KKTP dalam Kurikulum Merdeka

kurikulum merdeka 17 Sep 2023

Pengertian KKTP

Apa sih yang dimaksud dengan KKTP? KKTP merupakan rangkaian kriteria atau indikator yang menujukkan tingkat kemampuan peserta didik dalam mencapai suatu kompetensi tertentu pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Adapun fungsi dari KKTP ini yaitu untuk membantu guru dalam merefleksikan proses kegiatan belajar di kelas dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi yang dimiliki peserta didik. Hasil dari kegiatan refleksi tersebut dapat guru gunakan untuk memperbaiki proses kegiatan belajar siswa dan memberi tindak lanjut yang sesuai dengan karakteristik dan kompetensi peserta didik.

Apa perbedaan KKTP di kurikulum merdeka dengan KKM yang ada di kurikulum 2013?

Apa yang dimaksud dengan KKM? KKM merupakan indikator ketuntasan yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti proses kegiatan belajar yang dimuat ke dalam batas nilai yang harus dicapai. Dalam penerapannya, nilai KKM yang harus dicapai siswa tidak dijelaskan secara terperinci, sehingga bisa dikatakan nilai KKM setiap mata pelajaran di masing-masing satuan pendidikan bisa saja berbeda.

Berbeda dengan KKTP yang memiliki deskripsi yang konkret mengenai keterampilan dan kompetensi yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik. Dalam penerapannya, KKTP ini akan menjadi bukti pencapaian peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam proses kegiatan belajar, KKTP berguna sebagai salah satu pertimbangan untuk menyusun instrumen asesmen. Dengan menggunakan KKTP, asesmen yang digunakan peserta didik akan lebih sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Untuk menentukan KKTP ini, guru tidak disarankan untuk menggunakan angka mutlak, seperti 70, 75, 80, 85, dan sebagainya. Guru disarankkan untuk menggunakan rentang nilai, seperti 71 - 80, 81 - 90, dan lain sebagainya. Dalam memberikan rentang nilai tersebut guru tetap harus memberi deskripsi atau penjelasan dari setiap interval yang dibuat tersebut.

7 Tips Pembentukan Karakter Siswa Setelah Asesmen Awal
Asesmen awal adalah evaluasi yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan karakteristik siswa sebelum pembelajaran dimulai

Fungsi KKTP

Dalam penerapannya, KKTP akan mencerminkan bagaimana proses kegiatan belajar yang diterapkan guru dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi yang dimiliki peserta didik. Adapun tujuan dari dibuatnya KKTP ini yaitu untuk membantu guru dalam memperbaiki proses kegiatan belajar di kelas dan membantu guru dalam memberikan tindak lanjut yang sesuai dengan kompetensi peserta didik.

Selain itu,  KKTP juga berfungsi untuk memberi informasi yang komprehensif dalam laporan hasil belajar peserta didik. Dengan informasi inilah guru akan mendapat acuan dalam menyusun instrumen asesmen. Instrumen asesmen ini dapat membantu guru dalam membuat tujuan pembelajaran yang akan dicapai peserta didik yang sesuai dengan kompetensinya.

Cara Menentukan KKTP dalam Kurikulum Merdeka

KKM tidak lagi digunakan dalam Kurikulum Merdeka. Saat ini, KKM telah digantikan oleh KKTP. KKTP dibuat guru melalui beberapa metode dan pendekatan. Dalam penerapannya, KKTP akan dibandingkan dengan hasil belajar yang dicapai peserta didik yang kemudian akan dinilai seberapa jauh pencapaian hasil belajar yang dimiliki peserta didik. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui bagaimana menentukan KKTP yang tepat untuk peserta didik.

Sebelum menentukan KKTP, guru berhak untuk mengetahui dan memperoleh tingkat keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembuatan KKTP ini akan sejalan dengan perencanaan asesmen yang menjadi bagian dari penyusunan perencanaan kegiatan pembelajaran.

Tidak hanya dibuat, KKTP juga penting untuk dikembangkan. Pengembangan KKTP in berguna sebagai bahan acuan dalam menentukan instrumen asesmen kegiatan pembelajaran agar tidak terjadi ketidaksesuaian antara instrumen asesmen dengan kriteria capaian tersebut.

