matematika, atau sains. Tidak jarang lomba cerdas cermat menarik perhatian siaran TV nasional maupun swasta. Bahkan, beberapa kali beberapa channel TV mengundang beberapa sekolah untuk mengikuti lomba cerdas cermat seperti acara Rangking 1 dan Olimpiade Indonesia Cerdas.

2. Olimpiade

Olimpiade dibedakan menjadi beberapa tingkat, yaitu olimpiade antarsekolah, antardaerah, tingkat nasional, hingga internasional. Dari olimpiade inilah, biasanya suatu negara akan mengetahui tingkat kecerdasan anak-anak bangsa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Biasanya pemerintah akan dengan senang hati memberikan beasiswa pendidikan yang menjamin kehidupan pendidikannya jika berhasil memenangkan sebuah olimpiade, baik umum maupun olahraga.

3. Olahraga

Siapa sih yang tidak menyukai olahraga? Terutama bagi anak laki-laki. Oleh karena itu, tidak jarang sekolah mengadakan lomba olahraga di setiap tahunnya, baik diadakan untuk kompetisi antarkelas di sekolah tersebut (class meeting) maupun kompetisi dengan sekolah lain. Olahraga yang sering diikutkan perlombaan, yaitu futsal, bulu tangkis, bola voli, pencak silat, karate, renang, dan atletik. Banyak perlombaan olahraga tingkat daerah maupun nasional diadakan, seperti PORDA maupun PON. Jika memiliki kualifikasi kemampuan olahraga yang mumpuni maka seorang anak dapat mengikuti kompetisi regional seperti SEA Games hingga Asian Games.

4. Melukis

Banyak sekali seniman dunia yang sampai saat ini karyanya masih dinikmati oleh setiap orang yang menyukai seni. Hal inilah yang ingin dicari setiap sekolah atau beberapa institusi, seseorang yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Di era 1980-an, TVRI membuat sebuah program melukis bagi anak-anak bernama "Gemar Menggambar' yang dipandu oleh Tino Sidin. Acara ini diharapkan dapat memacu kreativitas anak-anak dalam melukis hingga dapat bersaing di kancah internasional.

5. Bernyanyi

Siapa sih yang tidak tahu lomba bernyanyi? Lomba ini selalu menarik perhatian setiap orang. Bahkan beberapa channel TV Nasional sering mengadakan perlombaan nyanyi yang mana bisa diikuti secara umum.

10 Keterampilan ‘Jadul’ yang Patut Dikuasai Anak Zaman Now
Ada beberapa keterampilan atau kebiasaan yang sering dilakukan anak zaman dulu, yang memiliki manfaat baik. Tidak ada salahnya jika Anak zaman now melakukan atau memiliki keterampilan jadul.

7 Alasan Mengapa Murid Perlu Diikutkan Lomba di Luar Sekolah

1. Menambah Relasi dan Teman Baru

Salah satu hal yang paling dirasakan oleh seseorang yang sering mengikuti perlombaan, yaitu memiliki banyak relasi dan teman baru. Apalagi ketika siswa akan mengikuti perlombaan yang diadakan di luar sekolah, bahkan hingga luar daerah atau luar negeri. Dengan begitu, siswa tersebut akan memiliki banyak relasi dan teman yang tersebar dari berbagai macam daerah. Hal tersebut akan sangat menyenangkan, kan?

2. Menambah Pengalaman

Dengan sering mengikuti banyak lomba maka pengalaman setiap orang akan makin bertambah. Beberapa tokoh dunia maupun orang tua di rumah pun kerap kali mengatakan bahwa tidak salah untuk mendapatkan banyak pengalaman selama seseorang tersebut masih muda, terutama ketika masih duduk di bangku sekolah dasar.

3. Melatih Soft Skill

Soft skill adalah kemampuan yang tidak akan didapatkan seseorang secara instan atau dengan hanya mempelajari teorinya saja. Dengan mengikuti berbagai macam perlombaan maka bisa dipastikan kemampuan soft skill siswa akan makin berkembang pesat.

