Mengapa Terbiasa Mengerjakan Latihan Soal Penting Bagi Siswa?

Sebentar lagi tahun ajaran baru dimulai. Tentunya sebagai guru Anda tentu ingin siswa-siswa Anda bisa berprestasi lebih baik. Salah satu cara agar siswa bisa meraih prestasi dan memahami pelajaran dengan baik adalah terbiasa mengerjakan Latihan soal. Ya, mengerjakan Latihan soal itu penting bagi siswa. Mengapa demikian? Apa manfaat yang didapat oleh siswa saat mengerjakan latihan soal? Artikel ini selanjutnya akan membahas mengapa terbiasa mengerjakan Latihan soal penting bagi siswa.

Mengerjakan Latihan Soal

Mengerjakan latihan soal menjadi salah satu metode pembelajaran yang baik untuk siswa. Dengan mengerjakan latihan soal, siswa jadi lebih tahu sejauh mana sudah memahami pelajaran yang telah diberikan. Latihan soal bisa membuat siswa tahu, mana materi yang sudah dikuasai mana yang belum.

Latihan soal juga bisa membuat siswa lebih fokus belajar materi-materi yang ingin dikuasai. Selain itu, juga menjadi sarana latihan bagi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Semakin rutin mengerjakan latihan soal, membuat siswa semakin mudah mengerjakan berbagai soal-soal ujian. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi siswa untuk rutin mengerjakan latihan soal.

Manfaat Mengerjakan Latihan Soal Bagi Siswa

Sangat penting bagi siswa untuk terbiasa mengerjakan latihan soal. Banyak sekali manfaat yang didapat jika siswa terbiasa mengerjakan latihan soal.

1. Melatih stamina belajar

Mengerjakan latihan soal bisa melatih stamina belajar siswa. Siswa bisa belajar sedikt demi sedikit. Saat pertama kali mengerjakan Latihan soal, mungkin siswa terasa lelah. Namun, lambat laun maka akan terbiasa. Rutinitas mengerjakan Latihan soal ini akan membuat siswa bisa menemukan cara belajar terbaik.

Dengan terbiasa mengerjakan latihan soal, bisa membantu membangun stamina belajar siswa menjadi lebih baik. Agar lebih maksimal dalam belajar, siswa bisa mengulangi setiap beberapa hari.

Siswa akan terlatih satminanya, sehingga saat ujian tidak akan kewalahan lagi dalam belajar.

2. Memahami materi pelajaran

Mengerjakan Latihan soal bisa membuat siswa memahami materi pelajaran dengan baik. Ujian adalah alat untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap sebuah materi pelajaran. Dari soal-soal yang diujikan, akan terlihat sejauh mana siswa memahami materi pelajaran.

Oleh karena itu, mengerjakan latihan soal secara rutin adalah cara yang tepat dalam memahami materi pelajaran. Semakin sering mengerjakan latihan soal, maka akan semakin mudah memahami materi pelajaran.

Bila buku-buku latihan soal tidak cukup, maka siswa bisa mengakses latihan soal online.

3. Sarana evaluasi belajar

Mengerjakan latihan soal bisa menjadi sarana evaluasi belajar. Sejauh mana kekuatan dan kelemahan siswa. Mana yang sudah dikuasai, mana yang belum dikuasai. Jika ada materi yang masih belum dikuasai, tentu bisa mengerjakan latihan soal materi-materi yang belum dikuasai lebih banyak lagi.

Dari soal-soal yang telah dikerjakan saat latihan ini, siswa bisa tahu sejauh mana kemamapuannya. Mempertahankan apa yang sudah dikuasai, dan melatih apa yang belum dikuasai.

4. Beradaptasi dengan pola soal

Dengan rutin mengerjakan Latihan soal, siswa bisa beradaptasi dengan pola soal. Rutin mengerjakan latihan soal akan membuat siswa bisa bertemu beragam jenis soal. Mengetahui berbagai pola soal yang ada.

Dengan begitu, siswa menjadi terbiasa. Siswa akan paham soal-soal yang akan diujikan nantinya. Sebab, siswa sudah mengetahui pola-pola soal yang ada. Jadi lebih mudah saat mengerjakan soal saat ujian nantinya.

5. Melatih manajemen waktu mengerjakan soal

Terbiasa mengerjakan Latihan soal bisa melatih siswa memanejemen waktu dalam mengerjakan soal. Jika siswa sudah terbiasa mengerjakan soal, maka siswa jadi tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal-soal yang ada.

