10 Ide Lomba 17 Agustus secara Online yang Menarik

edukasi 8 Agt 2021

Setiap menjelang 17 Agustus, masyarakat Indonesia biasanya melakukan berbagai perlombaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dan melakukan upacara bendera. Hal ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun menurun sebagai bentuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, rasa syukur serta meningkatkan persatuan antar masyarakat melalui lomba-lomba yang dilakukan.

Bukan hanya di lingkungan masyarakat, di perkantoran dan sekolah juga sering kali mengadakan lomba Hari Kemerdekaan dengan berbagai hadiah menarik sebagai bentuk kegembiraan kemerdekaan.

Namun, di bulan Agustus di tahun 2021 ini sepertinya sedikit berbeda, di mana adanya pandemi Covid-19 dan peraturan PPKM yang membuat masyarakat tidak boleh berkumpul, berkerumun, dan harus melaksanakan pembatasan, sehingga perlombaan 17 Agustus secara langsung tidak bisa sebebas dan seaktif tahun-tahun sebelumnya.

Meski begitu, bukan berarti acara perlombaan 17 Agustus ditiadakan, masih banyak ide menarik perlombaan Agustusan yang bisa dilaksanakan secara online. Ide perlombaan ini bisa diikuti oleh sekolah untuk siswa-siswanya.

Dirgahayu RI ke-75: Badai Pasti Berlalu!
Walaupun merangkak dan tertatih, tapi kita bisa. Semua karena kita bersatu dan berkolaborasi, semua karena kita punya niat dan keyakinan yang sama, niat dan tekad untuk mau maju. Percayalah, badai pasti akan berlalu. Merdeka!

10 Ide Lomba 17 Agustus secara Online

Mungkin perlombaan 17 Agustus di tahun 2021 ini tak seramai tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pembatasan sosial sehingga tidak bisa melakukan perlombaan secara langsung seperti tarik tambang, panjat pinang, dan lainnya. Agar masyarakat tetap bisa merasakan suasana Hari Kemerdekaan dengan melakukan perlombaan, berikut 10 ide lomba 17 Agustus menarik dan unik yang bisa dilakukan secara online.

1. Lomba Selfie Kemerdekaan

Meskipun masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah saja, namun mereka tetap bisa mengikuti memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengikuti lomba selfie kemerdekaan. Lomba ini bisa diikuti sekolah dengan meminta siswa-siswinya berdandan dan selfie semenarik dan seunik mungkin terkait Hari Kemerdekaan, lalu diunggah di sosial media.

2. Lomba Bermain Game Online

Sepertinya hampir setiap orang suka bermain game online, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak ada salahnya menggunakan ide ini untuk mengadakan lomba dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia. Meskipun perlombaan secara online, tak menutup kemungkinan anak-anak akan antusias mengikutinya. Ada banyak game online yang bisa digunakan untuk perlombaan seperti catur online, "Mobile Legends ", dan lainnya.

3. Lomba Membuat Konten TikTok Kemerdekaan

Siapa yang tidak tahu aplikasi TikTok? Aplikasi ini cukup populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Tak ada salahnya jika sosial media ini menjadi tempat publikasi perlombaan Hari Kemerdekaan. Peserta bisa membuat konten TikTok yang menarik dan unik yang berkaitan dengan Hari Kemerdekaan lalu diunggahnya. Karya yang bisa dibagikan mulai dari tarian tradisional, hasil make up seperti pahlawan, dan video kreatif lainnya. Peserta juga bisa membuat video bermain musik atau menyanyikan lagu nasional.

4. Lomba Public Speaking

Public speaking menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, khususnya generasi muda saat ini. Pembatasan ruang gerak selama pandemi ini membuat kita keterbatasan melakukan interaksi dengan orang lain. Oleh sebab itu, ini bisa menjadi ide lomba untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di mana peserta bisa melakukan public speaking, seperti pidato di depan kamera.

Tema perlombaan tentu dengan yang berkaitan dengan kemerdekaan. Dengan begitu, peserta dapat melatih kemampuan public speaking mereka dan berani percaya diri untuk berbicara di depan kamera. Hasil pidato bisa diunggah di sosial media atau YouTube.