KKTP yang dibuat akan menjelaskan tentang deskripsi mengenai kriteria-kriteria yang akan menjadi acuan bagi peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran. Kriteria tersebut akan meliputi kemampuan peserta didik dalam bidang teori maupun praktik.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk menentukan KKTP dalam kurikulum merdeka, yaitu diantaranya :

  • Kriteria capaian dimuat ke dalam bentuk deskripsi untuk menentukan pencapaian siswa dengan asumsi jika siswa belum mencapai kriteria tersebut maka tujuan pembelajaran belum dicapai.
  • KKTP diidentifikasi menggunakan rubrik untuk menganalisis sejauh mana peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran.
  • KKTP dikembangkan dengan menggunakan beberapa pendekatan, seperti skala atau interval lainnya.

Penerapan Cara Menentukan KKTP dalam Kurikulum Merdeka

1. Penggunaan Deskripsi Kriteria

Dalam penerapannya, guru bisa menentukan KKTP berdasarkan deskripsi kriteria. Misalnya ketika peserta didik mendapatkan tugas mengenai praktik dalam menulis puisi, maka guru dapat menentukan KKTP-nya seperti, "peserta didik mampu menulis puisi dengan menggunakan kreativitas, seperti dalam memilih diksi dan penyesuaian tata bahasa". Kriteria yang ingin dicapai bisa dibuat ke dalam beberapa poin yang berisi deskripsi kriteria tujuan pembelajaran yang ingin dicapai peserta didik.

2. Penggunaan Rubrik

Selain itu, guru dapat menentukan KKTP berdasarkan penggunaan rubrik. Misalnya dalam mengerjakan puisi, guru akan menentukan KKTP yang terdiri dari beberapa poin, seperti pemilihan diksi, kesesuaian puisi yang dibuat dengan tema yang telah ditentukan, panjang karya, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, rubrik akan dibagi menjadi beberapa pencapaian, seperti berkembang, layak, cakap, dan mahir. Setiap pencapaian tersebut akan ditulis dengan menggunakan deskripsi mengenai kompetensi peserta didik.

3. Penggunaan Interval Nilai

Interval nilai biasanya digunakan ketika siswa melaksanakan tes atau ujian tertulis yang hasil akhirnya berupa nilai. Melalui nilai tersebut guru dapat menganalisis pencapaian siswa berdasarkan interval yang telah dibuat. Contoh interval nilai sebagai berikut:

  • 0 – 40% berarti belum mencapai, dengan kata lain perlu remedial pada seluruh bagian
  • 41 – 65% berarti belum mencapai ketuntasan, artinya perlu mengulang pada beberapa bagian
  • 66 – 85% berarti sudah mencapai ketuntasan, tidak memerlukan remedial
  • 86 – 100% berarti sudah mencapai ketuntasan dan memerlukan pengayaan agar berkembang

Cara Membuat KKTP

Terdapat beberapa pendekatan yang dapat membuat KKTP, yaitu meliputi:

1. Deskripsi Kriteria

Melalui pendekatan ini, guru akan menetapkan rangakaian kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan tugas, proyak akhir, atau jenis tugas apapun yang bisa diukur. Dalam hal ini, guru akan mengisi ceklis pada kriteria yang memadai di mana peserta didik yang dianggap telah memenuhi tujuan pembelajaran. Namun, jika terdapat peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, maka guru dapat memberikan ceklis pada kriteria yang tidak memadai.

2. Pendekatan Rubrik

Pada pendekatan ini guru akan menelaah tingkat kemampuan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Adapun deskripsi pada pendekatan rubrik ini akan lebih komprehensif, di mana guru akan disarankan untuk mencantumkan kesimpulan di akhir KKTP. Kesimpulan ini akan menjadi penentu apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran atau belum.

Penerapan Asesmen dengan Pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika)
Pendekatan STEM tidak hanya mengajarkan siswa terhadap pengetahuan teori namun juga memberikan pengalaman langsung dalam proses pembelajaran melalui proyek yang diberikan guru

3. Skala atau Interval Nilai

Melalui pendekatan ini, guru akan menggunakan skala atau interval nilai dalam menentukan KKTP. Dalam membuat interval nilai tersebut, guru harus tetap melengkapinya dengan deskripsi sehingga peserta didik dapat mengetahui mengapa mereka bisa memperoleh nilai tersebut. Misalnya, pada interval nilai 0 - 40% menjelaskan bahwa peserta didik belum mencapai tujuan pembelajaran, maka peserta didik harus mengikuti remedial. Sedangkan untuk peserta didik yang memperoleh nilai dari rentang 86 - 100%, maka peserta didik tersebut sudah tuntas, tidak perlu remedial lagi, mereka hanya perlu melakukan kegiatan pengayaan atau tantangan untuk meningkatkan kemampuannya.

Demikianlah penjelasan mengenai KKTP dalam Kurikulum Merdeka beserta penjelasan mengenai cara menentukan dan cara membuat KKTP-nya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.