10 Cerita Nyata yang Lucu Tentang Belajar dari Rumah

parenting Apr 22, 2020

Pertengahan Maret 2020, pemerintah Indonesia menemukan kasus 1 dan kasus 2 akibat virus corona di Depok. Hal ini membuat pemerintah menjalankan social distancing demi menjaga agar penyebaran virus tidak semakin meluas. Semua kegiatan sosial dibatasi bahkan nyaris dihentikan. Anak-anak sekolah diliburkan, kantor-kantor sebagian besar memindahkan aktivitasnya ke rumah. Jalanan yang biasanya ramai oleh anak-anak yang pulang atau pergi sekolah, terlihat lenggang. Sudah hampir empat minggu, Indonesia menjalankan kegiatan belajar dari rumah untuk anak-anak sekolah. Program belajar dan mengajar yang tadinya dilakukan di ruang kelas secara tatap muka, sekarang dialihkan ke rumah, sehingga menimbulkan beragam cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah.

Jika selama ini guru bertugas sebagai pembimbing belajar di sekolah, sekarang digantikan oleh orang tua. Guru hanya memantau dan mengawasi anak-anak secara virtual saja. Mulai dari pembukaaan kelas online di pagi hari, pemberian materi secara singkat, lalu diakhir dengan tugas yang harus dikerjakan anak-anak. Tugas anak-anak ini sangat beragam. Ada yang hanya menyalin materi di buku catatan, mengerjakan latihan soal, lalu difoto dan dikumpulkan via aplikasi WhatApps. Ada juga yang belajar melalui aplikasi zoom, google meet, classroom, dan sebagainya. Mendadak rakyat Indonesia "dipaksa" untuk melek teknologi. Perubahan yang mendadak ini serta merta menimbulkan beragam cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah.

10 Ide Penghematan Biaya Rumah Tangga Selama Wabah Corona
Semua sektor terkena dampak dari social distancing, mulai dari sektor pendidikan hingga sektor perdagangan. Hal ini membuat para Ibu kebingungan bagaimana melakukan penghematan biaya rumah tangga selama wabah Corona?

Tidak hanya berasal dari curhatan ibu-ibu tetangga, linimasa media sosial pun diramaikan dengan berbagai cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah. Mulai dari ketidakpahaman dengan aplikasi yang dipakai, hingga masalah non teknis lainnya.

Berikut ini adalah 10 cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah, di antaranya adalah:

1. Tukang Sayur Lewat

Siapa yang mempunyai tukang sayur langganan? Sebaiknya pastikan tukang sayur langganan sudah lewat dulu, baru kemudian melanjutkan kegiatan belajar online-nya. Cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah ini, datang dari tangkapan layar netizen di media sosial. Salah seorang mahasiswi yang sedang belajar online di aplikasi zoom, ternyata punya langganan tukang sayur yang sering lewat di depan rumah. Si tukang sayur biasa berteriak memanggil para pelanggannya. Nah, pas lagi asyik mendengar materi di zoom, tiba-tiba ada suara.."Neng, sayur nggakkk?" Seketika peserta di zoom menjawab kompak, "ngggakk...." sambil tertawa.

2. Diomelin Ibu

Emak yang mengomel sering sekali kita lihat di kehidupan sehari-hari. Apalagi di tayangan sinetron televisi, yang banyak sekali unsur drama-nya. Kali ini tayangan emak yang mengomel bisa disaksikan di kelas zoom seorang anak yang sedang belajar dari rumah secara online. Cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah ini berasal dari media sosial juga. Ada anak SMP yang sedang mendengarkan materi gurunya di zoom dengan serius. Mungkin sebelumnya si anak ada berbuat teledor atau kesalahàn di rumah. Tiba-tiba ibunya melintas di belakang anak dan ngomelin si anak dengan panjang lebar, tanpa sadar kalau semua ucapannya bisa didengar oleh seluruh peserta zoom. Kelakuan si Ibu ini mengundang tawa semua peserta zoom. Si anak kelihatan malu dengan kelakukan ibunya, tapi tak urung ia tertawa juga.

