Contoh RPP PKN Kelas 5 SD Semester 1 dan 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP adalah susunan atau rancangan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan oleh guru sesuai dengan pelajaran dan waktu yang dialokasikan. Pembuatan RPP dilakukan pada awal semester atau awal tahun pelajaran baru dengan tujuan agar belajar berjalan maksimal dan optimal sesuai dengan perencanaan yang sudah direncanakan. Dengan membuat RPP, guru akan memiliki gambaran berjalan KBM.
Penyusunan RPP dilakukan dengan lengkap dan sistematis, serta ditujukan untuk setiap KD dalam satu pertemuan atau lebih. Apakah juga bisa dijadikan acuan untuk mengarahkan peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan.
Sebelum membuat RPP kurikulum 2013, Anda perlu mengetahui formatnya terlebih dahulu untuk memudahkan mengisi setiap komponen yang ada. Isi komponen tersebut mulai dari identitas sekolah, Identitas guru, kelas hingga penyampaian materi.
Contoh RPP PKN Kelas 5 SD K13 Semester 1 dan 2
Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh RPP PKN kelas 5 SD semester 1 dan 2 bagi Anda yang mengajar di tingkat Sekolah Dasar, Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Contoh ini bisa Anda jadikan acuan dalam membuat RPP satu lembar k13.
Ini adalah contoh RPP satu lembar k13 untuk kelas 5 SD pelajaran PKN. Dengan adanya format RPP 1 lembar SD ini, diharapkan guru dapat fokus menyiapkan materi serta evaluasi pembelajaran. Meski dibuat secara ringkas namun tetap terintegrasi dengan HOTS, literasi abad 21, 4C dan PPK.
Contoh RPP PKN Kelas 5 SD K13 Semester 1
Berikut contoh RPP satu lembar kelas k13 kelas 5 SD semester 1 yang. Bapak/ibu guru bisa mendapatkan contoh RPP lainnya dengan lengkap untuk semua mata pelajaran dan semua kelas di https://kejarcita.id/.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah: SDN II RAJEG
Mata pelajaran: Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas / Semester: 5 / 1
Tema / Sub Tema: 7 (Peristiwa dalam kehidupan) / 1 (Peristiwa kebangsaan masa penjajahan)
Pelaksanaan pembelajaran ke-: 1 (satu)
Alokasi waktu: 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Untuk memahami peristiwa kebangsaan masa penjajahan
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan peristiwa penjajahan Eropa
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia
- Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia dengan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Memberi salam, menanyakan kabar dan kehadiran peserta didik
- Berdoa
- Menyanyikan satu lagu nasional untuk memberi semangat nasionalisme
- Memotivasi dan memberi semangat peserta didik untuk belajar
Kegiatan inti
- Menjelaskan materi pelajaran
- Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
- Menggunakan media pembelajaran agar peserta didik bisa mengamati materi yang diajarkan dengan mudah
- Berdiskusi dengan peserta didik berkaitan dengan materi yang diajarkan
- Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya
- Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
- Guru memberi penguatan tentang hasil presentasi peserta didik
- Memberi penjelasan materi kembali untuk dipahami oleh siswa
Kegiatan Penutup
- Peserta didik dapat mengemukakan hasil belajar
- Guru memberi ringkasan atau kesimpulan materi pelajaran
- Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan di rumah
- Salam dan doa penutup
Penilaian
- Penilaian pengetahuan: dilihat dari wawasan peserta didik dalam memberikan ide atau pemikirannya.
- Penilaian keterampilan: dilihat dari bagaimana peserta didik membawakan hasil presentasinya.
- Penilaian sikap: observasi selama KBM berlangsung.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
…………………….
Guru Kelas
…………………….
Contoh RPP PKN Kelas 5 SD K13 Semester 2
Berikut contoh RPP satu lembar kelas k13 kelas 5 SD semester 2. RPP ini dibuat dalam bentuk tabel satu lembar dengan format berikut ini:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah: SDN II RAJEG
Mata Pelajaran: Pendidikan Kewarganegaraan (PKN),
Kelas / Semester: 5 (lima) / 2 (Dua)
Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
Untuk memahami kebebasan dalam berorganisasi
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pengertian organisasi
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat memahami pengertian organisasi
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian organisasi
- Peserta didik dapat menyebutkan contoh organisasi
- Peserta didik dapat menyebutkan tujuan organisasi
- Peserta didik dapat menyebutkan contoh anggota organisasi
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Memberikan salam, menanyakan kabar dan memeriksa kehadiran siswa
- Siswa dan guru berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
- Memberi motivasi dan semangat belajar pada peserta didik
- Menjelaskan materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan
Kegiatan Inti
- Guru memberi contoh organisasi yang ada di sekolah
- Peserta didik mencoba membuat arti organisasi sendiri
- Peserta didik membaca dan menulis materi
- Berdiskusi untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan ataupun tulisan
- Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Peserta didik berdiskusi mengenai tujuan organisasi
- Peserta didik presentasi atau menyampaikan hasil pekerjaannya
- Tanya jawab antara peserta didik dan guru
- Guru memberikan arahan, penegasan dan pemahaman materi lebih mendalam pada peserta didik
Kegiatan Penutup
- Memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah dipelajari untuk mencapai Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar
- Guru membuat kesimpulan yang mudah dimengerti untuk peserta didik
- Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk belajar dan dikerjakan di rumah
- Peserta didik dan guru berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri KBM
Penilaian
- Penilaian pengetahuan: dilihat dari wawasan peserta didik dalam memberikan ide atau pemikirannya.
- Penilaian keterampilan: dilihat dari bagaimana peserta didik membawakan hasil presentasinya.
- Penilaian sikap: observasi selama KBM berlangsung.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
…………………….
Guru Kelas
…………………….
Itulah sedikit penjelasan mengenai RPP satu lembar K13 beserta contoh RPP PKN kelas 5 SD semester 1 dan 2 yang bisa Anda ketahui. Contoh RPP tersebut hanya untuk dijadikan referensi dalam pembuatan RPP mata pelajaran yang Anda ajarkan agar lebih mudah dan optimal. Anda bisa mengembangkan RPP tersebut sesuai dengan alokasi waktu pembelajaran yang dimiliki, metode atau cara pengajaran sesuai kondisi peserta didik, dan lainnya.
Dengan membuat RPP 1 lembar atau secara ringkas, memudahkan Anda dalam mengajar agar tidak terlalu banyak materi perencanaan. Anda juga dapat menyusun RPP ini dengan mudah dan cepat atau menghemat waktu dan tenaga. Meski begitu, RPP satu lembar harus memuat isi-isi sesuai dengan peraturan.
Bapak/ibu guru bisa mendapatkan contoh RPP lainnya dengan lengkap untuk semua mata pelajaran dan semua kelas di kejarcita. Berikut contoh tampilan RPP SD dari kejarcita. Selengkapnya di https://kejarcita.id/.