Kemaampuan manajemen waktu dalam mengerjakan soal ini sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Sebab, nanti jika saat ujian tiba, siswa tidak akan kesulitan.

Siswa tidak akan kehabisan waktu saat ujian. Siswa bisa mengerjakan soal-soal ujian dengan baik. Tepat waktu. Tidak terburu-buru dan tidak pula terlalu lama.

Siswa bisa melatih kecepatan waktunya saat mengerjakan soal-soal dalam latihan. Bisa mengatur berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan sejumlah soal tertentu. Diawal-awal mungkin siswa tidak bisa tepat waktu saat mengerjakan soal, namun dengan semakin sering latihan maka akan semakin terbiasa, dan bisa mengatur waktu dengan baik.

6. Melatih rasa percaya diri

Sering mengerjakan latihan soal tak hanya bermanfaat bagi kognitif siswa, tetapi juga baik untuk perkembangan psikologisnya. Siswa yang terbiasa mengerjakan latihan soal, akan menjadi siswa yang percaya diri.

Dengan terbiasa mengerjakan soal, siswa akan semakin mengetahui sejauh mana kemampuannya. Tentu ini akan membuatnya percaya diri.

Tips Mengajarkan Siswa Pentingnya Keseimbangan Kemampuan Akademik dan Skill
Untuk menyeimbangkan kemampuan akademik dan skill siswa, maka diperlukan keseimbangan antara teori dan praktik di sekolah.

Saat ujian tiba, siswa tak perlu takut lagi. Dia sudah tahu sejauh mana kemampuannya. Dia pun akan percaya diri dalam mengerjakan soal-soal ujian secara mandiri.

7. Sarana belajar efektif

Mengerjakan latihan soal adalah sarana belajar yang efektif. Siswa tidak perlu membaca dan menghafalkan banyak materi pelajaran. Siswa cukup mempelajarainya dengan mengerjakan latihan soal. Tentu ini jadi lebih mudah dan hemat waktu.

Tak hanya itu, mengerjakan latihan soal membuat siswa jadi lebih fokus dalam memahami materi pelajaran.

Manfaat Mengerjakan Latihan Soal Bagi Siswa

Demikian adalah beragam manfaat yang diterima oleh siswa jika rutin mengerjakan latihan soal. Tentunya akan sangat baik jika siswa rutin mengerjakan latihan soal. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar siswa bisa mengerjakan latihan  soal dengan efektif, yaitu :

1. Cari sumber latihan soal yang terpercaya

Carilah sumber latihan soal yang terpercaya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan belajar. Soal-soal dengan materi-materi yang dipelajari.

7 Tips Mencari Sumber Belajar Efektif Menggunakan Google Search
Referensi atau sumber belajar sangat beragam seperti membaca dari buku, website dan platform online lainnya.

2. Tentukan strategi dalam mengerjakan latihan soal

Tentukan strategi dalam mengerjakan latihan soal. Misalnya mulai dari materi-materi yang belum dikuasai. Dengan menentukan strategi, maka saat mengerjakan latihan soal akan berjalan lancer.

3. Buat jadwal rutin

Buat jadwal rutin dalam mengerjakan latihan soal. Membuat jadwal rutin mengerjakan latihan soal, akan membuat siswa disiplin untuk rutin mengerjakan latihan soal.

4. Sediakan kudapan

Jangan lupa sediakan kudapan saat mengerjakan latihan soal. Kudapan bisa membuat siswa lebih semamngat dalam mengerjakan latihan soal. Tak hanya itu, dengan kudapan maka siswa tidak akan mengantuk dan bosan saat mengerjakan latihan soal. Pilih kudapan yang sehat. Agar tidak mengganggu Kesehatan siswa.

5. Berikan self reward

Jangan lupa memberikan self reward saat berhasil menyelesaikan target yang sudah direncanakan. Dengan self reward ini, siswa akan semakin semangat untuk terus rutin mengerjakan latihan soal.

Self reward dari hal-hal yang sederhana saja. Misalnya, jika sudah menyelesaikan satu paket latihan soal, boleh mengakses social media selama 30 menit untuk istirahat sejenak.

Demikian artikel tentang mengapa terbiasa mengerjakan latihan soal penting bagi siswa. Semoga artikel ini bisa membuat Anda menyemangati siswa-siswa untuk rutin mengerjakan latihan soal.