3. Berantem dengan saudara

Di salah satu IG story netizen, ada seorang anak yang sedang serius di depan laptopnya. Sepertinya lagi mendengarkan materi dari gurunya. Si anak sibuk mencatat penjelasan guru, sementara saudaranya di sebelah memasang tampang dengan berbagai mimik wajah. Otomatis wajah saudaranya dengan berbagai ekspresi itu kelihatan juga oleh teman-teman yang lain. Kelihatan si anak menegur saudara beberapa kali, tapi saudaranya masih melakukan aksinya. Mungkin karena kesàl dan merasa terganggu, si anak memukul wajah saudaranya dengan buku tulis. Perseteruan ini berakhir setelah orang tua ikut melerai. Ini termasuk cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah, walaupun berakhir dengan sedikit drama.

4. Tamu Tak Diundang

Bertamu di saat pandemi seperti ini memang tidak dianjurkan. Ini terkait dengan kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak secara fisik. Akan tetapi, ternyata ada juga tamu yang nekat datang ke rumah, bahkan masuk ke layar zoom seorang netizen yang sedang belajar online. Terlihat di tangkapan làyar netizen di media sosial, seorang pelajar yang sedang mendengarkan materi di zoom. Tiba-tiba ada yang muncul di balik pintu, dan dengan polosnya beliau teriak.."Assalamualaikumm..." Maka, anak-anak yang menjadi peserta di zoom kompak menjawab.."Wa alaikum salam, Tante ".

5. Salah Kostum

Kejadian salah kostum sering terjadi di dunia nyata. Hal ini terjadi karena peserta tidak mengetahui bahwa acara atau pesta yang dihadirinya menggunakan dress code tertentu. Akan tetapi, kisah salah kostum yang ini sedikit berbeda. Cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah berikutnya berasal dari tangkapan layar di media sosial. Seorang netizen di twitter mengatakan bahwa dia baru saja melakukan hal yang memalukan. Apa sebabnya? Ternyata dia baru saja mengikuti bimbingan skripsi via skype dengan dosen pembimbingnya. Dia pun menggunakan kemeja biar terlihat formal. Sayangnya dia lupa kalau bawahannya adalah celana pendek lusuh yang biasa dipakai untuk tidur. Suatu ketika, dia merasa capek dan mau berganti posisi dengan cara berdiri. Dosennya menjadi kaget melihat celana pendeknya yang bukan saja tidàk sopan, melainkan menampakkan aurat. Secara otomatis, sang dosen memutuskan sambungan skype.

6. Pengacau kecil

Salah seorang teman ada yang harus memberikan materi secara online pada muridnya. Dia menggunakan aplikasi zoom lengkap dengan background-nya. Tiba-tiba di tengah persentasi tersebut, dinding di bagiàn belakang beliau roboh. Peserta zoom kaget, dipikir telah terjadi gempa bumi di lokasi sang guru. Ternyata, dinding buatan yang dijadikan background-nya roboh karena ditabrak oleh seseorang yang sangat dikenalnya, yaitu si anak kesayangannya. Ini adalah cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah seorang mentor training online.

7. Asisten Pribadi

Jobdesk seorang asisten rumah tangga memang melayani kebutuhan majikannya. Seperti menyiapkan makanan, minuman, dan keperluan majikan lainnya. Akan tetapi, jika hal ini ter-ekspos secara live di dunia maya, tak urung menjadi hal yang lucu juga. Seorang netizen membagi cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah terkait dengan hal ini. Saat sedang asyik mendengarkan materi di zoom, tiba-tiba ada asisten rumah tangga-nya masuk ruangan dan membawakan minuman. Si asisten ini juga bilang dengan suara yang cukup bisa didengar semua peserta zoom. "Ini es jeruknya, Neng". Anak-anak yang lain spontan menjawab.."Mau jugaa...".  Lalu semua tertawa bersamaan.