5. Lomba Fotografi dan Caption Ucapan Kemerdekaan

Lomba 17 Agustus secara online selanjutnya yakni dengan melakukan fotografi serta mengunggahnya ke sosial media dengan caption menarik terkait kemerdekaan. Tema fotografi bisa beragam mulai dari memfoto bendera, foto makanan tradisional, dan lainnya. Peserta dengan angle foto yang bagus dan jelas, serta ucapan kemerdekaan yang paling kreatif ialah pemenangnya.

6. Lomba Baca Puisi

Lomba kemerdekaan Indonesia secara online yang tak kalah menariknya yakni dengan membuat puisi hasil ciptaannya sendiri dan dibacakan. Peserta dapat membuat video baca puisi lalu diunggah ke YouTube. Isi puisi yang bagus dan mendalam, serta penampilan menarik dan pembacaan yang menghayati adalah pemenangnya.

7. Lomba Story Telling

Selain lomba membaca puisi, tak ada salahnya juga mengadakan lomba story telling tentang kemerdekaan. Lomba ini dapat meningkatkan kreativitas serta kepercayaan diri peserta. Caranya cukup mudah, peserta dapat membuat rekaman video sedang melakukan story telling.

Cerita yang dibuatnya adalah hasil karya sendiri dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia. Agar lebih teratur, panitia juga bisa menetapkan durasi minimal dan maksimal peserta dalam membawakan cerita. Peserta dibolehkan menggunakan alat pendukung saat melakukan story telling. Peserta yang penampilannya menarik dan terbaik ialah pemenangnya.

8. Kuis Online

Bagi anak sekolah mungkin sering melakukan kuis online saat kegiatan belajar. Namun, perlombaan kuis online untuk 17 Agustusan tentu berbeda, ini tidak menentukan ranking anak di kelas. Lomba kuis online untuk merayakan Hari Kemerdekaan ini bisa dilakukan secara individu ataupun berkelompok.

Cara Melaksanakan KBM Online yang Terstruktur untuk Sekolah
Apa saja syarat agar pelaksanaan belajar jarak jauh (KBM online)dapat terlaksana dengan baik?

Untuk membuat lomba ini caranya cukup mudah, panitia bisa membuat kuis bertema kemerdekaan terlebih dahulu. Panitia juga bisa menggunakan aplikasi kuis online seperti Kahoot atau Quizizz. Pelaksanaan perlombaannya langsung melalui Zoom atau Google Meet, lalu meminta peserta untuk menjawab kuis online dengan waktu yang ditentukan dan ada sesi kuis rebutan.

9. Lomba Membuat Kerajinan Tangan

Banyak orang merasa bosan berada di rumah saja dan bingung harus melakukan kegiatan apalagi yang lebih menarik dan menyenangkan. Menjelang hari kemerdekaan, tak ada salahnya untuk mengadakan perlombaan membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang ada di rumah. Lomba ini dapat mengisi waktu luang yang lebih bermanfaat.

Peserta diminta untuk memamerkan hasil kreativitas menggunakan barang-barang bekas yang ada di rumah. Caranya, peserta membuat video dan memberi tahu alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kreativitas, lalu videokan langkah-langkahnya. Peserta yang paling kreatif itulah pemenangnya.

10. Lomba Kostum Online

Jika tahun-tahun sebelumnya terdapat lomba fashion show, di mana peserta berdandan dan tampil layaknya pahlawan Indonesia, maka di tahun ini bisa dilaksanakan lomba kostum online. Konsepnya bisa dibilang sama, hanya saja tempat pelaksanaannya berbeda, yakni dilakukan secara online melalui sosial media.

Peserta bisa memilih kostum bertema Indonesia seperti kostum pahlawan kemerdekaan, kostum superhero modern negara Indonesia, seperti Gundala dan lainnya. Pemenangnya yaitu peserta yang tampil menarik dan unik dengan kostum yang bagus dan rapi.

Itulah 10 ide lomba 17 Agustusan yang kreatif dan menarik serta bisa dilakukan secara online. Tentunya lomba-lomba ini juga tak kalah keren dari lomba-lomba biasa tahun sebelumnya, bukan hanya sebagai hiburan dan untuk senang-senang saja, tetapi juga banyak manfaat positifnya untuk peserta, seperti meningkatkan kepercayaan diri, kreativitas, dan lainnya.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.