10 Cara Menyampaikan Rasa Terima Kasih Pihak-pihak yang Berjasa Selama Pandemi Virus Corona

kesehatan Jun 20, 2020

Terhitung sudah lebih dari 3 bulan sejak pertama kali virus corona menyebar di Indonesia. Tepatnya yaitu sejak pemerintah RI mengkonfirmasi kasus pasien positif pertama dan kedua pada tanggal 2 Maret 2020. Hingga 12 Juni 2020 pukul 12.00 WIB, mengutip dari laman kompas.com, sebanyak 36.406 orang di Indonesia dinyatakan positif terjangkit virus ini. Penyebaran virus corona yang sangat masif membuat masyarakat harus bergotong-royong untuk mengatasi pandemi ini.

Rasa terima kasih yang sangat besar sangat layak diberikan kepada orang-orang di garda depan penanganan seperti tenaga medis dan pekerja layanan masyarakat.

Mereka rela mengorbankan kepentingan diri untuk merawat pasien positif dan bersinggungan langsung dengan virus sehingga layak dikatakan sebagai pahlawan pandemi. Kira-kira, bagaimana ya caranya untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka?

Menyampaikan Rasa Terima Kasih Tak Harus Bertemu Langsung

Ada 10 cara menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang berjasa selama pandemi virus corona yang dapat kamu lakukan yaitu:

1.Ucapkan Terima Kasih Melalui Media Sosial

Selain untuk berbagai cerita, kita dapat menggunakan media sosial untuk hal positif lainnya. Salah satunya yaitu mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang berjasa dalam penanganan virus corona. Jarak bukanlah batasan untuk berinteraksi dengan mereka. Oleh karena itu, kamu dapat berterima kasih langsung melalui akun media sosial yang mereka punya. Walaupun hanya sekedar berkomentar atau mengirim Direct Message dengan kata-kata penyemangat, hal itu pasti akan membuat mereka bahagia.

2.Tunjukkan Rasa Terima Kasih Lewat Karya

Tak hanya melalui fitur komentar dan kotak pesan, kita juga dapat berterima kasih dengan membuat sebuah karya. Karya yang dibuat dapat berupa gambar, lagu, maupun hal lainnya yang dapat mengekspresikan rasa bangga kalian atas perjuangan tim garda depan pandemi virus corona. Setelah membuatnya, kamu dapat mengupload-nya pada feeds instagram, timeline twitter, home facebook, atau platform media sosial lain yang kamu punya.

3.Memberikan Bantuan atau Donasi

Jika kamu merasa bahwa berterima kasih melalui media sosial saja belum cukup, kamu dapat ikut memberikan bantuan atau donasi. Bantuan yang diberikan dapat berupa peralatan medis atau perlengkapan penunjang lain, untuk tim garda depan maupun masyarakat kecil yang terdampak pandemi. Kamu juga dapat memilih opsi donasi berupa uang tunai kepada pihak-pihak yang menyalurkan bantuan tersebut secara langsung. Salah satu contohnya yaitu penggalangan dana yang dilakukan selebgram Rachel Vennya beberapa waktu lalu yang nominal donasinya menembus angka lebih dari 9 milyar rupiah.

4.Stop Mengucilkan Tim Garda Depan Pandemi Virus Corona

Ada sebuah kejadian yang membuat miris siapapun yang mendengarnya, yaitu perlakuan tidak menyenangkan yang diterima tim garda depan di lingkungan masyarakat. Bukannya disambut bak pahlawan, mereka yang terpaksa bersinggungan langsung dengan virus corona justru dikucilkan di masyarakat karena persepsi bahwa mereka menjadi orang yang dapat menularkan virus. Beberapa kali muncul berita tentang tenaga medis diasingkan dari masyarakat atau diusir dari kos-kosan tempatnya tinggal. Mereka yang telah berjuang untuk kita sudah pasti menaati protokol kesehatan sehingga tidak layak untuk dikucilkan dari lingkungan.

5.Ikut Mengedukasi Masyarakat Sekitar

Ikut membantu untuk mengedukasi masyarakat sekitar juga salah satu cara kita berterima kasih kepada pihak-pihak yang berjasa selama pandemi virus corona. Tidak semua lapisan masyarakat dapat memahami dan menerima informasi dengan benar terkait pandemi yang sedang menjangkit Indonesia dan dunia. Ketika kita ikut membantu proses edukasi kepada masyarakat sekitar, kita sama saja membantu tugas pihak-pihak di garda depan untuk menanggulangi virus corona agar tidak menyebar.