Misalnya, salah satu siswa Anda di dalam kelas terkenal dengan sikapnya yang pemalu namun memiliki keahlian di bidang olahraga maupun sains maka dengan mengikuti beberapa lomba dia akan berlatih untuk tampil lebih percaya diri dan memungkinkan siswa tersebut menjadi lebih berani dan tidak malu untuk berbicara di depan umum.

4. Mendapatkan Banyak Prestasi

Ketika siswa mengikuti berbagai macam perlombaan yang dilakukan di luar sekolah ataupun di dalam sekolah maka prestasi yang akan didapatnya makin banyak. Prestasi yang dimiliki setiap siswa akan sangat berguna bagi masa depannya kelak, seperti saat di mana mereka ingin masuk ke dalam Perguruan Tinggi Negeri, di mana biasanya PTN selalu mengutamakan seseorang yang lebih memiliki prestasi lebih. Selain itu, prestasi yang dimiliki siswa akan sangat berguna bagi jenjang karirnya kelak, di mana prestasi tersebut akan masuk ke dalam portofolio pribadi.

5. Melatih Seseorang untuk Lebih Percaya Diri

Hal utama yang harus dimiliki oleh setiap siswa yang ingin mengikuti perlombaan, yaitu sikap percaya diri yang tinggi. Bagaimana caranya siswa tersebut bisa unjuk kemampuan di perlombaan tersebut jika tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya? Perlombaan yang diikuti oleh setiap siswa tidak hanya membutuhkan mereka untuk tampil di depan umum saja, tetapi dalam perlombaan tersebut siswa juga diminta untuk sanggup berbicara di depan umum, melangkah dengan langkah yang tegap, menatap para juri dan para peserta dengan pandangan yang pasti.

Beberapa hal tersebut dapat dimiliki setiap siswa jika mereka memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Oleh karena itu, makin sering siswa mengikuti perlombaan maka rasa percaya diri yang dimiliki mereka akan makin meningkat.

6. Meningkatkan Kualitas yang Ada di Dalam Diri

Menang atau kalah adalah hasil akhir yang akan diterima oleh setiap siswa ketika mengikuti perlombaan. Namun, ada baiknya sebagai guru, Anda tidak menekankan hasil akhir tersebut, karena menang atau kalah di dalam suatu perlombaan adalah hal yang biasa. Anda bisa mengajarkan mereka untuk menikmati proses yang dialaminya, karena dengan mengikuti segala macam jenis lomba mereka berarti sudah meningkatkan kualitas yang ada di dalam dirinya sendiri.

7 Cara Mengasah Kemampuan Kolaborasi di dalam Kelas
Model pembelajaran kolaboratif ini cukup populer dipakai dalam aktivitas KBM selama ini karena mampu melibatkan seluruh siswa secara aktif dan interaktif.

7. Membantu Siswa untuk Mengetahui Potensi yang Dimilikinya

Menang dan kalah adalah hal yang biasa di dalam suatu perlombaan. Ketika seseorang menang maka seseorang tersebut akan mengetahui kelebihan yang dimilikinya. Ketika seseorang mengalami kekalahan maka kejadian tersebut bisa menjadi tempat introspeksi diri dan menemukan hal-hal apa yang kurang di dalam diri seseorang tersebut. Kekalahan juga bagus untuk dialami oleh setiap siswa, dengan begitu mereka tidak cepat puas diri dan akhirnya bisa bersikap sombong.

Berdasarkan penjelasan mengenai 7 alasan mengapa murid perlu diikutkan lomba di luar sekolah, apakah Anda sudah memiliki ide kreatif yang bisa diikuti oleh siswa Anda nanti? Sebelum meminta mereka untuk mengikuti lomba, pastikan bahwa mereka telah siap untuk menang dan kalah. Hal ini agar dapat melatih mental seorang pemenang dan tidak ragu untuk menerima kekalahan dengan lapang dada.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.