8. Anak Minta ASI

Di kelas nyata sehari-hari, kita sering melihat ada guru yang mengajar sambil membawa anak. Apalagi jika di daerah, yang tidak ada tempat penitipan anak. Momen guru mengajar sambil mengasuh anak adalah pemandangan yang lumrah terjadi. Akan tetapi, hal ini menjadi berbeda ketika terjadi dunia maya. Seorang guru yang sedang memberikan materi di zoom, tiba-tiba dari arah belakang anaknya yang masih balita datang menghampiri dan langsung menarik-narik si ibu. Ternyata si anak mau minta ASI. Murid-murid yang menjadi peserta zoom pun, tertawa dengan ulah si anak. Terpaksa kelas di off dulu selama tiga puluh menit, baru kemudian dilanjutkan kembali. Ini menjadi cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah versi seorang guru.

9. Tolong Buatkan Grup

Kebijakan untuk belajar dari rumah secara online ini sedikit menyulitkan bagi guru yang sudah berusia lanjut. Mereka yang tidak terbiasa dengan berbagai aplikasi pembelajaran ini, mengaku kerepotan. Seorang guru kenalan saya sudah berusia di atas lima puluh tahun. Beliau mengajar di ibukota salah satu kabupaten di Sumatera Selatan. Seperti kebanyakan guru-guru yang tergolong senior, beliau juga kewalahan dengan sistem belajar online dari rumah. Beliau tidak mengerti cara membuat grup di WA, cara mengundang orang lain masuk ke grup WA, dan cara upload materi pelajaran di WA. Untungnya, ada putrinya yang mahasiswi di rumah. Maka beliau pun dibantu putrinya sebagai asisten dalam menjalankan kegiatan belajar dari rumah. Menurut dia, ini termasuk cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah.

10. Apa itu WA?

Salah seorang wali murid di sebuah kabupaten di Sumatera, mendatangi rumah guru anaknya. Orang tua tersebut bingung dengan sistem belajar dari rumah yang katanya menggunakan WA. Dia berencana mau membeli WA pada ibu guru, karena anaknya tidak tahu di mana bisa mendapatkan WA. Teman-temannya semua sudàh banyak yang punya WA. Sesampainya di rumah ibu guru, si orang tua murid mengutarakan maksudnya. Guru pun tersenyum, dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan WA. Walaupun orang tua tersebut masih belum benar-benar mengerti, setidaknya dia paham bahwa WA tidak berwujud fisik yang bisa dijualbelikan di pasar. Ini adalah cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah versi orang tua.

Anak Kecanduan Gadget? Ambil 3 Hal Positif Ini!
Jika orang tua peka, maka bisa mengambil 3 hasil positif pada kesukaan anak pada gadget dan menghindarinya dari efek negatif.

Masih banyak lagi cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah yang tidak ter-ekspos media sosial. Kebijakan untuk belajar dari rumah secara online ini telah "membangunkan" masyarakat yang selama ini abai dengan perkembangan teknologi. Mereka yang merasa bahwa teknologi buka lingkup pekerjaannya. Akan tetapi, karena ada kebijakan untuk menemani anak-anak belajar dari rumah, mau tidak mau, siap tidak siap, masyarakat mulai belajar pelan-pelan. Mengenal berbagai aplikasi yang digunakan anak-anak untuk belajar. Ini berkaitan erat dengan digitalisasi bidang pendidikan yang digaungkan pemerintah terkait dengan teknologi 4.0 bagi Indonesia.

Dari berbagai cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah di atas, kita belajar banyak hal. Ada yang belum mengenal aplikasi dan teknologi yang digunakan. Khususnya untuk masyarakat yang masih tinggal di daerah. Akan tetapi, rasa persaudaraan membuat banyak pihak yang bersedia membantu menjelaskan. Cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah ini juga merupakan hiburan bagi warga netizen. Lumayan mencairkan suasana bagi masyarakat yang sudah jenuh karena geraknya dibatasi oleh social distancing. Bagaimana dengan Anda, adakah cerita nyata yang lucu tentang belajar dari rumah juga?

Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.