6.Gotong-Royong untuk Kesembuhan Pasien Positif / Suspect Corona

Semakin banyak pasien positif atau suspect COVID-19 yang sembuh maka semakin besar pula peluang pandemi ini berakhir. Hal tersebut tentunya akan meringankan pekerjaan tim medis karena jumlah manusia yang dirawat akan semakin berkurang dan mereka tidak kewalahan lagi akibat rasio tim dan pasien yang tidak seimbang. Oleh karena itu, alih-alih memusuhi pasien atau suspect COVID-19 yang dikarantina mandiri selama 14 hari atau lebih, kita dapat ikut membantu proses kesembuhannya dari jauh. Kita bisa menyalurkan bantuan makanan yang diletakkan di pagar rumah atau mengirimkan pesan semangat melalui chat.

7.Mengikuti Protokol Kesehatan

Sebaik-baiknya cara menyampaikan rasa terima kasih adalah tidak ikut membantu dalam penyebaran virus corona. Pentingnya melakukan pengawasan terhadap diri sendiri dan keluarga dapat membantu memutus rantai penyebaran virus. Pemerintah sudah mengeluarkan berbagai macam protokol kesehatan, seperti selalu memakai masker ketika keluar rumah, sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan membersihkan diri sehabis keluar rumah. Sebagai warga negara yang baik, kita harus mengikuti protokol kesehatan untuk kemaslahatan bersama ya!

8.Stay at Home

Anjuran pemerintah yang digalakkan sejak diumumkannya pandemi virus corona pertama kali yaitu tetap #dirumahaja. Virus corona yang menyebar akibat interaksi antar manusia secara langsung, membuat anjuran ini dirasa yang paling mampu untuk memutus rantai penyebaran virus. Jika tidak dirasa penting sebaiknya tetap di rumah saja dan tidak keluar rumah. Lupakan sejenak kegiatan nongkrong bersama rekan atau mengunjungi pusat perbelanjaan untuk bersenang-senang. Usahakan agar bekerja di rumah atau work from home jika dirasa memungkinkan. Tetapi jika tidak dapat dilakukan, maka anda juga bisa mencari nafkah namun tetap mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

9.Menjaga Kesehatan Diri dan Keluarga

Selain mengikuti protokol kesehatan, menjaga kesehatan diri dan keluarga juga menjadi cara menyampaikan rasa terima kasih yang mudah dilakukan. Pemakaian masker dan kegiatan cuci tangan adalah senjata untuk melawan virus, namun jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat untuk diri sendiri dan keluarga. Anda dapat melakukannya dengan rajin berolahraga di rumah, mengkonsumsi makanan sehat peningkat imunitas, dan menyiapkan suplemen atau vitamin agar tubuh tetap bugar. Imun yang baik akan menjaga diri kita terhindar dari virus ini.

Bagaimana Mengajarkan Tips Internet Sehat Pada Anak?
Internet sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari pada masa kini. Tuntutan anak agar fasih berselancar di dunia maya demi tugas sekolah tentunya menjadi tanggung jawab para orang tua untuk mengenalkan tips internet sehat pada anak.

10.Tidak Panic Buying / Menimbun Barang untuk Keuntungan Pribadi

Maraknya penimbunan surgical mask pasca diumumkannya kasus pasien positif pertama virus corona membuat tenaga medis kesulitan dalam melakukan tugas akibat tidak adanya bekal perlindungan. Tak hanya surgical mask, bahkan hazmat suit yang keperluannya hanya untuk kegiatan medis juga sangat sulit didapat. Hal tersebut disebabkan karena pakaian yang bentuknya mirip pakaian astronot ini dipercaya masyarakat umum sebagai pencegah virus corona yang ampuh sehingga banyak yang menimbun dan membelinya untuk keperluan pribadi. Seharusnya hal-hal semacam itu tidak perlu terjadi karena dapat menghambat proses penanganan virus di negeri ini. Yang kita butuhkan yaitu sikap gotong-royong dan mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

Cara Mudah Menyampaikan Etika Internet Sehat Pada Anak
Sebagai generasi milenial, anak tidak bisa dipisahkan dari teknologi internet. Frekuensi anak terkoneksi dengan internet jauh lebih besar dari itu. Hal ini mesti menjadi perhatian khusus oleh orang tua agar dapat menyampaikan etika internet sehat pada anak dengan cara yang mudah.

Demikian artikel mengenai 10 cara menyampaikan rasa terima kasih pihak-pihak yang berjasa selama pandemi virus corona. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.